7 Sego Tempong Enak di Banyuwangi Rekomendasi Lokal


sisil angelin  January 26, 2019  0 Comment

Sego Tempong Enak di Banyuwangi salah satu kuliner wajib coba. Seperti kita ketahui Banyuwangi menjadi salah satu kota paling timur di Jawa Timur. Bahkan, Banyuwangi merupakan kota dengan pusat budaya Jawa Timur yang masih terjaga dan sangat kental. Belum lagi, dengan objek wisata memukaunya yang sayang untuk dilewatkan. Mengunjungi Banyuwangi tidak lengkap apabila tidak mencicipi kudapan khas kota ini. Salah satu kudapan wajib saat berkunjung ke Banyuwangi adalah Sego Tempong.

Sego tempong lebih dikenal dengan sebutan nasi tampar. Kuliner Banyuwangi ini merupakan menu makan siang Banyuwangi yang terkenal. Dikenal sebagai sego tempong atau nasi tampar karena memang rasanya yang benar – benar nendang di lidah. Belum lagi, porsinya yang banyak dan harganya yang murah, mulai 7 ribu saja.

Satu porsi sego tempong kamu akan disajikan nasi hangat dengan paket lauk pauk lengkap dan sambalnya yang pedas. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan rasa sego tempong,

Berikut ini sego tempong enak di Banyuwangi

1. Nasi tempong Mbok Nah

Nasi tempong Mbok Nah

Travelingyuk.com

Nasi tempong Mbok Nah menjadi salah satu tempat makan sego tempong terenak di Banyuwangi. Banyak pelanggan di sini yang bilang bahwa sego tempong di warung sederhana ini benar – benar gurih. Bahkan, mulai dari nasi hingga tempe yang disajikan benar – benar enak di setiap gigitannya.

Terletak di Jalan Letkol Sugiono, Kertosari, Banyuwangi, warung sederhana Mbok Nah bisa kamu jumpai dengan mudah. Untuk menikmati kelezatan sego tempong di sini, datanglah pada pukul 12 siang.

Baca juga :  10 Minuman Populer di Norwegia Kesegarannya Nempel di Lidah

Satu porsi sego tempong Mbok Nah, kamu akan mendapatkan satu piring nasi hangat, sayuran rebus dan aneka gorengan, yakni tempe, tahu, ikan asin dan dadar jagung. Belum lagi, dengan sambal mentahnya yang benar- benar pedas. Sayuran yang disajikan, berupa kubis, genjer, terong, bayam, kangkung, sawi, kacang panjang dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa memilih lauk lainnya, berupa ayam, telur, empal, ikan laut, jeroan, botok tawon, lele, pepes dan masih banyak lagi. Selesai makan sego tempong di sini lanjutkan perjalanan kamu menikmati kota Banyuwangi.

review kuliner

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

Kawah Ijen Mustika Di Ujung Timur Pulau Jawa

2. Sego tempong Mbok Wah

Sego tempong Mbok Wah

Travelingyuk.com

Sego tempong enak di Banyuwangi berikutnya adalah Sego Tempong Mbok Wah. Warung sederhana ini bisa kamu temui di Jalan Gembrung No. 220, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Satu hal yang berbeda dari sego tempong di sini adalah sambal rantinya yang benar – benar Wah dan enak. Apabila racikan sambal ranti ini menggunakan terasi khas Banyuwangi. Rasanya pedas, asam, segar dan wangi terasi.

Belum lagi, pedas asamnya sambal rantai dipadukan dengan ikan asin yang gurih dan sedap. Rasanya benar – benar menampar lidah kamu. Untuk bisa menikmati satu porsi sego tempong Mbok Wah kamu harus datang pada sore hari. Warung ini tutup pada pukul 9 malam.

Jangan lupa memilih aneka ikan goreng yang sudah disediakan. Mulai dari ikan asin goreng, teri goreng, cumi kuah hitam, ikan pindang, udang goreng tepung, urap , sate telur puyuh, pepes ikan dan telur pindang. Satu porsi sego tempong di sini hanya 7 ribu saja, lengkap dengan nasi hangat, kubis, labu siam, daun singkong kukus, 3 ekor teri jengki, ikan asin sepat dan satu sendok makan sambal ranti.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi Bikin Perut Hepi

3. Sego tempong Bu Endang

Sego tempong Bu Endang
banyuwangi.merdeka.com

Tempat makan sego tempong lainnya adalah sego tempong Bu Endang yang berada di Tukangkayu, kabupaten Banyuwangi. Sama dengan sego tempong pada umumnya, sambal di sini benar – benar nendang di lidah. Belum lagi dengan lauk pauknya yang lengkap. Ada telur, dadar jagung, ayam goreng, aneka seafood hingga jeroan.

Soal rasa tentu tidak perlu diragukan lagi. Nasinya benar – benar punel. Belum lagi, sayuran kukus segarnya, seperti terong, kacang panjang, buncis dan masih banyak lagi. Satu porsi sego tempong di sini hanya 6 ribu saja. Kamu sudah mendapatkan nasi hangat dan ikan asin kecil – kecil. Porsinya juga sangat banyak. Cocok untuk makan siang kamu.

4. Sego tempong Mbok Tien

Sego tempong Mbok Tien

Sego tempong enak di Banyuwangi yang selanjutnya adalah sego tempong Mbok Tien. Bahkan, sego tempong di sini, bisa dikatakan legendaris. Warung Mbok Tien berada dekat dengan Pantai Boom, tepatnya di Pengatingan, Kecamatan Banyuwangi , Kabupaten Banyuwangi. Menikmati sego tempong Mbok Tien paling tepat setelah dari Bali. Pasalnya, warungnya hanya 18 menit saja dari pelabuhan. Walaupun tidak terlalu luas, tapi cukup untuk satu rombongan keluarga kamu.

Satu porsi sego tempong disajikan dengan nasi hangat, sayuran kukus, berupa kacang panjang, terong dan lain – lain serta sambal pedasnya yang nendang. Jangan lupa memilih lauknya yang beragam. Mulai dari ayam goreng, telur dadar, ikan lemuru, tempe, tahu hingga pindang goreng.

Tidak ketinggalan pula untuk mencoba udang tepung goreng yang renyah dan krenyes. Rasa sambalnya benar – benar pedas dan nendang di lidah. Pastinya, tidak menyesal mencoba sego tempong Mbok Tien yang legendaris ini.

Baca juga :  9 Rujak Soto Khas Banyuwangi Kelezatannya Bikin Kamu Melongo

5. Sego tempong Mak Ndut

 Sego tempong Mak Ndut

PicBon.com

Berada di Jalan MT Haryono, Karangrejo, Kertosari, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, sego tempong Mak Ndut menyajikan kudang nasi tampar yang benar – benar menampar lidah.  Walaupun berada di pelataran atau pinggir jalan, rasanya tidak kalah dengan sego tempong lainnya. Satu porsi sego tempong hanya 7 ribu saja. Di sini, kamu akan mendapatkan nasi hangat, sayuran kukus, seperti buncis, kacang panjang, terong dan masih banyak lagi serta lauk.

Lauk yang bisa kamu pilih juga sangat beragam. Ada sate jeroan, dadar jagung, lele goreng, aneka ikan goreng, seafood dan ayam goreng. Sambalnya benar – benar enak dan nendang di lidah. Warung ini buka pukul 8 pagi hingga 10 malam. Jadi, jangan takut kehabisan.

6. Sego tempong Sukowidi

Sego tempong Sukowidi

Travelingyuk.com

Seperti yang diketahui bahwa sego tempong identik dengan rasa sambalnya yang menampar lidah. Namun berbeda dengan sego tempong Sukowidi yang bisa direquest tingkat kepedasannya sesuai selera. Bahkan, sego tempong enak di Banyuwangi ini tanpa sambal bisa dinikmati dengan enak. Namun begitu, masih belum lengkap rasanya menikmati sego tempong tanpa sambal.

Lauk pauk di sini juga cukup lengkap. Kamu bisa menjumpai pecel lele, ayam goreng hingga nasi lodeh. Sego tempong Sukowidi terletak dekat dengan Pantai Cacalan dan 7 km dari Pelabuhan Ketapang. Tepatnya sego tempong ini di Jalan Yos Sudarso, Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Pastinya menjadi kudapan lezat sebelum bertolak ke Bali.

7. Sego tempong Mbok Tik  

 Sego tempong Mbok Tik
pesona.travel

Sego tempong enak terakhir adalah sego tempong Mbok Tik. Sego tempong di sini menggunakan racikan sambal berupa tomat rant, cabai rawit, terasi khas Banyuwangi dan jeruk sambal. Rasanya benar – benar pedas. Sangking pedasnya akan seperti ditampar saat masuk mulut. Untuk menikmati sego tempong Mbok Tik datang saja ke Jalan MT Haryono. Warungnya berada tepat di depan radio VIS FM Banyuwangi.



Leave a Reply