10 Kue Khas Bengkulu, Pingin Ngunyah Terus


Fida  July 23, 2022  0 Comment

Tidak hanya dikenal memiliki banyak tempat wisata, Bengkulu juga dikenal menawarkan berbagai makanan serta jajanan khas yang menarik untuk kamu coba. Ada banyak pilihan jajanan khas Bengkulu yang tidak boleh kamu lewatkan, salah satunya adalah kue. Kamu tentu tidak akan bosan dengan sajian kue khas Bengkulu karena sangat beragam. Inilah daftar 10 rekomendasi kue khas Bengkulu yang bisa kamu coba.

1. Kue Cucur Ringgit

kue cucur ringgit
showcasemu.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue cucur. Makanan tradisional yang masih cukup musah dijumpai hingga saat ini. Tetapi, pernahkah kamu mendengar sebutan kue cucur ringgit? Kue cucur ringgit dikenal sebagai salah satu kue khas Bengkulu yang bisa kamu coba.

Kue cucur ringgit dibuat menggunakan bahan utama beras ketan yang ditumbuk dan dicampur dengan gula merah. Saat mencoba kue cucur ringgit, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah di bagian pinggir dan lembut di bagian tengahnya. Proses pembuatan kue cucur ringgit yang membutuhkan waktu cukup lama menjadikan kue ini memiliki cita rasa lezat dan khas. Saat datang ke Bengkulu, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya kue cucur ringgit.

Gotravelly

Menikmati Lembutnya Kue Lumpur Muda Mudi Harum

Kue Balok Jempol Yang Lagi Viral!!!

2. Kue Perut Punai

kue perut punai
topijelajah.com

Perut Punai dikenal sebagai salah satu kue khas Bengkulu yang memiliki bentuk serta tampilan yang unik. Sebutan perut punai pada jajanan ini diambil dari bentuknya yang dikenal mirip dengan perut burung punai. Jika dilihat sekilas, bentuk dari jajanan perut punai tidak jauh berbeda dengan jajanan perut ayam khas Jawa.

Kue perut punai dikenal memiliki cita rasa lezat dan dibuat menggunakan beberapa bahan seperti tepung beras, keju parut, gula aren, air, dan juga margarin. Kamu dapat memilih untuk membeli kue ini atau membuatnya sendiri di rumah. Tidak jarang wisatawan yang datang ke Bengkulu juga menjadikan kue ini sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

3. Kue Lepek Binti

kue lepek binti
travel.okezone.com

Tidak kalah lezat dengan kue khas Bengkulu lainnya, kue lepek binti juga menjadi salah satu yang wajib kamu coba. Kue yang satu ini memiliki tampilan yang sekilas mirip dengan kue nagasari, tetapi sebenarnya berbeda.

Kue lepek binti dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung ketan, santan, dan juga garam. Isian dari kue ini menggunakan daging giling yang telah ditambahkan dengan bumbu khusus sehingga memiliki cita rasa lezat. Kue yang dibungkus menggunakan daun pisang ini juga menghasilkan aroma khas dan menggugah selera. Tertarik untuk mencoba lezat dan uniknya kue lepek binti khas Bengkulu?

4. Bay Tat

bay tat
indozone.id

Bay tat dikenal sebagai salah satu kue khas Bengkulu yang populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Kue yang satu ini tidak hanya dicari untuk dinikmati langsung, tetapi juga banyak yang menjadikan bay tat sebagai oleh oleh khas Bengkulu untuk dibawa pulang.

Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memang memiliki tampilan yang mirip dengan pie. Bay tat disajikan dengan isian selai nanas dengan tambahan keju di atasnya. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan bay tat diantaranya tepung gandum, telur ayam, mentega, gula pasir, dan santan kelapa. Kue yang dulunya hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan dan bangsawan ini, kini dapat kalian nikmati dengan harga terjangkau yakni berkisar Rp 20.000, hingga Rp 25.000,- per kotak.

5. Kue Bongkol

Kue Khas Bengkulu
bengkulu.antaranews.com

Kue Bongkol dikenal sebagai salah satu kue khas Bengkulu yang populer. Saat mencoba kue ini, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa manis. Kue Bongkol disajikan dengan dibungkus menggunakan daun pisang.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bongkol diantaranya tepung terigu dan juga gula aren. Meskipun dikenal memiliki rasa yang lezat, kue bongkol tetap dijual dengan harga yang terjangkau yakni berkisar Rp 2.500,- per buah. Saat datang ke Bengkulu, kamu dapat memutuskan untuk berburu lezatnya kue bongkol di Kelurahan Tanjung Agung.

6. Kue Kacang Siput

kue kacang siput
tempatwisataindonesia.id

Pernah mendengar sebutan kue kacang siput? Kue kacang siput merupakan salah satu jajanan khas Bengkulu yang populer dan banyak diburu wisatawan. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memiliki tampilan dan bentuk yang mirip dengan siput.

Kue kacang siput dibuat menggunakan berbagai bahan seperti gandum, kacang tanah, serta gula pasir. Saat mencoba kue ini, kamu akan dimanjakan dengan teksturnya yang renyah dan garing. Kue kacang siput juga menawarkan cita rasa gurih yang membuat siapapun ketagihan.

7. Bolu Koja

bolu koja
orami.co.id

Saat ingin mencoba salah satu kue khas Bengkulu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba bolu koja. Bolu koja merupakan kue yang disajikan dengan tekstur lembut serta memiliki rasa lezat. Bolu koja juga dikenal dengan warnanya yang khas yakni berwarna hijau. Warna hijau pada bolu ini didapat dari pewarna alami yakni daun pandan dan daun suji.

Tidak jarang bolu koja dijual dengan tambahan topping di atasnya. Hal itu tentu menjadikan makanan ini semakin menggugah selera dan wajib kamu coba. Saat datang ke Bengkulu, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai kue bolu koja.

8. Lemang Tapai

lemang tapai
id.theasianparent.com

Tidak kalah menarik dengan kue khas Bengkulu lainnya, lemang tapai juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Lemang tapai dikenal sebagai jajanan tradisional khas Bengkulu yang masih ada hingga saat ini. Jajanan yang disajikan dengan bungkus daun pisang ini memiliki rasa yang lezat serta aroma yang menggugah selera.

Lemang tapai dibuat menggunakan beberapa bahan seperti beras ketan putih yang ditambahkan dengan bumbu kemiri serta bawang putih. Adonan yang telah dibuat dan dibungkus kemudian dibakar dalam bambu dengan waktu memasak hingga 5 jam lamanya. Makanan yang satu ini disajikan bersama dengan tapai sebagai pelengkap. Tapai dibuat menggunakan bahan ketan hitam yang telah difermentasi.

9. Lempok Durian

lempok durian
wowkeren.com

Lempok durian menjadi rekomendasi kue khas Bengkulu berikutnya yang bisa kamu coba. Kue yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa lezat dengan aroma khas durian yang menggugah selera.

Sesuai dengan namanya, lempok durian dibuat dengan menggunakan bahan utama buah durian. Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat lempok durian adalah tepung gandum. Kamu dapat dengan mudah menjumpai lempok durian di berbagai toko oleh oleh di Bengkulu.

10. Manisan Terong Ungu

manisan terong ungu
cookpad.com

Pernah mencoba sensasi rasa manisan terong ungu? Di bengkulu, kamu dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini. Sesuai dengan namanya, manisan terong ungu dibuat menggunakan bahan utama terong ungu serta tambahan gula pasir. Manisan terong ungu disajikan dengan cita rasa manis dan akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.



Leave a Reply