Rekomendasi 10 Pantai di Sidoarjo yang Menarik Serta Tips Sebelum Mengunjunginya


Rio Handika  June 19, 2023  0 Comment

Sidoarjo merupakan daerah perkotaan sekaligus kabupaten yang berbatasan dengan laut yakni bernama Selat Madura. Kawasan ini memiliki banyak pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai selatan Jawa. Jika Anda tinggal di sekitar Sidoarjo dan ingin pergi ke pantai di Sidoarjo, Anda bisa mengunjungi pantai berikut ini sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan pemandangan air yang indah menyegarkan mata.

Sekilas Tentang Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo terletak di Jawa Timur, berdekatan dengan ibu kota provinsi Surabaya. Lambang Kabupaten Sidoarjo adalah ikan bandeng dan udang yang saling berkejaran. Ikan bandeng dan udang yang menjadi simbol Kabupaten Sidoarjo cukur yang menunjukkan bahwa ikan seperti udang dan bandeng merupakan komoditas  bahan pangan utama di kawasan ini.

10 Pantai di Sidoarjo yang Menarik :

Berikut ini beberapa rekomendasi pantai di Sidoarjo yang bisa menjadi destinasi wisata untuk liburan
di akhir pekan untuk melepas penat bersama pasangan atau keluarga. Yuk simak! 

1. Pantai Wughoyo

pantai wughoyo
google.com

Pantai Wughoyo merupakan pantai tersembunyi di Sidoarjo yang berlokasi di Sawah, Tambak Cemandi, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Letaknya di daerah terpencil dan sulit diakses dengan mobil. Meski begitu pantai ini menawarkan pemandangan perairan biru jernih dan pantai yang indah. Pantai ini dikelilingi oleh pepohonan dan suasana sekitarnya begitu asri dan indah.

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di sana. Jika wisatawan ingin datang, mereka harus membawa makanan dan minuman. Itu adalah tempat yang asing, tapi itu bukan tempat yang buruk untuk mampir untuk melepas lelah.

2. Pantai Tlocor

pantai tlocor
gotravelly.com

Pantai yang berlokasi di Telocor, Tanjungsari, Kupang, Kec. Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur
ini masuk dalam daftar wisata favorit Sidoarjo. Jika ingin berwisata di pantai ini, Anda bisa menyewa
perahu seharga Rp 150.000 per 20 orang. Airnya jernih dan dikelilingi oleh hutan bakau yang indah.
Selain sebagai pusat wisata, Tlocor juga dikenal dengan wisata kulinernya yang menggoyang lidah.
Usai menjelajahi pantai, Anda juga bisa mampir ke warung-warung makan yang ada di sekitar pantai.
Hidangan yang disajikan sebagian besar adalah makanan laut segar yang ditangkap langsung dari
laut.

Baca juga :  10 Pantai di Madura yang Indah dan Sayang Dilewatkan

Pantai Kepetingan
Pantai yang berlokasi di Kepetingan, Kec. Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Bukanlah pantai yang memiliki pasir putih seperti pantai pada umumnya. Pasalnya, pantai ini merupakan muara sungai dari banyaknya sungai disana. Meski begitu, pemandangan yang jauh dari keramaian masih sangat indah.

Karena berada di daerah terpencil, hanya ada beberapa wisatawan. Pantai Kepetingan dikelilingi oleh tambak, dan hutan bakau. Anda juga bisa menyewa salah satu perahu kecil yang disediakan dan mengajak keluarga berkeliling pantai.

Berlibur di Pantai Kepetingan adalah cara sempurna untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kota. Meskipun memiliki rute yang cukup sulit, tetapi pemandangan yang indah membuat semuanya sepadan.

3. Pantai Kalanganyar

pantai kalanganyar
sinergipapers.com

Pantai yang berlokasi di Ngempla Rejo, Kalanganyar, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur ini memiliki bentang laut yang eksotis dan indah mampu memikat wisatawan.  Perairan yang jernih dengan pasir hitam pantai menambah keindahan Pantai Kalanganyar. Ini adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi penggemar kegiatan memancing.

Ada desa nelayan di sekitar pantai. Anda dapat merasakan pengalaman memancing bersama nelayan setempat. Mereka menyambut wisatawan yang datang dengan sambutan yang ramah. Menghabiskan liburan di sini bersama keluarga akan menjadi pengalaman yang berbeda.

4. Pantai Gisik Cemandi

pantai gisik cemandi
visual.beritajatim.com

Deretan perahu nelayan menyambut wisatawan yang datang ke tempat ini dari pagi hingga sore hari. Itu karena nelayan hanya melaut pada malam hari. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan pemandangan pantai ini.

Pantainya yang berlokasi di Segoro Tambak, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo ini berbatu dan ganggang. Pengunjung harus berhati-hati saat berjalan di pantai. Yang paling dinantikan wisatawan adalah pemandangan sunset di Pantai Gisik Cemandi. Tidak hanya cantik, tetapi Anda juga bisa melihat nelayan berlayar.

5. Pantai Kenjeran

pantai kenjeran
regional.kompas.com

Berikutnya adalah Pantai Kenjeran Lama yang berlokasi di Jl. Pantai Kenjeran No.1-6, Kenjeran, Kec. Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur yang memiliki hamparan pantai yang indah. Pemandangan di tempat ini sangat indah. Anda dapat menikmati matahari terbenam dari dekat di Jembatan Kenjeran. Pantai Kenjeran dikenal sebagai tempat rekreasi keluarga. Tidak hanya digandrungi oleh masyarakat Surabaya, tetapi juga masyarakat Sidoarjo. Selain itu, jarak antara Sidoarjo dan Surabaya tidak terlalu jauh dan waktu tempuhnya hanya 1 jam saja.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Situbondo yang Wajib kalian Kunjungi

6. Pantai Sonto Laut

pantai sonto laut
pinhome.id

Tak jauh dari Pantai Kenjeran, terdapat pantai yang wajib dikunjungi. Anda bisa menikmati pemandangan perairan jernih dan pantai berpasir lembut yang bersih. Saat pantai surut, Anda dapat bergabung dengan penduduk setempat untuk mencari kerang. Banyak pengunjung baik dari Surabaya, Sidoarjo maupun daerah lain  yang datang untuk menikmati keindahan pantai ini. Momen yang paling dinantikan adalah saat matahari terbenam. Anda bisa mengabadikan momen indah tersebut secara instan. Alamat lengkapnya yakni Gg. Makam, Greges, Kec. Asemrowo, Kota Surabaya, Jawa Timur

7. Pantai Karang Hitam

pantai karang hitam
radarbromo.jawapos.com

Pantai Karang Hitam masih dekat dengan Sidoarjo yakni di Desa Wates, Kec. Lekok, Pasuruan, Jawa Timur. Tempat indah ini masih belum diketahui banyak orang. Yang membuatnya sedikit berbeda dari pantai lain adalah tidak memiliki pasir putih. Pantai ini benar-benar dikelilingi oleh karang hitam. Jika Anda datang ke sini pada sore hari, Anda bisa melihat matahari terbenam yang indah. Ombaknya cukup besar sehingga anak-anak tidak disarankan bermain di pantai kecuali ditemani orang dewasa.

8. Pantai Pulau Sarinah

pantai pulau sarinah
lider.id

Anda bisa naik perahu dari Tlocor ke Pulau Sarinah. Area seluas 80 hektar ini populer di kalangan pelajar dan profesional sebagai pusat penelitian geologi, geografi, dan cagar alam. Pasalnya, pulau tersebut terbentuk akibat semburan lumpur Lapindo. Ribuan mangrove dan tanaman lainnya telah ditanam atas prakarsa warga sekitar. Alhasil, Pantai yang berlokasi di Pulau Sarinah, Telocor, Tanjungsari, Kupang, Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur kini menjadi tujuan wisata terpopuler di Sidoarjo. Ada juga pameran wisata bahari yang memukau.

9. Pantai Dem Island 

pantai dem islands
pinhome.id

Pulau Dem terletak di Desa Kupang, Kec. Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur ini memiliki pantai yang indah. Ada juga area tambak besar di lokasi seluas 600 hektar. Namun hal itu tidak menghilangkan pesona pantainya yang indah. Disini sudah da tempat-tempat di mana Anda bisa menikmati makan dan minum khas Jawa Timur. Anda dapat menikmati makanan Anda sambil melihat pantai. Jika Anda suka memancing, Anda juga bisa mencoba untuk memancing di sini.

Baca juga :  7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia
source : https://www.youtube.com/@fajarhengkiwijaya

7 Tips Sebelum Mengunjungi Pantai di Sidoarjo

Nah, setelah mengetahui apa saja rekomendasi pantai yang bisa Anda kunjungi di Sidoarjo saatnya
kini kita lanjutkan pembahasan yakni apa saja tips sebelum mengunjungi pantai. Berikut tipsnya. 

Gunakan Tabir Surya

Pantai memang identik dengan cuaca yang terik. Panasnya sinar matahari bisa merusak kulit Anda. Jadi, jika Anda memutuskan untuk berlibur ke pantai, gunakan tabir surya atau sunblock dengan tingkat SPF yang relatif tinggi.

Memakai Kacamata Hitam

Tips kami selanjutnya adalah memakai kacamata hitam saat akan ke pantai. Tahukah Anda bahwa jam antara pukul 10.00 dan 16.00 adalah puncak adanya sinar UV? Panasnya matahari ini juga membutakan atau memburamkan mata. Peran sunglasses disini adalah untuk melindungi dari bahaya sinar UV.

Mengenakan Pakaian Cerah

Pilih warna yang menarik perhatian Anda atau warna yang cerah sehingga Anda dapat mengambil bidikan kamera yang bagus bahkan di bawah terik matahari. 

Bawa Kamera Untuk Berswafoto

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat liburan di pantai adalah asyiknya berfoto selfie. Jika Anda tidak memiliki kamera digital, Anda dapat memanfaatkan kemampuan smartphone Android Anda.

Siapkan Ransel

Penting untuk membawa ransel tahan air. Tujuannya agar barang-barang pribadi Anda tetap kering saat terkena cipratan air di pantai. Juga, bawalah kantong plastik untuk digunakan nanti untuk meletakkan pakaian basah Anda dari berenang.

Bereksperimen Lah dengan Wahana yang Tersedia

Berkunjung ke pantai tanpa merasakan wahana dan fasilitas yang ditawarkannya tidaklah lengkap. Mencoba olahraga air seperti paralayang, banana boat, personal watercraft dan ATV bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik.

Membawa Bekal

Makanan serta minuman yang dijual di tempat wisata biasanya harganya lebih mahal. Kami menganjurkan Anda untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk menghemat
biaya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai rekomendasi pantai di Sidoarjo yang bisa Anda kunjungi
bersama keluarga serta tips sebelum mengunjunginya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat!



Leave a Reply