Kuliner

10 Macam Pepes dari Berbagai Nusantara

Pepes merupakan masakan asli khas Nusantara yang menggoda lidah orang indonesia, dari pembuatan yang sederhana dan mudah inilah pepes dikenal sebagai primadona masakan orisinil Indonesia. Ada banyak Pepes dari berbagai daerah di Indonesia yang memang istimewa dan digemari. Jenis ikan yang dimasak pepes bisa menggunakan ikan tawar ataupun ikan laut. Yuk kita intip pepes apa saja ya yang istimewa itu?

1. Pepes Ikan Nila

Masakan pepes ikan Nila tentunya menggunakan bahan dasar ikan nila yang ukurannya sedang (tidak terlalu besar).  Pepes ikan Nila ini banyak sekali digemari di daerah pesisir Pantai Selatan karena mayoritas penduduk menyukai makanan dari ikan. Selain itu, ikan Nila juga mudah dibudidayakan dan tidak sulit buat Anda menemukan ikan yang kaya akan protein baik untuk kecerdasan otak. Manfaat lain ikan nila adalah membantu anda mencegah dermatitis, mencegah serangan jantung karena mengandung senyawa selenium, dan bagi anda yang sedang melakukan diet sehat bisa konsumsi ikan ini.

2. Pepes Pindang Tongkol

Pepes Pindang Tongkol berbahan dasar tongkol dan sedikit teri, adapun pepes Pindang Tongkol ini akan banyak Anda temukan di daerah sunda dan pantura. Rasanya yang pulen dengan daging yang tebal membuat lidah Anda tidak akan berpindah ke masakan ikan yang lainnya. Tongkol merupakan jenis ikan yang tanpa dibumbui sudah berasa gurih. Berbeda dengan jenis ikan lainnya ada yang harus dibumbui cukup banyak untuk menambah rasa lezat rempahnya. Manfaat dari ikan tongkol adalah:

  • Rendah lemak jadi bagus untuk program diet
  • Menambah suasana basa jika anda ingin program anak laki-laki
  • Sumber kalsium baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi
  • Baik untuk menambah tekanan darah saat anda hipotensi

3. Pepes Jamur Teri

tandapagar.com

Pepes jamur teri merupakan masakan dengan balutan daun pisang yang berisi teri ukuran sedang dan jamur tiram. Gizi pada pepes ini sangat besar namun Anda harus hati-hati jika sudah terkena penyakit asam urat maka jangan terlalu banyak makan jamurnya ya!

Ikan teri sedang menambah kalsium dan tekanan darah karena teri memiliki rasa gurih asin sehingga tanpa Anda beri garam, jenis ikan ini sudah sangat asin sekali. Pepes ini sangat baik untuk penderita hipotensi (tekanan darah rendah), rendah lemak sehingga anti gemuk jika anda konsumsi teri, membantu menambah zat kalsium, menguatkan daya ingat.  

4. Pepes Tapin

Pepes Tapin adalah singkatan dari pepes tahu putih, dan pindang tongkol kecil. Aroma pepes ini begitu semerbak di indra penciuman Anda karena kombinasi aroma tahu dan pindang tongkol yang sedap sekali. Masakan pepes ini dapat Anda temukan di daerah sumatra dan jawa pesisir utara. Jika Anda sedang melakukan diet daging bisa mengganti protein dengan tahu sebagai protein nabati dan protein hewani dari ikan tongkol.

5. Pepes Ikan Patin

Pepes dari berbagai daerah di Indonesia yang terkenal adalah pepes ikan Patin, khasnya pepes sumatra dan kalimantan. Ikan Patin ukuran sedang selalu digunakan untuk memasak model pepes karena rasa ikan Patin yang terlalu besar tidak segurih ikan Patin ukuran sedang. Untuk menimbulkan aroma khas ikan Patin, Anda gunakan daun kemangi saat mencampur bumbu rempahnya. Manfaat anda mengkonsumsi ikan ini adalah:

  • Mempertahankan kepadatan tulang dan otot
  • Kandungan ikan yang rendah kolesterol
  • Mencegah jantung koroner
  • Membantu meningkatkan kecerdasan anak

6. Pepes Gurame Kuning

resepmasakankue.com

Ikan gurameh yang dijadikan pepes selalu lekat di semua nusantara karena jenis ikan ini mudah dibudidayakan dan harganya bersahabat sekali. Kelebihan pepes gurame adalah duri ikan yang besar-besar sehingga memudahkan Anda makan. Warna kuning berasal dari warna rempah kunyit yang dioleskan sebelum dikukus. Mengkonsumsi gurame sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama menambah stamina, membentuk massa otot, menyuburkan rambut karena kandungan vitamin B yang tinggi, menjaga kelembaban kulit anda karena mengandung vitamin E, mampu menurunkan hipertensi, mencegah penyakit karies gigi pada anak. Karies gigi adalah penyakit gigi keropos pada usia dini, mencegah sakit rabun mata karena mengandung vitamin A.

7. Pepes Ikan Kembung

blog.titipku.com

Jika Anda menyukai ikan kembung meski rasanya sedikit hambar, bisa mencoba pepes ikan kembung. Tetapi, jika ingin membuat pepes ikan ini Anda harus mengoleskan rempah bumbu yang kuat ya agar meresap ke pori-pori dagingnya. Ikan ini lebih banyak duri ketimbang dagingnya tetapi kalau Anda sudah jatuh hati pada ikan kembung tak masalah tentunya. Konsumsi ikan kembung mampu mempercepat kematangan sel otak anak sehingga anak bisa menalar lebih cepat, merangsang pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan menyusui, baik untuk kepadatan tulang anak balita, anti gondongan pada balita karena kandungan iodine cukup tinggi.

8. Pepes Ikan Lemuru

mirwans.com

Ikan Lemuru yang dimasak pepes tentunya berasa amis, Anda bisa mencampurkan banyak jeruk nipis ke dalamnya. Anda juga bisa gunakan asam cuka untuk menetralisir bau amisnya. Pepes ikan Lemuru sangat pas sekali untuk citarasa pedas membara sampai membakar bibir Anda. Jika anda banyak makan ikan ini manfaat yang bisa anda dapatkan sebagai berikut:

  • Sumber energi besar
  • Menghaluskan kulit karena vitamin E cukup banyak
  • Menyehatkan mata yang lelah
  • Menaikkan sel darah merah (kadar hemoglobin)
  • Sumber kalsium yang baik

9. Pepes Ikan Mas

Pepes ikan Mas juga ada hampir di seluruh wilayah Indonesia karena jenis ikan ini mampu hidup di semua area Indonesia. Rasa ikan Mas yang gurih memang digemari para pecinta kuliner, tanpa banyak resapan bumbu, jenis ikan ini sudah nikmat disantap. Selain rasa yang nikmat ada manfaat baik dari ikan mas, yaitu:

  • Menaikkan jumlah darah
  • Memperkuat daya ingat pada anak usia sekolah
  • Mengurangi resiko jantung
  • Membantu anak mengontrol emosi karena makan ikan sangat banyak vitamin alami yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin B kompleks, vitamin A
  • Senyawa omega mampu menutup luka dengan cepat

10. Pepes Bandeng Presto

kuliner.ilmci.com

Ikan Bandeng presto merupakan ikan Bandeng dengan tulang lunak. Jika Anda membuat pepes Bandeng presto maka Anda harus membuat bandeng bertulang lunak kemudian dimasak pepes. Mungkin bentuknya akan sedikit hancur tapi tidak dengan rasanya, tetap nikmat. Manfaat konsumsi bandeng adalah:

  • Kaya akan kalsium sehingga membantu menutupi kekurangan kalsium pada ibu hamil
  • Mengobati anemia
  • Memperbesar massa otot
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Sumber kolesterol baik

Pepes dari berbagai daerah di Indonesia ternyata sangat baik sekali untuk kebutuhan tubuh anda asalkan proses memasaknya benar dan higienis. Yuk biasakan dari dini gemar makan ikan karena manfaatnya sangat besar sekali.

Join The Discussion