7 Street Food Di Teheran Tawarkan Cita Rasa Tersendiri!


sisil angelin  March 27, 2019  0 Comment

Street Food Teheran – Semua Negara pasti mempunyai ciri khasnya masing-masing baik dari segi budayanya ataupun kulinernya. Salah satu Negara yang memiliki jajanan kuliner yang istimewa adalah Negara yang terletak di kawasan Timur Tengah. Kuliner khas Iran ini memiliki ciri khas yang bisa dilihat dari segi bumbu, aroma dan cara penyajiannya. Yuk intip street food Teheran yang wajib anda coba berikut ini.

1.      Labo

Labo

thepersianpot.com

Street food Tereran wajib coba yang pertama adalah labo. Kuliner khas iran ini memiliki bentuk yang menyerupai kapsul, ternyata labo merupakan hidangan favorit bagi masyarakat Iran pada saat musim dingin tiba.

Sayuran akar ini bisa anda jumpai di seluruh Teheran. Untuk membuat kuliner ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengupas sayuran ini, setelah dikupas kemudian sayuran ini direbus dan ditumbuk. Untuk menikmati kuliner khas Iran ini sebaiknya anda menikmati dalam keadaan masih hangat.

Review kuliner

Grilled Seafood : Makanan Halal Jonker Street Night Market Melaka

Melaka Street Food: Segarnya Mango Smoothie Ice Cream Ini Bikin Lupa Diri

2.      Jigar

Jigar
tappersia.com

Jigar adalah salah satu makanan khas dari Negara Iran. Makanan ini namanya memang mirip dengan kebab yang berada di Indonesia yang membedakan jigar atau kebab hati ini adalah potongan dagingnya yang diselimuti dengan roti segar, oleh karena ini kuliner ini disebut dengan jigaraki.

Untuk membeli Jigar ini anda hanya perlu meminta berapa tusuk sate yang anda inginkan kepada penjual jigar ini. Pesanan daging anda akan langsung dipanggang dan disajikan dengan waktu yang cepat. Hal ini membuat anda tidak perlu menunggu lama untuk menikmati kuliner ini, jadi anda bisa menghemat waktu untuk menikmati wisata yang ada di Negara Iran.

kuliner khas Iran ini juga menyediakan beberapa pilihan mengenai isi kebabnya, anda bisa memilih ginjal ataupun jantung, pilihan yang paling banyak diminati oleh para pemburu kuliner kas Iran ini banyak yang memilih dengan isi hati. Sebutan jigar ini mempunyai makna orang yang mereka cintai.

3.      Ash Reshte

 Ash Reshte

HelloFresh

Untuk anda yang ingin mengunjungi Negara Iran pada saat musing hujan ataupun musim dingin seperti sekarang ini. Anda wajib mencoba untuk menikmati kuliner ash reshte, Kuliner ini merupakan sebuah sup yang menyehatkan dan memberikan kehangatan bagi siapa saja yang menyantapnya.

Kuliner ash reshte ini  berisi mie, aneka bumbu, kacang-kacangan dan beberapa jenis herbal yang akan memberi sensasi hangat pada tubuh anda, untuk pelengkap sup ini, di atasnya diberi taburan bawang putih atau bawang goreng  dan campuran mint. Street food teheran wajib menjadi daftar menu kuliner yang wajib anda coba jika anda sedang mengunjungi Negara Timur Tengah ini.

4.      Baghali

Baghali

GoTravelly.com

7 Street food teheran wajib coba selanjutnya adalah Baghali. Kuliner khas Iran ini sangat cocok dimakan dengan bit. Kuliner baghali ini terbuat dari kacang fava rebus. Cara membuat kuliner baghali ini langkah pertama yang harus anda lakukan adalah merebus kacang, setelah kacang direbus kemudian diberi cuka dan dibumbui dengan golpar dan biji angelica yang ditumbuk. Untuk menyantap kuliner baghali ini anda harus membutuhkan sedikit keterampilan untuk memakannya.

Cara menyantap kuliner bughali ini anda harus menggunakan gigi untuk mengupas yang ada tanda garis hitamnya, setalah itu peras untuk mengeluarkan bagian tengahnya yang sangat lembut, dan buang kulit tebalnya. Masyarakat Iran biasanya mengonsumsi kuliner ini pada saat berkumpul bersama keluarga atau sahabat.

5.      Balal

Balal

Tribun Kaltim – Tribunnews.com

Balal adalah salah satu kuliner khas Iran. Kuliner balal ini adalah jagung bakar. Namun jagung bakar ini berbeda dari jagung bakar pada umumnya, yang membedakan adalah cara pembakarannya. Untuk anda yang saat ini berada di Negara Iran anda wajib menikmati kuliner ini, karena kuliner balal ini banyak dijual di sepanjang jalan di Teheran.

Cara pembuatan jagung bakar ini tergolong cukup mudah dan unik, karena sebelum dibakar jagung akan dicelupkan ke dalam wadah yang berisi air dengan rasa asin, setelah mencelupkan jagung ke dalam wadah tersebut, anda tinggal membakar jagung di atas bara api.    

Camilan ini biasanya disantap pada saat musim dingin tiba, dengan dilengkapi air hangat dan jagung bakar akan membuat cuaca dingin menjadi hangat, apalagi ditemani bersama keluarga tercinta, menjadikan camilan ini sangat cocok untuk menemani anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

6.      Lavashak

Lavashak
entwife.org

Street food di Teheran selanjutnya adalah lavashak. Kuliner ini tersedia dalam bentuk segar, atau kulit. Kuliner lavashak ini ini adalah kudapan yang bisa anda jumpai di sepanjang jalur pendakian di Teheran. Kulit buah ini memiliki rasa yang unik, hal ini membuat siapa saja yang menyantapnya akan merasa ketagihan karena kulit ini terbuat dari  berbagai jenis buah di antaranya buah delima, chery asam, plum, kiwi, barberry dan apricot. Untuk buah plum, apricot sendiri akan direndam dalam cairan sirup yang memiliki rasa asam manis. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sedikit rasa asam yang terkandung dalam buah tersebut.

Untuk anda yang ragu mengenai rasa kuliner ini anda bisa merasakannya terlebih dahulu sebelum membeli kuliner lavashak ini, karena para pendagang kuliner ini selalu menyediakan sampel untuk para konsumen yang akan membelinya. Jadi anda bisa merasakan segala jenis rasa, sebelum memutuskan untuk membeli kuliner ini.

7.      Goje sabz

Goje sabz
mypersiankitchen.com

Kuliner khas iran selanjutnya adalah goje sabz. Kuliner ini adalah buah plum hijau yang memiliki ukuran kecil. Untuk anda yang ingin menikmati kuliner ini anda bisa menikmatinya pada saat musim semi tiba, karena pada saat itu pohon buah plum akan berbuah, jadi buah ini akan mudah untuk dijumpai.

Kuliner khas Iran ini tergolong unik karena buah plum hijau ini akan ditaburi dengan garam untuk menyeimbangkan rasa asam yang terkandung dalam buah plum. Untuk anda yang penasaran dengan kuliner ini anda bisa mencoba kuliner khas Timur Tengah ini, dengan datang langsung ke Negara Iran.

Cara menyantapnya kuliner ini pun tergolong cukup unik. Cara menyantapnya buah plum ini, langkah yang pertama pada gigitan pertama anda bisa menambahkan garam di atas buah plum ini, jangan terlalu banyak menaburkannya, karena kebanyakan garam juga tidak baik untuk kesehatan tubuh anda, setelah menambahkan sedikit garam, anda bisa menggigit buah ini, lakukan secara berulang untuk menikmati kuliner ini. Sayangnya anda tidak boleh terlalu banyak menyantap kuliner yang memiliki tekstur renyah ini, Karena rasa asam yang terdapat pada buah plum ini akan membuat perut anda sakit, jika anda kebanyakan mengonsumsinya.

Demikianlah ulasan mengenai 7 Street food Teheran wajib coba. Sebenarnya masih banyak kuliner khas Timur Tengah yang bisa anda nikmati pada saat berlibur ke Negara Iran ini. Untuk anda pencinta kuliner anda wajib datang dan mencoba seluruh jajanan kuliner yang berasal dari Negara ini, Dijamin lidah anda akan puas untuk menikmati berbagai kuliner yang mempunyai ciri khas dari Negara ini, semoga dapat bermanfaat untuk menjadi referensi menu kuliner anda selanjutnya. 



Leave a Reply