Detak Kagum Menatap 10 Air Terjun Paling Indah Di Jawa Timur


Reni  October 9, 2019  0 Comment


Jika Anda bosan dengan rutinitas kantor yang cenderung pusing dan stress, barangkali Anda butuh liburan segar yang bisa memanjakan mata Anda. Selain gunung atau pun pantai, ternyata air terjun juga bisa menjadi destinasi wisata andalan di kala penat. Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang terkenal akan keindahan air terjunnya, dimana ada banyak macam air terjun paling indah di Jawa Timur.


Adapun Indonesia merupakan surganya air terjun. Jumlah air terjun yang ada di Indonesia sendiri tidak terhitung jumlahnya. Tak hanya keren, air terjun yang ada di kawasan Jawa Timur juga terbilang unik. Apabila Anda berkunjung ke Jawa Timur, tak ada salahnya jika Anda berburu air terjun sebelum pulang ke kampung halaman kembali.


1. Coban Sriti berlokasi di Pronojiwo, Lumajang

Coban Sriti
risalahwongkawaktravel.files.wordpress.com

Air terjun paling indah di Jawa Timur satu ini memiliki dua aliran air terjun, sehingga membuatnya seolah kembar. Adapun ketinggian air terjun ini sendiri mencapai sekitar 120 meter.
Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini, Anda membutuhkan usaha ekstra. Namun, jangan khawatir, semua usaha Anda tentu akan terbalaskan seketika dengan keindahan air terjun tersebut sesampainya tiba di lokasi.

Gotravelly

Menengok Keindahan Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Mangku Kodeq Yang Memikat Hati

2. Air Terjun Madakaripura, Si Eksotis dari Probolinggo

Air Terjun Madakaripura
s.kaskus.id


Perlu Anda ketahui bahwa keindahan air terjun Madakaripura ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Mengapa demikian? Hal ini karena adanya tebing cekung yang melingkar menjadikan Air Terjun Madakaripura ini terlihat semakin menawan dan membuat airnya tak hanya jatuh dari depan, melainkan juga dari kanan kiri.
Adapun air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 200 meter dan berlokasi di kecamatan Lumbung, Probolinggo serta masih berada dalam satu kawasan yaitu Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Oleh sebab itu, tak heran jika Anda berkunjung ke tempat ini Anda akan berjumpa banyak turis asing dari berbagai negara.

3. Air Terjun Tirtosari, Air Terjun Berundak di Lereng Gunung Lawu

 Air Terjun Tirtosari
pesona.travel


Untuk bisa mencapai Air Terjun Tirtosari, Anda membutuhkan tenaga dan usaha ekstra. Hal ini dikarenakan air terjun ini berlokasi di lereng Gunung Lawu dan jarak antara pintu masuk dengan air terjunnya pun kurang lebih sekitar 3 km serta jalur treking yang naik turun.
Namun, Anda tidak perlu khawatir, di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, Anda akan menikmati keindahan pemandangan ladang kebun sayur dan juga sesekali akan berpapasan dengan para petani yang sedang mengangkut hasil kebun. Adapun Air terjun berundak-undak ini berlokasi di kecamatan plaosan, Magetan dekat dengan telaga sarangan

4. Air Terjun Nglirip, Pesona Keindahan Air Terjun di Tengah Pemukiman

 Air Terjun Nglirip
www.trivindo.com


Apabila Air Terjun Tirtosari perlu tenaga ekstra untuk bisa sampai ke titik lokasinya, maka lain halnya dengan air terjun Nglirip ini. Apabila biasanya air terjun terletak di pegunungan atau pun hutan, air terjun Nglirip ini justru berada di tepi jalan raya. Oleh karena itu, air terjun ini tidak begitu jauh dari pemukiman warga.
Air terjun ini berlokasi di kecamatan Singgahan, Tuban. Dimana air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 25 meter. Konon katanya, barang siapa yang berkunjung ke sini dengan kekasihnya, maka tidak lama setelah itu keduanya akan putus. Selain mitos tersebut, air terjun ini dikenal begitu sangat indah.

5. Air Terjun Sumber Maron, Surga di Tengah Sawah

Air Terjun Sumber Maron
amazingmalang.id


Barangkali sebutan surga di tengah sawah sangat cocok untuk menyebut Air Terjun Sumber Maron. Ya, bagaimana tidak, air terjun ini adalah air terjun yang berasal dari sungai irigrasi milik masyarakat Desa Karang Suko, kecamatan Pagelaran, Malang.
Walaupun air terjun ini tidak begitu tinggi, namun pesonanya tetap menarik untuk dinikmati. Oleh sebab itu, air terjun ini mempunyai ketinggian yang rendah, sehingga Anda bisa memanjatnya hingga ke atas air terjun. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan menjajal river tubing.

6. Coban Rais, Wisata Air Terjun Sekaligus Taman Rekreasi

Coban Rais
dolandolen.com


Perlu Anda ketahui bahwa Coban ini berlokasi di Kecamatan Batu, Kota Batu. Adapun air terjun ini populer dengan spot fotonya yang sangat banyak. Sehingga, selain Anda bisa menikmati air terjun, Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk berselfie ria dan mengabadikan berbagai momen bersama sahabat, kelaurga, kekasih, di spot foto Coban Rais. Adapun air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter.

7. Air Terjun Sumber Pitu Pujon, Surga yang Tersembunyi di Balik Semak

Air Terjun Sumber Pitu Pujon
faktualnews.co


Air Terjun Sumber Pitu terdapat dua di Malang. Dimana salah satu air terjun tersebut terletak di Kecamatan Pujon, Malang. Jika Anda hendak mencapai Air Terjun Sumber Pitu ini, Anda perlu treking terlebih dahulu sekitar 2 km. Semua usaha Anda tentu akan terbayarkan setibanya Anda sampai di lokasi air terjun yang mempunyai 7 sumber aliran ini.
Ada beberapa air terjun yang mengalir di balik semak, sehingga membuatnya begitu tampak indah.

8. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, Keindahan Surga Dunia

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang
surabaya.panduanwisata.id


Air Terjun Sumber Pitu di Malang yang lain berada di kecamatan Tumpang, Malang. Meski namanya Sumber pitu atau dalam bahasa jawa artinya tujuh sumber, namun terdapat banyak aliran air terjun kecil yang justru membuatnya semakin indah membuat siapa saja jadi betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa berendam pada kolam air terjun ini yang jernih.

9. Air Terjun Tumpak Sewu, Pesona Keindahan Tirai dari Alam

Air Terjun Tumpak Sewu,
media.travelingyuk.com


Tentunya sudah pernah mendengar yang namanya Air Terjun Tumpak Sewu atau Air Terjun Seribu ini, bukan? Ya, adapun pesona air terjun ini sudah berhasil menghipnotis para wisatawan dari berbagai pelosok negeri.
Berdasarkan namanya, air terjun ini mempunyai banyak sekali sumber, sehingga menjadikannya tampak seperti tirai seribu air terjun. Adapun air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 120 meter ini berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

10. Air Terjun Jagir, Keindahan Alam yang Memikat Hati

Air Terjun Jagir
2.bp.blogspot.com


Perlu Anda ketahui bahwasanya Banyuwangi tak hanya memiliki Kawah Ijen dan juga Pulau Merah, melainkan juga punya air terjun yang sangat indah. Air Terjun Jagir namanya. Adapun air terjun ini berlokasi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, air terjun ini memiliki aliran air yang berasal dari mata air Sumber Pawon.
Anda bisa menikmati keindahan 3 air terjun sekaligus dalam satu tebing. Banyak sekali para wisatawan yang datang berkunjung kemari. Selain unik, air terjun ini juga sangat indah.
Beberapa daftar air terjun paling indah di Jawa Timur diharapkan dapat menjadi referensi destinasi liburan akhir pekan Anda bersama keluarga. Selain murah meriah, Anda juga bisa mengajak keluarga atau pun teman-teman Anda untuk survive berburu keindahan alam dengan langsung terjun ke alamnya secara langsung.



Leave a Reply