10 Kue Takjil Khas Jawa Bercita Rasa Manis dan Menggugah selera


Fida  April 2, 2022  0 Comment

Berburu takjil menjadi salah satu hal seru yang dapat kamu lakukan saat bulan Ramadan tiba. Ada banyak pilihan jajanan atau kue yang cocok dipilih sebagai menu takjil karena menawarkan cita rasa yang cenderung manis. Di Jawa, terdapat beberapa pilihan kue yang dikenal menawarkan cita rasa manis dan menggugah selera. Tidak perlu bingung menentukan pilihan menu takjil, inilah daftar 10 rekomendasi kue takjil khas Jawa yang bisa kamu coba.

1. Getuk Pisang

getuk pisang
unsurtani.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan jajanan getuk pisang. Jajanan yang satu ini memang sudah cukup populer daerah Jawa khususnya di Kediri. Dikenal menawarkan cita rasa yang manis, maka getuk pisang juga kerap dipilih sebagai kue takjil khas Jawa.

Sesuai dengan namanya, getuk pisang dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang. Tetapi juga terdapat beberapa getuk yang dibuat dengan bahan lainnya seperti singkong, talas, atau ubi. Cita rasanya yang cenderung manis serta teksturnya yang lembut menjadikan jajanan ini cocok dinikmati oleh semua kalangan. Getuk juga menjadi salah satu yang banyak dicari saat bulan Ramadan tiba.

GoTravelly

Menikmati Lembutnya Kue Lumpur Muda Mudi Harum

Jajanan Jadul Kue Puthu Pak Sawal Yang Langka Ada Di Kota Blitar Loh!

2. Klepon

klepon
lifestyle.okezone.com

Selain getuk, klepon juga menjadi salah satu kue takjil khas Jawa yang banyak diburu. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang unik yakni berbentuk bulat dengan warna hijau dan disajikan dengan taburan parutan kelapa. Klepon merupakan jajanan tradisional yang masih ada hingga saat ini.

Jajanan yang satu ini dikenal memiliki isian gula merah atau gula aren. Karena memiliki isian gula, maka tidak heran jika makanan ini memberi sensasi pecah saat di mulut. Saat bingung berburu takjil saat bulan Ramadan tiba, Klepon menjadi salah satu jajanan yang menarik untuk kamu coba.

3. Kue Lumpur

kue lumpur
kompas.com

Rekomendasi kue takjil khas Jawa berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah kue lumpur. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan yang satu ini bukan? Siapa yang menyangka bahwa jajanan yang dikenal tradisional ini sebenarnya merupakan jajanan dari Portugis? Kue lumpur dulunya dibuat dengan menggunakan bahan susu, custard, dan keju. Namun seiring berjalannya waktu, kue lumpur telah menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan dengan lidah orang Indonesia. Kini kue lumpur Banyak dibuat dengan menggunakan bahan ubi, kentang, dan lain-lain.

Kue lumpur dikenal dengan cita rasanya yang manis serta teksturnya yang empuk dan lembut. Saat bulan Ramadan tiba, berburu kue lumpur sebagai takjil tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

4. Kue Awug

kue awug
resepdapurema.web.app

Kue awug yang dikenal berasal dari daerah Jawa Barat juga menjadi salah satu rekomendasi kue takjil khas Jawa yang populer dan menarik untuk dicoba. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti tepung beras, kelapa, gula aren, serta tambahan daun pandan agar aroma semakin menggugah selera. Soal rasa, kue ini menawarkan perpaduan rasa gurih dan manis yang hampir mirip dengan kue putu.

Dengan bentuk yang khas yakni berbentuk kerucut, kamu dapat dengan mudah menjumpai kue ini di sekitar daerah Bandung dan Garut. Cita rasanya yang manis menjadikan kue ini banyak diburu saat menjelang berbuka puasa. Tertarik untuk mencobanya?

5. Rakicak

rakicak
cookpad.com

Rekomendasi kue takjil khas Jawa berikutnya juga berasal dari daerah Jawa Barat yakni rakicak. Rakicak merupakan salah satu jajanan khas Sunda yang dibuat dengan beberapa bahan seperti beras ketan, gula merah, gula putih, serta parutan kelapa.

Rakicak tentu lebih nikmat dinikmati dalam keadaan hangat. Makanan yang biasa disajikan dengan hiasan daun pandan ini juga tampak lezat dan menggugah selera. Saat datang ke kawasan Jawa Barat, tidak ada salahnya bagi kamu untuk dan uniknya jajanan rakicak.

6. Kue Jiwel

kue jiwel
lampung.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan jajanan tradisional yakni kue jiwel? Kue jiwel merupakan jajanan khas Sunda yang sekaligus dikenal sebagai salah satu kue takjil khas Jawa. Kue yang satu ini memiliki tampilan khas yakni berwarna hitam pekat dan biasa disajikan dengan dipotong-potong berbentuk kubus menyerupai dadu.

Kue jiwel dibuat dengan bahan utama padi kering yang dibakar. Sajian makanan ini semakin menggugah selera karena adanya tambahan topping berupa gula serta parutan kelapa. Bagaimana, tertarik untuk mencoba hidangan yang satu ini?

7. Kicak

kicak
tribunnewswiki.com

Kamu tidak perlu bingung menentukan pilihan makanan saat ingin menikmati salah satu kue takjil khas Jawa. Kicak menjadi salah satu jajanan yang sangat populer dan mudah dijumpai khususnya saat bulan Ramadhan tiba. Jajanan yang satu ini berasal dari daerah Yogyakarta.

Tidak jauh berbeda dengan jajanan lain yang kerap dipilih sebagai menu takjil, kicak juga menawarkan cita rasa manis dan menggugah selera. Jajanan yang satu ini juga dikenal memiliki tekstur lembut sehingga sayang untuk tidak kamu coba. Saat datang ke daerah Yogyakarta, kimcak tentu menjadi jajanan yang tidak sulit untuk kamu jumpai.

8. Klanting

klanting
yummy.co.id

Rekomendasi kue takjil khas Jawa berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah klanting. Jajanan yang satu ini memang sudah cukup populer dan dikenal sebagai jajanan tradisional yang masih ada hingga saat ini. Klanting yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung tapioka disajikan dengan bentuk memanjang seperti ruas jari. Selain itu, klanting juga biasa disajikan dengan warna merah muda.

Teksturnya yang kenyal serta citara rasanya yang manis karena adanya tambahan gula menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya. Klanting juga biasa disajikan dengan beberapa jajanan tradisional tambahan sehingga tampak menarik dan berwarna warni. Meskipun dikenal sangat unik dan khas, tetapi kamu tidak perlu khawatir karena klanting dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

9. Bongko Kopyor

bongko kopyor
kumparan.com

Pernahkah kamu mendengar jajanan tradisional dengan sebutan bongko kopyor? Bongko kopyor merupakan hidangan yang dikenal sebagai kue takjil khas Jawa yang berasal dari Gresik, Jawa Timur. Saat bulan Ramadan tiba, jajanan ini tentu sangat mudah dijumpai musik di Gresik tepatnya di pasar Ramadan atau di pinggir jalan.

Bongko kopyor dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras serta memiliki isian pisang. Jika dilihat sekilas, jajanan ini mirip dengan bubur sumsum tetapi berbeda karena bongko kopyor memiliki isian yang lebih lengkap. Beberapa isian yang digunakan diantaranya bubur mutiara, santan, kelapa muda, dan juga roti.

10. Lupis

lupis
resepistimewa.com

Satu lagi rekomendasi kue takjil khas Jawa yang sayang untuk tidak kamu coba yakni lupis. Lupis merupakan jajanan tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan berupa beras ketan. Jajanan yang satu ini dikenal memiliki aroma yang khas karena dimasak dengan menggunakan bungkus daun pisang.

Jajanan lupis biasa disajikan dengan taburan parutan kelapa serta gula aren. Cita rasanya yang cenderung manis menjadikan lupis cocok dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Tertarik untuk mencobanya?



Leave a Reply