10 Oleh-oleh Khas Pati Paling Enak + Rekomendasi Toko


Reni  June 8, 2018  0 Comment

Oleh – oleh khas Pati wajib anda bawa pulang jika anda mengunjungi daerah Pati ini. Kota Pati itu sendiri terletak pada wilayah pesisir pantura yang berbatasan dengan kabupaten Jepara, Kudus dan Rembang. Kota Pati ini pun juga disebut sebagai kota bumi mina tani.

Maka dari itu, kota yang satu ingin sangat dikenal dengan berbagai macam oleh – oleh khas yang ada. Yuk mari kita simak apa saja sih yang menjadi oleh – oleh khas Pati itu sendiri dibawah ini sebagai berikut.

Nasi gandul

Nasi gandul

oknusantara.com

Nasi gandul ini salah satu makanan khas atau oleh – oleh khas yang mudah ditemui di kota Pati itu sendiri. Nasi putih ini dihidang dengan tambahan kuah yang kental serta manis dan gurih pula. Hidangannya pun tergolong unik, karena disuguhkan dengan beralaskan daun pisang yang berisikan babat, potongan – potongan daging dan juga telur bacem.

Jangan lupa pula, tempe bacit yang digoreng dengan renyah yang menjadikan salah satu makanan pendamping nasi gandul itu sendiri. Nasi gandul ini berasal dari Gajahmati yang terdapat pada kota Pati itu sendiri. Jadi jangan lupa ya dicicipi jika anda mampir di kota Pati itu sendiri. Pasti anda menyukainya.

Sop Buntut Bu Leman, Sop Buntut Andalan Dari Pekalongan!

Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa Yang Lezat Di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

Batik Bakaran

Batik Bakaran

tjokrobatikbakaran.blogspot.com

Batik bakaran ini sendiri merupakan salah satu oleh – oleh khas kota Pati desa bakaran. Batik yang unik ini pun dapat anda miliki jika anda berkunjung dan dapat anda jadikan sebagai oleh – oleh pula. Batik ini dibuat dengan teknik tulis tradisional yang telah dikenal dengan seni tulisnya dan keunikan dari batik itu sendiri.

Oleh karena itu, batik yang satu ini berbeda dari batik – batik yang anda jumpai secara umum. Batik ini dapat dihargai sejumlah Rp. 70.000 ribu hingga Rp. 200.000 ribu. Tapi jika batik bakaran ini berkisaran sampai jutaan, anda jangan terkejut ya. Batik tersebut dibandrol harga jutaan tergantung bagaimana tingkat kerumitan dalam pengerjaan batik bakaran, warna batik bakaran hingga kualitas bahan batik bakaran itu sendiri.

Bandeng Presto Juwana

Bandeng Presto Juwana

youtube.com/watch?v=yQJ292N0ho0

Bandeng presto juwana ini merupakan salah satu oleh – oleh yang dihasilkan dari desa juwana itu sendiri. Bandeng presto ini pun merupakan salah satu oleh – oleh yang legendaris. Tidak ada salahnya jika banyak para wisatawan penasaran dengan salah satu oleh – oleh yang dihasilkan dari kota Pati ini sendiri. Oleh – oleh Pati yang dapat anda bagikan ke sanak saudara atau pun para teman – teman anda.

Kerajinan Kuningan

Kerajinan Kuningan

adventurewisata.blogspot.com

Oleh – oleh yang satu ini yaitu oleh – oleh yang dibuat atau berbahan dasar dari kuningan pula. Berbagai macam bentuk yang di desain menggunakan kuningan itu sendiri. Adapun beberapa contoh bentuk yang dapat dibuat dengan berbahan dasar kuningan ini sendiri antara lain asbak berbentuk hewan, miniatur, patung, perhiasan, gantungan kunci, ornamen dan berbagai macam bentuk lainnya yang dapat dijadikan sebagai salah satu hiasan pula dengan berbahan dasar kuningan.

Dan kerajinan kuningan ini juga berasal dari desa juwana yang sama halnya dengan yang diatas tadi. Salah satu oleh – oleh yang diincar dan dicari oleh setiap wisatawan maupun investor yaitu kerajinan kuningan ini pula. Maka dari itu, kerajinan kuningan ini merupakan primadonanya kota Pati itu sendiri. Jadi bagi anda yang penasaran bagaimana kerajinan kuningan ini, yuk jadikan salah satu kerajinannya sebagai oleh – oleh.

Getuk Lopis Runting

toko oleh-oleh terdekat

Getuk serta Lopis ini merupakan jajanan paling khas dari kota Pati itu sendiri. Yang wajib anda cicipi jika anda berada di kota Pati itu sendiri. Jajanan yang satu ini terdapat di sepanjang jalan Pati hingga tayu yang berjejer.

Jajanan satu ini terdapat sebuah kekurangan yaitu hanya dapat bertahan satu hari saja, maka dari itu jika ada yang membelinya pasti diberi tahu bahwa jajanan yang satu ini hanya dapat bertahan satu hari saja pula.

Kacang Khas Pati

Kacang Khas Pati

buzzerbeezz.com

Sebenarnya kacang yang satu ini tidak terlalu khas karena mempunyai kemiripan dengan kacang – kacang yang ada dipasaran. Bedanya kacang dari Pati ini memang langsung diolah dari pabrik kecil rumahan. Maka dari itu, kacang ini memang benar – benar orisinil atau original yang dihasilkan dari kota Pati itu sendiri.

Tak hayal, jika anda melewati kota Pati ini, pasti anda akan membeli kacang yang memang diolah secara baik dari kota Pati itu sendiri. Oleh karenanya, tak ada salahnya anda mencoba dan membeli kacang khas Pati tersebut. Kota Pati ini pun terkenal sebagai salah satu kota penghasil kacang yang tidak akan membuat anda kecewa jika anda menjadikannya sebagai salah satu oleh – oleh Pati.

Kue Moho Khas Pati

Kue Moho Khas Pati

masakandapurku.com

Moho? Pasti anda berfikir oleh – oleh apa sih yang satu ini. Dari namanya saja membuat anda penasaran bukan. Tapi jangan ragu, bahwa oleh – oleh yang satu ini tidak akan membuat anda kecewa jika anda menjadikannya sebagai salah satu oleh – oleh yang dibawa pulang.

Namun jika anda ingin membawa pulang oleh – oleh Pati yang satu ini pastikan anda mencarinya pada pasar – pasar tradisional ya. Karena tidak hampir seluruh penjual, menjual moho ini pada setiap market maupun selain pasar tradisional ini. Harganya pun terjangkau, yaitu berkisar dari Rp. 500 rupiah hingga seribuan saja, tergantung besar dari moho itu sendiri juga ya.

Moho ini memiliki tekstur yang lembek dan agak berbeda dari kue karena berbahan dasar dari terigu, tepung beras hingga gula pasir yang menambah rasa manis pada moho itu sendiri.

Kerupuk Ampo

Kerupuk Ampo

brilicious.brilio.net

Kerupuk ini sebenarnya memiliki bahan dasar yaitu tanah liat yang telah dikeringkan. Tanah liat tersebut telah diolah menjadi sebuah potongan – potongan yang tipis yang menyerupai kerupuk. Setelah itu, makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari kota Pati.

Dengan keunikan pengolahannya serta bahan dasar tersebutlah yang membuat kerupuk ampo ini menjadi salah satu oleh – oleh yang membuat para wisatawan menjadi penasaran bagaimana sih rasanya kerupuk ampo tersebut.

Tetapi sayangnya, pengolahan dari kerupuk ampo ini sendiri semakin lama semakin berkurang. Jika anda mencari kerupuk ampo ini pasti susah akibat dari menurunnya pengolahan kerupuk ampo di kota Pati itu sendiri.

Kerupuk Daging

Kerupuk Daging

metamorfosa201.blogspot.com

Kerupuk daging yang satu ini mempunyai bahan dasar dari daging ikan, daging sapi maupun daging kambing. Pengolahannya pun hampir sama dengan kerupuk ampo yang diatas tadi. Dan sama halnya juga dengan kerupuk ampo, kerupuk daging yang satu ini sudah jarang dijumpai.

Diakibatkan dari mahalnya bahan dasar kerupuk tersebut maka setiap penjual semakin menurun untuk mengolahnya tersebut. Tetapi bukan hanya dagingnya saja yang dapat dijadikan kerupuk, kulit dari daging itu sendiri pun dapat dijadikan sebagai kerupuk pula.

Meskipun kerupuk kulit ini lebih mudah ditemukan daripada kerupuk daging, tapi lama kelamaan pengolahan kerupuk kulit ini pun semakin menurun juga.

Telur Lurik

Telur Lurik

ticpati.com

Nah, yang satu ini pasti membuat anda kebingungan. Apa sih telur lurik itu sendiri? Telur lurik merupakan salah satu kuliner khas dari kota Pati yang dapat anda bawa pulang sebagai salah satu oleh – oleh dari kota Pati.

Telur lurik itu sendiri merupakan telur yang cara pengolahannya dengan mengasapi telur tersebut hingga cangkang dari telur itu sendiri berubah warna menjadi kecoklatan. Rasa yang dihasilkan dari telur lurik itu sangat nikmat. Anda pasti akan dibuat ketagihan dengan telur lurik khas Pati ini.

Nah, setelah anda mengetahui oleh – oleh khas dari Pati ini sendiri pastilah anda semakin penasaran bukan dengan kota Pati ini. Tunggu apa lagi, jika anda berjalan – jalan ke Jawa Tengah tak ada salahnya bukan anda singgah ke kota Pati untuk mendapatkan oleh – oleh Pati.



Leave a Reply