10 Kuliner Legendaris di Semarang Hadirkan Kelezatan Otentik


sisil angelin  August 25, 2019  0 Comment

Makanan legendaris atau kuliner legendaris di Semarang atau di suatu kota menjadi suatu hal berharga yang dimiliki oleh kota tersebut. Hal ini dikarenakan cita rasa yang terkandung dalam makanan legendaris tersebut menjadi suatu ciri khas yang dapat menggambarkan bagaimana gambaran dari satu kota tertentu. Dan salah satu kota yang menyimpan cukup banyak makanan legendaris adalah Kota Semarang. Makanan legendaris di Semarangmenjadi satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan ketika mengunjungi kota ini.

Terdapat banyak sekali macam atau jenis olahan makanan legendaris di Semarang. Dan kesemuanya dijamin memiliki cita rasa yang unik, khas, dan tentu saja lezat. Oleh karena itu, ketika mengunjungi kota ini, Anda tidak boleh melewatkan beberapa makanan legendarisnya.

Mengenal Kota Semarang dan Ciri Khasnya

Kota Semarang merupakan sebuah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Sebagai salah satu kota besar yang ada di Indonesia, kota ini memang selalu ramai didatangi oleh banyak wisatawan baik lokal ataupun asing karena banyaknya destinasi wisata yang ada di kota ini. Selain itu, makanan legendaris di Semarang juga menjadi satu hal yang patut di coba ketika meengunjungi kota ini.

Lumpia merupakan makanan yang sangat dekat image nya dengan kota ini. Ketika menyebut Semarang pasti yang dipikiran kita adalah lumpia. Memang lumpia yang ada di Semarang memiliki cita rasa yang tidak ada duanya di daerah manampun yang ada di Indonesia. Namun, tidak hanya lumpia saja. Masih terdapat banyak sekali makanan legendaris di Semarang yang bisa dicoba ketika mengunjungi kota ini.

Baca juga :  9 Makanan Khas Kudus Harga Murah tapi Enak Banget

Mulai dari olahan kuah, goreng, kue, dan juga minuman. Harga kuliner yang ada di Semarang ini juga tergolong murah dan ramah di kantong. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ketika berwisata kuliner di kota ini karena kantong Anda akan tetap terjaga dari bokek ketika berburu makanan lezat di Semarang ini.

Rekomendasi 10 Makanan Legendaris di Semarang

Makanan legendaris di Semarang berikut ini merupakan beberapa rekomendasi terbaik yang bisa Anda jadikan acuan atau referensi ketika ingin melakukan wisata kuliner di daerah Semarang dan sekitarnya. Dan berikut ini merupakan rekomendasiya untuk Anda.

1. Lumpia Khas Semarang Gang Lombok

Lumpia Khas Semarang Gang Lombok
image credit : https://travelingyuk.com

Jika menyebut Kota Semarang, maka yang terlintas dalam benak kita adalah lumpia nya yang memang menjadi ciri khas dari kota ini. Namun, terdapat satu lumpia yang sangat melegenda di Kota Semarang, yaitu adalah Lumpia Gang Lombok. Makanan legendaris di Semarang yang satu ini terletak di daerah Kelenteng Tay Kak Sie, atau tepatnya berada di Jalan Gang Lombok NO. 11 Semarang, Jawa Tengah.

Lumpia ini menjadi salah satu makanan legendaris yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Semarang. Terdapat dua varian lumpia yang bisa Anda cicipi di tempat atau Anda jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang, yaitu adalah varian lumpia basah dan lumpia goreng. Keduanya sama-sama nikmat disajikan dengan tambahan saus khas dari lumpia tersebut yang sangat lezat.

Gotravelly

Lezatnya Serabi Ngampin Ambarawa

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

2. Soto Bangkong Legendaris

Soto Bangkong Legendaris
image credit : https://publicinsta.com

Makanan legendaris di Semarang yang kedua adalah Soto Bangkong. Olahan soto yang satu ini ternyata sudah ada sejak tahun 1950 silam loh! Pada awalnya, pemilik dari soto bangkong ini menjajakan sotonya dengan cara dipikul akan tetapi seiring berjalannya waktu soto bangkong semakin berkembang hingga memiliki sebuah kedai tempat makan yang besar seperti sekarang.

Baca juga :  9 Food Truck Paling Enak di Jakarta

Soto ini dilengkapi dengan ayam kampung dan juga rempah-rempah khas soto yang sangat kental sehingga cita rasa dari soto bangkong ini sangat kuat dan juga sangat otentik. Soto bangkong ini terletak di Jalan Brigjen Katamso dan juga Jalan Setia Budi No. 229, Kota Semarang, Jawa Tengah.

3. Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul Pak Memed
image credit : https://www.idntimes.com

Kemudian, rekomendasi makanan legendaris di Semarang yang selanjutnya adalah Nasi Gandul milik Pak Memed. Olahan ini hampir mirip seperti soto betawi ataupun soto tangkar, akan tetapi yang membedakan adalah tambahan bumbu lain yang membuat nasi gandul ini menjadi sangat kaya rasa. Selain itu, nasi gandul ini juga diberikan banyak potongan daging sapi, dan juga jeroan sapi.

Letak dari nasi gandul ini adalah di Jalan Dr. Cipto Nomor 12 A, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Kampoeng Semawis

Kampoeng Semawis
image credit : http://seputarsemarang.com

Selanjutnya adalah surga bagi makanan legendaris di Semarang yaitu adalah Kampoeng Semawis. Ditempat ini Anda bisa menemukan berbagai macam olahan lezat dan nikmat yang sudah terkenald ari generasi ke generasi akan kelezatannya. Anda bisa mengunjunginya di Jalan Gang Warung No. 50, Kota Semarang. Namun, kampoeng semawis ini hanya buka pada saat weekend saja yaitu, mulai dari hari Jum’at hingga Minggu pukul 18.00.

5. Tahu Gimbal Pak Edy

Tahu Gimbal Pak Edy
image credit : https://www.gotravelly.com

Kuliner legendaris di Semarang selanjutnya adalah Tahu Gimbal. Maksud dari gimbal adalah aeka gorengan yang disatukan sehingga berbentuk seperti gimbal. Olahan ini terdiri atas tahu, lontong, bakwan udang, kol, tauge, dan juga ditutup dengan bumbu kacang yang dicampur dengan petis udang, sehingga makanan ini memiliki cita rasa yang legit dan gurih.

Anda bisa mengunjungi tempat makan ini di Jalan Pandanaran II, Taman KB, Kota Semarang.

Baca juga :  Inilah 8 Oleh-oleh Khas Banjarmasin Terkenal Paling Enak Harga Murah

6. Babat Gongso Pak Karmin

Babat Gongso Pak Karmin
image credit : https://lifestyle.kompas.com

Kuliner legendaris di Semarang yang satu ini sudah ada sejak tahun 1971, yaitu babat gongso milik Pak Karmin. Olahan babat gongso ini memang sudah terkenal dengan bumbu rempahnya yang kuat dan sangat lezat. Anda bisa mendatangi kedai babat gongso ini di Jalan Pemuda, Kota Semarang.

7. Lekker Paimo

Lekker Paimo
image credit : https://lifestyle.okezone.com

Selanjutnya merupakan olahan lekker yang tergolong sebagai kue. Lekker Paimo ini memang sudah sangat terkenal karena kelezatan adonan lekker nya yang khas dan juga beraneka topping yang bisa Anda tambahkan di lekeker ini. Alamat dari lekker ini adalah di Jalan Karang Anyar 37, Kota Semarang.

8. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar
image credit : https://phinemo.com

Gulai kambing Bustaman terletak di daerah Tanjung Mas, Kota Semarang Utara. Gulai kambing yang satu ini memiliki rempah-rempah yang kuat dan kaya sehingga sudah terkenal dengan kelezatannya yang luar biasa.

9. Wedang Tahu

Wedang Tahu
image credit : https://www.pegipegi.com

Wedang tahu biasa disebut juga sebagai tahwa. Wedang Tahu juga menjadi salah satu makanan legendaris di Semarang yang selalu ramai. Anda bisa menemukan penjual wedang tahu yang sangat lezat di depan daerah Swiss House, Ngaliyan, Kota Semarang.

10. Kedai Es Puter Cong Lik

Kedai Es Puter Cong Lik
image credit : https://www.idntimes.com

Dan rekomendasi kuliner legendaris di Semarang ditutup dengan es puter cong lik yang memang sudah terkenal sebagai yang tertua di Kota Semarang. Es puter ini memiliki varian rasa yang banyak sekali dan juga pilihan topping yang menggugah selera, tidak salah jika kedai ini selalu ramai. Anda bisa mengunjungi kedai es puter ini di Warung Semawis dan juga di daerah Simpang Lima Semarang.



Leave a Reply