Sop Buntut Bu Leman, Sop Buntut Andalan dari Pekalongan!

sop buntut bu leman

DeniPermana | Sightseeing
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia | halal
20 Jun 2019


Sop Buntut Bu Leman, Sop Buntut Andalan dari Pekalongan!
Ada yang suka Sop Buntut? Cobain ini kalo ke Pekalongan!

Minggu-minggu kemarin pas libur panjang aku dan keluarga mudik dua hari ke Pekalongan. Biasa banyak keluarga yang rumahnya disana dan kami bersilaturahmi kesana. Nah kalau lagi di Pekalongan ada salah satu tempat makan yang wajib dikunjungi, namanya adalah Sop Buntut Bu Leman.

sop buntut bu leman
Sesuai dengan namanya, Sop Buntut Bu Leman ini menyajikan menu andalannya untuk dijual yaitu aneka olahan buntut sapi. Sop Buntut Bu Leman ini udah lama bukanya karena dari dulu udah sering diajak makan disini. Untuk lokasi persisnya berada di Jl. Dokter Wahidin No. 91 D, Pekalongan, Jawa Tengah.

sop buntut bu leman
Meskipun sudah terkenal tempat makan Sop Buntut Bu Leman ini masih sederhana dan simple. Konsepnya mirip depot begitu dan ya nggak terlalu luas sih menurut aku tapi disini tersedia cukup banyak meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan di tempat. Begitu masuk kalian akan melihat foto-foto para pesohor bahkan pejabat yang sedang makan di Sop Buntut Bu Leman ini. Jadi sudah tidak perlu di ragukan lagi kenikmatan sop buntut disini.

sop buntut bu leman

Menu yang disajikan disini selain sop buntut kuah ada juga sop buntut goreng, iga bakar, iga goreng, soto ayam, ayam bakar, ayam goreng, dan ada juga sayur asem. Kami pesan beberapa menu untuk dimakan bersama yang wajib ya sop buntut, sop buntut goreng dan juga iga bakar. Disini per porsinya memang agak mahal sekitar 50.000 – 60.000 tapi porsinya cukup banyak jadi bisa sharing.

sop buntut bu leman
Karena kemarin nggak begitu ramai jadi makanan yang kami pesen datengnya cepat. Sekitar 10 menit saja semua menu yang kami pesan sudah siap diatas meja dan siap disantap. Selalu yang bikin ngiler disini adalah kuah kaldu di sop buntutnya menggoda banget untuk di seruput. Karena terlihat gurih dan berbumbu, apalagi masih ada lemak diatasnya yang bikin sensasi nikmat tersendiri di dalam mulut.

sop buntut bu leman
Satu porsi sop buntut ini disajikan di dalam mangkuk, potongannya cukup besar dan banyak. Belum dipotong aja udah kelihatan kalau dagingnya bakalan empuk dan lembut. Diatasnya diberi taburan seledri dan irisan tomat segar agar kuahnya terasa sedikit asam nikmat.

sop buntut bu leman
Pertama mau makan yang sop buntut dulu. Rasa kuahnya gurih dan nggak bikin eneg. Disajikan panas jadi dimulut nggak terasa berat karena lemak. Dagingnya empuk dan nggak bau, sedep banget! Kalau yang sop buntut goreng ini lebih nendang lagi. Dimasak seperti digongso, jadi warnanya coklat penuh bumbu kental dan diatasnya diberi taburan bawang goreng biar makin sedep. Begitu dimakan sama nasi, pecahh!! Rasa daging dan bumbunya lumer didalam. Bumbunya manis dan gurihnya pas, apalagi merasuk sempurna kedalam dagingnya, ajib banget!

sop buntut bu leman
Yang nggak kalah enak si iga bakar. Bumbunya mirip sop buntut goreng tapi lebih sedikit kering. Dagingnya banyak, sensasi tersendiri saat makan daging iga yang terlepas dari tulang rusuknya, bener-bener kenikmatan yang hakiki versi aku nih hahahaha. Nulis begini aja langsung kebayang dan pengen makan si iga bakar ini lagi.

Jadi kesimpulannya semua makanan disini ENAAKK! Dagingnya diolah dengan benar menggunakan bumbu-bumbu yang pas. Pelayanannya cepat dan tempatnya juga nyaman. Nggak heran kalau para pesohor suka makan disini, emang rasanya nggak bisa bohong.

Oke guys udah dulu review Sop Buntut Bu Leman dari Pekalongan ini. Buat kalian yang di Pekalongan atau lewat Pekalongan bisa banget nyobain makan disini, karena rasanya bener-bener nendang di lidah!

Opening Hours
08:00 - 17:30
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY