7 Makanan khas Karanganyar, Pecinta Kuliner Wajib Mencoba!


Fida  March 7, 2023  0 Comment

Tidak hanya dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata, kamu juga dapat mencoba berbagai hidangan lezat saat berkunjung ke Karanganyar. Ada banyak pilihan makanan khas Karanganyar yang wajib kamu coba mulai dari soto karang hingga uniknya sate landak. Penasaran? Inilah daftar 7 makanan khas Karanganyar yang tuidak boleh kamu lewatkan.

Makanan khas Karanganyar :

1. Sate Kelinci

sate kelinci
sweetrip.id

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kuliner sate bukan? Jika biasanya sate dibuat menggunakan bahan utama berupa daging ayam atau sapi, tapi tidak dengan makanan khas Karanganyar yang satu ini. Sate kelinci merupakan salah satu makanan yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat berada di Karanganyar. Sesuai dengan sebutannya, makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa daging kelinci.

Beberapa dari kamu mungkin belum pernah mendengar bahkan mencoba kuliner sate kelinci. Kuliner yang satu ini menyuguhkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Daging kelinci yang empuk dan berpadu dengan bumbu yang melimpah tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. Kuliner yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 15.000,- per porsi.

2. Sate Landak

sate landak
superapps.kompas.com

Tidak kalah unik dengan sate kelinci, kamu juga dapat mencoba kuliner khas Karanganyar berupa sate landak. Kuliner yang satu ini mungkin terdengar cukup mengerikan bagi sebagian orang. Tetapi jangan salah, sate landak menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Jika dilihat sekilas, sate ini memiliki tampilan yang tidak berbeda dengan sate pada umumnya. 

Baca juga :  10 Makanan Khas Tibet : Hidangan yang Tidak Bisa Anda Lewatkan

Bagi kamu yang takut mencoba kuliner sate landak, kamu tidak perlu khawatir karena banyak yang mengatakan bahwa daging sate landak mirip dengan sate ayam. Gurih dan empuknya daging landak yang disajikan dengan lontong atau ketupat tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya. Bumbu kacangnya yang lezat juga menjadi perpaduan yang pas dan tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Karanganyar. 

Jika ingin mencoba uniknya sate landak, kamu tidak perlu menguras kantong karena harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau. Satu porsi sate landak hanya dibandrol sekitar Rp 20.000,-. Dengan begitu, kamu akan mendapat 10 tusuk sate landak yang disajikan dengan lontong atau ketupat. Hidangan unik yang satu ini tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba.

3. Ayam Panggang khas Karanganyar

ayam panggang karanganyar
solopos.com

Diantara banyaknya pilihan makanan khas Karanganyar, kamu dapat mencoba lezatnya hidangan ayam panggang. Ayam Panggang khas Karanganyar dikenal menawarkan cita rasa yang lezat serta tekstur daging yang empuk. Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah proses pemasakan ayam panggang Karanganyar yang berbeda dengan ayam panggang pada umumnya.

Jika ayam panggang biasanya dibakar dengan cara langsung diletakkan di atas api, tetapi tidak dengan ayam panggang khas Karanganyar. Ayam panggang yang satu ini terlebih dahulu diletakkan pada wajan khusus dan diberikan api di bagian bawahnya. Proses pemanggangan tersebut tentu akan menjadikan ayam matang secara merata.

Saat berkunjung ke Karanganyar, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai tempat makan yang menyajikan hidangan berupa ayam panggang. Bagi pecinta olahan ayam, Ayam Panggang khas Karanganyar tentu menjadi salah satu hidangan lezat yang tidak boleh kamu lewatkan.

Baca juga :  10 Makanan Khas Jepang Dengan Sajian Daging Mentah Yang Enak!

4. Soto Karang

soto karang
solo.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner soto karang? Soto karang merupakan sebutan bagi salah satu makanan khas Karanganyar yang dikenal unik dan menarik untuk kamu coba. Meskipun memiliki sebutan soto karang, tetapi makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa tulang iga, serta buntut sapi.

Selain tampilan serta aromanya yang menggugah selera, soto karang juga menawarkan cita rasa lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan berbagai bumbu serta rempah sehingga di daerah jika menghasilkan cita rasa yang unik dan khas. Adanya bawang goreng dan juga jeruk nipis tentu menjadi pelengkap yang pas untuk menikmati lezatnya soto karang.

Makanan khas Karanganyar yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 25.000,- per porsi. Cukup terjangkau bukan?

5. Sego Gablok

sego gablok
cookpad.com

Sedang berlibur ke Karanganyar, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu salah satu makanan khas Karanganyar yakni sego gablok. Sego gablok merupakan olahan nasi gurih yang diolah dengan cara dikukus. Nasi gurih tersebut kemudian akan ditambahkan dengan gadon atau ayam kukus, bothok dan bongko atau pepes kacang.

Hidangan sederhana yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per porsi. Meskipun tampak sederhana, tapi hidangan ini justru memiliki cita rasa yang lezat karena dibuat menggunakan berbagai tambahan bumbu dan rempah. Karena diolah dengan dibungkus menggunakan daun pisang, tidak heran jika makanan yang satu ini memiliki aroma yang khas dan wajib kamu coba.

6. Grubi

grubi
tokopedia.com

Terdapat banyak pilihan makanan khas Karanganyar yang wajib kamu coba mulai dari makanan berat hingga jajanan. Grubi jadi salah satu rekomendasi tepat yang dapat kamu coba maupun kamu pilih untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa campuran ubi dan gula jawa. Saat mencobanya, kamu akan merasakan tekstur yang renyah dan sedikit keras. Cita rasanya yang manis menjadi ciri khas dari grubi.

Baca juga :  10 Makanan Khas Estonia, Kelezatannya Bikin Ketagihan

Grubi biasanya dipilih sebagai camilan saat bersantai dan disajikan bersama satu cangkir teh atau kopi. Kamu dapat membeli makanan yang satu ini di beberapa pusat perbelanjaan maupun toko oleh-oleh di Karanganyar. Makanan yang satu ini dijual dengan kemasan praktis dan menarik serta memiliki harga yang terjangkau yakni sekitar Rp 16.000,- per bungkus.

7. Balung Kethek

balung kethek
shopee.co.id

Satu lagi rekomendasi makanan khas Karanganyar yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Balung Kethek. Makanan yang satu ini memang memiliki sebutan unik yang dalam bahasa Jawa memiliki arti tulang monyet. Tetapi meskipun memiliki sebutan balung kethek, jajanan ini tidak dibuat menggunakan tulang monyet melainkan berbahan dasar singkong atau ubi jalar.

Saat mencobanya, kamu dapat merasakan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih. Singkong yang diiris tipis dan diolah dengan cara digoreng hingga matang ini akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Balung kethek biasa dijual dengan berbagai varian rasa seperti manis dan pedas.

Nah, itu dia daftar 7 makanan khas karanganyar yang wajib kamu coba. Dari daftar di atas, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply