Inilah 7 Makanan Khas Payakumbuh yang Memanjakan Lidah


Fida  November 10, 2022  0 Comment

Payakumbuh merupakan sebutan bagi salah satu Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Tidak hanya dikenal dengan destinasi wisatanya yang beragam, Payakumbuh juga menawarkan berbagai makanan lezat yang menarik untuk dicoba.

Berbagai sajian khas Payakumbuh dibuat dengan bumbu dan rempah yang khas sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Tidak perlu bingung, inilah daftar 7 rekomendasi makanan khas Payakumbuh yang sayang untuk kamu lewatkan. 

1. Gulai Paluik

gulai paluik
gurusiana.id

Pernah mendengar sebutan makanan gulai paluik? Gulai paluik merupakan sebutan bagi salah satu makanan khas Payakumbuh yang populer dan menarik untuk dicoba. Hidangan yang satu ini tidak hanya memiliki tampilan yang unik, tetapi juga cita rasa lezat dan menggugah selera. 

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat gulai paluik diantaranya santan, tepung, telur, dan juga jengkol. Jika biasanya jengkol diolah dengan disajikan utuh, tetapi tidak dengan makanan yang satu ini. Gulai paluik menyajikan olahan jengkol yang telah dilembutkan dan dibungkus serta dililit menggunakan daun labu atau daun kacang. 

Selain cocok untuk dinikmati langsung, Gulai Paluik juga juga sangat cocok untuk disantap bersama dengan nasi hangat. Makanan khas Payakumbuh yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba. 

Gotravelly

Selasar Wonosalam, Tawarkan Pengalaman Seru Offroad Di Lereng Gunung Anjasmoro

Hangatnya Bakso Cik Sam, Pilihan Menu Bakso-Nya Bikin Ketagihan

2. Rendang Runtiah

rendang runtiah
kalamakan.cekricek.id

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Payakumbuh, rendang tentu menjadi hidangan yang sangat mudah kamu jumpai. Salah satu jenis rendang yang bisa kamu coba adalah Rendang Runtiah. Rendang Runtiah dibuat dengan menggunakan bahan utama yang sama dengan rendang pada umumnya yakni menggunakan daging sapi. Berbeda dengan rendang lainnya yang menggunakan potongan daging berukuran cukup besar, Rendang Runtiah menggunakan daging sapi yang disuwir sebelum diolah. 

Karena dikenal dengan bentuk dagingnya yang disuwir, maka tidak heran jika Rendang Runtiah memiliki tampilan yang mirip dengan abon sapi. Meskipun begitu, saat dicoba, cita rasa hidangan ini sangatlah berbeda dengan abon sapi. Rendang Runtiah memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat.

Berbagai bumbu dan rempah yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini diantaranya lengkuas, jahe, bawang putih, dan juga daun serai. Sama seperti rendang pada umumnya, Rendang Runtiah juga menggunakan santan sebagai salah satu bahan utamanya. Tertarik untuk mencoba lezat dan uniknya Rendang Runtiah saat datang ke Payakumbuh? 

3. Rendang Paru

rendang paru
sajiansedap.grid.id

Paru menjadi salah satu bagian jeroan sapi yang banyak digemari. Selain karena cita rasanya yang gurih saat dimasak, paru juga memiliki tekstur yang kenyal dan khas. Salah satu makanan khas Payakumbuh yang dibuat dari olahan paru dan bisa kamu coba adalah Rendang Paru.

Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama paru dan dimasak menggunakan bumbu dan rempah khas rendang. Beberapa bumbu yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini diantaranya cabai rawit, serai, daun salam, dan masih banyak lagi. 

Saat berada di Payakumbuh, rendang paru dapat dengan mudah dijumpai di beberapa warung atau tempat makan. Harganya yang terbilang cukup mahal juga sangat seseuai dengan cita rasa lezat yang ditawarkan. Menikmati rendang paru bersama dengan satu porsi nasi hangat tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

4. Rendang Telur Kering

rendang telur kering
idntimes.com

Selain hidangan rendang runtiah dan rendang paru, kamu juga dapat mencoba makanan khas Payakumbuh berikutnya yakni rendang telur kering. Beberapa dari kamu tentu akan dibuat penasaran dengan sebutan hidangan yang satu ini bukan? 

Sesuai dengan sebutannya, rendang telur kering dibuat dengan menggunakan bahan utama telur ayam. Bahan bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat hidangan rendang telur kering adalah tepung terigu, santan, daun salam, dan juga daun jeruk. 

Meskipun disebut rendang, tetapi makanan ini dikenal unik karena bertekstur renyah menyerupai keripik. Kamu dapat memilih untuk menikmati rendang telur kering sebagai kudapan saat bersantai. Selain gurih, rendang telur kering juga disajikan dengan varian rasa lainnya seperti pedas cabai merah yang menjadi salah satu favorit wisatawan. Rendang yang satu ini unik sekali bukan?  

5. Pangek Cubadak

pangek cubadak
cookpad.com

Rekomendasi makanan khas Payakumbuh berikutnya yang dikenal unik dan menarik untuk kamu coba adalah Pangek Cubadak. Pangek Cubadak merupakan salah satu hidangan yang dibuat menggunakan bahan utama nangka muda dan santan. Jika dilihat sekilas, Pangek Cubadak memiliki tampilan yang mirip dengan sajian gulai. 

Selain cita rasanya yang lezat, hidangan yang satu ini juga memiliki proses memasak yang unik. Saat dimasak, olahan Pangek Cubadak diberi tambahan batang pisang di bagian bawah pancinya. Hal itu bertujuan agar olahan Pangek Cubadak matang sempurna dan tidak cepat gosong. Saat proses memasak, Pangek Cubadak tidak perlu diaduk. Dengan begitu, bumbu yang digunakan akan semakin meresap. 

6. Galamai

galamai
saribundo.biz

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebutan galamai. Galamai merupakan salah satu makanan khas Payakumbuh yang populer dan menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini memiliki warna serta tekstur yang mirip dengan dodol. Bahan yang digunakan untuk membuat galamai juga mirip dengan bahan pembuatan dodol. 

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini diantaranya tepung beras, santan, dan juga gula aren. Dalam proses pembuatannya, adonan bahan galamai harus terus diaduk agar menghasilkan tekstur yang khas. Saat mencobanya, kamu tentu dapat merasakan tekstur yang lembut dan lengket serta cita rasa yang manis dan legit. Saat datang ke Payakumbuh, galamai menjadi makanan yang cukup mudah dijumpai. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan dibungkus menggunakan plastik kecil. Kemasannya yang menarik juga berhasil menjadikan banyak wisatawan penasaran akan kelezatannya. Kamu dapat membeli galamai di toko oleh oleh di Payakumbuh. 

7. Kerupuk Jangek

kerupuk jangek
shopee.co.id

Makanan khas Payakumbuh selanjutnya yang menarik untuk kamu coba adalah kerupuk jangek. Pernah mendengar sebutan makanan yang satu ini sebelumnya? Kerupuk jangek merupakan sebutan lain dari kerupuk rambak. 

Di Payakumbuh, kerupuk jangek tidak hanya dinikmati sebagai camilan, tetapi juga banyak dipilih sebagai pelengkap saat makan. Teksturnya yang renyah dan cita rasanya yang gurih berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. 

Bahan utama pembuatan kerupuk jangek adalah kulit sapi atau kulit kambing. Langkah pertama pembuatan kerupuk ini adalah dengan cara membersihkan kulit hingga bersih, kemudian dijemur. Setelah dijemur, kulit dipotong atau dicetak hingga berbentuk kotak maupun bulat. Setelah berhasil dicetak dengan bentuk sesuai selera, barulah melalui proses pembumbuan. Kerupuk jengek dibuat menggunakan berbgaai bumbu dan rempah sehingga menawarkan rasa yang gurih dan lezat. Setelah dibumbui, kerupuk kemudian dijemur kembali. 

Kerupuk yang disajikan melalui proses penggorengan ini sangat cocok untuk dinikmati semua kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Proses pembuatan kerupuk jangek yang terbilang memakan waktu lama menjadikan kerupuk ini memiliki harga jual yang terbilang mahal. 

Nah, itulah daftar 7 makanan khas Payakumbuh yang dikenal lezat dan menggugah selera. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Payakumbuh, makanan manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba? 



Leave a Reply