10 Kue Khas Banjarmasin Bercita Rasa Legit dan Gurih


Fida  May 11, 2021  0 Comment

Banjarmasin merupakan salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus kuliner Kue Khas Banjarmasin yang lezat. Saat berkunjung ke Banjarmasin, tidak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ditawarkan.

Berkunjung ke destinasi wisata di Banjarmasin, Anda juga dapat mencoba berbagai jajanan termasuk kue khas Banjarmasin. Ada cukup banyak pilihan kue dengan bentuk yang unik serta cita rasa khas. Berikut daftar kue khas Banjarmasin yang sayang untuk Anda lewatkan

1. Amparan Tatak Pisang

 Amparan Tatak Pisang
daerahkita.com

Amparan tatak pisang menjadi salah satu kue khas Banjarmasin yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dan santan.

Amparan tatak pisang biasa disajikan pada acara-acara besar di Banjarmasin. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut dengan cita rasa manis yang khas. Selain mudah dijumpai, kue yang satu ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak jarang warga Banjarmasin memilih untuk membuatnya sendiri di rumah karena proses pembuatannya yang mudah dan bahan-bahannya yang mudah dijumpai.

Gotravelly

90 Town Sidoarjo, Warung Kopi Cozy Tawarkan Menu Nikmat Cuma Rp 7.000,- Aja

Cobain Jajan Pentol Maido, Jajanan Pentol Dengan Porsi Timbangan

2. Kue Lam

 Kue Lam
kuliner.ilmci.com

Kue lam menjadi salah satu kue khas Banjarmasin yang terdiri dari dua jenis yakni basah dan kering. Kue lam basah dibuat dengan proses dikukus dan yang kering melalui proses pemanggangan.

Kue lam dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya margarin, telur bebek, tepung, dan gula. Perlu kesabaran untuk membuat kue yang satu ini karena harus dipastikan bahwa setiap lapisannya matang secara merata. Kue lam dapat dibeli di toko Banjar Lam Cake yang terletak di daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

3. Roti Pisang

Roti Pisang
cookandrecipe.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan roti pisang. Roti pisang menjadi salah satu kue khas Banjarmasin yang cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan.

Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang. Di bagian atas kue juga terdapat potongan pisang yang menjadikan tampilan semakin menarik dan menggugah selera. Tidak hanya populer dan mudah dijumpai di pasar tradisional, kue pisang juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Anda juga dapat mencoba membuat sendiri di rumah karena proses pembuatannya yang mudah.

4. Lumpur Surga

 Lumpur Surga
yummy.co.id

Salah satu kue khas Banjarmasin yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba adalah lumpur surga. Tidak hanya namanya saja yang unik, kue yang satu ini juga menawarkan cita rasa serta tekstur yang khas.

Saat mencobanya, Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta cita rasa gurih yang mirip dengan srikaya. Anda dapat dengan mudah menjumpai kue yang satu ini di berbagai pasar tradisional atau membelinya secara online.

5. Maksubah

Maksubah
daerahkita.com

Salah satu kue khas Banjarmasin yang sayang untuk tidak Anda coba adalah maksubah. Kue yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang mirip dengan kue lam dan lapis legit. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa khas serta tekstur yang unik. Kue yang satu ini juga dikenal memiliki bentuk seperti rebana.

Maksubah dapat dijumpai di berbagai toko kue di Banjarmasin. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan sesuai dengan ukuran yang ditawarkan. Saat berkunjung ke daerah Banjarmasin, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk mencoba lezatnya kue maksubah.

6. Apam Paranggi

Apam Paranggi
resep-membuat.blogspot.com

Apam Paranggi merupakan salah satu kue khas Banjarmasin yang saat ini sudah mulai langka. Kue yang satu ini biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat membelinya di berbagai pasar tradisional atau tempat pemesanan kue di Banjarmasin.

Apam paranggi dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung terigu, vanili, gula pasir, santan hangat, tape singkong, dan berbagai bahan lainnya. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa khas serta tekstur yang lembut saat mencobanya. Saat berkunjung ke Banjarmasin, tidak ada salahnya untuk berburu dan mencoba lezatnya kue yang satu ini.

7. Sesumapan

Sesumapan
jejakpiknik.com

Sesumapan merupakan salah satu kue khas Banjarmasin yang sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadan tiba. Kue yang satu ini juga banyak disebut sebagai talam versi Banjar. Selain mudah dijumpai, buku yang satu ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Sesumapan memiliki tampilan yang unik dan menggugah selera. Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut saat mencobanya. Berkunjung ke Banjarmasin, tidak ada salahnya untuk berburu dan mencoba lezatnya kue khas yang satu ini.

8. Bolu Gulung Hj Enong

Bolu Gulung Hj Enong
shopee.co.id

Salah satu kue khas Banjarmasin yang cukup populer dan sayang untuk tidak Anda coba adalah bolu gulung Hj Enong. Kue yang satu ini juga sangat dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Banjarmasin.

Anda dapat mencoba bolu gulung yang ditawarkan dengan berbagai varian rasa. Selain dikenal menawarkan cita rasa lezat dan tekstur yang lembut, bolu gulung yang satu ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Jika ingin membelinya, Anda dapat datang ke Jalan Brigjend H. Hasan Basri no 4B.

9. Ipau

Ipau
tribunnews.com

Salah satu kue khas Banjarmasin yang sayang untuk tidak dicoba adalah ipau. Kue yang satu ini kerap disebut sebagai pizzanya Banjarmasin. Hidangan yang satu ini terdiri dari beberapa lapisan tipis tepung yang ditambahkan dengan sayur, wortel, bawang bombay, kentang, dan daging.

Anda akan dimanjakan dengan aroma yang sangat menggugah selera. Tidak hanya itu, cita rasa yang lezat juga dapat Anda nikmati saat mengkonsumsi ipau. Yang ditawarkan juga cukup beragam yakni mulai dari Rp 5.000,- hingga Rp 80.000,- tergantung jenis dan ukuran yang ditawarkan. Saat berkunjung ke Banjarmasin, tidak ada salahnya untuk mencoba lezat dan uniknya kue yang satu ini.

10. Gagampam

Gagampam
gaplek.net

Salah satu kue khas Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan adalah gagampam. Kue yang satu ini memiliki bahan dasar singkong dengan berbagai tambahan bahan lainnya seperti gula merah dan kelapa parut. Gagampam diolah dengan cara dikukus. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis serta tekstur yang lembut saat mencobanya.

Gagampam biasa dijumpai di pasar tradisional di Banjarmasin. Kue yang satu ini juga dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Selain memiliki bahan-bahan yang mudah dijumpai, gagampam juga diolah dengan proses yang tidak sulit. Saat berkunjung ke Banjarmasin, tidak ada salahnya untuk mencoba lezat dan uniknya kue yang satu ini.

Nah, di atas merupakan daftar 10 kue khas Banjarmasin yang bisa Anda coba. Kue manakah yang tampak menggugah selera dan ingin Anda coba saat berkunjung ke Banjarmasin?



Leave a Reply