7 Minuman Khas Banjarmasin, Sehar Dan Menyehatkan


prita  May 24, 2022  0 Comment

Mencicipi berbagai kuliner saat berlibur tenti menjadi salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan. Tak hanya mencicipi makanannya saja, mencicipi minumannya juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Jika kamu berkunjung ke Banjarmasin, minuman khas Banjarmasin juga menjadi salah satu kuliner yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Kota yang mendapat julukan sebagai Kota Seribu Sungai ini memiliki berbabagi macam minuman khas yang nikmat. Saat berkunjung kesana, kamu wajib untuk mencicipi beberapa minuman khas Banjarmasin yang menjadi favorit ini. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, lho. Nah, apa saja minuman yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Banjarmasin. Berikut ini adalah daftarnya.

Rekomendasi Minuman Khas Banjarmasin:

1. Es Lidah Buaya

Es Lidah Buaya
tribunnewswiki.com

Minuman khas Banjarmasin yang pertama adalah Es Lidah Buaya. Minuman yang satu ini sangat cocok bila dinikmati dalam cuaca panas karena bisa menyegarkan tubuh.

Es lidah buaya ini menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Banjarmasin. Tak hanya menyegarkan tubuh, minuman ini juga memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan juga kecantikan. Memang masih banyak yang belum banyak melakukan inovasi membuat minuman dari lidah buaya, namun di Banjarmasin minuman ini sudah cukup umum ditemukan. Terutama saat cuaca sedang terik. Es lidah buaya mampu menyegarkan tenggorokan dan tubuh yang terasa panas setelah melakukan aktivitas. Minuman ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai tempat di kota Banjarmasin.

Baca juga :  10 Rekomendasi Sate Padang Paling Enak di Sumatera barat
GoTravelly

Nongkrong Di Area SPBU? Rashid Craft Coffee And Roastery Tempatnya!

Menara Pandang Teratai, Tawarkan Keindahan Kota Purwokerto Dari Ketinggian

2. Es Tebu

Es Tebu
celebes.co

Es tebu mungkin menjadi salah satu minuman yang cukup populer karena bisa ditemukan selain di Pulau Kalimantan. Minuman khas Banjarmasin yang satu ini juga cukup populer karena harganya yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.000 untuk satu porsinya.

Es tebu menjadi salah satu alternatif minuman menyegarkan yang wajib untuk dicoba karena memiliki cita rasa yang manis namun tidak membuat eneg. Es tebu juga dikenal memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah dehidrasi dan antioksidan. Kamu bisa menikmati es tebu ini saat berkeliling untuk berjalan-jalan mencari kuliner khas Banjarmasin atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

3. Es Nangka Selasih

Es Nangka Selasih
simakterus.com

Minuman khas Banjarmasin yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Es Nangka Selasih. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas karena bisa menyegarkan tubuh.

Es Nangka Selasih ini memang menjadi salah satu minuman yang cukup populer di Kota Banjarmasin karena sangat segar dan harganya cukup terjangkau. Bagi masyarakat Banjarmasin, es nangka selasih ini menjadi salah satu menu buka puasa favorit karena rasanya yang manis. Sesuai dengan namanya, minuman ini dibuat dari buah nangka, selasih dan es batu dan memiliki cita rasa manis juga dingin di mulut.  Sementara adanya tambahan jeruk nipis membuat minuman ini sangat menyegarkan untuk tenggorokan. Biasanya orang-orang minum ini setelah melangsungkan ibadah sholat tarawih.

Meskipun begitu, Es nangka selasih tak hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan saja, namun minuman ini juga bisa ditemukan setiap hari di berbagai tempat di Banjarmasin. Untuk harganya sendiri masih cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp 7.000 hingga Rp 15.000 per porsinya.

Baca juga :  Jalan jalan ke Danau Toba? Nih 7 Tempat Makanan Halal di Samosir

4. Es Sari Kacang Hijau

Es Sari Kacang Hijau
cookpad.com

Kacang hijau biasanya ditemukan dalam bentuk sajian, seperti kue tradisional atau bubur. Di Banjarmasin, kamu bisa menemukan kacang hijau yang diolah menjadi minuman khas Banjarmasin yang nikmat, yaitu Es Sari Kacang Hijau.

Untuk membuat minuman ini sebenarnya cukup mudah, namun rasanya sangat menyegarkan. Ditambah lagi minuman ini sangat mudah di dapatkan di berbagai tempat di Banjarmasin. Kamu bisa menemukannya di berbagai gerai makanan di tepi jalan dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Es Jagung

Es Jagung
kulinerkota.com

Minuman khas Banjarmasin yang satu ini juga wajib untuk dinikmati, yaitu Es Jagung. Es jagung juga menjadi salah satu minuman yang cukup populer di kalangan masyarakat Banjarmasin.

Es jagung ini memiliki cita rasa manis dan dingin juga sangat lembut di tenggorokan dan es jagung ini sangat cocok untuk mengobati rasa dahaga. Sesuai dengan namanya, minuman ini dibuat dari jagung sebagai bahan dasarnya. Jagung kemudian direbus hingga matang dan diblender dengan es batu kemudian diberi sedikit gula juga susu kental manis. Di Banjarmasin, kamu bisa menemukan minuman ini di berbagai warung atau sentra kuliner khas Banjarmasin. Untuk harganya juga cukup terjangkau, berkisar Rp 10.000 saja per porsinya.

Ternyata, es jagung tak hanya populer di Banjarmasin saja, melainkan di Pontianak juga sangat populer. Es jagung memang menjadi minuman khas Provinsi Kalimantan Selatan. Tak heran jika minuman ini juga banyak ditemukan di kota lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

6. Es Buah

Es Buah
beri.web.id

Es buah menjadi salah satu minuman khas Banjarmasin yang tak kalah nikmat untuk dicoba. Meskipun sebenarnya es buah juga bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia, namun kamu tetap wajib untuk mencoba es buah saat berkunjung ke Banjarmasin.

Baca juga :  Nggak Hanya Baguette,Berikut 10 Jenis Roti Khas Perancis

Es buah memang popularitasnya sangat tinggi karena minuman ini menjadi favorit banyak orang. Es buah ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan segar yang dicampur dengan es, gula dan sirup yang menyegarkan. Minuman yang satu ini bisa kamu temukan di Banjarmasin dengan mudah dan harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per porsinya.

7. Teh Gunung Satria

Minuman Khas Banjarmasin
reddit.com

Minuman khas Banjarmasin yang terakhir adalah Teh Gunung Satria. Teh Gunung Satria tak hanya menjadi oleh-oleh khas Banjarmasin saja, namun bisa juga menjadi salah satu minuman khas Banjarmasin yang sangat populer.

Teh Gunung Satria ini terkenal memiliki aroma yang khas dan menenangkan. Ditambah dengan cita rasannya yang manis sehingga membuat orang-orang ketagihan untuk meminumnya lagi. Teh Gunung Satria ini tersedia dalam tiga varian rasa yang bisa kamu coba, seperti Aroma Original, Aroma Melati dan Teh Asli Banjar. The ini dikemas seperti teh terkenal laainnya dan berisikan 25 kantong setiap bungkusnya. Teh Gunung Satria ini sangat cocok dinikmati saat pagi hari atau sore hari sambil bersantai.

Merk teh yang satu ini memang menjadi minuman unggulan di Banjarmasin yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Bahkan, popularitas teh ini di Banjarmasin menyalip popularitas teh dengan merk ternama lainnya, lho.

Itulah tadi daftar minuman khas Banjarmasin yang patut untuk kamu coba saat berkunjung kesana. Cukup banyak kan macamnya? Memang minuman khas Banjarmasin didominasi dengan minuman dingin yang segar karena sangat cocok dengan udara di Banjarmasin yang cenderung panas.



Leave a Reply