10 Oleh – oleh Khas Jakarta Cocok di Bawa Pulang Dari Perantauan


Reni  April 23, 2018  0 Comment

Sampai sekarang Jakarta masih menjadi salah satu tempat wisata besar yang sering menjadi sasaran wisatawan untuk dikunjungi, pada saat mengunjungi Jakarta akan terasa kurang apabila tidak membawa oleh – oleh khas Jakarta. Jakarta memiliki banyak oleh – oleh khas Jakarta baik itu makanan maupun souvenir, namun sekarang banyak yang tidak tahu akan oleh – oleh yang menjadi khas kota Jakarta.

Untuk mengantisipasi ketidaktahuan pada saat pergi ke Jakarta di bawah ini merupakan beberapa oleh –oleh khas Jakarta yang menjadi anjuran untuk dibawa pulang. Agar menjadi kenang – kenangan untuk keluarga dirumah.

1. Roti Buaya

Roti Buaya

goodindonesianfood.com

Sudah dapat diketahui dari namanya, sehingga sudah tidak membuat kaget kalau roti ini memiliki bentuk buaya. Oleh – oleh yang satu ini memiliki alasan kenapa diberi nama dengan roti buaya, alasannya pada zaman dulu bagi calon mempelai pria yang akan menikah memberikan roti buaya sebagai hantaran yang harus dipenuhi.

Roti buaya ini memiliki makna kemapanan serta kesetiaan untuk kedua belah mempelai, makna mapan ini terletak pada sebuah roti yang dulunya hanya dimakan oleh para bangsawan. Lalu untuk makna kesetiaan terdapat pada bentuk buaya, alasannya buaya hanya memiliki satu pasangan selama hidupnya.

Hal itulah yang menjadikan roti buaya sebagai tradisi pada saat pernikahan oleh orang Betawi. Meskipun roti ini sering digunakan untuk tradisi pernikahan oleh orang Betawi, para wisatawan masih bisa menikmati roti khas yang satu ini.

Karena roti ini sudah banyak dibuat dan dijual di toko – toko penjual oleh – oleh. Roti ini sudah dibuat dengan banyak sekali variasi rasa, mulai dari cokelat, strawberi, vanilla, pandan, durian dan sebagainya.

Baca juga :  10 Rekomendasi Tempat Makan Murah di London, Sajiannya Juga Enak

Review kuliner

Hangatnya Dimsum Mbledos Pas Untuk Malam Yang Dingin!

Kopi Joss Warung Millenial – Angkringan Kekinian Rungkut Surabaya

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi

khasjakarta.co.id

Oleh – oleh khas yang selanjutnya adalah dodol Betawi, pada umumnya dodol Betawi memiliki warna cokelat agak hitam, yang memiliki rasa ketan, durian, gula merah, gula pasir, santan yang dimasak menggunakan wajan yang besar selama lebih dari 8 jaman.

Selain waktu pengolahan yang lama dodol Betawi juga harus tetap diaduk selama proses memasak berlangsung. Sehingga hal itu memberikan rasa yang nikmat untuk dodol Betawi. Makanan khas ini juga sudah banyak dijual di toko – toko yang biasanya menyediakan oleh – oleh.

3. Kue Telur Gabus Keju

Kue Telur Gabus Keju

resepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Kue telur gabus dengan keju adalah makanan khas Jakarta yang hampir sama dengan kue kembang goyang. Kue gabus keju sering dikenal dengan kue tahi kucing alasannya kue ini memiliki bentuk yang menyerupai tahi kucing yaitu runcing dan mengembung di tengahnya.

Meskipun nama yang diberikan agak aneh untuk rasa tidak usah diragukan. Namun dulunya kue ini dibuat tanpa ada rasanya, namun seiring perkembangan zaman kue ini dibuat dengan banyak variasi rasa dan variasi warna yang menarik.

4. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

MANON CHOCOLATIER bukalapak

Kue kembang goyang merupakan salah satu camilan khas dari kota Jakarta. Kue ini memiliki alasan kenapa dinamakan kembang goyang yaitu karena berbentuk seperti bunga matahari.

Camilan yang satu ini memiliki rasa yang unik dan di atasnya diberikan taburan biji wijen yang semakin membuatnya menarik. Kue ini sangat cocok apabila dipadukan dengan meminum teh di pagi hari.

5. Tape Uli

Tape Uli

dapur_mak_yaya bukalapak

Tape uli adalah makanan khas Jakarta yang memiliki keunikan tersendiri, makanan ini memiliki bahan dasar tape dan uli. Makanan ini sangat digemari karena memiliki rasa asam namun memberikan kenikmatan.

Baca juga :  10 Nasi Goreng Enak di Makassar, Buktikan Sendiri!

Tape ini dibuat melalui proses fermentasi sehingga memberikan rasa keasaman. Konon agar memberikan rasa yang maksimal dari tape uli, perasaan dari sang pembuat tidak boleh buruk. Apabila sang pembuat sedang memiliki perasaan buruk maka tape uli pun akan terasa buruk atau tidak enak, namun jika sebaliknya tape uli pun akan memberikan rasa yang menakjubkan.

Untuk memakannya ada cara tersendiri yaitu dengan mencolekan uli ke tape agar rasa terpadu antara manis dan asam. Untuk oleh – oleh khas yang satu ini tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama, sehingga pembeli perlu memperhitungkan waktu untuk menempuh perjalanan pulang.

6. Bir pletok

Bir pletok

Romlah Oleh-Oleh Jakarta tokopedia

Selain makanan yang menjadi oleh –oleh khas Jakarta, ada juga minuman yang merupakan salah satu menjadi ciri khas Jakarta yaitu bir pletok. Bir pletok adalah bir yang berbeda dengan bir pada umumnya. bir pletok tidak memberikan efek yang memabukan bagi peminumnya, malah memberikan rasa yang mampu memberikan kehangatan pada tubuh manusia.

Alasannya bir pletok terbuat dari rempah – rempah yang memiliki manfaat tinggi dengan bahan dasar serai dan jahe. Agar menambah ketertarikan minuman ini ditambahkan dengan kayu cecang agar lebih berwarna. Selai untuk menghangatkan tubuh bir ini juga memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh manusia.

7. Souvenir dan miniature

Souvenir dan miniature

Sanz_Shop0612 tokopedia

Selain makanan dan minuman ada banyak sekali souvenir dan miniatur yang bisa didapatkan di kota Jakarta. Souvenir yang bisa dijadikan oleh – oleh banyak sekali macamnya mulai dari gantungan kunci, mug, magnet untuk kulkas, ataupun miniatur dengan berbagai bentuk ikon yang ada di Jakarta.

Baca juga :  Rekomendasi 10 Pempek Paling Enak di Palembang

Oleh – oleh ini bisa di dapatkan diberbagai tempat wisata di Jakarta seperti Monas, Taman Mini Indonesia dan sebagainya. Souvenir ataupun miniatur adalah oleh – oleh yang tak akan terlupakan sebelum barang tersebut hilang. Sehingga dengan membeli souvenir sebagai oleh – oleh adalah pilihan yang paling tepat untuk di lakukan.

8. Kaos

toko oleh-oleh terdekat

Zidan Grosir tokopedia

Selain souvenir dengan berbagai bentuk ada juga kaos dengan tulisan dan warna yang menarik. Pada saat berlibur ke Jakarta akan terasa janggal apabila belum memiliki kaos khas Jakarta. Kaos ini biasanya dibuat dengan desain yang menarik yang dibuat berdasarkan ikon – ikon besar di Jakarta, seperti bajaj, Monas, Kota tua dan hal – hal yang menarik lain.

9. Topeng ondel-ondel

Topeng ondel-ondel

ondel-ondelrifkyalbani.blogspot.co.id

Selain barang – barang di atas ada satu barang lagi yang menarik, yaitu topeng ondel – ondel. Topeng ini sering dijadikan sebagai hiasan pada dinding agar memperindah rumah. Meskipun bentuk ondel – ondel yang tinggi dan sedikit menakutkan, namun membeli topeng ondel – ondel adalah hal yang perlu dilakukan karena topeng ondel – ondel merupakan sesuatu yang kental akan kota Jakarta.

10. Kebaya Encim atau Kebaya Betawi

Kebaya Encim atau Kebaya Betawi

lifestyle.okezone.com

Indonesia merupakan sebuah Negara yang kaya akan kebudayaan dan keseniannya dan salah satunya adalah baju daerah tradisional Jakarta yaitu kebaya encim. Kebaya encim sering dipakai oleh para wanita di Jakarta untuk sebuah perlombaan yang memiliki nama Abang None. Kebaya ini juga bisa dijadikan sebagai koleksi oleh – oleh dari Jakarta, yang bisa didapatkan di pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta.

Sebenarnya masih banyak sekali oleh – oleh khas Jakarta yang menarik. Sehingga saat sedang berkunjung ke Jakarta rugi rasanya apabila tidak membawa barang untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga atau cuma digunakan sebagai pengingat bahwa pernah berkunjung ke Jakarta.



Leave a Reply