11 Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal Laris Kesukaan Wisatawan


Reni  April 20, 2018  0 Comment

Berbicara mengenai Bandung, yang akan terlintas adalah banyaknya tempat wisata yang ada di kota yang dikenal dengan nama Kota Kembang tersebut. Walaupun begitu, namun di Bandung bukan hanya dikenal dengan banyaknya tempat wisata yang ada, tetapi ada juga berbagai oleh-oleh khas Bandung yang wajib kamu bawa pulang atau dimakan ketika berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Lantas apa saja oleh-oleh khas dari Bandung yang harus kamu ketahui tersebut? Baiklah, yuk simak beberapa oleh-oleh khas kota Kembang yang paling laris tersebut:

1. Surabi Yang Dikenal Sebagai Makanan Unik Asal Bandung

Surabi

bangbenreviewer.wordpress.com

Surabi merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah tepung terigu yang bentuknya memiliki kemiripan dengan pancake. Perbedaannya, makanan khas ini diproduksi dengan dibakar di perapian. Selain itu, adonan yang ada juga lebih tebal dibanding adonan pancake.

Proses produksi surabi ini juga tidak terlalu rumit karena hanya membutuhkan beberapa alat sederhana saja. Contoh alat sederhana yang digunakan adalah tengku yang bahan dasarnya dari tanah liat. Ya, inilah yang bisa mengubah tepung terigu tadi menjadi makanan khas Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh nantinya.

Ada banyak pilihan toping yang bisa dipilih, contohnya adalah duren, keju, coklat dan lain-lain.

Review kuliner

Cofi Café – Gramedia Matraman

EconoMIE: Kedai Aneka Mie Lezat Dengan Beragam Pilihan Topping

2. Piscok Susu Keju

Piscok Susu Keju

resepkoki.id

Oleh-oleh khas dari Bandung ini beda dengan pisang pada umumnya. Bisa dikatakan bahwa makanan ini sudah terkenal dan banyak dijadikan oleh-oleh. Sesuai namanya, pisang ini dicampur dengan cairan coklat dengan taburan keju yang sangat lezat dan nikmat. Cocoknya, piscok ini disantap ketika masih dalam kondisi panas.

Karena coklat yang ada didalamnya akan makin terasa lembut dan nikmat ketika ada di lidah. Walaupun sekarang ini sudah banyak kota yang menjual Piscok, amat disayangkan jika kamu berkunjung ke Bandung namun tidak mencicipi kenikmatan dari oleh-oleh khas Bandung ini. Sekarang, sudah banyak penjual Piscok dengan berbagai varian, sehingga bisa menyesuaikan apa yang kamu sukai.

3. Siomay Bandung

Siomay Bandung

infobandung.co.id

Sebagai penikmat kuliner, mungkin sudah tidak asing dengan mama siomay Bandung. Bisa dikatakan bahwa Siomay Banding merupakan siomay yang memiliki rasa yang gurih dan mampu menggoda supaya kamu bisa lebih berselera makan.

Pembuatan siomay Bandung adalah dari daging ikan dengan kombinasi lain seperti sagu yang juga ditambah dengan bumbu kacang.Nah, ada beberapa titik di Bandung yang terkenal dengan siomay yang lezat dan gurih, salah satunya adalah Jalan Veteran, Bandung. Bisa disebut membawa oleh-oleh Siomay Bandung untuk keluarga di Rumah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

4. Mie Kocok Bandung

Mie Kocok Bandung

food.detik.com

Umumnya, mie kocok Bandung ini sudah banyak ditemukan diberbagai pedagang yang memakai gerobak untuk menjajakannya. Pada dasarnya, mie kocok ini adalah oleh-oleh khas sekaligus makanan khas Banding yang sudah diproses dengan berbagai cara. Mie kocok yang dihidangnya bukan hanya mie saja.

Namun, ada pula sayuran, kikil yang empuk dan beberapa bahan lain. Kenapa bisa disebut sebagai mie kocok? Karna proses pembuatan mie ini adalah dengan diaduk dan dikocok sebelum dihidangkan. Bagi kamu yang pecinta kuliner, ada baiknya mencoba oleh-oleh khas ini ketika berkunjung ke Bandung.

5. Cireng

Cireng

dwikiahmad.blogspot.co.id

Sebagai masyarakat Indonesia, mungkin nama cireng Bandung ini sudah sangat terkenal. Bagaimana tidak, ada banyak toko ataupun pedagang yang menjual berbagai cireng dengan sebutan cireng Bandung. Oleh-oleh khas Bandung ini sudah terkenal pada tahun 80an. Jadi, agak aneh jika kamu berkunjung ke Bandung namun tidak bawa oleh-oleh ini.

Cireng sendiri merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah tepung kanji yang juga dikombinasikan dengan garam, tepung terigu, bubuk, air, merica, daun bawang dengan rasa yang kenyal. Nah, kamu yang liburan ke Bandung, jangan lupa bawa oleh-oleh yang satu ini untuk keluarga di rumah.

6. Basreng, Makanan Khas Bandung

Basreng

acepdani21.blogspot.co.id

Ini adalah makanan khas dan oleh-oleh khas asal Bandung yang tidak bisa kamu lupakan begitu saja ketika tengah liburan di Bandung. Basreng atau yang juga dikenal dengan nama Bakso Goreng ini cukup murah meriah namun menawarkan cita rasa yang benar-benar enak dan guring. Harganya sendiri bisa antara seribu rupiah hingga tiga ribu rupiah.

Tentunya sangat murah bukan? Basreng sendiri mempunyai bumbu yang sangat unik, contohnya adalah balado, manis, asin, bumbu keju, barbeque dan sebagainya. Di Bandung, basreng sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Jadi, jangan liburan ke Bandung jika tidak membawa oleh-oleh khas ini.

7. Peuyeum

Peuyeum

cahayawirausaha.wordpress.com

Peuyeum yang merupakan tape Bandung ini memang telah dikenal oleh wisatawan yang liburan ke Bandung. Sudah banyak tempat di Bandung yang menjual oleh-oleh khas asal Bandung ini, contohnya adalah Jalan Cihampelas. Dengan kata lain, kamu yang ingin membawa oleh-oleh ini untuk keluarga atau teman di rumah, tentu tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya.

Umumnya, oleh-oleh yang paling laris ini disajikan dengan cara digantung sehingga orang yang melihat tahu bahwa tempat tersebut menjual oleh-oleh ini. Bahan dasar peuyeum ini sendiri adalah singkong dengan proses pembuatan yang cukup gampang.

8. Oncom Raos

Oncom Raos

Jul Erwin Manullang bukalapak

Satu lagi makanan khas Bandung yang tidak bisa dilewatkan untuk oleh-oleh. Oncom sendiri adalah produk olahan kacang yang sebelumnya sudah difermentasi. Oncom ini biasanya telah dijadikan sebagai bahan baku pembuatan makanan lezat lain yang terkenal di Bandung, sebut saja seperti oncom goreng dan sebagainya.

Oncom raos sendiri merupakan tempat yang khusus menyediakan aneka olahan oncom yang bisa dijadikan oleh-oleh. Bertempat di Jalan Cihampelas, nampaknya hampir semua wisatawan tidak akan kesulitan ketika akan menjadikan oncom ini sebagai oleh-oleh khas Bandung.

9. Angklung

Angklung

urbanbandung.com

Angklung merupakan alat musik khas Bandung yang sekarang sudah diakui oleh dunia internasional. Salah satu tempat terbaik untuk melihat bagaimana angklung ini dimainkan adalah Saung Angklung Udjo yang bertempat di Jalan Padasuka.

Bukan hanya menyediakan pementasan angklung saja, lokasi ini juga menyediakan oleh-oleh yang tidak jauh dari angklung.

Disini, kamu bisa membeli angklung untuk oleh-oleh keluarga maupun teman. Ada juga miniatur angklung dan berbagai gantungan kunci serta hiasan dinding dan meja yang bisa dipilih.

10. Kerajinan Tangan Lembang

Kerajinan Tangan Lembang

infokotabandung.com

Lembang merupakan salah satu kawasan yang bukan hanya kaya akan kuliner maupun tempat wisata saja. Namun, lembang juga dikenal sebagai lokasi paling pas untuk membeli beragam kerjinan unik dan menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Silahkan datang dan beli kerajinan tangan yang kamu inginkan.

11. Picnic Roll

Picnic Roll

makancentil.com

Picnic roll merupakan oleh-oleh yang berbahan dari daging cincang yang sudah ditambahi bumbu khusus didalamnya. Setelah itu, akan ditambahkan dengan kulit pasty yang ditambah telur rebus. Dan selanjutnya akan dipanggang hingga warnanya kecoklatan.

Ada banyak tempat yang menjual picnic roll ini dengan berbagai variasi, contoh daging ayam atau daging sapi.

Bagaimana, menurutmu mana pilihan oleh-oleh khas Bandung yang paling cocok untuk keluarga dan teman-teman di kampong?



Leave a Reply