Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Inilah 8 Oleh-oleh Khas Banjarmasin Terkenal Paling Enak Harga Murah


Dila  June 13, 2018  0 Comment

Apakah Anda sudah mengetahui oleh oleh khas Banjarmasin yang tidak boleh dilewatkan? Terutama, Anda yang ingin berkunjung ke Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan. Mungkin ke sana untuk berwisata, liburan, mudik ke rumah orang tua, berbisnis, pendidikan, pekerjaan, atau yang lainnya. Setelah puas berkunjung dan mengelilingi Banjarmasin, tentu Anda mau pulang ke tempat tinggal masing-masing. Nah, saat pulang itulah jangan lupa untuk membawa oleh-oleh untuk diberikan orang terdekat dan tercinta agar bisa ikut merasa senang. Oleh-oleh sudah seharusnya yang menjadi ciri khas dari Banjarmasin karena lebih original dan tidak akan ditemui di kota atau tempat lain. Maka dari itu, sangat tepat memilih oleh-oleh kuliner atau berwujud barang lainnya yang membuat penasaran banyak orang. Lalu, apa saja oleh oleh khas Banjarmasin yang direkomendasikan untuk dibeli dan dibawa pulang? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca informasi berikut yang semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.

 

1. Rabuk Ikan Haruan

cookpad.com

Inilah salah satu kuliner khas Banjarmasin dan sudah biasa dijadikan oleh-oleh. Nama lain dari makanan ini adalah  abon ikan haruan. Dengan kata lain, abon yang dibuat dari bahan utama ikan haruan. Anda tentu sudah mengetahui bahkan mencicipi abon, bukan? Sebuah makanan berwarna kecoklatan yang terasa lembut saat dikunyah serta rasanya enak legit. Biasanya, abon dibuat dari daging sapi ataupun daging ayam. Namun, abon khas Banjarmasin ini terbuat dari bahan ikan haruan. Semenatara itu, ikan haruan merupakan salah satu produk lokal ikan air tawar dari Banjarmasin. Diketahui bahwa Banjarmasin juga dikenal sebagai Kota Seribu Sungai karena banyaknya aliran sungai yang melintas di tengah hingga pinggir kotanya. Oleh karena itu, tidak heran produksi ikan air tawarnya juga melimpah serta bisa dimanfaatkan dalam pembuatan beragam kuliner yang menggugah selera, tak terkecuali Rabuk Ikan Haruan. Anda bisa membelinya di banyak toko makanan atau oleh oleh khas Banjarmasin. Harganya pun cukup terjangkau untuk semua orang.

 

2. Amplang Ikan Pipih

tokopedia.com

Apa itu amplang? Amplang adalah sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan dasar ikan. Anda mungkin sudah pernah merasakan kerupuk ikan tenggiri. Untuk kerupuk yang satu ini, terbuat dari bahan ikan pipih. Disebut seperti itu karena ikannya memang berwujud pipih atau gepeng. Diketahui bahwa ikan pipih di Banjarmasin hingga sekarang semakin sulit mendapatkannya di alam bebas. Maka dari itu, tidak sedikit warga yang membudidayakannya. Dengan begitu, mereka bisa memanfaatkan ikan pipih tersebut untuk dijual lagi atau dipakai dalam pembuatan Amplang Ikan Pipih.Cara pembuatan amplangnya cukup sederhana. Dimulai dari pengolahan ikan pipih yang dihaluskan hingga teksturnya lembut. Setelah itu, dicampur dengan bumbu khusus khas rempah-rempah serta tepung terigu. Selanjutnya, kerupuk dicetak dan dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Langkah berikutnya, yaitu menggorengnya hingga matang. Rasanya yang renuah dan gurih benar-benar nikmat.

 

3. Wadai Rangai

pesonanusantara.co.id

Salah satu kue khas Banjarmasin yang terbuat dari bahan sagu dan kelapa. Sebenarnya wujudnya tidak begitu menarik saat dilihat. Namun, Anda yang sekali mencicipinya pasti akan menambah lagi karena rasanya benar-benar enak. Sangat cocok dijadikan cemilan ditemani teh hangat atau kopi di pagi, siang, atau bahkan malam hari. Silakan Anda membeli oleh oleh khas Banjarmasin yang satu ini saat berkunjung ke sana. Lagipula, harganya cukup terjangkau untuk dibeli sekotak dan dibawa pulang.

 

4.  Batik Sasirangan

sasirangankalimantan.blogspot.co.id

Seperti yang disinggung di awal tulisan, oleh oleh khas Banjarmasin bukan hanya kuliner saja. Akan tetapi, bisa berwujud barang yang pastinya unik, cantik, dan menarik. Seperti
halnya Batik Sasirangan produk lokal khas Banjarmasin. Secara umum, kain batik sudah umum dimiliki tiap pelosok daerah, terutama di Pulau Jawa. Ternyata, di Pulau Kalimantan juga mempunyai kain batik khas dengan ciri dan corak yang tak kalah menariknya. Keunikan utamanya pada motif di kain batik tersebut. Pasalnya, ada beberapa motif pada kain batiknya, seperti motif Sinapur Karang, Turun Dayang, Gigi Haruan, Naga Balimbur, Dara Manginang, dan lain sebagainya. Silakan Anda beli kain batiknya untuk dijadikan oleh-oleh.

 

5. Miniatur Rumah Adat

gp3hss.blogspot.co.id

Apakah Anda mengetahui rumah adat asli Kota Banjarmasin? Jika belum mengetahuinya, tidak ada salahnya membeli miniatur rumah adatnya. Bukan hanya sebagai oleh oleh khas Banjarmasin saja, tetapi juga memberikan informasi yang bermanfaat. Perlu Anda ketahui bahwa beberapa jenis rumah adat suku Banjar, antara lain Joglo Gudang, Cacak Burung, Tadah Alas, Balai Kaki, dan masih ada lainnya. Semua rumah adat tersebut bisa dibuata miniaturnya atau berukuran lebih kecil. Meskipun kecil, tetapi bentuk dan modelnya seperti aslinya sehingga begitu menarik. Silakan Anda membeli dan membawa pulang miniatur rumah adat Banjar sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

 

6. Ikan Saluang

Tribunnews.com

Sebutannya di Kalimantan adalah Ikan Saluang. Sementara di pulau Jawa, lebih akrab disebut ikan wader. Jenis ikan yang satu ini banyak dijual di Banjarmasin sebagai oleh-oleh. Biasanya dijual dalam kondisi sudah digoreng biasa atau digoreng tepung, serta dalam kemasan plastik. Sangat tepat dibuat cemilan atau bahkan lauk bersama makan nasi. Anda bisa membelinya dengan harga cukup terjangkau. Jangan lupa membelinya lebih dari satu plastik. Jadi, Anda bisa memakannya saat perut keroncongan dalam perjalanan pulang dari Kota Banjarmasin. Begitu renyah dan gurih di lidah, sehingga tak heran mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukainya.

 

7. Dodol Kandangan

indonesiakaya.com

Ternyata, bukan hanya Garut saja yang mempunyai makanan bernama dodol saja yang sudah populer rasanya. Banjarmasin juga mempunyai makanan bernama dodol yang tentu saja mempunyai rasa khas tersendiri. Lebih dikenal dengan nama Dodol Kandangan yang terbuat dari bahan beras ketan dan gula aren. Dodol Kandangan juga mempunyai banyak varian rasa. Salah satu yang menjadi favorit adalah dodol rasa durian karena manis legitnya benar-benar terasa di lidah. Anda yang penasaran dengan oleh oleh khas Banjarmasin yang satu ini, silakan untuk membelinya langsung di sana sembari liburan. Harganya cukup terjangkau di kantong, sehingga anda bisa membelinya beberapa kotak.

 

8. Perhiasan Batu Mulia

indonesiakaya.com

Anda yang ingin berkunjung ke Kota Banjarmasin jangan lupa meluangkan waktu mengunjungi Kota Martapura yang lokasinya berdekatan. Pasalnya, Martapura sudah populer sebagai pusatnya penjualan perhiasan batu mulia. Buhan populer di Banjarmasin dan Kalimantan saja, tetapi hingga pelosok Indonesia bahkan mancanegara. Sangat mungkin Anda menemukan dan membeli perhiasan yang diinginkan dengan harga lebih bersahabat. Meskipun harganya lebih murah, tetapi kualitas perhiasan bagus dan tidak mengecewakan. Berbagai macam dan jenis perhiasan djual di sana. Maka dari itu, jangan sampai melewatkannya untuk mengunjunginya.

Itulah beberapa oleh oleh khas Banjarmasin yang bisa Anda bawa pulang saat berkunjung atau berlibur ke sana. Silakan untuk segera merencanakan berkunjung ke Kota Banjarmasin yang pastinya sangat menyenangkan.



Leave a Reply