10 Oleh-oleh Khas Kutai Kartanegara Yang Wajib Kamu Bawa


Fida  August 10, 2021  0 Comment

Kutai Kartanegara menjadi salah satu daerah di Kalimantan Timur yang dikenal menawarkan cukup banyak tempat wisata hingga berbagai kuliner lezat serta Oleh-oleh Khas Kutai Kartanegara Yang Wajib Kamu Bawa. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk menikmati indahnya tempat wisata yang ditawarkan. Anda dapat datang ke beberapa tempat wisata alam hingga destinasi menarik lainnya.

Puas berwisata di Kutai Kartanegara, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke toko oleh-oleh. Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Kutai Kartanegara yang cocok dipilih untuk dibawa pulang. Berikut daftar Oleh Oleh khas Kutai Kartanegara

1. Gula Gait

Gula Gait
shopee.co.id

Salah satu oleh-oleh khas Kutai Kartanegara yang cukup populer adalah gula gait. Makanan yang satu ini banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan yang datang ke Kutai Kartanegara. Gula gait merupakan permen yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Meskipun termasuk permen tradisional, tetapi gula gait tetap mudah dijumpai hingga saat ini.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar gula aren. Gula gait dijual dengan kemasan praktis dan mudah dijumpai di toko oleh-oleh sehingga cocok dipilih untuk dibawa pulang.

paket wisata murah

SushiKUN, Restoran Sushi Conveyor Dengan Harga Affordable Pertama Di Surabaya

Es Dawet Kudus Cak Minto

2. Jajak Cincin

Jajak Cincin
prokom.kukarkab.go.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan camilan jajak cincin bukan? Jajak cincin juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Kutai Kartanegara yang bisa dipilih untuk dibawa pulang. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk khas yakni berlubang.

Jajak cincin dibuat dengan menggunakan berbagai bahan diantaranya terigu, tepung beras, gula pasir, minyak goreng, serta gula aren. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang khas saat mencobanya. Jajanan yang satu ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Kutai Kartanegara.

3. Nasi Bakepor

Nasi Bakepor
indozone.id

Salah satu kuliner sekaligus oleh oleh khas Kutai Kartanegara yang sayang untuk tidak dicoba adalah nasi bakepor. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat di Kutai Kartanegara.

Nasi bakepor dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras yang dicampur dengan rempah-rempah, minyak sayur, dan potongan ikan asin. Hidangan yang satu ini tentu sangat sedap dan menawarkan cita rasa lezat. Karena tidak mampu bertahan lama seperti oleh-oleh lainnya, nasi bakepor cocok dipilih sebagai oleh-oleh bagi Anda yang menempuh perjalanan dengan waktu yang tidak lama dari Kutai Kartanegara.

4. Gence Haruan

Gence Haruan
ibukotakita.com

Sama halnya dengan nasi bakepor, gence haruan juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kutai Kartanegara yang tidak mampu bertahan lama. Tetapi meskipun begitu, tidak sedikit warga lokal maupun wisatawan memburu gence haruan.

Hidangan yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan dibuat dengan bahan utama ikan haruan. Berbagai bumbu yang digunakan untuk membuat olahan ini diantaranya bawang merah, bawang putih, air asam, cabe merah, dan masih banyak lagi.

5. Ulap Doyo

 Ulap Doyo
id.wikipedfia.org

Salah satu oleh oleh khas Kutai Kartanegara yang cocok untuk Anda pilih adalah ulap doyo. Ulap Doyo merupakan kain tenun suku Dayak yang dibuat dengan menggunakan bahan daun doyo.

Anda dapat membeli ulap doyo dengan berbagai pilihan motif dan warna yang ditawarkan. Selain dapat membelinya berupa kain, Anda juga dapat membeli ulap doyo yang siap pakai dan diolah menjadi berbagai barang seperti hiasan dinding, kopiah, dompet, pakaian, dan lain-lain. Motifnya yang unik dan eksotis membuat siapapun tertarik dan ingin membelinya.

6. Miniatur Patung Lembuswana

Miniatur Patung Lembuswana
bukalapak.com

Tahukah Anda Lembuswana? Lembuswana merupakan binatang fiksi yang menjadi lambang kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kartanegara. Saat ini, lembuswana merupakan ikon atau simbol dari Provinsi Kalimantan Timur.

Saat berkunjung ke Kutai Kartanegara, tidak ada salahnya jika Anda membeli miniatur patung Lembuswana sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Miniatur patung yang satu ini tentu unik dan khas. Tidak jarang wisatawan yang datang dari berbagai daerah membeli miniatur yang satu ini sebagai buah tangan setelah mengunjungi Kutai Kartanegara. Berbagai toko oleh-oleh dan toko souvenir menjadi tujuan tepat bagi Anda yang ingin membeli miniatur patung Lembuswana.

7. Amplang

Amplang
bukalapak.com

Salah satu oleh oleh yang terkenal di Kalimantan Timur adalah amplang. Amplang merupakan camilan sejenis krupuk dengan aroma ikan yang khas. Camilan yang satu ini memiliki banyak peminat karena rasanya yang lezat dan krispi. Amplang terbuat dari daging ikan yang dihaluskan yang dicampur dengan tepung sagu. Namun, ikan yang digunakan hanya ikan tertentu saja seperti ikan tengiri, atau ikan gabus.

Saat ini, amplang dikemas secara praktis dan modern sehingga lebih mudah dibawa pulang. Anda dapat menjumpai amplang di berbagai toko oleh oleh di Kutai Kartanegara. Sangat sayang rasanya jika Anda berkunjung tanpa membeli oleh oleh khas Kutai Kartanegara yang satu ini.

8. Keminting

Keminting
tokopedia.com

Bagi Anda pecinta manis, Anda wajib mencoba kue yang satu ini. Keminting merupakan salah satu oleh oleh khas Kutai Kartanegara yang memiliki banyak peminat. Bentuk keminting sangat mungil dan lucu, menyerupai kemiri. Tekstur keminting agak keras namun renyah saat digigit.

Keminting terbuat dari bahan tepung kanji, tepung terigu, sagu, gula merah, santan kelapa dan gula pasir. Rasa manis legit keminting membuat siapapun tertarik dan ingin mencobanya. Jika Anda ingin membeli keminting, Anda dapat menemukannya di berbagai supermarket dan toko oleh oleh yang tersebar di Kutai Kartanegara. Oleh oleh yang satu ini sangat sayang untuk Anda lewatkan.

9. Iwak Rabuk

Iwak Rabuk
cookpad.com

Ketika Anda berada di Kutai Kartanegara, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli iwak rabuk. Makanan yang satu merupakan salah satu oleh oleh khas Kutai Kartanegara yang menjadi favorit banyak orang. Iwak rabuk merupakan daging ikan yang berbentuk seperti rabuk. Ikan yang digunakan biasanya adalah sejenis ikan gabus atau kutuk yang hidup di air tawar.

Bahan tambahan lain yang digunakan untuk membuat iwak rabuk adalah santan, kemiri, bawang merah, bawang putih dan masih banyak lagi. Cara pembuatannya bisa dibilang cukup rumit. Namun, tidak perlu khawatir karena oleh oleh yang satu ini tersedia di berbagai toko oleh oleh di Kutai Kartanegara

10. Roti Pisang

Oleh Oleh khas Kutai Kartanegara
cookandrecipe.com

Jajanan selanjutnya yang menjadi oleh oleh khas Kutai Kartanegara adalah roti pisang. Seperti namanya, roti pisang merupakan roti yang terbuat dari pisang. Namun, pisang yang digunakan adalah pisang talas dan pisang raja.

Bentuk roti pisang menyerupai bingka. Perbedaannya, bingka dibuat dengan dipanggang, sedangkan roti pisang dibuat dengan cetakan mirip terang bulan dengan diameter 10 cm. Sangat sayang rasanya jika Anda berkunjung ke Kutai Kartanegara tanpa membeli roti pisang.



Leave a Reply