Kuliner

8 Nasi Liwet Paling Enak di Jawa Tengah Rasanya Menggugah Selera

Kuliner nasi liwet atau sego liwet yang memiliki rasa gurih dan beraroma nikmat merupakan makanan khas yang wajib Anda cicipi kalau liburan ke Jawa Tengah. Kalau Anda mencari nasi liwet yang enak dan terkenal, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat berikut ini yang menawarkan nasi liwet enak di Jawa Tengah.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

nasi liwet enak di Jawa Tengah
goodindonesianfood.com

Rumah makan nasi liwet Bu Wongso Lemu merupakan penjual nasi liwet yang cukup legendaris di Kota Solo. Rumah makan nasi liwet yang berlokasi di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Solo ini sudah berjualan sejak tahun 1950. Setidaknya ada tiga rumah makan nasi liwet Bu Wongso Lemu yang bisa Anda temui di sekitar Jalan Teuku Umar. Uniknya, semua penjual dan pengamen tradisional yang ada di rumah makan Bu Wongso Lemu memakai busana tradisional kebaya lengkap dengan sanggulnya.

Di rumah makan ini, Anda bisa memesan nasi liwet biasa atau nasi liwet komplit yang disajikan bersama dengan potongan ati ampela dan lauk lainnya. Agar terasa makin lezat, nikmati kelezatan nasi liwet Bu Wongso Lemu bersama dengan minuman wedang uwuh yang hangat di badan. Harga nasi liwet di Bu Wongso Lemu terbilang lebih mahal daripada nasi liwet di tempat lainnya, yakni sekitar Rp. 19.000 sampai Rp. 22.000. Namun, kelezatannya tak berubah meski sudah berjualan selama lebih dari 60 tahun.

Nasi Liwet Kirnardi

Nasi liwet enak di Jawa Tengah selanjutnya masih di sekitar Kota Solo yakni warung nasi liwet Kirnadi yang berada di Jalan Kyai Mojo. Warung nasi liwet yang terletak di depan toko Mutiara, Semanggi ini buka sejak 12 tahun silam. Seperti warung nasi liwet lainnya, di sini Anda juga bisa memesan nasi liwet dengan lauk potongan jeroan ayam, suwiran daging ayam, gorengan dan baceman. Harga nasi liwet yang ditawarkan pun cukup murah hanya sekitar Rp. 8.000 saja per porsinya.

Nasi Liwet Yu Sani

Warung nasi liwet Yu Sani yang terletak di Jalan Veteran, Solo ini merupakan salah satu warung nasi liwet yang terkenal. Selain di Jalan Veteran, Anda juga bisa menemukan warung nasi liwet Yu Sani di Jalan Wonogiri Solo dan Solo Baru. Meski warungnya sederhana hanya berupa warung tenda, tempatnya cukup bersih dan pelayanannya pun ramah.

Harga nasi liwetnya juga cukup murah hanya sekitar Rp. 20.000 saja per porsinya. Jadi, tak mengherankan jika pengunjungnya banyak bahkan sampai mengantre. Hidangan nasi liwet dengan racikan suwiran ayam, sayur labu dan potongan ati ampela bisa Anda nikmati mulai dari sore hingga larut malam.

Nasi Liwet Bu Sri

Warung nasi liwet enak di Jawa Tengah selanjutnya bisa Anda temui di kawasan Pasar Gede Solo, namanya warung nasi liwet Bu Sri. Warung nasi liwet yang terletak di Jalan Honggowongso No. 107, Sriwedari, Laweyan, Solo ini menawarkan menu nasi liwet yang diracik bersama sayur labu, tahu bumbu kuning, suwiran ayam, ampas santan dan beragam lauk lainnya sesuai kesukaan. Lokasi warung nasi liwet Bu Sri bisa Anda temui di lantai dua Pasar Gede.

Lapak nasi liwet Bu Sri cukup sederhana berupa kios lengkap dengan dua meja dan tiga kursi panjang. Nasi liwetnya memiliki citarasa yang pas di lidah dengan aroma yang menggugah. Nasi liwetnya masih disajikan di atas daun pisang beralaskan piring rotan. Harga nasi liwetnya pun tak bikin kantong bolong karena hanya Rp. 8.000 saja per porsi.

Nasi liwet Bu Sri tak hanya terkenal karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau. Nasi liwet ini sudah terkenal sejak orde baru bahkan pernah diundang secara khusus di istana negara untuk menyajikan nasi liwet khas Solo yang lezat. Awalnya nasi liwet Bu Sri dijual di emperan pasar. Namun, setelah adanya renovasi bangunan pasar, lapaknya pindah di lantai dua foodcourt Pasar Gede. Warung nasi liwet Bu Sri buka mulai jam 05.30 sampai pukul 12.30, jadi Anda harus bergegas bila tak ingin kehabisan.

Nasi Liwet Bu Sarmi

Nasi liwet Bu Sarmi juga menjadi salah satu nasi liwet enak di Jawa Tengah yang banyak dicari wisatawan. Warung nasi liwet yang terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon atau di belakang Benteng Vastenburg ini menawarkan menu nasi liwet lengkap beserta ayam empuh dan sayur labu siam yang gurih. Citarasa nasi liwet buatan Bu Sarmi dijamin lezat apalagi bila Anda menikmatinya bersama dengan susu segar di tenda Shi Jack yang letaknya bersebelahan dengan warung nasi liwet tersebut.

Warung nasi liwet Bu Sarmi selalu ramai pengunjung tapi pelayanannya cukup cepat. Tak sampai 10 menit, pesanan nasi liwet dan susu murni pun akan langsung dihidangkan. Harga nasi liwetnya juga ramah di kantong.

Untuk satu porsi nasi liwet harganya berkisar antara Rp. 8.000 sampai Rp. 15.000 saja. Sedangkan untuk susu murni Shi Jack, harga segelasnya sekitar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000. Kalau menyukai sensai rasa pedas, Anda bisa menikmati nasi liwet dengan tambahan sambal atau cabe rawit.

Nasi Liwet Bu Waris

Kebanyakan warung nasi liwet enak di Jawa Tengah buka mulai sore hingga malam hari. Tapi, warung nasi liwet Bu Waris yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Serengan, Solo ini justru buka mulai dari pagi hari sehingga cocok buat sarapan. Citarasa nasi liwet Bu Waris juga juara, mulai dari rasa nasi liwet sampai suwiran daging ayamnya terasa gurih dan lezat.

Uniknya nasi liwet Bu Waris disajikan di atas pincukan daun pisang sehingga kesan tradisionalnya berasa banget. Harga per porsi nasi liwetnya pun cukup murah. Untuk nasi liwet lengkap dengan lauk dan tambahan sayap ayam bisa Anda tebus hanya dengan Rp. 10.000 saja.

Nasi Liwet Bu Parmi

nasi liwet enak di Jawa Tengah
arekuliner8b.blogspot.com

Nasi liwet enak di Jawa Tengah yang cukup populer lainnya adalah nasi liwet Bu Parmi yang terletak di Jalan Yos Sudarso 239, Solo. Nasi liwet Bu Parmi terbilang istimewa karena disajikan bersama dengan cabuk rambak dan gendar. Cabuk rambak merupakan potongan ketupat yang diiris tipis kemudian diberi saus wijen.

Saus wijen tersebut terasa gurih karena sudah dicampur dengan kelapa yang disangrai dan kemiri. Nasi liwet Bu Parmi terasa semakin lezat ketika disantap menggunakan alas daun pisang. Anda bisa mencicipi seporsi nasi liwet dengan membayar Rp. 10.000 saja.

Nasi Liwet Yu Marni

Nasi liwet Yu Marni yang terletak di Jalan Soekarno No. 54, Dusun I, Madegondo, Grogol, Sukoharjo ini cocok banget bagi Anda yang menyukai kuliner pedas. Nasi liwet Yu Marni disajikan dengan sayur labu yang dimasak bersama cabai rawit utuh. Selain itu, ada pula tambahan lauk seperti jeroan, daging ayam, telur dan lauk lainnya. Bagi Anda penyuka nasi liwet yang gurih dan terkenal kelezatannya, jangan lupa untuk menyambangi warung nasi liwet enak di Jawa Tengah ini.   

Join The Discussion