Kuliner

10 Makanan Indonesia Yang Sering Dibawa Traveller ke Luar Negeri

Tak hanya terkenal dengan keberagaman suku dan budayanya, Indonesia juga sangat terkenal dengan keragaman kulinernya. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur, kekayaan kuliner Indonesia memang tidak tertandingi. Rasa cinta akan kuliner Indonesia inipun dibuktikan dengan banyaknya traveler asal Indonesia yang tak segan membawa kuliner khas nya untuk dinikmati ketika tengah berlibur ke luar negeri.

Makanan khas Indonesia yang Go Internasional

Indonesia adalah negara yang memiliki aneka kuliner yang sangat beragam. Dari aneka ragam kuliner tersebut, tentu ada jenis-jenis makanan yang tidak ditemukan di tempat lain. sehingga harus membawa dari tempat asal. Makanan untuk dibawa travelling dari Indonesia sangat banyak.

Untuk itu mari kita simak ulasan berikut

1. Saus sambal

makanan untuk dibawa travelling
hellosehat.com


Lidah orang Indonesia itu kebanyakan sangat suka pedas. Jadi kalau makan tanpa ada rasa pedas kurang terasa nikmat. Maka kalau pergi ke luar negeri orang-orang akan membawa saus sambal asli Indonesia. Tak hanya rasa pedasnya yang berbeda, saus sambal asal Indonesia juga sangat khas dan beragam dan rasanya sudah pasti akan sulit dicari di luar negeri.
Bagi pecinta sambal asli Indonesia, saus sambal adalah makanan yang cocok dibawa travelling. Selain simple dan praktis, makanan satu ini juga terbilang tahan lama dan bisa dinikmati dengan berbagai jenis kudapan.

2. Rendang

makanan untuk dibawa travelling
aromasian.com


Makanan Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terenak didunia ini sangat cocok untuk bekal traveller.  Rendang memiliki rasa yang kuat dan sangat lidah orang Indonesia sekali. Campuran beragam rempah dengan nikmatnya daging dijamin mampu membuat penikmatnya ketagihan.
Namun, mengapa rendang makanan untuk dibawa travelling? Jawabannya karena rendang merupakan salah satu makanan yang memiliki ketahanan cukup lama. Apalagi saat ini sudah cukup banyak rendang yang dikemas sedemikian rupa dengan daya tahan yang bisa dibilang lumayan lama.
Jadi, jika di luar negeri hotel atau home stay yang digunakan ada dapurnya, Anda tidak perlu repot lagi untuk menikmati rendang. Anda tinggal memanaskannya saja. Sungguh simple sekali bukan? Rendang bisa dimakan dengan nasi hangat. Sekedar informasi, rendang bisa bertahan selama lebih kurang 2 minggu di suhu kamar dan bisa bertahan hingga sebulan jika disimpan didalam freezer. Cukup lama bukan.

3. Abon


Abon adalah makanan klasik yang biasa dibawa traveler ke luar negeri. Abon tidak perlu dipanaskan karena sifatnya kering dan cukup tahan lama. Abon makanan untuk dibawa travelling karena sangat ringan dan rasanya enak. Jenis-jenis abon ada banyak macamnya. Ada abon daging ayam dan ada juga abon sapi. Tinggal pilih sesuai selera.

4. Kering Tempe dan Kacang

makanan untuk dibawa travelling
id.pinterest.com


Makanan yang cocok dibawa travelling selanjutnya adalah kering tempe dan kacang. Kering tempe dan kacang enak sekali dimakan bersama nasi hangat. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan makanan-makanan asing, bawalah kering tempe kacang ini untuk perjalanan anda selama di luar negeri.

5. Mi Instan


Mi instan dari Indonesia, salah satunya yakni Indomie adalah salah satu mi instan yang sangat enak. Bahkan produk ini sudah diekspor ke banyak negara. Memang sebenarnya di banyak negara sudah banyak produk mi instan, namun pastinya produk mi instan dari Indonesia memiliki rasa yang lebih khas dan original.
Nah, memang besar kemungkinan Anda bisa menemukan mi instan ini di supermarket di negara tujuan Anda, namun tak ada salahnya juga kan jika Anda membawanya sendiri. Daripada kita harus bingung mencari, lebih baik jika sudah siap sedia.

6. Dendeng


Dendeng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa dibawa travelling ke luar negeri. Olahan daging sapi ini sungguh sedap disantap dengan nasi hangat. Makanan untuk dibawa travelling ini tahan beberapa waktu, jadi jangan khawatir jika Anda membawanya untuk liburan dalam tempo yang lama. Dendeng sendiri mirip dengan rendang berbahan daging sapi. Rasanya lezat dengan tekstur yang cenderung kering sehingga daya tahannya lama.
Untuk daya tahannya, makanan asal Sumbar ini memiliki ketahanan yang sama dengan saudaranya yakni rendang. Dendeng bisa bertahan hingga 2 minggu ketika disimpan di suhu kamar dan bisa bertahan hingga 1 bulan ketika disimpan di dalam freezer.

7. Snack dari Indonesia

makanan untuk dibawa travelling
tokomesin.com


Aneka snack dari Indonesia memiliki banyak cita rasa yang enak. Jadi bagi para traveller yang ingin pergi keluar negeri dan takut tidak bisa ngemil, jangan lupa ya membawa aneka snack Indonesia seperti keripik singkong, keripik ubi, keripik kentang, dan aneka snack Indonesia yang enak-enak itu.

8. Sambal Kacang


Salah satu makanan untuk dibawa travelling saat keluar negeri adalah sambal kacang. Sambal kacang adalah sambal andalan banyak masyarakat yang senang dengan bumbu pedas. Sambal yang berbahan dasar kacang goreng dengan beragam bumbu khas ini menjadi salah satu makanan yang dirindukan ketika kita sedang traveling ke luar negeri. Sambal kacang bisa dikombinasikan dengan sayur rebus, nasi putih hangat, dan beberapa makanan lainnya.

9. Telur Asin


Bagi seorang traveler, penting untuk membawa makanna yang mampu bertahan lama, salah satunya adalah telur asin. Menu satu ini adalah salah satu yang banyak digemari. Selain bisa tahan lama, telur asin juga bisa dinikmati bersama dengan beragam makanan lain seperti nasi dan sambal.

10. Tempe Keripik


Salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia adalah tempe. Nah, bagi Anda mungkin yang juga pecinta tempe, rasanya tidak mungkin membawa tempe dalam waktu yang lama bukan. Karena itulah tempe kripik menjadi alternative terbaik bagi para pecinta tempe yang ingin travelling ke luar negeri. Di beberapa daerah di luar negeri memang banyak yang menjual tempe, namun harganya juga cukup mahal. Jadi disarankan bagi Anda yang suka ngemil tempe, bisa membawa tempe keripik sebagai makanan untuk dibawa travelling ke luar negeri.

Nah itu dia 10 makanan yang bisa dibawa travelling ke luar negeri. Selain mengetahui beberapa jenis makanan diatas, penting juga untuk mengetahui makanan jenis apa saja yang dilarang masuk di beberapa negara. Misalnya Anda ingin membawa rendang ke Australia. Nah peraturan di Australia menyebutkan jika membawa produk daging maka harus menyatakannya di kartu kedatangan. Jikalau produk tersebut sesuai dengan aturan biosekuriti Australia maka tidak dibutuhkan izin untuk impor. Selain itu petugas biosekuriti biasanya juga akan mengecek apakah makanan tersebut berisiko atau tidak. Jika dirasa berisiko maka makanan tersebut tidak boleh dibawa.

Jadi buat Anda yang malas makan-makanan luar negeri karena belum terbiasa, bisa banget bawa makanan di atas. Dan jangan lupa sebelum membawa makanan tersebut, pastikan terlebih dulu makanan yang Anda bawa bukan makanan yang dilarang dibawa oleh negara tujuan liburan Anda.

Join The Discussion