10 Jajanan Khas Jawa Barat, Rasa Enak yang Bikin Rindu berat


prita  December 21, 2020  0 Comments

Berbicara soal Jajanan Khas Jawa Barat, tentu saja setiap daerah di Indonesia memiliki khasnya masing-masing. Tak terkecuali dengan Provinsi Jawa Barat. Provinsi yang mendapat julukan sebagai Tanah Priangan ini memiliki banyak sekali jajanan khas yang unik dan juga lezat. Bahkan, tak sedikit juga jajanan tersebut banyak ditemui di kawasan lain, selain Jawa Barat. Misalnya seperti cireng dan cilok yang telah banyak ditemukan hampir di semua kota di Indonesia. Atau seperti Dodol Garut yang sangat populer di Pulau Jawa ini. Nah, buat kamu yang berencana untuk berkunjung ke Tanah Priangan, jangan lupa untuk mencicipi 10Jajanan Khas Jawa Barat dijamin bakal ketagihan

1. Combro

combro
id.tastemade.com

Jajanan khas Jawa Barat yang pertama wajib kamu coba adalah Combro. Jajanan ini mungkin sudah tidak asing lagi namanya, pasalnya combro cukup populer tak hanya di Jawa Barat, namun juga di provinsi sekitarnya.

Combro sendiri terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom, barulah kemudian digoreng. Combro ini memiliki bentuk bulat yang agak pipih dengan cita rasa gurih pedas. Diberi nama Combro yang merupakan singkatan dari Oncom di Jero, maksudnya adalah Oncom di dalam.

Gotravelly

Manfaat Es Tebu, Minuman Pinggir Jalan Dengan Segudang Manfaat

Bernostalgia Rasa Legenda Ala Jajanan Anak 90an Yang Tak Lekang Oleh Waktu

2. Gemblong

gemblong
tambahwawasanapasaja.blogspot.com

Gemblong juga menjadi jajanan khas Jawa Barat yang wajib untuk kamu coba. Gemblong ini terbuat dari tepung beras ketan yang diuleni sampai kalis kemudian dibentuk bulat atau lonjong. Setelah adonan terbentuk, kemudian digoreng dan setelah dingin kemudian dilapisi dengan gula aren.

Gemblong ini tak hanya bisa ditemui di kawasan Jawa Barat saja, namun juga bisa ditemui di kawasan Betawi dan Jawa Timur. Gemblong memiliki tekstur yang agak keras dan cita rasa manis yang legit sehingga sangat cocok bila dinikmati oleh segala usia. Tak hanya itu, harga Gemblong ini pun cukup terjangkau bagi semua kalangan.

3. Colenak

Colenak
mommiesdaily.com

Jajanan khas Jawa Barat yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Colenak. Mendengar namanya mungkin agak unik, pasalnya nama dari Colenak ini merupakan singkatan dari “Dicocol Enak”.

Colenak dibuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar kemudian dicocol pada gula jawa yang telah dicairkan dan dicampur dengan parutan kelapa. Colenak ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1930an oleh Aki Murdi dan hingga saat ini Colenak masih banyak digemari.

4. Cireng

cireng
kabarbesuki.pikiran-rakyat.com

Cireng merupakan jajanan khas Jawa Barat yang mungkin cukup populer diantara yang lainnya. Nama cireng merupakan singkatan dari Aci Digoreng, hal itu dikarenakan cireng ini dibuat dari tepung aci atau tepung tapioca yang diberi bumbu kemudian digoreng.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, varian cireng pun semakin beragam. Sekarang ada cireng dengan berbagai macam isi, mulai dari keju, sosis, barbeque dan daging ayam. Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan rujak cireng, yaitu cireng yang dicocol dengan bumbu rujak atau bumbu kecap cengek.

5. Cilok

cilok
youtube.com

Masih satu keluarga dengan cireng, cilok juga menjadi jajanan khas Jawa Barat yang cukup populer. Tak hanya di Jawa Barat, cilok pun banyak ditemui di kawasan lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jakarta.

Cilok sendiri banyak kamu temukan di kota Bandung dan menjadi jajanan hits disana. Cilok atau aci dicolok ini dibuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat dan direbus sampai kenyal sebelum ditusukkan ke lidi sate. Untuk menikmatinya, biasanya cilok dicocol pada saus beraneka ragam, bisa dengan saus kacang dengan sedikit cabai dan kecap, atau bisa juga dengan bumbu kering rasa balado hingga barbeque.

6. Bandros

Bandros
pegipegi.com

Jajanan khas Jawa Barat yang satu ini dikenal dengan nama Bandros. Jika diperhatikan sekilas, Bandros memiliki tampilan seperti kue pukis. Hal ini dikarenakan Bandros menggunakan cetakan yang sama dengan kue pukis, namun tentunya bahan pembuatannya berbeda.

Bandros dibuat dengan campuran kelapa dan santan, tepung beras dan tepung ketan yang kemudian dipanggang dalam cetakan berbentuk setengah lingkaran. Jika pukis memiliki cita rasa manis, maka Bandros memiliki rasa cenderung gurih karena menggunakan kelapa dan santan sebagai bahan dasarnya. Namun, bagi kamu yang menyukai kudapan manis, Bandros juga ada varian dengan rasa manis yaitu dengan menaburi gula putih pada bagian atasnya. Bandros banyak ditemui di kawasan Sukabumi dan sekitarnya.

7. Putri Noong

Putri Noong
ksmtour.com

Jika kamu ada pecinta pisang, maka jajanan khas Jawa Barat yang satu ini wajib untuk kamu cicipi. Kudapan ini bernama Putri Noong, dalam Bahasa Sunda, Noong memiliki arti mengintip dan penamaan ini tentunya sesuai dengan rupa dari sajian ini.

Putri Noong terbuat dari singkong dan pisang. Singkong diparut dan diberi pewarna makanan lalu pada bagian tengahnya diberi daun pisang. Adonan tersebut kemudian dikukus dan setelah matang disajikan dengan kelapa parut.

8. Leupeut

Leupeut
pinterest.com.mx

Jajanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah Leupeut. Leupeut ini merupakan kudapan yang terbuat dari beras atau ketan yang dibungkus dengan daun pisang atau daun kelapa yang dilipat kemudian diikat.

Leupeut ini biasanya diberi isian oncom atau kacang. Jika diperhatikan sekilas, Leupeut ini memiliki tampilan yang sama dengan lontong, rasanya pun mirip dengan lontong. Namun hal yang membedakan Leupeut dengan Lontong adalah cara membungkusnya.

9. Gurandil

Gurandil
cookpad.com

Gurandil juga menjadi jajanan khas Jawa Barat yang rasanya sayang sekali untuk dilewatkan. Gurandil dibuat menggunakan bahan dasar tepung tapioca yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian diberi pewarna makanan.

Biasanya Gurandil ini diberi warna hijau, kuning atau merah muda sehingga menampilkan kesan yang cantik dan menarik. Adonan tepung tapioca tersebut kemudian dikukus dan disajikan dengan parutan kelapa agar terasa lebih gurih. Gurandil ini sangat mirip dengan salah satu jajanan khas Jawa yaitu Cenil.

10. Dodol Garut

dodol garut
id.wikipedia.org

Jajanan khas Jawa Barat yang terakhir adalah Dodol Garut. Dari namanya saja kita sudah pasti tahu jika kudapan ini berasal dari kabupaten Garut.

Jajanan yang satu ini memang sudah menjadi primadona, tak hanya menjadi kudapan favorit, dodol juga menjadi oleh oleh yang wajib untuk dibeli saat berkunjung ke Jawa Barat, khususnya Garut.

Dodol dibuat dengan menggunakan tapung beras ketan, susu, gula putih dan kelapa. Dodol sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, namun kudapan ini mampu bertahan sampai tiga bulan saat disimpan. Jika berkunjung ke Garut, tentunya kamu akan menemukan banyak sekali toko oleh-oleh yang menjual dodol ini.

Itulah tadi 10 jajanan khas Jawa Barat yang patut untuk kamu coba. Sudahkan kamu mencoba semuanya? Jika belum pernah, yuk segera jadwalkan perjalanan menuju Jawa Barat dan jangan lupa cicipi jajanan-jajanan lezat diatas.



Leave a Reply

One Response
  1. Boboko Snack says:

    Makanan tradisional khas jawa barat memang paling terbaik!!!