10 Negara ini Memiliki Makanan tradisional Paling Sehat Sedunia


sisil angelin  April 9, 2019  0 Comment

Makanan tradisional paling sehat menjadi jenis makanan yang marak dicari dan menjadi tren menu makanan belakangan ini. Beragam isu kesehatan membuat makanan sehat menjadi alternatif untuk menunjang gaya hidup sehat. Padahal, makanan sehat sudah menjadi hidangan yang biasa dimakan oleh masyarakat di berbagai negara di dunia sejak jaman dahulu. Beragam menu masakan tradisional tidak hanya berasal dari bahan-bahan alami yang aman dan menyehatkan, namun juga mudah didapat. Beberapa waktu kebelakang, makanan sehat memang kalah bersaing dengan banyaknya makanan populer yang sebenarnya berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Namun kini, makanan sehat tradisional kembali menjadi pilihan gaya hidup masyarakat dunia.

Makanan Tradisional Paling Sehat

1. Moros y cristianos, Kuba

Moros y cristianos
goya.com

Moros y cristianos merupakan menu khas Kuba yang merupakan menu berupa nasi dan kacang hitam. Nama Moros berarti kacang hitam, dan cristianos berarti nasi. Hidangan ini merupakan makanan tradisional berupa nasi yang dimasak dengan kacang hitam, dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, dan paprika.

Menu yang banyak mengandung karbohidrat dan protein ini merupakan hidangan vegetarian yang sangat menyehatkan. Umumnya moros y cristianos merupakan menu untuk sarapan dan banyak ditemukan di restoran masakan Kuba. Hidangan tradisional ini dikenal sebagai makanan yang menyehatkan, meskipun mengkonsumsi kacang hitam dalam jumlah besar dapat menyebabkan kembung.

review kuliner

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

Kecut Manis: Ngemall Sambil Hunting Salad Sehat

2. Ful Mudammas, Mesir

Ful Mudammas

Pulses.org

Ful mudammas menjadi salah satu makanan tradisional menyehatkan yang bisa ditemukan di Mesir. Makanan ini sudah dikenal sejak zaman Firaun, dan saat ini banyak dijadikan sebagai makanan pinggir jalan. Masakan ini merupakan menu olahan kacang fava yang tinggi serat yang dimasak dengan bumbu minyak wijen kental, bawang, dan air lemon. Umumnya ditambahkan pula telur rebus sebagai pelengkapnya.

Baca juga :  Intip Yuk! Kelezatan 22 Kuliner Khas Tahun Baru di Berbagai Negara

Ful mudammas merupakan menu sarapan tradisional yang sangat menyehatkan karena banyak mengandung serat, zat besi, mangan, magnesium, dan fosfor. Agar lebih mengenyangkan, sering kali ful mudammas dimakan bersama dengan roti bun khas Mesir.

3. Roti Teff, Ethiopia

 Roti Teff

Pinterest.com

Roti teff menjadi salah satu makanan yang menyehatkan dan dapat menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki alergi terhadap protein. Hidangan khas dari Ethiopia ini bebas gluten, namun tetap tinggi protein dan rendah karbohidrat.  Roti teff merupakan roti tradisional yang umum dimakan untuk sarapan, namun bisa juga untuk alternatif camilan malam yang menyehatkan.

Kandungan nutrisi yang sangat kompleks. Di dalam roti teff dapat ditemukan banyak nutrisi seperti kalsium, mangan, fosfor, besi, tembaga, aluminium, barium, tiamin, dan vitamin C. Meskipun hanya roti, namun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

4. Niçoise Salad, Perancis

Niçoise Salad

Republika.co.id

Niçoise Salad menjadi menu salad tradisional dari Perancis yang tidak hanya enak, namun juga menyehatkan. Hidangan ini merupakan makanan menyehatkan yang bebas kolesterol dan lemak jahat. Niçoise Salad terdiri atas telur rebus, buah zaitun Niçoise, tomat, ikan teri atau tuna, dengan dressing dari minyak zaitun. Penambahan telur dan minyak zaitun menjadi sumber lemak sehat bagi tubuh, dibanding penggunaan mayones pada kebanyakan hidangan salad saat ini.

5. Kari dan Nasi Merah, India

 Kari dan Nasi Merah

Perpaduan makanan tradisional menyehatkan juga bisa ditemukan pada sajian makanan India. Perpaduan kari tradisional India dan nasi merah menjadikan hidangan ini sebagai hidangan yang menyehatkan. Nasi merah yang terbuat dari biji-bijian utuh yang kaya serat dan protein yang baik bagi pencernaan. Sementara hidangan kari India banyak mengandung protein yang berasal dari daging ayam dan buncis. Saus kari  terbuat dari bumbu-bumbu yang bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh, serta efek relaksasi yang berasal dari santan. Saat ini banyak yang menambahkan yogurt sebagai pengganti santan agar lebih menyehatkan dan tinggi protein.

Baca juga :  9 Crepes di Berbagai Negara Rasanya Renyah dan Gurih Menggoda

6. Tabbouleh Salad, Israel

Tabbouleh Salad
myjewishlearning.com

Tabbouleh merupakan makanan tradisional paling sehat dari Israel yang segar dan menyehatkan. Tabbouleh dibuat dari sayur-sayuran segar yang dicincang halus dan diberi bumbu. Sayur yang umumnya dipakai adalah daun-daunan hijau seperti bulgur, daun mint, peterseli, serta ditambah tomat yang turut dicincang. Sayuran ini dicampur bumbu yang terbuat dari bawang merah dan bawang putih, serta dilengkapi dressing yang terbuat dari minyak zaitun, perasan lemon, dan garam. Hidangan ini sangat menyehatkan dan mampu mengurangi resiko alzheimer serta menurunkan tekanan darah.

7. Mie soba, Jepang

Mie soba

saturesep.com

Mie soba adalah salah satu makanan pokok masyarakat Jepang. Mie tradisional berukuran kecil-kecil ini merupakan menu pokok tradisional yang sudah biasa dikonsumsi masyarakat Jepang sejak berabad-abad lalu. Meskipun terkesan sederhana, soba menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi seperti vitamin serta mengandung 8 macam asam amino esensial yang biasanya tidak ditemukan pada beras yang telah dimasak. Soba sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung gandum dan dibuat secara tradisional. Mie ini dihidangkan dengan kuah kaldu dan ditambah sayur-sayuran sebagai tambahan serat dan beberapa rempah yang menggoda lidah.

8. Tacos, Mexico

Tacos
airtransat.com

Kudapan tradisional khas Mexico ini bisa menjadi pilihan makanan yang menyehatkan dan bisa menjadi alternatif menu diet yang mengenyangkan. Perpaduan karbohidrat dari tortila yang gurih, protein dari daging ikan maupun ayam, serta serat dari sayuran yang segar dan renyah. Tacos merupakan makanan tradisional yang mudah ditemukan di pedagang makanan kaki lima atau restoran Mexico. Sayuran yang menjadi isian tacos biasanya terdiri dari selada hijau atau merah, jagung manis, paprika, dan bawang bombay.

9. Lamb Tagine, Maroko

 Lamb Tagine

BBC.com

Salah satu hidangan dari daging domba yang berasal dari Maroko ini menjadi makanan tradisional menyehatkan yang tidak boleh dilewatkan. Lamb Tagine merupakan daging domba yang direbus bersama dengan buncis, almond, aprikot, dan sayur-sayuran. Masakan ini sangat menyehatkan karena daging domba yang dipakai tidak mengandung lemak jahat. Dalam lamb tagine, banyak sekali nutrisi yang didapatkan antara lain protein, vitamin B12, seng, dan niasin. Yang menjadi kekhasan masakan ini adalah penggunaan saffron sebagai rempah utama yang memberikan warna kekuningan dan aroma khas masakan timur tengah.

Baca juga :  9 Pie Paling Lezat di Dunia dengan Berbagai Topping Unik dan Enak!

10. Kebab, Turki

Kebab

Pegipegi.com

Salah satu makanan tradisional paling sehat berasal dari Turki yang sangat populer di seluruh dunia adalah kebab. Kebab pada dasarnya merupakan hidangan daging panggang yang disajikan bersama sayuran dan mudah dibuat. Daging yang dipakai biasanya merupakan daging domba atau kambing. Namun banyak pula yang menyajikan dengan daging sapi atau ayam. Daging ini dipanggang dengan rempah berupa thyme dan jintan hitam.

Kebab sendiri memiliki banyak varian baik dalam memasak maupun penyajiannya. Di Amerika, kebab populer disajikan dengan bentuk seperti barbeque yang dibakar bersama dengan sayuran. Di Indonesia, kebab biasa disajikan sebagai hidangan roti khas turki yang tawar dan sedikit keras.

Beragam masakan tradisional paling sehat di atas pada umumnya dimasak dengan  cara yang sederhana dan menggunakan bahan serta bumbu yang alami. Faktor kesehatan menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat banyak yang kembali pada hidangan tradisional. Jadi mana hidangan tradisional yang menjadi kesukaan anda?



Leave a Reply