Kuliner

10 Ayam Bakar Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan yang sangat beragam baik alam bahkan untuk dalam hal kuliner yang sangat beragam seperti olahan ayam bakar dari berbagai daerah. Salah satu yang menarik adalah bahwa dalam satu jenis makanan terdapat variasi yang berbeda seperti ayam bakar tersebut. Anda akan menemukan beberapa pilihan ayam bakar yang berasal dari beberapa daerah yang berbeda di mana untuk setiap daerahnya Anda akan menemukan cita rasa yang berbeda juga. Untuk itu jika Anda adalah seorang pecinta kuliner dan penasaran dengan apa saja sebenarnya variasi olahan untuk ayam bakar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, beberapa variasi ayam bakar berikut ini akan memberikan beberapa referensi kuliner terbaik yang bisa Anda nikmati di beberapa daerah asalnya.

1. Ayam Bakar Padang

Jika Anda adalah salah satu penyuka sajian citarasa Minang atau yang sering ditemukan pada rumah makan Padang, maka Anda akan menemukan ayam bakar padang ini adalah salah satu ayam bakar yang paling banyak diminati oleh para pecinta kuliner. Berbeda dari beberapa ayam bakar yang biasanya menggunakan bumbu dasar kecap atau bumbu yang cenderung memiliki rasa manis, untuk ayam bakar Padang ini menawarkan cita rasa gurih yang nikmat dengan kombinasi rasa pedas dan kaya remph karena dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu yang beragam mulai dari kemiri, cabai, bawang merah, kandis, santan dan juga jahe. Selain itu masih ada beberapa bumbu tambahan lainnya yang membuat masakan ayam bakar ini semakin menarik.

2. Ayam Bakar Rujak

Olahan ayam bakar dari berbagai daerah
bandung.merdeka.com

Jika Anda berharap rasa ayam bakar ini akan seperti rujak, maka Anda harus membuang jauh-jauh ekspektasi Anda tersebut karena ayam bakar bumbu rujak ini sama sekali tidak memiliki rasa seperti rujak buah yang sudah pernah Anda cicipi sebelumnya. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya, ayam bakar bumbu rujak ini akan memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera makan. Anda biasanya akan menemukan ayam bakar ini di daerah Jawa di mana ayam bakar ini dimasak dengan menggunakan beberapa bumbu seperti kunyit, serai, cabe, bawang dan juga santan. Selain itu masih ada beberapa bumbu pelengkap yang akan membuat ayam bakar ini terasa makin nikmat ditambah dengan adanya perasan asam jawa yang memberikan cita rasa yang unik dan semakin nikmat.

3. Ayam Bakar Betutu

Untuk olahan ayam bakar selanjutnya adalah ayam bakar betutu di mana ayam bakar ini sendiri merupakan jenis ayam bakar yang berasal dari Bali dan sudah cukup terkenal di mancanegara karena rasanya yang tak kalah dengan masakan mancanegara lainnya. Meskipun dimasak sebagai ayam bakar, Anda akan menemukan bahwa ayam bakar ini juga bisa dimasak sebagai ayam kukus dan goreng. Selain itu ayam ini akan sangat terasa nikmati jika disantap dengan sambal matah khas Bali.

4. Ayam Bakar Rica

Olahan ayam bakar dari berbagai daerah
sajiansedap.grid.id

Jika Anda mendengar tentang masakan rica, Anda pasti sudah tahu berasal darimana. Ya, rica berasal dari Manado dan ayam bakar rica tak kalah dengan olahan rica lainnya Anda bisa menemukan masakan ini bukan hanya di Manado saja karena sudah banyak orang yang mencari cita rasa rica yang berbeda seperti yang ditawarkan oleh ayam bakar ini. selain itu dengan dimasak rica, Anda akan merasakan tekstur dari ayam yang lembut di dalam dan juga garing di luarnya.

5. Ayam Bakar Taliwang

idntimes.com

Selain ayam bakar betutu yang berasal dari Bali, Anda juga bisa menemukan masakan khas dari Lombok yang juga berdekatan dengan Bali dengan citarasa yang sedikit berbeda. Pada olahan ayam bakar ini Anda akan menemukan salah satu olahan ayam bakar yang sangat pedas. Memang salah satu ciri khas taliwang ini adalah rasa pedas cukup menantang tanpa menghilangkan cita rasa nikmati dari masakan ini.

6. Ayam Bakar Kecap

Olahan ayam bakar dari berbagai daerah
caramemasakayam.blogspot.com

Apakah Anda menyukai masakan dengan citarasa manis? Maka olahan ayam bakar kecap akan menjadi salah satu masakan yang Anda cari. Ayam bakar ini kebanyakan ditemukan di Jakarta dan menjadi salah satu favorit para pecinta kuliner Jakarta. Bumbu kecap yang membuat ayam bakar ini terasa manis dan nikmati dipadukan dengan sambal terasi atau tomat akan membuat olahan ayam bakar ini terasa sempurna untuk Anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman.

7. Ayam Bakar Kalasan

Olahan ayam bakar dari berbagai daerah
resepharian.com

Selain beberapa daerah di luar jawa, Anda juga akan menemukan beberapa variasi ayam bakar yang bisa ditemukan di pulau Jawa seperti salah satunya adalah ayam bakar kalasan. Olahan ayam bakar ini dikenal sebagai sajian dari Yogyakarta dimana rasa ayam bakar yang akan Anda dapati pada olah ini akan berbeda dari beberapa olahan ayam bakar lainnya untuk itu Anda harus mencoba olahan ayam bakar dari berbagai daerah dan membandingkan sendiri bedanya dengan ayam bakar kalasan ini. Saat ini sudah banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan olahan ayam bakar ini sehingga Anda tidak perlu repot-repot harus ke Yogyakarta.

8. Ayam Bakar Wong Solo

Olahan ayam bakar dari berbagai daerah

Untuk ragam olahan ayam bakar yang selanjutnya berasal dari Solo. Tentu Anda sudah bisa menebak apa yang akan Anda temukan pada olahan ayam bakar ini. Ya, olahan ini akan diwarnai dengan citarasa yang manis namun tetap nikmat karena beberapa rumah makan juga sudah menyesuaikan olahan ayam bakar ini agar dapat dinikmati oleh para pecinta kuliner yang tidak terlalu menyukai rasa ayam bakar yang terlalu manis.

9. Ayam Bakar Bumbu Bali

Selain ayam betutu, ada juga ayam bakar yang dimasak dengan menggunakan bumbu bali. Citarasa dari ayam bakar ini akan sedikit berbeda dari beberapa ayam bakar lainnya. Anda wajib mencoba olahan ayam yang dimasak dengan menggunakan beberapa bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, gula merah dan kemiri ini. Untuk rasa dari ayam bakar ini sendiri tidak perlu diragukan lagi karena Anda pasti sudah tahu bagaimana lezatnya masakan yang dipadukan dengan bumbu bali.

10. Ayam Bakar Pedas Manis

Olahan ayam bakar dari berbagai daerah
resepmamakusuka.com

Untuk selanjutnya, ayam bakar pedas manis adalah olahan yang cukup umum ditemukan di Indonesia. Anda bisa menemukan olahan ini hampir di setiap rumah makan karena banyak rumah makan yang menyediakan menu ayam bakar pasti akan menyediakan citarasa pedas manis yang membuat olahan ayam bakar terasa sangat lezat. Jika Anda penasaran dengan rasa olahan ayam bakar ini Anda bisa mencoba mencarinya di beberapa rumah makan ataupun tempat makan di pinggir jalan yang biasanya akan menyediakan beberapa jenis ayam bakar. Selain ayam bakar yang menawarkan rasa yang cukup familiar tersebut, beberapa olahan ayam bakar dari berbagai daerah seperti yang disebutkan di atas adalah jenis olahan yang sudah bisa dinikmati oleh siapapun di mana saja karena saat ini sudah banyak rumah makan atau restoran yang sudah menghadirkan beberapa olahan ayam bakar seperti di atas.

Join The Discussion