25 Makanan Tradisional Jepang Terkenal Paling Enak


sisil angelin  February 26, 2018  0 Comment

Nah siapa yang suka banget sama makanan khas Jepang, mungkin kalian hanya tau makanan Jepang seperti sushi, sashimi, Udon, Ramen, dan Matcha. Nah kali ini saya akan membagikan artikel makanan-makanan tradisional Jepang yang banyak belum anda tau. berikut 25 makanan tradisional jepang terkenal paling enak dan wajib anda coba saat berada di Jepang ataupun saat anda berada di restorant Jepang yang ada di Indonesia guys. Makanan khas Jepang terkenal paling enak

1. Domburimono

domburimono

perutgendut.com

Kuliner yang pertama ini makanan Jepang tradisional yang sudah terkenal banget di Jepang menjadi makanan yang lezat banget dan wajib anda cobain. Domburimoni ini terdiri dari beras yang di tutupi dengan daging ayam, telur rebus, acar, sup tahu, daging sapi rebus, dan biasanya di beri udang goreng yang di sebut dengan Tendon atau daging babi yang disebut Katsudon, Domburimono ini memiliki rasa gurih, segar, dan pastinya lezat. Untuk harga 1 mangkuk Domburimono ini sangat terjangkau dan bisa anda temukan di restoran-restoran Jepang yang ada di Indonesia yang menjual makanan tradisional Jepang.

Review kuliner

Miyako Soba Tennoji: Tempat Makan Soba Dan Udon Paling Mantap Di Osaka

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya

2. Okonomiyaki

Okonomiyaki

aromasian.com

Makanan yang satu ini juga gak kalah populer dari Domburimono, kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih karena terdiri dari sayuran, seafood, daging cincang, bumbu khas jepang, dan di adon menjadi satu lalu di masak di atas wajan. setelah matang biasanya di beri mayones, nori, kepiting dan cita rasa dari okomiyaki ini membuat siapapun ketagihan guys, rayanya top marko top!!! Untuk menemukan Okonomiyaki ini biasanya di jual di toko-toko kecil Jepang, dan sangat susah di temukan di Indonesia, jadi saat berlibur ke Jepang wajib banget nih guys kalian cobain Okonomiyaki Jepang yang Yummy!!!

3. Yokitori

Yokitori

thespruce.com

Yokitori ini hampir sama dengan sate karena terdiri dari potongan daging ayam, jantung, hati, dan tulang yang di masak dengan cara di panggang, rasa dari Yokitori ini sangat tajam dan sangat lezat.. bumbu dari yokitori ini terdiri dari bawang putih, bawang merah, sayuran yang hampir mirip dengan paprika namanya Piman, untuk menemukan Yokitori ini anda bisa menemukannya di restoran-restoran yang menjual makanan Jepang dan yokitori ini biasanya menjadi makanan ringan untuk menemani saat menikmati secangkir minuman hangat.

4. Teriyaki

Teriyaki

Delish.com

Mungkin nama yang satu ini memang sudah ngehits banget, teriyaki ini adalah saus yang terdiri dari kecap asin (Shofu), saus teriyaki (Tare), dan gula pasir , nah kalian tau gak sih kenapa di beri nama Teriaki? karena teriaki ini memiliki arti yaitu bersinar, nah karena teriaki diberi gula dan memiliki warna yang bersinar, makanya diberi nama teriyaki.

Nah guys teriyaki ini merupakan bumbu yang biasanya di gunakan sebelum di bakar, dan teriyaki biasanya di gunakan untuk membumbui ikan salem, ikan tongkol, ikan marlin, ikan trout dan biasanya di Jepang teriyaki ini menggunakan dagung sapi, daging ayam, daging babi, dan cumi-cumi yang besar. untuk rasaynya jangan di ragukan lagi karena enak banget guys!!! untuk menemukan teriyaki ini cukup mudah di Indonesia banyak sekali penjual teriyaki yang lezat terutama di restoran-restoran Jepang yang besar dan terkenal.

5. Dorayaki

Dorayaki

makanmakan.web.id

Kalo denger makanan yang satu ini pasti anda ingat dengan kartun Doraemon ya guys, doraemon biasanya suka banget makan dorayaki, nah kalian tau gak sih makanan yang lucu ini merupakan makanan tradisional Jepang yang dikenal dengan nama Wagashi bentuk kue ini bundar dan pada tengah kue ini berisi selai kacang merah yang lezat. Untuk tekstur dorayaki ini sangat lembut, karena terdiri dari adonan yang diberi madu.

Untuk menemukan dorayaki ini cukup mudah karena di Indonesia sudah menjamur sekali penjual dorayaki guys, biasanya di Indonesia anda bisa menemukan dorayaki dengan rasa keju ataupun cokelat. Untuk harga dari dorayaki ini masih terjangkau dan bersahabat dikantong anda.

6. Onigiri

Onigiri

Epicurious.com

Onigiri makanan Jepang yang luc in memang terdiri dari nasi hangat padat yang biasanya di sajikan sat panas-panas dan bentuk nasi ini segitiga. Onigiri ini asangat mudah anda temukan saat berada di Indonesia ataupun Jepang biasanya di jual di restoran jepang dan makan onigiri ini biasanya menggunakan sumpit. untuk rasa onigiri sangat lembut dan mengenyangkan pas banget untuk anda yang lagi kelaperan.

7. Donburi

Donburi

Wagamama.com

Donburi ini makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi putih yang di beri berbagai macam lauk seperti ikan, sayuran, daging dan kuah yang disajikan di mangkuk besar. kuah dari donburi ini sangat lezat jika di campuri dengan kecap asin guys, nah nunggu apa lagi yuk buruan berburu kuliner jepang yang bernama Donburi dijamin 1x cobain ketagihan guys.

8. Nabe

Nabe

Guidable.com

Kuliner yang satu ini merupakan hidangan Jepang yang biasanya di masak pada panci besar dan dalam bahasa Jepangnya Nabe itu berarti panci, makanya diberi nama nabe guys, nah nabe ini terdiri dari daging yang dicampur dengan sayur, jamur, dan kuah, biasanya nabe ini di makan orang banyak dalam 1 meja guys, dan nabe ini pas banget di makan bersama dengan teman, keluarga, karena porsi nabe ini besar, nah nunggu apa lagi yuk ajak orang tersayang ke restoran untuk menikmati kelezatan nabe bersama.

9. Sushi

Sushi

PengusahaSukses.com

Tidak sempurna jika saya membahas makanan Jepang tidak membahas makanan yang satu ini, tau gak sih guys sushi ini juga termasuk makanan tradisional Jepang yang sudah terkenal di dunia termasuk Indonesia. nah untuk kalian yang belum tau sushi itu terdiri dari apa saja yaitu nasi yang digulung dengan daging, ikan laut, sayuran mentah atau yang sudah di masak lalu biasanya di makan dengan bumbu yaitu kecap asin, jahe, dan wasabi lalu di makan, rasanya itu lembut, segar, dan lumer di mulut, pokoknya enak banget guys kalian wajib banget cobain makanan Jepang yang satu ini.

Untuk menemukan Sushi ini sangat mudah bisa di restoran, depot, karena penjual sushi di Indonesia ini sangat banyak, yang paling rekomended banget saat kalian berada di Indonesia wajib cobain Sushi Tei.

10. Soba

Soba

thekitchn.com

Makanan tradisional Jepang yang wajib untuk Anda coba berikutnya adalah Soba. Sajian yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, pasanya sudah banyak ditemukan di Indonesia.

Soba merupakan sajian mie tradisional khas Jepang yang bahan utamanya adalah tepung gandum. Menariknya, terdapat dua pilihan cara untuk menyajikan soba ini, yaitu kakesoba dan morisoba atau zarusoba. Kakesoba ini merupakan soba panas yang disajikan dengan kuah dashi dengan cita rasa yang gurih. Sementara morisoba ini adalah soba dingin yang disajikan dengan tsuyu dan memiliki cita rasa gurih dengan sedikit rasa manis dan pahit.

11. Ramen

Ramen

kitchensanctuary.com

Selain soba, makanan tradisional Jepang yang merupakan olahan mie selanjutnya adalah Ramen. Tak kalah populer dengan soba, ramen juga menjadi makanan yang cukup banyak digemari oleh masyarakat setempat dan wisatawan.

Ramen memiliki ciri khas pada penyajiannya. Mie yang telah direbus ini dituang dalam mangkok berisikan kuah kaldu yang kemudian diberi tambahan telur rebus, menma, chasiu dan irisan daun bawang sebegai penyedapnya. Lalu tak lupa diberi hiasanya nori atau narutomaki. Ramen sendiri memiliki banyak variasi, tergantung daerah asalnya.

12. Udon

Udon

tastemade.com

Makanan tradisional Jepang selanjutnya juga masih berupa mie yang tak kalah populer dengan soba dan ramen, yaitu udon. Perbedaan udon dengan ramen dan soba adalah bentuknya yang agak tebal dan lebar.

Udon terbuat dari tepung terigu yang diuleni bersama air dan sedikit garam, setelah itu adonan di potong-potong lalu direbus. Biasanya udon disajikan bersama kuah dari dashi yang ditambah dengan kecap asin atau tsuyu. Kuah udon sendiri berbeda-beda warnanya, tergantung dengan daerah asal sajian tersebut. Ada kuah yang berwarna gelap dan asin, ada juga yang berwarna bening dan tidak asin. Sebagai pelengkap, biasanya udon diberi tambahan potongan daging sapi atau ayam.

13. Yakisoba

Yakisoba

uncutrecipes.com

Yakisoba juga masuk dalam daftar makanan tradisional Jepang yang sayang sekali jika Anda lewatkan. Yakisoba atau Sosu Yakisoba ini merupakan kuliner khas Jepang yang terbuat dari mie, sayuran, kol dan daging.

Yakisoba ini diolah dengan ragam bumbu, mayonais, saus uster atau saus yakisoba dan bubuk katsuobushi. Meskipun Yakisoba merupakan soba goreng, namun mie yang digunakan adalah mie kukus yang terbuat dari tepung terigu. Yakisoba ini bisa dinikmati langsung atau bisa juga dijadikan sebagai lauk karena memiliki cita rasa manis dan gurih dengan tekstur sedikit kenyal.

14. Miso Soup

Miso Soup

delish.com

Makanan tradisional Jepang yang satu ini juga tak kalah populer dan menarik untuk dicoba, yaitu Miso Soup atau Sup Miso. Sup tradisional Jepang ini terbuat dari dashi sebagai bahan dasarnya yang kemudian diberi tambahan aneka seafood atau sayuran sebagai isiannya dan diberi miso sebagai perasanya.

Jenis miso yang digunakan ini pun berbeda-beda, tergantung dengan wilayah asalnya, ada yang menggunakan Shinsu Miso, Siro Miso dan Hatchomiso. Sup Miso ini biasanya dinikmati dengan nasi putih dan paling nikmat jika dimakan saat pagi hari.

15. Takoyaki

Takoyaki

puripangan.co.id

Takoyaki merupakan makanan ringan yang berasal dari kawasan Kansai, Jepang. Makanan khas Jepang ini memiliki bentuk bagaikan bola kecil dengan diameter sekitar 3 hingga 5 sentimeter yang terbuat dari adonan tepung terigu berisikan potongan gurita di dalamnya.

Bahan tambahan yang terkadang digunakan pada adonan takoyaki ini adalah baking powder atau asinan jahe berwarna merah yang dikenal dengan nama benishoga. Biasanya takoyaki ini bisa ditemukan di streetfood dengan berbagai varian yang menggugah selera. Seperti Takoyaki Polos, Takoyaki saus, Takoyaki kecap asin hingga Akashiyaki yang masing-masing memiliki cita rasa khas dan lezat.

16. Sukiyaki

Sukiyaki

nhk.or.jp

Makanan khas Jepang yang wajib untuk Anda coba adalah Sukiyaki. Sukiyaki merupakan sajian yang terdiri dari irisan daging sapi tipis, sayuran dan tahu yang kemudian diolah diatas meja menggunakan panci besi. Bumbu yang digunakan untuk membuat Sukiyaki ini ada dua versi, yaitu Sukiyaki versi Kansai yang diolah dengan kecap asin dan gula, serta ada Sukiyaki versi Kanto yang diolah menggunakan saus Warshita, yaitu campuran dashi, kecap asin, gula dan mirin. Sebagai pelengkap, sukiyaki biasanya diberi tambahan sayuran seperti jamur shiitake, sawi putih, ito konnyaku dan bawang Bombay. Biasanya sukiyaki ini dimakan dengan cara dicelupkan dalam kocokan telur ayam terlebih dahulu. Unik sekali, bukan?

17. Yakiniku

Yakiniku

japan.travel

Yakiniku juga menjadi salah satu makanan tradisional Jepang yang cukup populer. Yakiniku sendiri memiliki arti daging panggang dan sesuai dengan namanya, makanan ini diolah dengan cara dipanggang atau dibakar di atas api.

Daging yang digunakan untuk yakiniku juga beragam, bisa daging sapi, babi, seafood hingga jerohan. Sebelum dipanggang, daging untuk yakiniku ini harus dicelupkan dalam saus tare. Saus tare ini terbuat dari campuran kecap asin, sake, bawang putih dan gula.

18. Sashimi

Sashimi

japantrips.co

Makanan tradisional Jepang yang satu ini pastinya juga tak kalah populer. Sashimi merupakan olahan yang berasal dari makanan laut segar. Uniknya, sashimi ini disajikan dan dimakan dalam keadaan mentah.

Sashimi disajikan dalam bentuk irisan kecil daging ikan, kerang atau udang. Tak hanya menggunakan makanan laut sebagai bahan utamanya, namun ada juga yang menggunakan daging sapi, ayam hingga potongan kembang tahu.

19. Karaage

Karaage

japanesecooking101.com

Karaage sebenarnya merupakan sebuah teknik memasak khas Jepang yang mana potongan bahannya direndam dalam minyak goreng yang banyak. Istilah ini juga dikenal dengan deep frying.

Bahan untuk membuat sajian ini biasa menggunakan daging ayam atau daging ikan yang dibumbui dengan mirin atau saus asin sebagai rendaman yang terbuat dari campuran bawang putih, jahe dan kecap. Setelah itu daging dilapisi dengan tepung terigu atau tepung kentang, baru digoreng dalam minyak.

20. Tempura

Tempura

lifestyle.okezone.com

Makanan tradisional Jepang selanjutnya adalah Tempura atau yang juga dikenal dengan nama Tenpura. Tempura ini adalah sajian khas Jepang yang berbahan dasar seafood atau sayuran.

Tempura ini biasanya dibuat dengan dicelupkan dalam adonan tepung terigu, kuning telur dan air dingin. Campuran adonan ini disebut dengan koromo yang kemudian digoreng dalam minyak panas. Untuk menikmati tempura biasanya dicelupkan dalam saus tentsuyu yang diberi parutan lobak atau jahe sebagai penyedapnya. Selain itu, tempura juga bisa dinikmati dengan kecap asin, perasan jeruk dan garam.

21. Curry Rice

Curry Rice

id.wikipedia.org

Makanan tradisional Jepang yang satu ini juga tak kalah nikmat dan banyak diburu oleh wisatawan, yaitu Curry Rice atau Nasi Kare. Kare khas Jepang biasanya menggunakan sayuran dan daging, sayurannya sendiri biasanya menggunakan wortel, kentang dan bawang Bombay. Sementara untuk dagingnya bisa menggunakan daging babi, sapi dan ayam. Saus kare Jepang ini berbeda dengan kare lainnya karena dibuat dari campuran bubuk kari, minyak, tepung terigu dan bahan lainnya.

22. Shabu Shabu

Shabu Shabu

tempat.com

Shabu Shabu khas Jepang ini bukanlah sejenis obat-obatan terlarang ya, melainkan salah satu makanan tradisional Jepang yang cukup populer bahkan kepopulerannya telah mendunia. Shabu Shabu ini adalah kuliner khas Jepang yang berisi irisan tipis daging, jamur, tahu dan aneka sayuran. Daging yang digunakan untuk shabu shabu ini adalah daging sapi, namun kadang juga menggunakan daging ayam, ikan hingga gurita. Daging tersebut biasanya dinikmati bersama saus Jepang yang bernama gomadare.

23. Ebi Furai

Ebi Furai

diahdidi.com

Ebi Furai juga menjadi salah satu makanan tradisional Jepang yang cukup populer, bahkan Anda bisa menemukannya di Indonesia. Ebi Furai ini merupakan udang goreng yang berasal dari Nagoya, Jepang.

Secara tradisional, udang yang digunakan untuk sajian ini adalah kuruma ebi, namun saat ini berbagai jenis udang lainnya juga bisa digunakan, seperti ise ebi dan udang windu. Kuliner ini dibuat dengan cara membelah punggung udang dan membuatnya lurus, kemudian udang dilapisi dengan tepung, telur kocok dan remah roti Jepang, kemudian digoreng secara deep frying. Ebi Furai ini memiliki cita rasa gurih dengan tekstur crunchy yang sangat nikmat.

24. Gyoza

Gyoza

justonecookbook.com

Jika Anda adalah penikmat pangsit, maka Anda wajib untuk mencoba pangsit khas Jepang yang satu ini. Gyoza memang menjadi salah satu makanan tradisional Jepang yang sangat populer, bahkan Anda bisa menemukan gyoza di sejumlah restoran Jepang yang ada di Indonesia.

Gyoza merupakan pangsit yang berbentuk bulan dan terbuat dari campuran daging cincang, kubis, daun bawang dan jamur. Isian tersebut kemudian dibungkus dengan kulit pangsit secara meligkar dan dijepit di tepiannya.

Gyoza ini biasanya diolah dengan cara digoreng di satu sisi agar renyah dan gurih kemudian dikukus selama 3 menit hingga bagian luasnya halus dan isiannya lembab juga berair. Menariknya lagi, di Jepang ada dua kota yang mendapat julukan sebagai “Kota Gyoza”, yaitu Kota Utsunomiya di Prefektur Tochigi dan Kota Hamamatsu di Prefektur Shizuoka. Hal ini dikarenakan kedua kota tersebut memiliki rata-rata pembelian gyoza ebih dari 4.000 yen per kepala keluarga. Maka tak perlu heran jika di kedua kota ini banyak ditemukan kedai-kedai khusus yang menjual gyoza. Untuk itu, jika Anda ingin mencicipi gyoza di Jepang, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Utsunomiya dan Hamamatsu.

24. Mochi

Mochi

kcpinternational.com

Makanan khas Jepang yang terakhir adalah mochi. Mochi memang menjadi salah satu kue khas Jepang yang telah mendunia karena memiliki rasa yang sangat nikmat. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, namun mocha juga memiliki tampilan yang menarik sehingga bisa membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

Kue Mochi ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan teksturnya lengket, lalu dibentuk menjadi bulat. Adonan tersebut kemudian diolah dengan cara dipanggang atau direbus. Kue ini memiliki cita rasa yang khas yaitu teksturnya yang lembut dan agak kenyal saat dimakan lalu terasa lengket di mulut. Kue Mochi memiliki beragam varian isi yang sangat nikmat, mulai dari kacang hingga es krim. Mochi biasanya dibuat dan dimakan saat perayaan Tahun Baru Jepang atau mochitsuki, meskipun begitu Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh oleh setiap harinya.

Nah itulah 25 makanan Tradisional Jepang yang wajib anda coba guys, gimana kuliner Jepang di atas bikin ngiler kan? Jangan ngaku pencinta kuliner Jepang kalo kalo anda belum cobain 25 kuliner tradisional Jepang yang ada diatas, Nah nunggu apa lagi yuk cari restoran Jepang bersama teman, keluarga, ataupun orang tersayang untuk makan bersama, semoga info diatas berguna untuk anda yang lagi cari makanan Jepang, Selamat mencoba guys!!!



Leave a Reply