Miyako Soba Tennoji: Tempat Makan Soba dan Udon Paling Mantap di Osaka

miyako soba tennoji

sugengcool | Traveler
Osaka, Kansai, Japan | non_halal
18 Dec 2019


Miyako Soba Tennoji: Tempat Makan Soba dan Udon Paling Mantap di Osaka
Lelah berkeliling Shitennoji Temple, aku dan temen-teman pun lanjut nyobain Soba dan Udon di Miyako Soba Tennoji yang cukup terkenal ini, sebelum kami bertolak ke Kyoto. Seperti apa rasanya?

Puas berkeliling dan berfoto di Shitennoji Temple, aku dan teman-teman pun harus bergegas karena kita harus mengejar kereta menuju Kyoto. Tapi sebelumnya, kita harus makan dulu nih guys, karena pagi dari hotel kita masih belum makan. Beberapa hari sebelumnya kita udah nyicipin kuliner khas Jepang juga nih seperti sashimi, curry, ramen dan okonomiyaki. Kali ini kita mau cicipi kuliner khas Jepang yang belum kita cobain sebelumnya yaitu Soba Udon. Setelah searching, kita pun nemu sebuah kedai soba udon yang cukup terkenal yaitu Miyako Soba Tennoji.

miyako soba tennoji

Sama halnya dengan kedai makanan lainnya di Jepang, Miyako Soba Tennoji ini punya ukuran yang ngga terlalu besar. Kedai yang berlokasi di 15-8 Horikoshicho, Tennoji Ward, Osaka ini punya tempat yang cukup mungil tapi meskipun begitu tempatnya masih terasa nyaman untuk makan. So sorry, aku ngga sempet fotoin bagian dalamnya guys karena harus buru-buru pesen dan makan.

Menu yang disajikan pun udah pastinya soba dan udon guys, sesuai dengan namanya. Eh tapi tunggu dulu, kalian udah tahu belom bedanya soba dan udon? Soalnya menurut beberapa orang kedua makanan itu adalah sama, padahal beda lho guys.

Jadi, soba dan udon ini masih sodaraan sama ramen guys. Ramen merupakan mie yang bertekstur kenyal, tipis dan lebih panjang jika dibandingkan dengan soba dan udon. Ramen ini terbuatnya dari tepung terigu dan ramen biasanya disajikan dalam kondisi panas karena lebih cita rasanya terletak pada kuahnya yang panas.

Sementara Soba adalah mie yang terbuat dari tepung buckwheat atau sereal gandum hitam. Tak heran jika soba punya warna yang lebih gelap jika dibandingkan dengan kedua saudaranya. Soba punya bentuk yang tipis seperti ramen, tapi mereka berbeda cara menikmatinya. Soba biasa dinikmati saat dingin, cocok sekali saat cuaca sedang panas. Cita rasa kuah soba juga beragam guys, biasanya tergantung dari daerah soba ini berasal.

Lalu untuk Udon, mie ini punya ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan soba dan ramen, meskipun udon dan ramen sama-sama terbuat dari tepung terigu. Sama halnya dengan soba, udon juga bisa disajikan dalam kondisi panas ataupun dingin dengan kuah kaldu yang bening ataupun keruh.

Nah, udah tahu bedanya kan? Saatnya memilih menu yang disajikan di Miyako Soba Tennoji guys. Lagi-lagi nih, mereka hanya menyajikan daftar menu dengan Bahasa Jepang, tapi tetep ada gambar dan harganya kok guys. Jadi kalian tinggal lihat gambar dan pilih mie yang kalian mau.

miyako soba tennoji

Aku pilih menu udon dengan kuah panas, soalnya cuaca Osaka saat itu lumayan dingin meskipun ngga dingin banget sih. Rasa dari udon ini enak banget guys, beda dengan udon yang biasa aku makan di Indonesia. Rasa kuahnya juga gurih, padahal aku pesen yang kuahnya kaldu bening. Yang spesial dari udon ini adalah telur rebusnya yang khas. Kalian tahu kan kuliner Jepang yang pake telur rebus? Kuning telurnya berwarna agak orange gitu. Enak banget pokoknya!

miyako soba tennoji

Untuk soal harga di Miyako Soba Tennoji ini bisa dibilang masih masuk akal ya guys, mulai dari 270 Yen hingga 550 Yen aja per porsinya. Tapi worth it karena porsinya cukup bikin kenyang dan rasanya enak banget.

Buat kalian yang Muslim, lagi-lagi aku ngga bisa mastiin kedai ini Halal atau ngga. Jadi, kalo kalian mau mampir, bisa tanya dulu sama orangnya ini mengandung pork atau ngga. Selamat mencoba!

Video by Turtle Vagabonds

Opening Hours
Open daily 7 am - 10 pm
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.