Kuliner

11 Makanan Khas Toraja Enaknya Bikin Nagih + Rekomended Oleh-Oleh

Jika Anda hanya mengenal Tana Toraja dengan berbagai budayanya, maka kali ini Anda harus mencicipi beberapa kuliner khas atau makanan khas Toraja. Makanan khas Toraja ini tidak kalah menarik dan unik dibandingkan budaya yang dimiliki oleh daerah tersebut.

 

1. Pantollo Pamarrasan

Makanan khas Toraja yang pertama adalah Pantollo Pamarrasan, ini adalah salah satu kuliner khas dari Tana Toraja. Nama Pamarrasan sendiri adalah salah satu nama bumbu. Jika di kota lain, bumbu yang satu ini disebut dengan bumbu kluwak hitam.

Kuliner yang satu ini biasanya dicampur dengan salah satu jenis daging, baik itu daging babi, belut, kerbau, atau juga ikan. Bumbu lain yang akan digunakan untuk masakan yang satu ini antara lain Lombok katokkon, dan juga pari. Untuk menemukan kuliner yang satu ini tidak sulit, karena kuliner yang satu ini dapat Anda temukan di beberapa restoran atau rumah makan lokal.

 

2. Pantollo Bale / ikan

aktqu.com

Makanan berikutnya adalah Pantollo bale, Bale sendiri dalam bahasa Toraja adalah ikan. Teknik memasak makanan yang satu ini hampir sama dengan Pantollo Pamarrasan, dimana bumbu utama yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah kluwak, teknik memasaknya mirip seperti rawon, namun ditambah dengan beberapa bahan lain.

Kuliner yang satu ini biasanya hadir pada saat acara adat, dan termasuk salah satu menu favorit masyarakat Toraja.

Ikan mas dan ikan tongkol adalah berapa jenis ikan yang biasanya digunakan untuk kuliner yang satu ini. Untuk teknik memasaknya, biasanya digoreng atau dipanggang, bukan dengan cara dikuah.

 

3. Pantollo Lendong / Belut

bagooli.com

Bumbu dasar dari makanan yang satu ini tetap, yaitu kluwak. Namun bahan utama dari makanan ini adalah belut. Teknik memasaknya mirip seperti rawon, namun menggunakan bumbu khas dari Toraja. Ini adalah salah satu jenis makanan favorit masyarakat Toraja, dan biasanya disuguhkan pada acara adat atau acara khas lainnya.

 

4. Pa’piong manuk ayam / dangkot

traveltodayindonesia.com

Makanan khas Toraja berikutnya yang akan dibahas adalah Pa’piong manuk atau pa’piong ayam. Yang artinya menu makanan yang satu ini menggunakan bahan utama ayam. Sebenarnya makanan yang satu ini dapat dibuat dari berbagai macam bahan daging , seperti ikan, ayam, daging babi, atau bahan lainnya.

Daging ayam yang sudah dicuci bersih, kemudian akan dicampur dengan berbagai macam bumbu tertentu, dan juga menggunakan daun Mayana. Rempah-rempah lain yang biasanya juga ikut ditambahkan antara lain cabe rawit atau juga Lombok katokkon. Untuk cita rasa kuliner ini rasanya cukup pedas. Anda yang kurang suka makanan pedas, sebaiknya berhati-hati.

 

5. Pa’piong Bo’bo nasi

traveltodayindonesia.com

Pa’piong adalah salah satu makanan dari Toraja yang unik. Unik, karena cara memasaknya menggunakan bambu yang dibakar. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, kuliner sudah dicampur dengan beragam jenis bumbu khas Toraja.

Kuliner pa’piong ini sebenarnya cukup banyak. Hal ini tergantung bahan utama yang digunakan. Pa’piong bobo nasi, adalah salah jenisnya. Sesuai namanya, bahan utama kuliner ini adalah beras, yang dicampur dengan bumbu tertentu.

Beras yang telah dicuci bersih, kemudian dicampur bersama beberapa jenis bumbu, seperti serai, merica, daun bawang, bawang putih, bawang merah, dll. Setelah bumbu tercampur rata, Pa’piong Bo’bo nasi kemudian dimasukkan ke dalam bambu, yang sebelumnya telah dilapisi oleh daun pisang yang masih muda. Bambu tersebut kemudian dibakar hingga tingkat kematangan sempurna.

 

6. Pokon

ronaldtadung.blogspot.co.id

Makanan khas Toraja yang satu ini mungin tidak asing di lidah semua orang. Jika di daerah lainnya, makanan yang satu ini disebut dengan lontong. Sedangkan di Toraja, makanan yang satu ini disebut dengan pokon.

Yang membedakan antara makanan ini dengan lontong pada umumnya adalah ukuran, teknik membungkusnya, serta bahan utama yang digunakan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Pokon ini bukan beras putih atau beras ketan putih, melainkan beras ketan hitam.

Beras ketan hitam yang telah dicuci bersih dan di tanak setengah mayang, kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Setelah tercampur rata. Pokon kemudian dibungkus menggunakan daun bambu. Makanan yang satu ini paling pas jika disantap bersama segelas teh hangat atau juga kopi.

 

7. Palopo

disiniaja.net

Makanan khas berikutnya adalah Palopo. Kuliner khas dari Toraja yang satu ini memang cukup unik, dan tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Bahan dasar makanan ini adalah temung sagu. Yang sebelumnya sudah disiram air panas, kemudian dibentuk bulat-bulat. Kemudian hasil bulatan sagu tersebut, ditambahkan ikan atau daging tertentu, kemudian ditambahkan kuah yang berisi jagung, bumbu kacang.

Menu makanan yang satu ini, pas jika disantap dalam kondisi hangat, Anda dapat menambahkan nasi hangat, serta beberapa jenis lauk lainnya.

 

8. Kapurung

penyukajalanjalan.com

Makanan unik lainnya yang harus Anda coba dan pastinya dapat dijadikan sebagai oleh-oleh unik adalah Parupung. Bahan dasar makanan ini adalah sayuran, ikan dan juga sagu. Bahan-bahan tersebut, kemudian diolah sedemikian rupa, dengan menggunakan bumbu tertentu, sehingga menjadi makanan dengan cita rasa unik, dan pastinya menggugah selera makan Anda.

Berbagai jenis sayur yang terdapat dalam kuliner yang satu ini cukup banyak, seperti kacang panjang, jantung pisang, kangkung, dan juga labu merah muda. Ikan yang digunakan untuk melengkapi kuliner ini adalah ikan teri goreng dan ikan bandeng.

 

9. Dangkot daging kotte bebek

picbear.club

Dangkot daging kotte bebek ini adalah kuliner yang terbuat dari bahan bebek. Bebek ini diolah secara khusus, dengan menggunakan bumbu tertentu khas Toraja.

Makanan yang satu ini baik untuk Anda konsumsi, karena mengandung beberapa bahan tertentu, yang dapat membuat daya tahan tubuh jadi lebih baik, dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh, mencegah anemia, serta beberapa kentungan lainnya.

Untuk rasa, makanan yang satu ini gurih, dan juga pedas, hal ini mampu meningkatkan selera makan Anda sekaligus menggoyang lidah Anda. Karena bentuk dan rasanya yang khas, makanan ini dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

 

10. Deppa Tori

tokopedia.com/khasenrekang

Kulier yang satu ini lebih tepat jika disebut dengan camilan. Ini adalah salah satu kuliner khas dari Toraja. Kuliner yang satu ini terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan gula merah dan bahan lainnya.

Deppa Tori ini kemudian digoreng hingga matang dan renyah. Ini menjadi salah satu kuliner yang harus Anda coba jika mengunjungi Toraja. Kuliner ini juga dapat Anda jadikan sebagai slah satu oleh-oleh dari Toraja.

Tidak sulit mencari kuliner yang satu ini, Anda dapat menemukan kuiner yang satu ini di pusat oleh-oleh khas Toraja atau di beberapa penjual keliling.

 

11. Pangrarang / sate

sangmaneku.wordpress.com

Pangrarang atau orang menyebutnya dengan sate. Jika Anda membayangkan sate ini adalah daging yang dipotong-potong kecil, lalu ditusuk, maka Anda salah. Kuliner yang satu ini memang disebut dengan sate, namun tidak dengan ditusuk.

Caranya masih sama dengan cara dibakar, namun bumbu yang digunakan cukup sederhana, yaitu menggunakan garam. Setelah tercampur rata, daging ini akan dibakar di atas bara api. Setelah matang, daging ini akan dimakan bersama cabe uleg dan ditambah perasan jeruk nipis. Jenis daging yang digunakan, biasanya daging ayam atau daging sapi.

Join The Discussion