10 Makanan Khas Dari Negara Ini Mirip Dengan Bakso Lho


Reni  December 30, 2019  0 Comment

Kalimat meatball around the world tentu menjadi hal yang biasa bagi mereka yang suka makan bakso. Jenis makanan yang satu ini sudah sangat populer di seluruh dunia. Setiap negara menyajikan bakso dengan cara yang berbeda. Bahkan mereka juga menyebut bakso dengan nama yang berbeda-beda. Namun konsep bakso tetaplah sama, yaitu olahan daging yang dibentuk bulat-bulat.
Beberapa negara mengolah bakso dengan memberikan isian yang beragam. Hal tersebut dilakukan agar memberikan variasi rasa untuk sajian bakso. Kondisi inilah yang membuat orang selalu tertarik untuk makan bakso dan membuat ketagihan. Bakso merupakan salah satu bahan masakan yang cocok untuk dicampur atau diolah dengan berbagai jenis masakan yang lainnya.
Berikut Beberapa Referensi Sajian Meatball Around The World
Bagi Anda pecinta bakso tentu harus mencoba seluruh varian bakso yang ada di seluruh dunia. Dengan begitu Anda bisa membandingkan sendiri, sajian masakan negara mana yang paling enak menyajikan bakso. Hal ini juga membuat Anda bisa merasakan cita rasa bakso yang menawan dari seluruh dunia. Meskipun sekilas bentuknya seperti bakso, namun memiliki nama yang berbeda.
Orang di luar negeri tidak akan memahaminya jika menyebutkan bakso, namun Anda harus menyebutkannya sesuai dengan nama dari setiap negara. Nama ini dibuat karena sajian bakso yang dimasak juga berbeda dan menggunakan bumbu khas masing-masing yang unik dan lezat. Berikut dibawah ini akan direferensikan sajian meatball di berbagai belahan dunia

1. Bitterballen

Bitterballen
instagram.com/iamsterdam


Di negara Belanda, bakso disebut sebagai bitterballen. Olahan daging sapi khas Belanda yang dicampur dengan tepung hingga berbentuk seperti bola-bola. Bakso ini disajikan khusus dengan menggunakan saus khas Belanda yang terbuat dari abon sapi. Tekstur bakso ini cenderung renyah, namun ketika di gigit maka Anda akan merasakan sensasi daging sapi yang padat.
Selain disajikan dengan menggunakan saus khas, biasanya bakso ini juga disajikan dengan menggunakan mayonaise. Rasa renyah bakso ini akan lumer di mulut Anda dan terasa lezat.

Gotravelly

Bakso Beranak Di Surabaya

Bakso Abah Killer Di Surabaya

2. Bo Vien

Bo Vien
instagram.com/foodysaigon


Daerah Asia bagian Utara terutama Vietnam, mengenal bakso dengan sebutan Bo Vien. Sajian bakso disana juga menggunakan kuah kaldu yang khas. Namun yang membedakannya adalah isiannya. Bakso di Vietnam ini bisa terlihat lebih sehat karena dicampur dengan berbagai macam sayuran seperti tauge, bawang bombay dan lain sebagainya.
Pencampuran bahan itulah yang membuat bakso asal Vietnam ini terasa lezat dan memiliki rasa yang unik. Untuk mencoba rasa aslinya sebaiknya Anda tidak mencampurnya dengan sambal atau apapun agar rasa aslinya bisa membekas di lidah.

3. Konigsberger Klopse

Konigsberger Klopse
instagram.com/low.carb.my.way


Sajian masakan bakso di Jerman diberi nama konigsberger klopse atau yang biasa disebut dengan scharts. Bakso di Jerman ini terlihat spesial dan berbeda karena tidak disajikan dengan menggunakan kuah, namun disiram dengan menggunakan saus krim jamur yang khas. Makanan ini akan didominasi dengan warna putih.
Biasanya bakso Jerman ini akan disajikan bersama kentang. Scharts ini merupakan sajian olahan daging yang dibentuk bulat dan dibungkus dengan olahan tepung khusus. Sajian bakso ini tentu akan terasa unik karena menggunakan saus jamur khas Jerman.

4. Gogi Wanja Jorim

Gogi Wanja Jorim
instagram.com/davidtihang


Ini merupakan sajian daging dengan bentuk bola-bola atau yang umumnya kebanyakan orang mengenalnya dengan sebutan bakso. Olahan bakso khas Korea Selatan ini diolah dengan menggunakan bumbu khas korea sehingga terasa berbeda. Di Korea sendiri, sajian ini termasuk dalam kategori makanan mewah dan sering disajikan untuk hidangan kerajaan.
Makanan ini memiliki rasa manis dan pedas yang dominan. Di Korea, biasanya orang akan makan sajian ini dengan menggunakan nasi. Sensasi rasa lezat dan berbeda akan Anda rasakan melalui sajian ini.

5. Tsukune

Tsukune
instagram.com/toriyo.id


Bakso asal Jepang dan Asia Timur ini disajikan dengan cara yang berbeda. Olahan bakso di negara ini akan dimasak dengan cara dipanggang. Perpaduan kecap dan minyak wijen akan dioleskan di atas bakso sebelum dibakar. Bumbu khas yang diberikan membuat rasa bakso menjadi lezat dan berbeda.
Sebelum dibakar biasanya bakso akan diletakkan pada tusukan agar memudahkan proses memanggangnya. Setelah dipanggang, bakso ini akan ditaburi dengan daun bawang yang membuat rasanya semakin lezat dan berbeda.

6. Albondigas

Albondigas
instagram.com/dinneratthezoo


Albondigas merupakan julukan dari bakso Spanyol yang disajikan dengan kuah saus tomat ataupun saus almond. Disana Anda bisa memilih kuah sesuai dengan selera masing-masing.
Meskipun berbentuk sedang, namun bakso Spanyol ini memiliki isian berupa telur yang akan meleleh ketika Anda makan bersama kuahnya. Bakso ini disajikan bersama pangsit panjang khas Spanyol yang renyah.

7. Lion’s Head

 Lion’s Head
seriouseats.com


Sajian bakso asal China ini disajikan bersama dengan sayuran seperti sawi atau kubis. Bakso ini direbus dengan menggunakan kuah khas China yang dinamakan dengan chestnut. Kaldu dari bakso ini terasa sangat enak dan gurih sehingga sangat segar jika dikonsumsi bersama dengan nasi.
Untuk memperhatikan komposisi dari sebuah makanan yang sehat, biasanya bakso di China hanya disajikan satu saja namun dengan bentuk yang lebih besar. Perpaduan olahan daging sapi dengan kuah kaldunya akan lumer dan bercampur di mulut Anda.

8. Chiftele

Chiftele
instagram.com/ibrikparis


Chiftele merupakan nama lain dari bakso yang dikenal di wilayah Eropa Utara. Kebanyakan orang yang suka makan sajian ini adalah di wilayah Romania. Bakso di Eropa Utara akan diolah dengan cara dibumbui jintan kemudian digoreng. Sehingga bakso terlihat lebih bertekstur. Daging sapi dicampurkan dengan kentang kemudian diolah menjadi bola-bola untuk kemudian digoreng.
Biasanya bakso ini akan disajikan dengan saus cabai ataupun tomat. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai cemilan atau lauk dan dimakan dengan menggunakan nasi.

9. Polpette

Polpette
instagram.com/usa.food.addict


Bakso di daerah Amerika Tengah akan diberikan julukan Polpette. Hal tersebut terjadi karena bakso diolah bersama dengan keju khas Amerika. Bakso Amerika ini memiliki tekstur renyah yang dibalut dengan keju.
Biasanya jenis makanan ini disajikan sebagai cemilan yang mengenyangkan. Bakso ini dibumbui oleh rempah khas Amerika yang tidak ada duanya sehingga lezat dan membuat Anda ketagihan.

10. Pulpety

Pulpety
instagram.com/gotuj_z_cukiereczkiem


Variasi bakso di Polandia disebut dengan Pulpety. Ini merupakan bakso yang diolah dengan campuran sayuran, krim asam dan jamur. Perpaduan bakso ini mungkin sedikit terlihat aneh karena biasanya bakso cenderung disajikan dengan kuah. Namun inilah yang menjadi ciri khas Polandia.
Rasa bakso ini terbilang cukup unik karena berwarna putih dan terlihat didominasi dengan sayuran. Sajian ini termasuk makanan yang sehat agar tubuh bisa mendapatkan kandungan daging dan sayur secara berimbang.
Sajian meatball around the world tentu akan membuat Anda ngiler dan ingin mencobanya. Untuk itu segeralah susun waktu liburan Anda untuk menjelajahi seluruh sajian bakso yang terdapat di seluruh dunia. Setiap negara memiliki bumbu khas dan cara tersendiri untuk mengolah bakso agar lebih enak dan menarik. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang ingin mencoba varian bakso.



Leave a Reply