Kuliner

10 Makanan Khas Slovenia, Gurihnya Nempel Di Lidah

Slovenia merupakan kawasan di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Italia, Kroasia, dan Austria. Negara di kaki gunung Alpen ini pernah menjadi bagian dari Austria-Hongaria di tahun 1918, kemudian menjadi bagian Slovenes (Kroasia dan Serbia) di akhir 1918, Yugoslavia di tahun 1945, sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1991. Negara dengan ibukota Ljubljana ini tidak hanya dikenal sebagai daerah wisata yang sangat menawan  baik di daerah kaki gunung Alpen maupun wisata kota yang masih banyak terdapat berbagai bangunan peninggalan masa lampau. Berkunjung ke Slovenia tentu tidak boleh melewatkan ragam kuliner khas yang menjadi budaya turun temurun masyarakat di sini. Berikut 10 makanan khas Slovenia yang wajib anda coba :

1. Kranjska Klobasa (Carniolan sausage)

Makanan Khas Slovenia
nasasuperhrana.si

Sosis Carniolan merupakan hidangan paling terkenal di Slovenia. Saat pertama kali diciptakan pada tahun 1896, sosis ini dikenal dengan nama “kranjka” dan telah telah dililndungi  hak cipta sebagai makanan khas Slovenia ada tahun 2015. Sosis tradisional ini berasal dari daerah Gorenjska dan disebut sebagai salah satu menu penting yang harus ada dalam berbagai acara seremonial dan acara penting lainnya. Pembuatan hidangan  khas Slovenia ini harus terbuat dari setidaknya 68% daging babi, 12% daging sapi, dan 20 persen daging babi asap.

2. Potica

Makanan Khas Slovenia
slovenia-incognita.com

Potica merupakan hidangan yang sudah ada sejak abad ke-16. Kue khas Slovenia ini merupakan hidangan  yang umumnya disajikan pada perayaan-perayaan dan hari besar seperti Natal dan Paskah. Kue ini biasa disajikan dengan berbagai isian baik manis maupun gurih. Disebutkan ada 80 variasi dari Potica yang bisa ditemukan untuk keperluan berbagai acara. Dahulu isian dari Potica mencerminkan tingkatan ekonomi dari keluarga yang membuat. Sementara saat ini, varian isinya hanya sebagai pelengkap berdasarkan resep turun temurun dalam keluarga. Pembuatan Potica sendiri cukup lama dan mengharuskan kesabaran dalam setiap tahap prosesnya.

3. Prekmurska gibanica (Prekmurian Layer Cake)

Makanan Khas Slovenia
elcookbook.com

Prekmurian merupakan kue berlapis yang biasa menjadi hidangan pencuci mulut. Prekmurian biasanya berisi biji poppy, keju cottage, walnut, dan apel. sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan juicy. Hidangan yang nikmat ini juga telah diakui oleh perlindungan “merek dagang yang diakui dari reputasi tradisional”, sehingga hanya bisa dibuat kembali dan dijual dengan resep asli yang sudah disahkan.

4. Kraški Pršut (the Karst Prosciutto)

Karst Prosciutto merupakan salah satu hidangan terkenal dari Slovenia. Secara umum, Karst Prosciutto adalah hidangan yang dibuat dengan cara mengeringkan daging. Tradisi pembuatan makanan ini sudah berlangsung secara turun temurun selama berabad-abad. Biasanya makanan ini dibuat dari paha daging babi yang dikeringkan dengan cara diangin-anginkan dan disajikan dengan segelas Teran atau Karst Merah. Daging paha babi ini dibalur dengan garam sebelum dikeringkan. Proses pengeringan makanan khas Slovenia ini berlangsung hingga 8 bulan. Di daerah pedesaan anda bisa menemukan daging-daging babi yang tergantung di dinding-.dinding. Karst biasa menjadi sajian musim gugur yang telah dilindungi oleh hak Intelektual milik Republik Slovenia. Cita rasa yang khas dan autentik membuat anda tidak bisa melewatkan sajian yang memerlukan proses lama dalam pembuatannya.

5. Štruklji

Štruklji merupakan hidangan semacam apple strudel yang khas dari Slovenia. Bedanya dibanding strudel apel pada umumnya adalah kulit Štruklji berupa lapisan-lapisan bersusun. Bentuknya mirip dengan kue gulung. Hidangan ini juga bisa diisi dengan berbagai isian lain baik manis maupun asin. Hidangan asin biasanya menggunakan keju cottage, sementara untuk sajian manis biasanya diisi apel maupun biji poppy. Cita rasa hidangan ini juga lembut dan lumer di mulut, sehingga terkesan cukup mewah saat disajikan. Terlebih bila anda membelinya di restoran Slovenia.

6. Žganci

makanan sederhana dari Slovenia ini juga sangat populer sebagai hidangan khas Slovenia yang terbuat dari bahan-bahan hasil pertanian. Bahan utama pembuatan Žganchi adalah tepung soba dan diberi dressing cracknels. Selain cracknels, hidangan ini juga biasa disajikan dengan susu asam, sup jamur, kol, maupun sup ayam. Makanan ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan yang punya kandungan gizi tinggi, sering pula ditambahkan potongan daging dan madu. Secara penampilan, bentuknya mirip makanan Italia, polenta.

7. Jota (Yota)

Makanan Khas Slovenia
80meals.blogspot.com

Yota merupakan hidangan yang populer di musim dingin. Jota sendiri merupakan sajian semacam sup yang biasanya berisikan bahan-bahan makanan yang umumnya disimpan masyarakat Slovenia di musim dingin. Bahan tersebut antara lain lobak, kol, kentang, dan kacang-kacangan yang bisa tahan lama di musim dingin. Jota sendiri setelah dibuat dapat disimpan beberapa hari dalam lemari pendingin dan dipanaskan kembali sebelum dikonsumsi. Makanan hangat seperti yota tentu sangat menyenangkan untuk dikonsumsi pada saat musim dingin yang panjang. Selain itu hidangan ini juga cenderung mudah dibuat. Namun anda perlu datang di musim dingin untuk bisa mencicipi makanan yang satu ini.

8. Močnik

Močnik merupakan salah satu hidangan tertua di Slovenia. Makanan ini dulunya berasal dari dapur Lower Carniola dan terbuat dari dua jenis tepung. Jika dilihat, tekstur makanan ini mirip seperti bubur atau jenang. Močnik juga sering ditambahkan dengan susu, soba dan jagung. Namun banyak pula yang membuat hidangan ini tanpa isian, sehingga seperti sup bening. Meskipun terkesan sederhana, hidangan ini menjadi salah satu makanan khas Slovenia yang tidak boleh anda lewatkan.

9. Prežganka (Prežgana župa)

Prežganka adalah sup yang tidak kalah unik dari Slovenia yang dibuat dengan cara memanggang tepung hingga kecoklatan lalu ditambahkan air dan garam sebelum dimasak hingga mendidih. Penyajian makanan ini biasanya dengan menambahkan telur orak arik. Hidangan yang berasal dari daerah pedesaan Trieste ini juga dikenal sebagai suplemen makanan untuk masalah pencernaan. Hidangan ini mirip dengan bubur bagi masyarakat Indonesia yang sering dikonsumsi saat sakit.

10. Štefani Pečenka

Hidangan ini bila diterjemahkan ke bahasa Inggris berarti Meatloaf yang merupakan hidangan daging giling dengan campuran berbagai bumbu dan dibentuk seperti roti, kemudian dipanggang maupun di asap. Ada pula yang membuatnya dalam wajan datar sehingga berbentuk mirip pizza. Štefani Pečenka umumnya berisikan telur rebus sehingga menghasilkan tekstur warna yang menggugah selera. Hidangan ini biasanya dibuat pada saat perayaan seperti Natal dan Paskah. Hidangan ini tentu akan menggoda lidah anda dengan daging yang padat dan nikmat karena berbagai bumbu yang dicampurkan.

Selain menikmati beragam kuliner di Slovenia, jangan lupa pula untuk merasakan keramahan yang tersaji di sini. Anda bisa mengunjungi Museum on Puppetry di Kastil Ljubljana, dengan banyak boneka dan wayang yang terinspirasi dari berbagai budaya dunia. Panorama alam juga tersaji di Postojna Jama yang merupakan gua alam terbesar di Eropa. Gua ini memiliki panjang 24 km. Ada pula Danau Bled yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Negara yang dulunya merupakan pecahan Yugoslavia ini menyajikan pengalaman liburan yang tidak akan anda lupakan.

Join The Discussion