Kelezatan 10 Sajian Khas Kuliner Amerika Selatan


prita  July 7, 2020  0 Comment

Amerika Selatan atau yang dikenal juga sebagai Amerika Latin merupakan sebuah kawasan yang berada di benua Amerika. Amerika Selatan terdiri dari belasan negara-negara cantik seperti Brazil, Peru, Meksiko, Chili, Argentina dan masih banyak lagi lainnya. Amerika Selatan memang terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan juga kebudayaannya yang menarik untuk diulik. Namun, kawasan Amerika Selatan juga cukup terkenal dengan aneka sajian khas yang tak kalah nikmat untuk dicoba. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja kuliner terkenal di Amerika Selatan, Berikut ini adalah daftar kuliner Amerika selatan

1. Dulce de Leche, Argentina

Dulce de Leche
manusmenu.com

Kuliner terkenal di Amerika Selatan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan kudapan manis. Dulce de Leche sebenarnya adalah sebuah saus manis atau konsentrat serbaguna yang terbuat dari susu kental manis yang dipanaskan hingga menjadi caramel. Dulce de Leche tentu berbeda dengan saus caramel karena Dulce de Leche memiliki rasa yang lebih manis.

Dulce de Leche sebenarnya berasal dari Argentina, namun kamu bisa menemukannya dengan mudah di kawasan Amerika Selatan, seperti Brazil hingga Uruguay. Dulce de Leche biasa disajikan bersamaan dengan es krim, biscuit, roti panggang ataupun churros.

Gotravelly

Warkop Tawon Teloe: Warung Kopi Berkonsep Pujasera Yang Nongkrong-Able

Menikmati Sajian Korea Di Ojju: K-Food Restaurant Ter-Hits Di Surabaya

2. Turron de Dona Pepa, Peru

 Turron de Dona Pepa
quericavida.com

Kuliner terkenal di Amerika Selatan selanjutnya adalah Turron de Dona Pepa. Sajian ini sebenarnya adalah makanan penutup yang berasal dari Peru. Dulunya, Turron de Dona Pepa dimakan secara tradisional di bulan Oktober saja guna menghormati El Senor de los Milagros. Sekarang, sajian ini bisa dimakan kapan saja.

Turron de Dona Pepa memiliki tekstur yang lengket dan cita rasa manis. Sajian ini terdiri dari beberapa lapisan didalamnya, seperti sirup gula merah, tongkat kue, wijen, sirup gula dan masih banyak lagi lainnya.

3. Bunuelos, Meksiko

bunuelos
bakedbyanintrovert.com

Bunuelos asal Meksiko juga menjadi salah satu kuliner terkenal di Amerika Selatan yang tak boleh kamu lewatkan. Sajian khas Meksiko ini tak hanya terkenal di negaranya, namun juga hampir di semua negara di Amerika Latin.

Bunuelos adalah kudapan yang berbentuk bola-bola yang digoreng seperti donat. Bunuelos terdiri dari beragam isian, seperti apel, singkong, pisang hingga beras ketan dan ditutup dengan sesuatu yang manis, seperti gula atau caramel.

4. Ceviche, Peru

ceviche
fountainavenuekitchen.com

Sajian khas Peru yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka makan seafood. Tak hanya terkenal di Peru, sajian ini juga bisa kamu jumpai di banyak negara di Amerika Selatan. Tak heran jika saat ini Ceviche menjadi salah satu kuliner terkenal di Amerika Selatan.

Ceviche terbuat dari ikan segar yang diawetkan dalam jus jeruk atau lemon dan rempah-rempah atau cabai. Untuk menambah rasa, biasanya Ceviche diberi tambahan garam, bawang merah dan ketumbar. Ceviche biasa dihidangkan bersamaan dengan menu pelengkap, seperti salad, ubi jalar, alpukat, jagung atau pisang raja.

Hidangan ini konon telah dikonsumsi ribuan tahun lalu, namun menurut sejarah sajian ini dibawa ke Peru pertama kali oleh seorang wanita Moor dari Granada. Kemudian sajian tersebut berevolusi hingga menjadi Ceviche yang terkenal saat ini.

5. Empanadas, Argentina

empanadas
delish.com

Kamu pasti familiar dengan sajian yang satu ini kan? Di Indonesia kita mengenalnya dengan nama pastel. Namun, tahukah kamu jika sajian ini berasal dari Argentina dan menjadi salah satu kuliner terkenal di Amerika Selatan?

Empanadas adalah pai gurih atau pastry yang seukuran telapak tangan. Empanada memiliki arti bungkus roti, hal ini karena sajian ini memang terbungkus oleh tepung roti dengan beragam isian. Di Argentina sendiri, Empanadas biasa diisi dengan daging giling, ham, keju, daging ayam atau swiss chard. Empanadas biasa disajikan dengan saus salsa blanca yang nikmat.

6. Coxinha, Brazil

coxinha
thespruceeats.com

Sekilas kuliner terkenal di Amerika Selatan yang satu ini mirip dengan kroket khas Indonesia. Namun, sajian ini dijuluki Coxinha di Brazil dan menjadi salah satu kudapan wajib coba disana.

Coxinha terbuat dari suwiran daging ayam dank rim keju yang terbuat dari adonan dan tepung terigu. Coxinha biasanya disantap sebagai menu makanan pembuka, karena ukurannya yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.

Kuliner yang cukup terkenal sejak tahun 90an ini bisa ditemukan di banyak restoran di Brazil. Coxinha memiliki cita rasa yang gurih renyah sehingga sangat cocok bagi kamu yang suka sajian gurih.

7. Arepas, Venezuela

Arepas
foodnetwork.com

Kuliner terkenal di Amerika Selatan selanjutnya adalah Arepas yang berasal dari Venezuela. Mungkin banyak orang masing belum familiar dengan kuliner yang satu ini, namun sajian ini cukup banyak ditemukan tak hanya di Venezuela tapi juga di Kolombia.

Arepas atau Arepa memiliki nama yang berasal dari kata erepa yang berarti jagung. Hal ini karena Arepas terbuat dari tepung jagung giling yang telah dimasak dalam air lalu dikeringkan. Adonan tersebut kemudian menjadi roti ala burger yang bisa dipanggang, digoreng, direbus atau dikukus. Arepas biasa dipadukan dengan sayuran, daging, keju hingga kacang-kacangan.

Arepas dipercaya telah ada sejak ratusan tahun lalu dan saat ini menjadi makanan pokok masyarakat Venezuela dan Kolombia. Tak hanya di kedua negara tersebut, Arepas bahkan cukup populer di Inggris dan beberapa negara di Eropa lainnya.

8. Arroz con Leche, Amerika Selatan

 Arroz con Leche
recetasnestle.com.mx

Arroz con Leche sebenarnya berasal dari Spanyol, namun saat ini sajian ini menjadi salah satu kuliner terkenal di Amerika Selatan dimana kamu bisa menemukannya di semua negara di Amerika Selatan.

Arroz con Leche dikenal juga sebagai pudding nasi dan salah satu menu hidangan penutup yang cukup populer. Sajian ini bisa kamu temukan di seluruh negara Amerika Selatan namun dengan variasi dan versi yang berbeda-beda.

Arroz con Leche terbuat dari campuran beras, air, gula, susu sapid an susu evaporasi. Beragam variasi yang digunakan untuk menambah cita rasa antara lain diberi kayu manis, potongan kulit lemon, potongan kulit jeruk, kelapa hingga kopi.

9. Chocotorta, Argentina

chocotorta
comohacertorta.com

Bagi kamu penggemar cokelat, mencicipi salah satu kuliner terkenal di Amerika Selatan ini adalah kewajiban. Sajian ini bernama Chocotorta yang berasal dari Argentina.

Chocotorta disajikan sebagai menu hidangan penutup. Sajian ini memiliki cita rasa yang merupakan perpaduan antara kue khas Argentina dengan cokelat. Chocotorta diolah dengan cara dipanggang dan bahan utama pembuatannya adalah susu, biscuit cokelat dan tentu saja cokelat.

10. Canjica, Brazil

Canjica
vovopalmirinha.com.br

Kuliner terkenal di Amerika Selatan yang terakhir adalah Canjica. Canjica ini berasal dari Brazil dan biasa disajikan sebagai hidangan penutup.

Canjica terbuat dari jagung putih yang diolah bersamaan dengan gula, susu dan kayu manis. Canjica memiliki banyak variasi, seperti diberi tambahan rempah-remoah, santan, cengkeh, kecang tanah hingga susu kental. Canjica ini banyak ditemukan di Brazil pada bulan Juni, namun tidak menutup kemungkinan untuk bisa temukan di bulan-bulan lainnya.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali sajian khas di Amerika Selatan yang bisa kamu coba, namun 10 daftar ini adalah yang paling rekomended dan terkenal tak hanya di Amerika Selatan namun juga di berbagai negara lainnya. Nah, kamu coba cicipi beberapa sajian diatas saat berkunjung kesana. Selamat mencoba.



Leave a Reply