10 Makanan Khas Pekanbaru Terkenal Paling Enak + Oleh Oleh


Reni  May 8, 2018  0 Comment

Makanan khas Pekanbaru, Kota Pekanbaru merupakan ibu kota dari Provinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatera. Kota ini terkenal dengan beragam makanan khas dan oleh-olehnya. Penasaran? Yuk simak penjelasannya!

Makanan khas Pekanbaru terkenal sebagai makanan paling enak. Penggunaan bumbu yang tidak pelit serta ragam pilihan yang banyak membuatnya tak pernah kehilangan penggemar. Berikut ini makanan khas Pekanbaru yang terkenal paling enak.

1. Gulai Ikan patin

Gulai Ikan patin

youtube.com/channel/UCD74iXS8cPHvLrdEOJpoNBw

Makanan ini merupakan makanan sehari-hari warga Pekanbaru. Gulai ikan patin disantap bersama nasi hangat dan lauk pendamping lainnya. Gulai ikan patin terdiri dari potongan ikan patin yang cukup besar dan kuah gulai yang berwarna kuning.

Tidak sulit untuk menemukan makanan ini, karena banyak tersebar di warung makan atau restoran sekitar kota Pekanbaru.

Mencicipi Ichiran Ramen: Ramen Terenak Di Jepang

Urban Latte: Tempat Ngopi Tercozy

2. Nasi lemak

Nasi lemak

touristagency.online

Nasi lemak sebenarnya merupakan makanan khas Melayu. Namun karena penduduk Pekanbaru sebagian besar orang Melayu maka makanan ini banyak dijumpai disana. Nasi lemak terdiri dari nasi gurih dan ragam lauk pak seperti sambal teri, telur dadar, ayam goreng dan lain sebagainya. Tak lupa sambal terasi yang makin membuat nikmat nasi lemak.

3. Miso

Miso

asiknyaberbagipku.blogspot.co.id

Miso tidak hanya ada di Jepan, namun Pekanbaru juga memilikinya. Miso Pekanbaru berbeda dengan miso Jepang. Miso di Pekanbaru merupakan makanan berkuah yang terdiri dari mie kuning, mie putih, kulit ayam goreng, suwiran ayam, dan tahu kering. Harganya dijual sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 rupiah saja. Cocok untuk sarapan ataupun makan siang.

4. Sate daging rusa

Sate daging rusa

igi.or.id

Sate daging ayam atau daging sapi sudah biasa. Namun bagaimana dengan sate daging rusa? Cuman di Pekanbaru dapat menjumpai sate daging rusa. Daging rusa tidak kalah nikmat daripada daging sapi atau daging ayam. Apalagi jika sudah diolah menjadi sate, sensasinya semakin nikmat. Makanan ini patut dicoba ketika berkunjung ke Pekanbaru.

5. Cencaluk

Cencaluk

zarenaheeney.blogspot.co.id

Makanan yang satu ini hanya dihidangkan ketika sedang merayakan acara tertentu saja. Sehingga bagi jika ingin menyantap cencaluk mungkin akan sedikit kesulitan menemukannya. Makanan ini merupakan olahan dari udang yang sudah dihaluskan , kemudian dicampur dengan bumbu dan bawang Bombay. Biasanya makanan ini dijadikan lauk bersama nasi hangat.

6. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk

bacaresep.com

Selain makanan khas Pekanbaru, ada juga minuman khas ibukota Riau ini. Salah satunya yaitu es laksamana mengamuk yang cocok sekali dinikmati ketika siang hari yang panas. Minuman ini terdiri dari buah kweni, santan, dan gula merah.

Selain rasanya yang segar dan manis, minuman ini ternyata punya sejarah unik dibaliknya. Menurut sejarah, es ini muncul karena ada seorang laksamana yang mengamuk. Lakasama tersebut mengamuk di kebun buah kweni.

Akibatnya semua buah menjadi berserakan. Kemudian warga pun kebingungan harus diapakan semua buah-buahan tersebut. Lalu munculnya sorang warga yang memiliki inisiatif untuk membuat minuman dari buah kweni tersebut. Terciptalah es laksamana mengamuk.

7. Mie Sagu

Mie Sagu

hestyyismyname.blogspot.co.id

Sagu merupakan tepung yang diolah dari batang pohon sagu. Mie sagu merupakan makanan berkarbohidrat yang dapat menjadi pengganti nasi. Selain itu kandungan gula dalam sagu sangat rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Tak hanya sehat, namun mie sagu juga memiliki rasa yang nikmat. Teksturnya lebih kenyal daripada mie pada umumnya. Sangat cocok diolah dengan cara digoreng ataupun direbus. Kemudian dapat diolah bersama sayur-sayuran ataupun lauk pelengkap lainnya.

8. Ikan asap

Ikan asap

ikan-asap.blogspot.co.id

Makanan khas Pekanbaru ini dapat menjadi pilihan ketika ingin santap siang. Umumnya jenis ikan yang diasap yaitu ikan selais. Bentuk ikan ini ramping menyerupai ikan lele. Setelah di asap ikan ini akan berwarna hitam dan kisut.

Walaupun bentuknya berubah namun rasanya justru semakin nikmat. Proses pengasapannya sendiri berlangsung selama delapan jam. Setelah itu ikan dapat diolah dengan cara digoreng ataupun digulai. Namun, Anda dapat juga mengolahnya sendiri dirumah sesuai kreasi. Sudah banyak toko yang menjulan ikan asap siap olah di Pekanbaru.

9. Gulai Belacan

Gulai Belacan

chatriumkitchen.blogspot.co.id

Posisi Pekanbaru yang dekat dengan laut menyebabkan berlimpahnya variasi hidangan laut disana. Salah satu hidangan laut yang khas di Pekanbaru adalah udang gulai balacan. Bumbu yang digunakan untuk membuat gulai balacan cukup sederhana.

Cukup mencampurkan santan, asam jawa, cabai, kemiri dan lada. Namun dapat juga ditambahkan bumbu lain sesuai selera. Atau dapat juga kamu campurkan dengan petai agar semakin memperkaya rasa. Udang gulai balacan sangat cocok disantap bersama nasi hangat. Tapi hati-hati bagi penderita kolestrol tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan ini terlalu berlebihan.

10. Gulai siput

Gulai siput

goasiaplus.com

Ketika mendengar kata siput, pasti yang terlintas adalah hewan yang menjijkan. Siput memang tidak lazim dijadikan sebagai santapan. Namun gulai siput Pekanbaru dapat membuat Anda berubah pikiran. Makanan ini juga merupakan makanan khas Melayu.

Sehingga bumbu yang digunakan pun sesuai racikan khas gulai Melayu. Sedikit berbeda dengan gulai Indonesia yang lebih kental. Namun cita rasanya tidak perlu diragukan lagi. Sempatkan untuk mencoba makanan unik ini ketika berkunjung ke Pekanbaru. Karena Anda tidak akan menemukannya di tempat lain.

Nah setelah mencicipi makanan khas Pekanbaru, tidak lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan untuk keluarga atau teman-teman. Ada beragam pilihan jajanan ataupun cinderamata khas Pekanbaru yang dapat kalian pilih.

Berikut Oleh oleh Khas Pekanbaru

1. Batik

Batik

adira.co.id

Tidak hanya pulau Jawa saja yang memiliki batik, namun Pekanbaru juga memiliki batik khasnya. Kualitas dan variasinya juga tidak kalah menarik dibandingkan batik dari kota-kota lain. Umumnya motif batik Pekanbaru merupakan motif tanaman atau bunga yang tumbuh disekitar Pekanbaru.

Selain itu yang menjadi ciri khas batik Pekanbaru yaitu, motifnya tidak boleh digambar secara horizontal. Namun harus dengan cara diagonal atau vertical.

2. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

eskampiun.wordpress.com

Bolu ini tidak seperti bolu pada umumnya. Walaupun terlihat sederhana namun rasanya sangat khas. Rasanya sangat legit, teksturnya pun lembut serta memiliki aroma pandan yang menggugah selera. Bolu ini dapat kamu jumpai di toko oleh-oleh yang banyak tersebar di Pekanbaru. Varian rasanya juga kini semakin beragam. Membuatnya cocok dijadikan oleh-oleh khas Pekanbaru.

3. Pancake durian

Pancake durian

asiknyaberbagipku.blogspot.co.id

Oleh-oleh ini baru terkenal beberapa tahun belakangan. Buat para pencinta durian, oleh-oleh ini wajib dibeli. Pancake durian terdiri dari durian yang sudah dilembutkan kemudian dibungkus menggunakan kulit khusus seperti pancake.

Tak lupa di dalamnya diberikan krim vanilla yang lezat. Namun pancake durian harus selalu dalam keadaan dingin. Karena jika tidak maka kualitasnya akan menurun dan basi. Maka dari itu biasanya penjual akan mengemasnya dalam wadah khusus dan memberikan es batu kering. Sehingga wisatawan mudah membawanya.

Bagaimana informasi di atas? Cukup membantu bukan. Kini bagi Anda yang ingin berjalan-jalan ke kota Pekanbaru tidak perlu lagi bingung. Pilihan makanan khas Pekanbaru yang beragam serta pilihan oleh-oleh yang variatif menjadi pelengkap perjalanan wisata Anda.



Leave a Reply