11 Makanan Khas Lombok Terkenal Enak Incaran Wisatawan


Reni  March 15, 2018  0 Comment

Indonesia memang selain terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang sudah terdengar sampai keluar negeri, tentu saja tidak ketinggalan juga sangat terkenal dengan cita rasa kulinernya yang mampu menghipnotis siapa saja. Bahkan beberapa wisatawan yang datang ke Indonesia, mengakui rindu akan masakan Indonesia salah satunya makanan khas lombok  dan juga ingin mencicipnya lagi.

Tak heran jika beberapa makanan dari Indonesia yang sudah sangat terkenal adalah seperti rendang yang merupakan makanan khas dari tanah minang, dan juga beberapa majalah internasional menyebut jika makanan rendang ini merupakan makanan terlezat atau menempati urutan ke tiga makanan terlezat di dunia, serta juga makanan Indonesia yang tidak kalah terkenal lainnya seperti nasi goreng, bakso dan masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang sangat lezat dan nikmat.

Nah bagi Anda yang juga sering menghabiskan liburan Anda kepulau Lombok, maka Anda tidaklah boleh ketinggalan untuk mencicipi aneka kuliner yang ada di Pulau Lombok tersebut. Meskipun era globalisasi saat ini juga sudah mempengaruhi berbagai hal termasuk juga dengan munculnya menu- menu baru.

Namun makanan khas Lombok yang satu ini dijamin tidak akan mengecewakan Anda dan dipastikan Anda akan nambah lagi dan juga lagi alias ketagihan. Nah berikut beberapa makanan khas Lombok yang wajib untuk Anda nikmati. Rekomendasi Makanan Khas Lombok

1. Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung

primarasa.co.id

Makanan khas Lombok yang satu ini wajib untuk Anda coba dan juga Anda pilih untuk menu santap siang dan juga santap malam Anda bersama keluarga tercinta. Tahukah Anda jika kanggung yang digunakan untuk membuat pelecing kangkung ini merupakan kangkung khas Lombok yang ukurannya besar- besar.

Baca juga :  Rekomendasi 10 Oleh Oleh Khas Sumatera

Pelecing kangkung ini biasa dbuat dengan bumbu seperti sambal tomat yang pedas sehingga akan membuat nafsu makan Anda semakin bertambah. Tentunya pelecing kangkung ini menjadi salah satu teman terbaik dari nasi putih hangat yang Anda pesan.

Review kuliner

Explore Lombok Utara Hingga Lombok Barat, Wisata Sebelum Gempa!

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

2. Kelaq Batih

Kelaq Batih

kabaminangnews

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas Lombok yang sangat khas, Anda bisa mencoba untuk makan kelaq batih. Nah makanan yang satu ini terbilang tidak begitu mudah untuk Anda temukan dibeberapa restoran.

Kelaq batih ini adalah makanan yang terbuat dari kacang merah serta juga dicampur dengan daun singkong yang masih muda dengan dilengkapi dengan bebebrapa bumbu khas, seperti terasi, jahe, lengkuas, kencur, cengkeh, cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga terdiri dari ketumbar serta merica.

Yang lebih uniknya lagi adalah, pada saat proses memasak dimana menggunakan air kelapa muda dan tidak menggunakan air biasa. Hidangan yang satu ini juga disajikan dengan nasi putih hangat.

3. Sate Bulayak

Sate Bulayak

bello.id

Masing- masing daerah bisa dengan mudah untuk Anda temui hidangan sate. Hanya saja sate yang Anda temui antara satu daerah dengan daerah lainnya pasti memiliki cita rasa yang berbeda- beda. Nah begitu juga halnya dengan sate yang terdapat dipulau Lombok ini. Dimana makanan khas Lombok yang berupa sate ini dikenal dengan sebutan sate bulayak, dimana tampilannya sangat unik menyerupai ketupat hanya saja bentuknya memanjang.

Nah daun yang digunakan untuk membungkus sate yang satu ini berasal dari daun aren. Selain itu tahukah Anda jika sate bulayak ini dimasak dengan menggunakan santan kental serta juga kemiri. Anda bisa mencicipinya dengan saus kacang yang sangat gurih.

Baca juga :  7 Oleh Oleh Khas Kepulauan Riau, Cocok Buat Buah Tangan

4. Nasi Puyung

Nasi Puyung

jejalan.com

Makanan khas Lombok yang sangat lezat lainnya adalah nasi puyung. Nasi ini merupakan nasi campur dengan memiliki cita arsa yang sangat pedas, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan yang serba pedas.

Nasi ini biasanya dilengkapi dengan lauk pauk berupa daging sambal, kacang kedelai goreng, beberapa potong kentang goreng, dan juga sambal yang khas yang menjadikan nasi puyung ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan juga cocok dilidah Anda. nah sambal ini merupakan sambal khas dari suka sasak.

5. Nasi Sukaraja

Nasi Sukaraja

goodindonesianfood.com

Tahukah Anda jika ada makanan khas Lombok yang bisa Anda nikmati di daerah asalnya yaitu di desa Sukaraja. Nasi yang satu ini dikenal dengan nasi sukaraja. Sekilas nasi sukaraja ini hampir sama dengan nasi pada umumnya yang dilengkapi dengan lauk pauk dan juga sayur mayur.

Hanya saja pada nasi sukaraja ini Anda bisa menikmati olah- olah yang merupakan sayur mayur yang dimasak dengan bumbu yang khas dan juga bumbu khusus serta juga menggunakan santan. Yang uniknya lagi, tahukah Anda jika nasi ini dimasak dengan menggunakan tungku sehingga cita rasanya sangat khas dan harum.

6. Sate Tanjung

Sate Tanjung

apwtour.com

Jika Anda ingin menikmati sate ikan, maka makanan khas Lombok sate tanjung ini solusinya. Nah sate ini dibuat dengan menggunakan bumbu yang sangat khas dengan cita rasa manis pedas dan juga dilengkapi dengan lontong serta juga urap sayur atau juag pelecing kangkung khas Lombok. Uniknya lagi sate tanjung ini disajikan diatas opak besar sebagai piringnya.

7. Ares

Ares

sedanghangat.com

Masih banyak lagi makanan khas Lombok yang bisa Anda nikmati. Kali ini Anda bisa mencicipi ares yang merupakan sayuran khas dari pulau Lombok karena terbuat dari pohon pisang yang masih muda sekali dengan menggunakan bumbu yang sangat khas. Anda bisa dengan mudah untuk menemukan makanan yang satu ini di setiap restoran.

Baca juga :  Intip 6 Sajian Khas Nasi Kuning Dari Berbagai Daerah

8. Kelaq Sebie

Kelaq Sebie

catatanlombok.blogspot.co.id

Nah jika Anda ingin mencicipi makanan khas Lombok yang sangat pedas, maka Anda bisa mencoba makan kelaq sebie. Nah kelaq sebie ini menggunakan bahan utama berupa cabai rawit hijau dan juga dicampur dengan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, terasi dan juga santan yang sangat kental. Biasanya kelaq sebie ini bisa Anda nikmati terong, atau juga ikan tongkol.

9. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

lombok-airport.co.id

Pulau Lombok memang tidak habis- habisnya akan memanjakan lidah wisatawan yang mengunjungi pulaunya. Nah kali ini Anda bisa mencicipi makanan khas Lombok yaitu ayam taliwang. Nah Anda bisa menikmati ayam utuh sekeligus dengan baluran bumbu yang sangat khas dan juga dibakar atau digoreng. Menu yang satu ini juga sangat mudah untuk Anda temukan.

10. Sate Rembige

Sate Rembige

tetitah.com

Ada varian sate lainnya yang juga bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke Pulau Lombok, salah satunya adalah sate rembige. Sate ini juga memiliki tiga menu yaitu berupa sate daging sapi, sate pusut dan juga sate hati sapi yang sangat lezat dengan dilengkapi dengan lontong.

11. Kelaq Lebui

Kelaq Lebui

hellolombokku.com

Nah hidangan atau makanan khas Lombok lainnya yang bisa Anda nikmati bersama keluarga Anda adalah kelaq lebui, atau masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama lebui kelaq pangkes. Tahukah Anda jika makanan yang satu ini terbuat dari olahan kacang kedelai hitam yang biasanya dimasak dengan menggunakan bumbu kuah asam dan juga dihidangkan dengan nasi putih hangat.

Nah Anda tidak perlu khawatir, karena makan kelaq lebui ini bisa dengan mudah untuk Anda jumpai disetiap warung makan yang ada di pulau Lombok. Nah itu dia beberapa makanan khas Lombok yang bisa Anda cicipi sewaku Anda pergi berlibur ke pulau Lombok ini.



Leave a Reply