Tergoda Aroma Dan Rasa 5 Sate khas Lombok Yang Enak Banget!


sisil angelin  August 26, 2020  0 Comments

Lombok memang menjadi destinasi yang sangat menyenangkan dengan wisatanya yang indah, dengan sunsetnya yang eksotis, pemandangan bawah lautnya yang menawan, budayanya yang masih melekat, dan kuliner yang ada di Lombok ini juga terkenal sekali dengan cita rasanya yang khas. Salah satu kuliner yang paling disukai adalah sate khas Lombok, mungkin kebanyakan wisatawan hanya tau sate lilit khas Lombok, ternyata di Lombok banyak sekali jenis-jenis sate khas Lombok yang yummy, unik, dan pastinya bikin ketagihan. Nah dari pada penasaran apa saja sate yang enak di Lombok, simak artikel berikut kita akan bahas 5 Sate khas Lombok yang bisa kalian coba saat berada di Lombok.

1. Sate Rembiga

sate rembiga
food.detik.com

Jika kalian pencinta rasa pedas, maka jangan lewatkan untuk mencoba Sate Rembiga. Karena sate khas Lombok yang satu ini rasanya pedas, gurih, manis dan bumbu yang ada di Sate Rembiga ini sangat meresap. Sate Rembiga ini terdiri dari daging sapi, cabai rawit, cabai keriting, bawang putih, bawang merah, terasi, asam jawa, ketumbar bubuk, kecap manis, gula merah, garam, daun papaya, dan setelah di marinasi Sate Rembiga akan dibakar. Setelah matang biasanya masyarakat lombok memakan Sate Rembiga ini menggunakan lontong, urap-urap, atau sayur plecing.

Kamu tertarik mencoba Sate Rembiga? maka kalian bisa datang ke beberapa depot di Lombok yang terkenal sekali dengan Sate Rembiganya yang lezat. berikut depot-depot yang rekommended buat kamu kunjungi Sate Rembiga Lomboku, Sate Rembiga Muhdar, Sate Rembiga Goyang Lidah, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, dan Lesehan Sate Rembiga Lombokoe.

sate enak

Sedapnya Sate Rembiga Hj. Sinnaseh Yang Legendaris

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah


2. Sate Bulayak

sate bulayak
idntimes.com

Sate Bulayak khas Lombok ini memang memiliki rasa yang lezat karena manis, asin, gurih, dan pedas menjadi perpaduan yang sempurna. Sate Bulayak ini biasanya di menggunakan daging ayam, sapi, atau jeroan. Namun kebanyakan penjual menggunakan daging sapi. Nah 1 porsi Sate Bulayak ini terdiri dari kelapa tua, santan, gula merah, jeruk nipis, kacang tanah, bulayak, cabai rawit, merica, bawang merah, bawang putih, dan setelah di marinasi Sate Bulayak akan diberi potongan cabai, dan dimakan dengan lontong yang bentuknya panjang seperti lemper. Rasa santan yang gurih, bumbu kacang, dan daging yang empuk pada Sate Bulayak membuatnya rasanya hampir mirip dengan bumbu kari.

Kalian bisa bayangin gak betapa lezatnya Sate Bulayak. Tertarik mencobanya? Nah untuk menemukan Sate Bulayak yang enak di Lombok kalian bisa mampir ke depot yang terkenal di lombok berikut Sate Bulayak Suranadi, Sate Bulayak Narmada, Warung Sate Bulayak, danSate Bulayak Sarasute.

3. Sate Ikan Tanjung

Sate Ikan Tanjung
magazine.job-like.com

Sate Ikan Tanjung ini berasal dari Tanjung didaerah Lombok Utara, dan menjadi kuliner khas Lombok yang sangat disukai masyarakat Lombok. Selain masyarakat Lombok wisatawan yang datang ke Lombok dan mencoba Sate Ikan Tanjung ini juga suka dengan rasanya yang unik. Kenapa Sate Ikan Tanjung ini dibilang unik? Karena sate ini diolah dengan bahan yang berbeda pada sate pada umumnya, jika sate pada umumnya diolah dari daging ayam, daging sapi, atau jeroan, Sate Ikan Tanjung ini diolah menggunakan daging ikan cakalang, ikan kerapu, atau menggunakan ikan apa saja yang bisa disate. Bisa bayangkan gimana rasanya sate ikan?

Sate Ikan Tanjung yng berntuknya mirip sekali dengan sate lilit ini terdiri dari cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, terasi, ketumbar, santan, gula, dan garam. Setelah matang Sate Ikan Tanjung ini akan dimakan langsung menggunakan lontong atau nasi. Sate Ikan Tanjung memang berbeda dengan sate pada umumnya yang diguyur menggunakan kuah, atau saus kacang. Jadi Sate Ikan Tanjung ini biasanya akan dimakan langsung. Namun untuk rasa tidak usah diragukan lagi gurih, asin, dan ikan segar yang dibakar ini adalah perpaduan yang sangat sempurna.

Untuk menemukan Sate Ikan Tanjung di Lombok kalian bisa mampir ke Sate Ikan Tanjung Mama Zira, Sate Ikan Kahs Tanjung, dan masih banyak penjual Sate Ikan Tanjung yang lezat di Lombok.

4. Sate Pusut

Sate Pusut
tripadvisor.com

Sate Pusut ini menjadi hidangan yang wajib ada saat acara-acara besar di Lombok, dan Sate Pusut ini juga menjadi salah satu hidangan kesukaan masyarakat Lombok. Rasa rempah yang ada di Sate Pusut ini memang sangat strong, dan bikin siapa aja geleng-geleng karena rasanya itu loh guys endul! Nah Sate Pusut sebenarnya terdiir dari beberapa bahan yaitu daging sapi yang dihaluskan, kelapa tua parut, daun jeruk, penyedap rasa, garam, bawang putih, ketumbar, bawang merah, cabe merah besar, merica, dan di marinasi. Setelah itu akan dibakar sampai kecoklatan, dan Sate Pusut biasanya di hidangkan dengan beberapa menu khas Lombok seperti Ayam taliwang, urap, atau plecing. Memang untuk menemukan Sate Pusut cukup susah, tapi biasanya di restoran yang menghidangkan makanan khas Lombok, biasanya menjual Sate Pusut.

5. Sate Pasar Senin Senggigi

 Sate Pasar Senin Senggigi
sahabatnestle.co.id

Sate Pasar Senin Senggigi ini merupakan depot yang berada di Kawasan Pasar Senin Senggigi, dan menjadi kuliner yang wajib banget dicoba saat berada di Lombok. Karena sate ini memang memiliki rasa yang unik, dan berbeda pada sate pada umumnya yang biasanya kalian coba. Jadi 1 posri Sate Pasar Senin Senggigi ini terbuat dari daging sapi, dan daging ikan. Kalian bisa bayangin gimana rasanya? Tentunnya tidak perlu diragukan lagi, sate yang ada disini sangat Lezat, makanya jangan heran jika Sate Pasar Senin Senggigi ini selalu ramai dengan pengunjung.

Nah Sate Pasar Senin Senggigi ini memiliki bumbu rempah-rempah yang sangat terasa, asin, manis, pedas, dan gurih menjadi satu didalam satu tusuk Sate Pasar Senin Senggigi. Biasanya Sate ini dihidangkan dengan lontong, urap, dan kuah santan yang berwarna kuning. Kalian bisa bayangkan gimana rasanya? Nah nunggu apa lagi langsung aja datang ke Sate Pasar Senin Senggigi yang ada di Kawasan Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.

Gimana guys 5 Sate khas Lombok yang ada diatas bikin ngiler kan? satenya unik, manis, asin, pedas, dan gurih menjadi ciri khas hidangan Lombok. Makanya jangan lewatkan untuk mencicipi 5 Sate khas Lombok yang ada diatas yah! Menurut kalian diantara 5 Sate khas Lombok yang ada diatas, yang mana yang pengan kalian coba, dan untuk kalian yang sudah pernah cobain 5 Sate khas Lombok yang ada diatas bisa jelasin ya gimana rasanya dikolom komentar yang ada dibawah ini. Selamat mencoba!



Leave a Reply

One Response
  1. Fikri says:

    kapan yah ke lombok