aldilasalma | Traveler
Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia | Beach Exploring
04 Sep 2018


Explore Lombok Utara hingga Lombok Barat, Wisata Sebelum Gempa!
Lanjut cerita yaa, hari ketiga disini tepatnya tanggal 5 Agustus 2018. Saya mengelilingi pantai di Lombok Barat, karena memang dekat dari tempat saya menginap dan katanya pantai disana baguss!

How to Get There

Karena lokasi yang ingin dituju dekat dengan rumah saudara saya, jadi perjalanan yang ditempuh tidaklah lama. Karena hari ini kita niatnya "explore" maka saya nggak bisa memastikan waktu yang saya tempuh. Selama perjalanan dimana saya menemukan view dan spot foto bagus, disitulah saya berhenti :D

Untuk jalan yang dilalui disini cukup mudah, karena dekat dengan pusat kota jadi jalanannya lancar. Disepanjang jalan pastinya kami disuguhi pemandangan pantai yang luas membentang.



Perjalanan saya kali ini dimulai pukul 9 pagi, jadi benar-benar terang dan tentunya panas hehehe. Tapi semua terbayar dengan pemandangan yang suksesmembuat saya takjub. Meskipun dari atas bukit, terumbu karang yang didalam laut bisa terlihat jelas, benar-benar airnya seperti kaca! Pemberhentian saya yang pertama adalah malaka, di daerah Lombok Utara.

What to Do

Karena banyak tempat yang saya kunjungi jadi saya buat list saja ya biar enak bacanya.

1. Malimbu


Nah di daerah Malaka ini terdapat sebuah bukit yang menojorok ke pantai, biasanya orang menyebut dengan Malimbu Hill. Bukit Malimbu ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, tapi dari atas sini kita sudah bisa menikmati keindahan laut. Yang tak kalah menakjubkan, kita juga bisa melihat 3 gili yang populer di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Sebenarnya saat itu saya ingin sekali ke Gili Trawangan namun gagal karena petugas melarang kami karena ombak sedang pasang, jadilah kami melihat gili-gili tersebut dari kejauhan. Namun tetap saja masih terlihat indah meskipun dilihat dari atas bukit. Oh iya, di Malimbu Hill ini juga biasa dibuat camping lo. Pasti seru ya camping dengan sensasi atas laut begini, next time patut dicoba.

Meskipun dilihat dari ketinggian namun jernihnya air bisa membuat terumbu karang terlihat jelas.

 



Dibalik instastory saya :D

 


Oh iya di depan pintu masuk Malimbu Hills ada banyak penjual mutiara yang asli maupun yang tiruan lo harga bisa ditawar.

 

2. Villa Hantu Senggigi


Tempat pemberhentian selanjutnya adalah Villa Hantu Senggigi. Kenapa di beri nama Villa Hantu? Nah buat kalian yang penasaran kenapa namanya Villa Hantu karena tempat ini merupakan bangunan tapi tidak berpenghuni. Alasanya karena bangunan ini tadinya akan dibangun sebuah villa mewah, namun karena letaknya berada di tanjakan dan sangat dekat dengan jalan raya jadi hanya ada sedikit lahan, dan ditakutkan akan membhayakan lalu lintas maka pembangunan ini ditutup.





Jadi di Villa Hantu Senggigi ini salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset karena berada di ketinggian dan tidak terhalang apapun. Dari sini kita bisa melihat laut dan bukit-bukit hijau yang indah. Salah satu pantai yang bisa kita lihat dengan jelas dari atas sini adalah Pantai Setangi.

Pantai Setangi dilihat dari Villa Hantu Senggigi


Selesai menikmati keindahan dari Villa Hantu Senggigi kami lanjut ke Pantai Setangi.

 

3. Pantai Setangi


Selanjutnya adalah Pantai Setangi. Sebelum memasuki kawasan pantai kami akan melewati jalan yang di kanan kirinya terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh subur, barulah sampai di pantai. Keistimewaan dari Pantai Setangi ini adalah pasirnya yang putih dan halus, serta di tepian pantainya terdapat tebing kecil yang pastinya cocok buat foto. Karena hari itu jam 1 siang jadi saya males main basah-basahan sehingga hanya berfoto dan menikmati kelapa muda di gazebo tepi pantai.


Dari pantai ini kita bisa melihat jelas Villa Hantu Senggigi dari bawah. Jadi buat kalian yang nantinya punya rute dari Pantai Senggigi ke Bukit Malimbu wajib deh mampir ke vila hantu tersebut.



 

Perjalanan hari ini cuma sampai jam 2 siang karena kami memilih pulang untuk istirahat sebentar lalu menikmati sunset di salah satu cafe dekat Pantai Senggigi. Mungkin ada yang penasaran kenapa judul yang saya pilih wisata sebelum gempa? Yap perjalanan saya kala itu persis di tanggal 5 Agustus 2018 dan saya mulai dari Lombok Utara yang mana merupakan pusat gempa 7,0 SR yang mengguncang Pulau Lombok satu bulan silam.

Udah ah saya nulisnya jadi ikutan baper karena flashback saat itu hehehee. Tapi perjalanan saya kala itu tidak sampai di Pantai Setangi Saja, saya masih menikmati kuliner khas Lombok Ayam Taliwang yang populer itu. So, simak terus review saya ya karena masih ada dua tempat makan yang saya kunjungi sebelum gempa :D

Tips and Trick

- bawa kamera

- pakai sunblock

- cari spot foto bagus

- bawa sandal biar nggak basah

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY