11 Makanan Khas Kalimantan Yang Harus Anda Coba – Awas Ketagihan


Reni  March 19, 2018  0 Comment

Kalimantan adalah sebuah pulau yang terkenal dengan budayanya yang kental. Suku dayak menjadi salah satu ikon dari pulau yang satu ini. Selain itu, orang utan juga menjadi satu hal yang menjadi kebanggaan orang Kalimantan. Banyak tempat satanist yang menawarkan eksotisme kehidupan hutan yang masih alami. Tapi, tahukah anda bahwa Kalimantan juga memiliki kuliner yang sangat lezat? Nah, di sini kami akan membagikan 11 makanan khas kalimantan yang memiliki citarasa yang pastinya membuat lidah anda ketagihan. Langsung saja, anda bisa melihat makanan khas yang paling terkenal di bawah.

1. Soto Banjar

Soto Banjar

coretanyanti.wordpress.com

Makanan yang satu ini adalah makanan khas yang paling dikenal oleh semua orang. Yup, Soto Banjar menjadi salah satu dari kuliner lezat yang ada di Kalimantan. Karena memiliki citarasa yang sangat tinggi, tak heran banyak restoran menyajikan Soto Banjar sebagai salah satu dari menu pilihan. Yang membuat soto dari Kalimantan ini berbeda dari soto-soto lainnya adalah kuahnya yang lebih bening.

Hal lain yang membuat penyajian soto ini berbeda yaitu dengan tidak menggunakan nasi atau lontong sebagai peneman saat dikonsumsi, tapi ketupat. Sebenarnya, ada juga beberapa orang yang membuat Soto Banjar yang berkuah keruh, tapi ciri khas aslinya adalah kuah yang bening. Tambahan, soto ini akan lebih mantap jika dimakan bersama sate.

Review kuliner

JOKOPI: Tempat Nongkrong Seru & Kopi Mantab!

Sop Ayam Khas Klaten : Gurih Segarnya Kebawa Terus

2. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

filjannah.blogspot.co.id

Mungkin anda sudah membayangkan bahwa makanan khas ini seperti ketupat sayur pada umumnya. Tapi, ada satu perbedaan yang menjadikan Ketupat Kandangan mudah dikenali – yaitu ketupatnya yang keras. Karena sajian kuliner ini memberikan citarasa yang gurih dan lezat, Ketupat Kandangan sangat disukai masyarakat Kalimantan.

Baca juga :  7 Rekomendasi Bimbibap Enak di Seoul Kelezatannya Bikin Lahap

Satu lagi, kalau kebanyakan sajian ketupat menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai tambahan lauk, ketupat khas dari Kalimantan ini menggunakan ikan. Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan gabus. Untuk ikan gabusnya sendiri, tidak langsung dimasukkan pada kuah santan, namun dipanggang lebih dulu. Di sinilah, salah satu kenikmatan Ketupat Kandangan yang akan membuat lidah anda puas.

3. Manday

Manday

tokopedia.com

Jika gudeg dari Jogja menggunakan nangka sebagai bahan utama, Kalimantan menggunakan cempedak. Meskipun terbilang mirip, citarasa yang dihasilkan dari cempedak akan membuat lidah kita merasakan sebuah kelezatan yang berbeda. Di sini, cempedak diawetkan selama beberapa hari untuk menciptakan citarasa yang khas.

Proses pengawetannya sangat alami, yaitu hanya menggunakan garam lalu disimpan di dalam satu tempat. Waktu pengawetan akan mempengaruhi rasa dari cempedak, semakin lama akan semakin asam dan pastinya lezat. Setelah diawetkan, cempedak lalu dicampur dengan rempah-rempah sebelum digoreng. Ada juga Manday yang disajikan dengan cara dibakar atau digulai.

4. Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Banjar

kulinerkalimantanselatan

Kalimantan memang terkenal dengan olahan ikan air tawarnya. Tak terkecuali dengan makanan khas yang satu ini. Yup, Gangan Asam Banjar adalah satu dari sajian kuliner yang menggunakan ikan sebagai bahan utama. Mungkin anda terngiang sayur asam seperti pada umumnya.

Memang, tapi pastinya citarasa yang ada di Gangan Asam Banjar ini memiliki ciri khas yang berbeda. Rasa asam, segar, dan gurih pasti akan meningkatkan selera makan anda. Jika anda sedang ada di Kalimantan, kami menyarankan anda untuk mencoba makanan khas ini.

5. Patin Baubar

Patin Baubar

@kompastv

Satu lagi sajian kuliner yang berasal dari ikan patin, yaitu Patin Baubar. Di sini, ikan patin diolah dengan cara dibakar. Sebelum itu, makanan khas yang berbahan ikan ini dibumbui terlebih dulu dengan rempah-rempah agar rasa dan baunya harum.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Trenggalek Yang Murah Dan Mengesankan

Dengan cara ini, Patin Baubar pastinya akan membuat lidah anda puas karena rasa lezatnya yang tercipta karena proses bakaran ini. Makanan ini sangat cocok untuk disantap bersama nasi hangat, apalagi dengan tambahan sambal. Untuk anda yang suka dengan makanan yang dibakar, anda harus mencoba Patin Baubar ini.

6. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam

oatmeal.perutgendut.com

Proses pembuatan dari makanan ini hampir mirip dengan Manday, namun yang membedakan adalah bahan utamanya. Iwak Pakasam menggunakan ikan air tawar seperti ikan haruan (sejenis ikan gabus), ikan mangki, ikan pepuyu, dan ikan sepat. Sama, ada proses pengawetan yang dilakukan sebelum memasak ikan untuk menjadi Iwak Pakasam.

Selain dilumuri dengan garam, ikan yang akan dimasak diberi tambahan bumbu beras tumbukan agar menciptakan citarasa yang khas. Untuk proses pengawetan, tergantung dari orang yang membuatnya – bisa dalam hitungan hari, minggu, bahkan bulan. Proses akhir Iwak Pakasam adalah digoreng.

7. Gangan Humbut

Gangan Humbut

@erittaoc

Rasa manis menjadi ciri khas dari sajian kuliner yang satu ini. Benar sekali, lidah kita akan merasakan citarasa manis yang tidak pernah kita rasakan sebelumnya. Yup, Gangan Humbut menggunakan nyiur atau biasanya disebut dengan inti pohon kelapa yang diolah menjadi sayur.

Karena makanan ini sangat lezat, masyarakat Kalimantan menjadikannya sebagai salah satu menu wajib yang harus ada saat ada sebuah acara tertentu. Nasi hangat adalah peneman yang sangat cocok untuk menyantap Gangan Humbut. Tambahan, jangan lupa menambah sambal jika anda suka dengan citarasa pedas. Tapi, awas ketagihan.

8. Kelepon Martapura

Kelepon Martapura

beritagar.id

Untuk anda pecinta kue, kami menyarankan anda untuk berburu Kelepon Martapura. Kenapa? Karena kelepon khas yang ada di Kalimantan ini memiliki citarasa yang berbeda – mungkin karena yang membuatnya adalah orang Kalimantan. Kelepon Martapura biasanya menjadi santapan yang cocok dikonsumsi saat sore hari bersama the hangat. Karena ada nama Martapura-nya, maka yang paling terkenal adalah di daerah Martapura.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur Terkenal Paling di Cari Wisatawan

9. Amparan Tatak

Amparan Tatak

Rasa manis yang melekat di kue yang satu ini, akan membuat anda ketagihan saat menyantapnya. Amparan Tatak dibuat dengan proses dan cara yang sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan pun juga sederhana, seperti santan dan tepung beras.

Untuk isiannya, kue khas dari Kalimantan ini menggunakan buah pisang. Di samping itu, ada juga beberapa Amparan Tatak yang menggunakan buah nangka sebagai ganti dari buah pisang. Selain itu, tambahan daun pandan akan membuat kue ini sangat harum.

10. Bingka Barandam

Bingka Barandam

dapurummumusasyi.blogspot.co.id

Salah satu dari kue khas di Kalimantan yang harus anda coba adalah Bingka Barandam. Memang, bentuk dari kue yang satu ini terbilang mirip dengan kue lumpur. Tapi, pastinya citarasa yang akan anda rasakan berbeda. Kenapa? Karena salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kue manis ini adalah kayu manis. Nah, di situlah kenapa Bingka Barandam memiliki rasa yang sangat legit, apalagi saat dikunyah di mulut.

11. Hekeng

Hekeng

Salah satu makanan khas kalimantan ini juga harus masuk dalam list buruan kuliner saat anda berkunjung di Kalimantan. Yup, Hekeng dibuat dari beberapa campuran bahan seperti daging babi, hingga udang. Untuk rasanya, anda bisa membayangkan bagaimana rasa dari siomay. Namun, tidak mirip sepenuhnya, karena proses pembuatan Hekeng adalah digoreng.

Selain itu, penyajiannya pun akan membuat makanan khas Kalimantan  ini bikin kita ketagihan karena disuguhkan dengan kuah asam manis. Ada juga kuah yang pedas bagi anda pecinta pedas. Ta mbahan, untuk anda yang diharamkan memakan babi, ada banyak Hekeng yang menggunakan daging lainnya. Jadi, tak usah khawatir untuk mencoba Hekeng dengan aman.



Leave a Reply