11 Makanan Khas Jember Paling Rekomended Wajib Dicoba


Reni  May 9, 2018  4 Comments

Makanan Khas Jember merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur memiliki beragam makanan khas yang wajib anda coba saat berkunjung kesana. Selain makanan, tempat wisata alam dan kuliner juga banyak. Untuk itu, anda perlu memanfaatkan saat berkunjung ke Kota Jember ini, utamanya beragam makanan khas yang perlu anda cicipi.

1. Makanan Khas Pecel Gudeg

Makanan Khas Pecel Gudeg

jatengnyamleng.com

Pecel dan gudeg adalah jenis makanan berbeda, namun di Kota jember keduanya dikolaborasikan sehingga menjadi satu jenis makanan yaitu pecel gudeg. Selain makanan pecel dan gudeg, di dalamnya juga terdapat potongan daging, cecek, rempeyek, dan tentunya dilengkapi dengan sambal pecel khas Kota Jember.

Dalam satu porsi pecel gudeg tersebut bias anda sajikan dengan lauk yang beragam, dan hal tersebut dapat anda pilih sendiri menyesuaikan selera. Lauk tambahan yang anda pilih tersebut juga menjadi ukuran harga dari pecel gudeg.

Semakin banyak lauk yang dipilih, maka bias semakin mahal, namun anda tidak perlu khawatir karena harga masih dalam taraf terjangkau. Untuk dapat mencicipi pecel gudeg ini, anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena di jual di setiap warung makan di Jember.

Menyantap Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Harga Ekonomis

Lezatnya Mie Apong Sampurna: Kuliner Legendaris Yang Eksis Lebih Dari Setengah Abad!

2. Makanan Khas Jember Suwar Suwir

Makanan Khas Jember Suwar Suwir

bukalapak.com

Selain pecel gudeg, makanan khas kota Jember lainnya yaitu Suwar Suwir. Suwar suwir terbuat dari tape dan sudah diproses dengan cara tertentu sehingga tekstur dari suwar suwir ini agak keras. Jenis tape yang dipilih yaitu tape singkong, kemudian dicampur dengan gula.

Tampilannya mirip seperti dodol. Uniknya lagi, Makanan khas “Suwar Suwir” ini sudah dibuat dengan beragam rasa, seperti rasa kacang, strawberry, coklat. Awal pembuatan, Suwar Suwir ini hanya diolah dengan satu rasa saja yaitu rasa sirsak.

Suwar Suwir ini memang tidak seterkenal pecel gudeg, namun anda dapat mencobanya karena rasanya juga sangat lezat. Selain dapat dikonsumsi sendiri, Suwar Suwir ini juga dapat anda jadikan buah tangan/ oleh-oleh untuk keluarga maupun teman di rumah.

3. Makanan Khas Prol Tape

Makanan Khas Prol Tape

rina-dapurmanis.blogspot.co.id

Jenis makanan khas lainnya dari Kota Jember yaitu Prol Tape. Makanan ini juga terbuat dari tape yang sudah diinovasi oleh masyarakat jember. Prol tape ini cocok disajikan saat anda berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

Adapun bahan dari Prol Tape ini antara lain; tape singkong, tepung terigu, margarine, susu, dan telur. Rasa dari Prol tape ini yaitu perpaduan antara manis, asam/kecut, serta gurih. Prol tape juga memiliki beragam rasa seperti kismis, cokelat, keju, dan rasa original.

4. Makanan Khas Jember Pia tape

Makanan Khas Jember Pia tape

travel.akurat.co

Jenis makanan khas Kota Jember lainnya yaitu Pia Tape. Seperti makanan khas sebelumnya, Pia Tape ini juga berbahan dasar tape. Varian rasa dari pia tape ini juga beragam yaitu rasa pisang, strawberry, blueberry, cokelat, dll.

Warna pia agak cokelat kekuningan dan sangat menggoda pandangan anda. Lebih dari itu, pada bagian kulit pia teksturnya agak keras, namun di bagian dalamnya lembut. Anda bisa juga mejadikan Pia Tape ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Kemasannya mudah dibawa, modern, dan yang paling penting adalah dapat bertahan lama.

5. Khas Jember Nasi Langgi

Khas Jember Nasi Langgi

mylittlebookofdays.wordpress.com

Selain yang disebutkan di atas, salah satu daftar dari 11 makanan khas Jember paling rekomended wajib dicoba adalah Nasi Langgi. Isi dari Nasi Langgi ini yaitu nasi, daging sapi, sambal goreng tempe dan kentang, bumbu bali, telur asin, petis, abon sapi, mentimun, dan dilengkapi juga dengan sambal. Nasi Langgi ini juga dapat anda temukan dengan mudah di warung makan Kota Jember.

6. Khas Jember Jenang Waluh

Khas Jember Jenang Waluh

cepucantique.com

Jenang Waluh juga menjadi salah satu makanan khas Jember yang juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Jenang Waluh ini terbuat dari labu kuning atau yang dalam istilah Jawa disebut dengan waluh. Jenang waluh biasanya disajikan dengan olahan ketan yang dicampur kelapa tua.

Rasanya sangat enak dan recommended untuk dicoba. Untuk itu, jika anda berkunjung ke KotaJember ini, jangan lupa untuk mencicipi jenis makanan khas ini.

7. Makanan Khas Jember Brownies Tape

Makanan Khas Jember Brownies Tape

id.pricepedia.org

Masyarakat Jember memang banyak berinovasi dengan tape. Selain dapat dijadikan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, tape juga dapat dijadikan makanan lezat lainnya yaitu brownies. Jenis tape yang dipakai untuk pembuatan brownies ini adalah tape singkong.

Brownies tape ini juga memiliki banyak varian rasa seperti tape keju, coklat kacang, rasa original, dll. Harganya pun juga sangat murah, kurang lebih Rp. 20.000-, saja. Brownies tape bisa anda nikmati sendiri ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Anda tidak perlu khawatir basi karena brownies tape tersebut sangat awet dan tidak mudah basi.

8. Khas Kota Jember Tahu Hwa

Khas Kota Jember Tahu Hwa

kenismiantik19.blogspot.co.id

Tahu Hwa memang kedengarannya sangat unik dan mungkin membuat anda penasaran seperti apa Tahu Hwa ini. Tahu Hwa adalah salah satu sajian kuliner Jember yang berasal dari ampas tahu, yang kemudian disajikan bersama kuah jahe.

Rasanya agak sedikit pahit, namun karena ada campuran kuah jahe yang dibuat manis menjadikan makanan ini memiliki rasa enak dan unik, Anda wajib mencobanya jika berkunjung ke Kota Jember.

9. Makanan Khas Jember Sate CR

Makanan Khas Jember Sate CR

royale.travel

Sate CR merupakan kombinasi anatara sate kambing dan ayam yang kemudian disiram dengan mumbu kacang. Sate CR ini menjadi salah satu makanan favorit masyarakat kota jember.

Tidak hanya itu, tekstur dagingnya juga sangat empuk serta rasanya gurih. Tak jarang, banyak para pendatang yang berasal dari luar kota memfavoritkan makanan ini.

10. Makanan khas Jember Martabak Malabar

Makanan khas Jember Martabak Malabar

krisichamethyst.wordpress.com

Jenis makanan khas lain di Kota jember adalah Martabak Malabar. Martabak mungkin makanan biasa yang dapat dengan mudah anda temukan di Kota manapun. Sisi unik dari Martabak Malabar jember ini adalah isinya yaitu dari daging kambing dan rempah khas.

Kulit martabak tipis, dagingnya tidakamis dan terasa sangat empuk. Mencium aroma martabak jenis ini saja akan membuat anda menelan air liur, tidak kebayang bukan bagaimana rasanya? Untuk bisa mencicipi martabak Malabar ini, anda bisa datang ke pertigaan Jl. Trunojoyo Jember.

Itulah 11 makanan khas Jember paling rekomended wajib dicoba, anda pun juga bisa membawakannya untuk keluarga sebagai oleh-oleh khas kota Jember.

Selain dari 11 jenis makanan yang disebutkan, masih banyak makanan khas lainnya yang perlu anda ketahui dan rasakan kenikmatannya. So, saat berkunjung ke Kota Jember, manfaatkanlah dengan baik.

11. Khas Jember Lontong Kupang

Khas Jember Lontong Kupang

citraaisyah.blogspot.com

Lontong Kupang Jember adalah lontong dicampur dengan kerang kecil, dan diberikan kuah khas. Lontong Kupang juga dapat anda temukan di daerah Surabaya yang kurang lebih sama dengan Lontong Kupang Jember.

Rasanya sangat lezat dan patut anda coba saat berkunjung ke Kota jember. Untuk lebih mudahnya mendapatkan Lontong Kupang ini saat ke Jember, anda datang ke gang kecil yang terletak di depan Matahari Department Store.



Leave a Reply

4 Comments
  1. Travel Jember Malang says:

    ijin menambahkan, ada Soto Ayu di Pasar Tanjung dekat lampu merah
    buka malam hingga dinihari, bisa dijadikan rujukan utk kuliner malam

  2. Travel Jember Surabaya says:

    Suwar Suwir ini proses pembuatannya sangat panjang hingga bisa dikonsumsi. Tapi memang rasanya unik, khas dan hanya ada di Jember.

  3. Kudupinter says:

    Pecel pincuk jowo trisno itu bukan makanan khas jember taah ? Tapi rasanya enak looo. . toh juga ownernya putra jember katanya. .