Deretan Oleh Oleh Khas Jember yang Wajib Kamu Bawa Pulang


Fida  September 6, 2023  0 Comment

Jember merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang telah memenangkan hati para pengunjung dengan julukan “Kota Karnaval.” Julukan ini diberikan berdasarkan acara tahunan yang sangat ikonik dan mempesona, yaitu Jember Fashion Carnaval (JFC). JFC telah berhasil menarik perhatian tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. Hal itu tentu menjadikan Jember sebagai tujuan wisata yang populer. Selain dikenal dengan acara karnavalnya yang megah, kota ini juga memiliki potensi wisata alam yang menarik yang patut kamu kunjungi. Saat berkunjung ke Jember, tidak lengkap rasanya jika kamu pulang tanpa membawa oleh-oleh khas yang unik dari kota ini. Berikut ini adalah beberapa oleh oleh khas Jember yang perlu kamu ketahui dan pastikan untuk membawanya pulang sebagai kenang-kenangan.

Oleh Oleh Khas Jember :

1. Suwar-Suwir: Kelezatan Tape yang Tak Terlupakan

suwar suwir
kompasiana.com

Oleh oleh khas Jember pertama yang perlu kamu coba adalah suwar-suwir. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tape. Meskipun tampilannya mirip dengan dodol, suwar-suwir hadir dalam berbagai varian warna, seperti putih, merah, hijau, dan coklat. Selain warnanya yang unik dan menarik, suwar suwir juga menyuguhkan cita rasa yang unik yang mencakup perpaduan asam dan manis. Perpaduan yang mengahsilkan kelezatan inilah yang membuat suwar-suwir menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat lezat dan wajib kamu bawa pulang.

Baca juga :  12 Oleh-Oleh Khas Hongkong dan Lokasi Membelinya!

Jajanan ini memiliki nilai historis yang tinggi, karena telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, suwar-suwir cocok untuk semua usia, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang memilihnya sebagai oleh-oleh. Keunggulan lainnya adalah ukuran kemasannya yang kecil dan praktis, sehingga mudah untuk dibawa pulang. Jika kamu tertarik, kamu dapat menemukannya di pusat oleh-oleh atau di berbagai jalan utama di Jember.

2. Pia Tape: Kelezatan Lain dari Tape Jember

pia tape
travel.tribunnews.com

Tape di Jember tidak hanya diolah menjadi suwar-suwir, tetapi juga menjadi pia tape. Pia tape adalah makanan sekaligus oleh oleh khas Jember yang banyak diburu wisatawan. Makanan yang satu ini berbentuk balok dan tersedia dalam dua varian rasa, yakni coklat dan keju. Biasanya, satu kotak pia tape berisi 10 buah dan dijual dengan harga sekitar Rp 20.000,-. Jika kamu adalah penggemar tape yang lembut dan lezat, pastikan untuk membawa pulang oleh-oleh yang satu ini.

3. Edamame: Nikmati Kelezatan Kedelai Lokal

edamame
kompas.com

Oleh oleh khas Jember berikut ini adalah salah satu makanan sehat yang cukup populer. Edamame adalah sejenis kedelai dari Jepang yang tumbuh subur di Jember. Bahkan, Edamame diakui oleh dunia sebagai salah satu makanan khas Jember. Makanan ini cocok untuk semua usia dan merupakan pilihan yang sehat. Cocok kamu pilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

4. Cokelat dan Produk Olahannya: Manisnya Komoditas Unggulan Jember

cokelat jember
tokopedia.com

Cokelat merupakan salah satu komoditas unggulan di Jember, dan hal ini menginspirasi lahirnya berbagai produk olahan cokelat. Sebagai oleh oleh khas Jember, coklat menjadi yang paling praktis dan dapat kamu jumpai di berbagai toko di Jember. Kamu dapat memilih berbagai jenis cokelat di Jember, mulai dari bubuk cokelat murni, bubuk cokelat 3 in 1 (campuran jahe), hingga cokelat dalam bentuk permen atau kue.

Baca juga :  11 Makanan Khas Temanggung Terkenal Enak + Rekomendasi Oleh Oleh

5. Kopi Robusta, Liberica, dan Arabica: Kenikmatan Kopi Jember

kopi jember
produkumkm.jemberkab.go.id

Jember dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. Salah satu oleh oleh khas Jember yang wajib kamu bawa pulang adalah biji kopi atau bubuk kopi andalan, seperti kopi robusta yang memiliki rasa pahit dan masam, kopi liberica dengan dominasi rasa pahit, serta kopi arabica yang memiliki dominasi rasa masam. Kamu dapat membawa pulang oleh-oleh kopi Jember ini dan membagikannya kepada keluarga atau teman yang menyukai kopi.

6. Brownies Tape: Manisnya Brownies dengan Sentuhan Tape

brownies tape
tokopedia.com

Brownies tape adalah kue cokelat dengan bahan dasar olahan tape yang sangat populer di Jember. Selain banyak disukai masyarakat lokal, brownies ini juga banyak diburu wisatawan sebagai oleh oleh khas. Brownies ini memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang lembut. Selain itu, brownies tape juga hadir dalam berbagai varian rasa, termasuk kacang, keju, dan coklat. Selain lezat, harga yang ditawarkan juga terjangkau yakni mulai dari Rp 20.000,-.

7. Prol Tape: Kelezatan Gurih, Kecut, dan Manis

prol tape
harga.web.id

Prol tape adalah kue yang cocok dijadikan oleh oleh khas Jember. Makanan yang satu ini dikenal memiliki varian rasa yang unik, yakni perpaduan gurih, kecut, dan manis. Selain itu, kue ini juga memiliki berbagai varian rasa, seperti tiramisu, coklat, dan keju. Harga satu kotak prol tape cukup terjangkau yakni sekitar Rp 19.000,- hingga Rp23.000,- saja.

8. Oleh Oleh Khas Jember : Jeruk Semboro

jeruk semboro
siberjatim.com

Jeruk semboro adalah salah satu jenis jeruk khas Jember yang memiliki rasa manis dan sedikit masam. Sesuai dengan sebutannya, jeruk ini banyak dipanen di daerah Kecamatan Umbulsari, Semboro, Gumukmas, dan Sumberbaru di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jeruk semboro sangat cocok dijadikan oleh oleh karena rasanya yang nikmat dan bernutrisi.

Baca juga :  10 Oleh-oleh Khas Serbia, Unik dan Layak Dipilih!

9. Oleh Oleh Khas Jember : Durian Sumberjambe

durian sumberjambe
jawapos.com

Bagi pencinta durian, Jember memiliki varietas unggul yang bisa kamu bawa pulang, terutama dari kawasan Sumberjambe. Kamu dapat menemukan berbagai pilihan durian, termasuk varietas yang pernah memenangkan kontes-kontes durian. Salah satu pilihan yang direkomendasikan adalah jenis Durio zibethinus yang memiliki cita rasa legit, aroma yang menggoda, dan daging buah yang lembut seperti es krim. Oleh oleh yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan.

10. Oleh Oleh khas Jember : Kue Kacang

kue kacang
tvonenews.com

Di Kecamatan Mayang, Jember, terdapat produksi kue kacang khas Jember. Sekitar empat dusun terlibat dalam proses pembuatan kue dengan cita rasa manis dan tekstur butiran kacang tanah yang menggugah selera. Oleh-oleh ini sangat diminati, terutama saat menyambut bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Jadi, saat kamu datang ke Jember, jangan lupa untuk mencicipi dan membawa pulang oleh oleh yang menggugah selera ini. Dari suwar-suwir lezat hingga jeruk semboro manis, Jember menawarkan beragam pilihan yang akan membuatmu ketagihan dan ingin kembali lagi. Selamat berwisata dan menikmati kelezatan kota karnaval ini!



Leave a Reply