Menyantap Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Harga Ekonomis

Soto Ayam Dahlok Jember

gizeline | Traveler
Jember, Jawa Timur, Indonesia | halal
21 Mar 2020


Menyantap Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Harga Ekonomis
Mencari menu sarapan di Kota Jember tidaklah sulit, tapi menu yang paling rekomended adalah Soto Ayam Dahlok ini. Soto yang telah buka sejak tahun 1958 ini wajib kalian cicipi saat traveling ke Jember

Cari menu sarapan lezat di Kota Jember? Menu soto bisa jadi pilihan nih guys. Nah, kalo ngomongin soal soto ayam yang lezat di kota Jember, semua pasti akan merekomendasikan Soto Ayam Dahlok. Udah pernah denger? Atau mungkin kalian udah pernah nyobain?

Soto Ayam Dahlok ini dikenal sebagai salah satu soto legendaris di Kota Jember lho guys. Warung soto ini udah berdiri sejak tahun 1958 dan katanya sih masih mempertahankan cita rasanya hingga saat ini. Nah, karena aku kepo akhirnya aku langsung pergi kesana. Jadi biar ngga makan Bakso Kabut terus ya kalo tiap main ke Jember. Hehehe..

Soto Ayam Dahlok Jember

Warung Soto Ayam Dahlok ini berlokasi di Jalan Fatahilah no 1, Kota Jember. Lokasinya ada di pusat kota dan bisa dijangkau dengan sangat mudah. Kalian bisa naik kendaraan pribadi untuk menuju kesini. Saat aku tiba disana sekitar jam 10 pagi, warungnya masih sepi belum banyak pembeli. Bisa dibilang saat itu hanya aku aja pembelinya. Warung soto ini ngga terlalu besar, mungkin bisa menampung sekitar 20 orang.

Soto Ayam Dahlok Jember

Sedikit cerita, asal muasal pemberian nama Dahlok karena dulunya warung ini berdiri di dekat Apotek Dahlok yang sekarang udah tutup. Nah, karena lokasinya yang ngga jauh dari apotek, warga Jember kerap menyebutnya Soto Dahlok. Nah, setelah sekitar 10 tahun berjualan di pinggir jalan, pemiliknya pun memutuskan untuk pindah ke Jalan Fatahillah no 1 atau Gang Dahlok.

Menu yang disajikan di warung ini tentunya soto ayam, tapi ada beberapa varian yang bisa kalian pilih sesuai selera. Kalian bisa memilih porsi besar atau pun porsi kecil. Untuk isiannya kalian bisa pilih biasa, Istimewa dan campur dengan ati atau ampela ayam. Anyway, kalian juga bisa lho pilih mau makan pake nasi ataupun lontong. 

Soto Ayam Dahlok JemberDaftar Menu Soto Ayam Dahlok

Agar tahu perbedaannya, akhirnya aku memesan dua menu yang berbeda yaitu Nasi Soto Istimewa dan Nasi Soto Campur. Keduanya adalah porsi kecil ya guys, meskipun kecil tapi menurut aku porsinya cukup bikin kenyang.

Soto Ayam Dahlok Jember

So, apa yang bikin Soto Ayam Dahlok ini beda sama soto-soto lainnya? Karena sudah puluhan tahun berjualan, tapi rasa soto yang disajikan ngga pernah berubah lho guys. Pemilik yang sekarang adalah geneasi ketiga dari Soto Dahlok dan masih menjaga resep sejak dahulu dengan menggunakan resep yang sama secara turun temurun dan memasaknya masih tradisional dengan tungku. Ngga heran kalo Soto Dahlok punya banyak sekali pelanggan setia.

Seporsi Soto Dahlok berisikan gubis, kecambah, tomat, irisan telur, suwiran ayam yang kemudian disiram dengan kuah panas yang sudah diberi bumbu rempah yang khas. Untuk soto istimewa ini diberi banyak sekali suwiran ayam dibandingkan dengan soto biasa danpastinya irisan ayamnya super besar guys. Uniknya, soto ini menggunakan kentang rebus yang diiris agak besar, jadi kentangnya ngga digoreng seperti soto-soto lainnya guys dan lagi soto ini ngga pake koya, tetapi rasanya gurih banget karena taburan bawang putih goreng yang mendominasi.

Soto Ayam Dahlok JemberNasi Soto Istimewa Porsi Kecil Rp 17.000,-

Sama halnya dengan menu Soto Campur ini guys, yang membedakan hanyalah suwiran ayamnya yang dicampur dengan ati dan ampela ayam yang tak kalah melimpah. Soto Dahlok ini bener-bener ngga pelit ayam lho.

Soto Ayam Dahlok JemberNasi Soto Campur Porsi Kecil Rp 17.000,-

Soto Ayam Dahlok Jember

Gimana? Udah ngiler pengen cobain Soto Dahlok khas Jember ini belum? Kalo kalian ada rencana buat traveling ke Jember, jangan lupa buat mencicipi kuliner yang satu ini ya guys. Dijamin bakal ketagihan!

Video by Gotravelly

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 08.00 - 21.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY