Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

11 Makanan Khas Garut Terkenal Enak+Rekomendasi Oleh-oleh


Reni  May 11, 2018  3 Comments

Keragaman Indonesia menciptakan keunikan yang berbeda–beda. Makanan misalnya, merupakan aneka cita rasa yang unik pula. Di Garut, makanan khas Garut mampu menggugah selera Anda.

 

1. Jeruk Garut

patanimart.com

Makanan khas Garut yang sering menjadi oleh-oleh adalah Jeruk Garut. Masyarakat menyukai jeruk garut ini karena rasa manis dan ukurannya yang besar. Jeruk garut adalah jenis makanan yang menjadi kebanggaan masyarakat Garut. Jeruk Garut merupakan simbol identitas warga Garut.

Garut adalah sentra penghasil dan penjual buah-buahan, khususnya buah jeruk di Indonesia hingga mancanegara. Jeruk Garut merupakan satu dari jenis pangan pertanian yang diunggulkan secara nasional dan internasional karena jeruk garut memiliki kualitas jeruk yang bagus.

Jeruk Garut telah menjadi trademark di Kabupaten Garut. Sesuai Perda No. 9 Tahun 1981, Jeruk Garut telah menjadi komponen daerah Kabupaten Garut. Selain itu, Jeruk ini adalah salah satu sektor pertanian pangan yang memiliki prospek yang cerah. Hasilnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

 

2. Dodol Piknik

pricearea.com

Dodol piknik adalah makanan khas Garut lainnya. Makanan ini juga dapat menjadi buah tangan. Di Garut, dodol memiliki banyak beragam rasa dan brand yang berbeda-beda. Tentu saja jika Anda berkunjung ke setiap toko yang ada, dodol selalu tersaji di dalamnya.

Dodol memiliki banyak aneka rasa. Banyak wisatawan menyukai rasa yang manis dan lezat. Rasa yang ditawarkan juga bervariasi. Ada dapat memilih sesuai selera Anda ketika Anda berkunjung ke Garut.

Banyak perusahaan telah mengembangkan dodol sebagai ciri makanan yang bernilai ekonomi tinggi. Dodol telah berkembang berpuluh-puluh tahun. Kualitas dan rasa dodol juga beraneka ragam. Dodol rasa susu misalnya, terproduksi secara bersih.

Pembuatan dodol juga diawasi secara teliti. Dalam perkembangan pembuatan dodol, perusahaan sudah mengaplikasikan produk dodol garut dengan aneka olahan lainnya seperti durian, coklat, dan rasa lainnya.

 

3. Burayot

feedram.club

Burayot adalah kue khas Garut yang diambil dari bahasa Sunda. Di Garut, burayot memiliki bentuk yang unik. Bahan burayot berasa dari campuran gula merah yang dipadu dengan tepung beras dan kacang tanah. Proses pembuatan itu dikombinasikan dengan minyak kelapa. Untuk menghasilkan satu kue atau burayot tidak memerlukan waktu yang lama.

Di Candi Cangkuang, burayot terkenal di setiap toko-toko produksi rumahan. Di Cangkuang Leles, produksi burayot sangat terkenal oleh masyarakat luar. Setiap pasar menjual burayot yang masih panas dan enak. Anda hanya menunggu beberapa menit, burayot siap disantap.

Bahan baku burayor sangat mempengaruhi rasa burayot. Jika penggunaan gula merah sedikit berbeda, maka rasanya pun juga berbeda. Itulah sebabnya pembuatan burayot sedikit sulit.

 

4. Dorokdot dan Kerupuk Kulit

resepdanmasakan.com

Jika Anda tidak suka makanan yang terlalu manis, dorokdot atau kerupuk kulit dapat menjadi pilihan. Dorokdot dan kerupuk kulit adalah makanan khas Garut. Dorokdot dan kerupuk kulit memiliki jenis yang sama tetapi menggunakan bahan dasar yang berbeda.

Dorokdot terbuat dari kulit sapi. Dorokdot diolah menggunakan rempah-rempah dan tanpa bahan pengawet. Sementara, kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau. Cara pembuatan kerupuk kulit sama dengan dorokdot. Kedua makanan ini dibuat melalui proses yang cukup lama. Masyarakat yang membuatnya memerlukan waktu lima sampai tujuh hari.

Proses yang paling lama adalah mengolah kulit mentahnya. Kulitnya harus melalui beberapa proses seperti direbus, dijemur, lalu digoreng. Banyak produsen mengembangkan dorokdot dan kerupuk kulit dengan berbagai rasa. Banyak wisatawan menyukai rasa original dan rasa pedas. Dua makanan ini sangat cocok sebaga pelengkap makanan Anda.

 

5. Emplod

bukalapak.com/u/jbsejahtra

Makanan khas Garut berikutnya adalah emplod. Emplod memiliki nama lain yaitu endog lewo. Arti nama tersebut yaitu telur yang terbuat dari daerah kampung lewo. Bahan dasar makanan emplod adalah singkong yang telah digiling dan diperas.

Kemudian, proses tersebut didiamkan selama 24 jam. Jika proses tersebut sudah menempuh satu hari, selanjutnya singkong tadi dicampur dengan parutan kelapa serta bumbu-bumbu. Dalam pembuatan emplod, biasanya perlu dibentuk bulatan kecil.

Bulatan ini sebesar kelerang yang kemudian di goreng. Jika Anda mengunjungi Garut, emplod telah banyak tersedia di toko-toko oleh-oleh.

 

6. Opak

nanbija.wordpress.com

Makanan yang tidak asing lagi adalah opak. Makanan sejenis kerupuk ini menjadi ciri khas suku Sunda. Opak terbuat dari bahan dasar tepung beras. Campuran bumbu-bumbu seperti gula, garam dan air menjadi kombinasi untuk membuat opak.

Kemudian, campuran tersebut dibuat lembaran tipis dan dijemur hingga mengering dan dibakar diatas arang. Makanan ini dapat menjadi teman makan siang Anda.

 

7. Ladu

jalanjajanmurah.com

Makanan khas Garut berikutnya adalah ladu. Makanan ini mempunyai tekstur yang sama dengan dodol. Namun, bentuknya lebih kasar dan keras. Ladu terbuat dari bahan dasar tepung ketan berwarna putih. Ladu terolah bersama campuran gula aren dan parutan kelapa.

Rasa manis yang tidak terlalu dominan memberikan perbedaan dengan dodol. Tekstur ladu yang renyah memberi rasa yang unik. Di Garut, Ladu memiliki nama lain malangbong. Produsen Ladu dapat Anda temui di toko oleh oleh yang tersebar di Garut.

 

8. Rengginang

bantenwisata.com

Rengginang, makanan khas Garut, merupakan terbuat dari beras ketan yang telah dikukus. Proses kukusan ini dibumbui dan dibentuk bulat. Lalu, proses berikunya yaitu dijemur selama beberapa hari. Setelah rengginang dijemur dan benar-benar kering, barulah rengginang digoreng.

Teksturnya yang kremes dan garing ini menjadi pelengkap makan siang atau sarapan. Banyak toko menyediakan rengginang. Bahkan saat ini, pembuat rengginang berinovasi dengan membuat aneka rasa rengginang.

 

9. Nasi Liwet Instan

tokopedia.com/aconk09

Sebuah makanan yang sudah berkembang dan menjadi ciri khas Garut yaitu Nasi liwet instan. Di zaman instan ini, nasi liwet sudah ada yang instan. Di Garut, makanan nasi liwet ini menjadi buah tangan yang cocok untuk Anda yang telah berkunjung ke Garut.

Uniknya, nasi liwet instan ini memiliki aneka rasa. Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh yang telah menyediakan nasi liwet instan.

 

10. Moring Garutan

bukalapak.com/u/sikentaid

Moring Garutan adalah makanan khas Garut yang terkenal. Cemilan yang berupa keripik ini terbuat dari cimol. Kata moring berasal dua kata lain yaitu cimol kering. Cimol terbuat dari bahan tepung kanji yang telah dibumbui.

Kemudian, cimol tersebut diiris tipis dan digoreng sampai kering. Perkembangan penjualan moring garutan ini sudah meluas. Bahkan rasa moring garutan juga sudah beraneka ragam rasa seperti pedas, keju dan BBQ.

 

11. Chocodot

shoppinggarut.com

Seorang pemuda asal Garut, membuat makanan khas Garut bernama Chocodot. Makanan coklat yang dikombinasikan dengan berbagai bahan olahan lokal menjadi karakter brand Chocodot. Bahan lokal yang dipergunakan adalah buah, kacang, cabai dan masih banyak lagi.

Jenis produknya pun telah banyak berkembang. Masyarakat Garut sendiri memiliki makanan yang berkarakter moderen. Makanan ini cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak hingga dewasa. Jika Anda berkunjung ke Garut, kurang lengkap jika Anda tidak merasakan satu dari aneka menu Chocodot.



Leave a Reply

3 Comments
  1. Acer says:

    Garut memang makanannya enak2 dan unik.. makanya saya bangga jadi orang Garut

  2. Dudung says:

    Yuk beli untuk merasakan enaknya olahan khas grt.