10 Jajanan Khas Garut Rasa Gurih Legitnya Menggigit Lidah


Fida  October 14, 2021  0 Comment

Garut dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Barat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain dikenal menawarkan berbagai tempat wisata, kawasan yang satu ini juga dikenal menawarkan berbagai kuliner lezat dan menarik untuk dicoba. Tidak hanya makanan berat, 10 jajanan khas Garut berikut ini juga sayang untuk tidak Anda coba.

10 Jajanan Khas Garut :

1. Ladu

ladu
cookpad.com

Salah satu jajanan khas Garut yang populer dan menarik untuk Anda coba adalah ladu. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko jajanan atau toko oleh-oleh di Garut.

Jika diperhatikan sekilas, ladu tampak hampir mirip dengan dodol. Hal yang membedakan adalah ladu memiliki tekstur yang lebih kasar dan lebih keras. Cita rasa yang ditawarkan juga sangat khas dan tidak dominan manis seperti dodol. Jajanan yang satu ini juga dikenal dengan sebutan malangsong. Jajanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan sayang untuk tidak Anda coba saat berkunjung ke Garut.

Gotravelly

Jajanan Jadul Kue Puthu Pak Sawal Yang Langka Ada Di Kota Blitar Loh!

Ice Cream Pak Ateng Kuliner Legendaris Yang Populer Di Blitar

2. Dodol Warna Warni

dodol warna warni
shopee.co.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan dodol warna warni. Salah satu jajanan khas Garut yang satu ini sudah cukup populer dan kerap dipilih sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Jika ingin menikmati lezatnya jajanan yang satu ini, Anda dapat datang ke toko oleh-oleh di Garut. Tidak hanya memiliki berbagai varian warna, jajanan yang satu ini juga memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Terdapat beberapa pilihan dodol, salah satunya yang dibuat dengan bahan utama buah-buahan. Warnanya yang unik dan menarik tentu menjadikan jajanan yang satu ini sayang untuk tidak dicoba. Dodol warna warni juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga banyak diminati oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Garut Paling Bagus Dan Hits Rekomended

3. Kue Balok Maranti

kue balok maranti
kadungorainfo.blogspot.com

Saat berkunjung ke Garut, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu jajanan khas Garut yakni kue balok maranti. Kue yang satu ini dikenal memiliki bentuk khas dengan tekstur yang keras dan padat. Tetapi meskipun begitu, kue yang satu ini sangat empuk dan lembut saat dinikmati.

Kue yang satu ini sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama dengan 1 gelas teh atau kopi. Meskipun termasuk makanan ringan atau cemilan, kue yang satu ini juga masuk makanan yang mengenyangkan. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Garut memilih kue balok maranti sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

4. Burayot

burayot
travel.tribunnews.com

Salah satu jajanan khas Garut yang populer dan menarik untuk Anda coba adalah burayot. Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Untuk menjadikan cita rasa semakin lezat, jajanan yang satu ini juga ditambahkan dengan gula merah.

Burayot juga memiliki bentuk yang unik dan menarik yakni berbentuk bundar keriput. Jajanan yang satu ini juga dikenal memiliki tekstur yang legit dengan cita rasa manis. Anda dapat membeli burayot dengan harga berkisar Rp 28.000,- per bungkus. Dalam satu bungkus berisi budaya yang cukup banyak. Leles menjadi salah satu kawasan dimana burayot banyak diproduksi.

5. Dorokdok atau Kerupuk Kulit

dorokdok
shopee.co.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan dorokdok atau kerupuk kulit. Dorokdok atau kerupuk kulit juga dikenal sebagai salah satu jajanan khas Garut yang menarik untuk dicoba. Tidak hanya menawarkan tekstur yang sangat renyah, jajanan ini juga dikenal memiliki gizi tinggi karena dibuat dari kulit sapi asli.

Dorokdok dijual dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. Adanya tambahan rempah sebelum digoreng juga menghasilkan cita rasa gurih dan lezat. Jajanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung tetapi juga dapat dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga :  13 Cafe di Garut, Tongkrongan Favorit Anak Muda

6. Emplod

emplod
shopee.co.id

Salah satu jajanan khas Garut yang menarik untuk dicoba adalah emplod. Beberapa dari Anda tentu masih asing dengan sebutan jajanan yang satu ini bukan? Emplod merupakan salah satu jajanan tradisional khas Garut yang memiliki bentuk bulat menyerupai telur.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong. Singkong diproses dengan cara diparut kemudian didiamkan selama 24 jam. Setelah didiamkan, parutan singkong kemudian ditambah dengan parutan kelapa dan beberapa tambahan bumbu. Setelah adonan selesai dibuat, emplod kemudian dicetak berbentuk bulatan. Proses selanjutnya adalah dengan cara menggoreng emplod hingga kering. Jajanan yang satu ini juga dijual dengan berbagai varian rasa sehingga dapat dipilih sesuai selera.

7. Wajit Cisompet

wajit cisompet
suarajabarsatu.com

Wajit Cisompet menjadi salah satu jajanan khas Garut yang sayang untuk tidak dicoba. Jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang unik yakni dibungkus dengan menggunakan daun pelepah kawung atau daun aren.

Wajit cisompet dibuat dengan menggunakan bahan utama ketan. Beberapa bahan lainnya yang digunakan adalah gula merah dan juga santan kental. Anda dapat membeli jajanan ini dengan harga yang cukup terjangkau. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat bersantai, jajanan yang satu ini juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Dodol Picnic

dodol picnic
blibli.com

Dodol Picnic menjadi salah satu jajanan khas Garut yang sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan. Jajanan yang satu ini sangat mudah dijumpai khususnya di berbagai toko oleh-oleh di Garut.

Dodol Picnic merupakan salah satu merk dodol terkenal khas Garut yang banyak membuat wisatawan penasaran. Tidak hanya diminati oleh warga lokal saja, dodol yang satu ini juga banyak disukai oleh warga asing. Hal itu terbukti dari penjualan Dodol Picnic yang menembus mancanegara. Cukup menarik bukan?

Baca juga :  15+ Restoran Korea di Solo Terbaik dengan Harga Terjangkau 2023

9. Surabi

surabi
budaya-indonesia.org

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan surabi. Surabi dikenal sebagai salah satu jajanan khas Garut yang menarik untuk dicoba. Saat berkunjung ke Garut, Anda tentu dapat dengan mudah menjumpai penjual jajanan yang satu ini.

Surabi khas Garut yang masih dimasak dengan cara tradisional yakni dengan menggunakan arang tentu menawarkan sensasi kelezatan tersendiri. Jajanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama tepung beras dan ditambahkan parutan kelapa sebagai topping. Cukup menggugah selera bukan?

10. Awug

Jajanan Khas Garut
cookpad.com

Awug dikenal sebagai salah satu jajanan khas Garut yang menarik untuk dicoba. Jajanan yang satu ini merupakan jajanan tradisional yang cocok dinikmati saat bersantai.

Awug dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Tidak hanya itu, jajanan ini juga memiliki isian gula merah atau gula jawa. Selain dikenal dengan cita rasanya yang lezat, awug juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Menikmati awug dalam keadaan hangat menjadi pilihan tepat yang bisa Anda coba.



Leave a Reply