10 Makanan Khas Singkawang Rasanya Nendang


sisil angelin  September 28, 2019  0 Comment

Jika anda berencana atau sedang berkunjung ke kota yang didominasi keturunan Tiongoa ini, maka wajib hukumnya untuk mengetahui makanan khas Singkawang. Kota 1000 Klenteng ini tidak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya saja, tetapi juga berbagai macam kuliner yang memanjakan lidah. Tanpa menyicipi makanan khas daerah ini, tentu kunjungan anda tidak akan terasa lengkap.

Singkawang yang kaya akan budaya ini ternyata memiliki berbagai makanan khasnya. Daerah yang dihuni oleh tiga etnis besar yakni Tionghoa, Dayak, dan Melayu ini bisa juga menjadi destinasi wisata kuliner bagi para pecinta makanan. Apa sajakah makanan khas di Singkawang? Berikut akan disajikan informasinya hanya untuk anda.

Rekomendasi Makanan Khas Singkawang

1. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

Bakso Sapi Bakmi Ayam 68
image credit : https://dherdian.files.wordpress.com

Bagi anda para pecinta bakso, maka haram hukumnya jika tidak mengunjungi tempat makan khas Singkawang satu ini. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 ini adalah makanan khas Singkawang yang berada di Jalan Pangeran Diponegoro No. 68. Antrian yang panjang dan tempat makan yang selalu penuh seakan menjadi ciri khas tempat makan ini, karena saking terkenal lezatnya kudapan bakso khas Singkawang ini.

Bakso Sapi Bakmi Ayam 68 ini terkenal dengan tekstur daging lembut yang ada pada bakso. Tidak hanya itu, kuah baksonya juga sangat gurih dan membuat ketagihan. Untuk harganya, anda tidak perlu khawatir akan membuat kantong anda jebol karena harga per porsinya hanya mulai dari enambelas ribu saja!

Baca juga :  10 Sajian Khas Natal dari Berbagai Negara di Belahan Dunia
Gotravelly

Nasi Uduk Mbah Man : Suasana Nyaman Dan Harga Terjangkau

Berburu Kuliner Ayam Goreng Lezat Bu Bejo Do Kaki Gunung Lawu

2. Bubur Paddas

Bubur Paddas
image credit : https://cdn.idntimes.com

Jika anda sedang melancong ke Singkawang, maka anda disarankan untuk menyantap makanan di Rumah Makan Benareh ini. Bubur paddas sendiri adalah sajian bubur yang memiliki cita rasa gurih dan sedikit asam. Campuran bubur berupa kaldu, tauge, jagung, pakis, kangkung, kacang tanah, serta ikan teri ini sangat menggugah selera bagi siapapun yang menyantapnya.

3. Mie Tiaw Asu

Mie Tiaw Asu
image credit : https://media.travelingyuk.com

Apakah kudapan ini terbuat dari daging anjing? tentu tidak. Pasalnya, Asu dalam bahasa di daerah Singkawang berasal dari kata “asuk” yang berarti “paman”. Makanan mie pipih yang serupa dengan kwetiau ini sangat lezat lengkap dengan tauge, telur dan perasan jeruk nipisnya. Jika anda tertarik untuk mencoba Mie Tiaw Asu ini, anda bisa datang ke Jalan Yos Sudarso, Kota Singkawang.

4. Bubur Gunting

Bubur Gunting
image credit : https://scontent-sjc3-1.cdninstagram.com

Masih kuliner berbau bubur, makanan khas daerah Singkawang ini adalah bubur gunting. Bubur yang terdiri dari kacang hijau dan juga cakwe kering ini sangat tepat dan lezat untuk dijadikan menu sarapan anda. Bubur yang bercita rasa manis ini banyak ditemui di pinggir jalan Kota Singkawang. Bau pandannya yang khas bisa membuat anda tak cukup hanya menyantap satu porsi saja.

5. Bakmi Kering Haji Aman

Bakmi Kering Haji Aman
image credit : https://2.bp.blogspot.com

Rekomendasi makanan khas yang lezat selanjutnya adalah bakmi kering yang dijual di tempat makan yang berlokasi di Jalan A. Yani, Sedau, Singkawang Selatan. Bakmi yang dipatok dengan hanya mulai dari 15 ribu saja ini bisa memberikan anda pengalaman kuliner yang berbeda dengan yang lainnya. Jika anda kurang suka makanan kering, jangan khawatir karena ada kuah kaldu yang bisa menemani kudapan anda.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tom Yum Paling Enak di Thailand, Segarnya Nonjok!

Bakmi kering ini dilengkapi juga dengan daging sapi dan juga bakso yang empuk dan lezat. Sepiring bakmi kering mampu memuaskan lidah, perut, dan kantong anda dalam waktu bersamaan. Jika anda menyicipi kuliner yang satu ini, dijamin anda tidak hanya bisa datang sekali, melainkan bisa hingga berkali-kali!

6. Choi Pan

Choi Pan
image credit : https://i.imgur.com

Choi Pan adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang diisi bengkuang yang diiris tipis beserta dengan campuran ikan, ayam, dan juga udang. Makanan ini sangat enak dinikmati dan disandingkan dengan saus sambal yang pedas. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba makanan ini, anda bisa datang ke kediaman keluarga Tjhia  yang berada di Jalan Budi Utomo No. 38 Singkawang.

Bagi anda yang beragama Islam, anda tidak perlu khawatir karena Choi Pan yang dijual disini adalah halal. Jika anda mencoba makanan satu ini, dapat dijamin bahwa anda tidak hanya cukup makan satu buah saja! karena rasanya yang lezat dan juga harganya yang terjangkau. Choi Pan sendiri enak disantap ketika masih panas saat setelah dikukus, beserta dengan taburan bawang putih goreng diatasnya.

7. Rujak Thai Pui Ji

Rujak Thai Pui Ji
image credit : https://scontent-sin6-2.cdninstagram.com

Rujak khas Singkawang ini memanglah rujak yang unik. Pasalnya, terdapat serutan ebi kering diatasnya. Hal ini menyebabkan rujan Thai Pui Ji bukan hanya bercita rasa segar, tetapi juga gurih. Ada banyak rujak thai pui ji yang bisa anda temui. Salah satu tempat yang menjadi rekomendasi adalah tempat yang berada di Jalan Muslimin Ismail No. 8.

8. Bubur Tahu Pasar Turi

Bubur Tahu Pasar Turi
image credit : https://sgp1.digitaloceanspaces.com

Makanan bertekstur lembut selanjutnya adalah bubur tahu. Ada banyak sekali penjual bubur tahu yang ada di Singkawang, dan salah satunya adalah yang berlokasi di Pasar Turi ini. Bubur ini sangat cocok untuk sarapan anda karena umumnya bubur ini disajikan dalam keadaan hangat plus kuah manisnya. Untuk harganya sendiri sangat murah, yakni hanya sekitar limaribu saja per porsinya.

Baca juga :  10 Makanan khas Tarakan yang Wajib Kamu Coba

Jika anda tertarik untuk menikmati bubur tahu, maka anda bisa mengunjungi di Jl. Pasar Turi, Pasiran. Singkawang Bar, Kota Singkawang. Biasanya penjual bubur tahu ini menjajakan jualannya pada gerobak. Anda wajib mencoba kuliner ringan satu ini ketika ke Singkawang, karena kelembutan bubur tahunya memang tiada tandigan!

9. Bubur Babi

Bubur Babi
image credit : https://assets-pergikuliner.com

Masih berbicara tentang bubur khas Singkawang, bubur selanjutnya adalah bubur non halal yakni bubur babi. Bubur ini menyajikan hidangan yang teksturnya mirip nasi sehingga dapat dikatakan bahwa bubur ini tidak selembut bubur pada umumnya. Dilengkapi dengan daging babi, kerupuk, sayuran, dan juga telur setengah matang, bubur ini akan sangat memanjakan lidah anda.

10. Limun Khas Singkawang

Limun Khas Singkawang
image credit : https://awsimages.detik.net.id

Kuliner selanjutnya adalah minuman khas daerah ini. Minuman ini berada pada kedai yang telah disebutkan sebelumnya, yakni di Kedai Mie Tiaw Asu. Minuman yang dikemas di botol kaca ini bisa menjadi minuman segar untuk mengobati dahaga anda ketika cuaca panas dan haus. Harganya hanya sekitar 9000 rupiah saja dan anda bisa menikmati minuman khas daerah Singkawang satu ini.

Ada tiga varian rasa yang disediakan yakni rasa jeruk, pisang ambon, dan juga sarsaparila. Ketiganya wajib anda coba dan rasakan sensasi kelezatan minuman khas daerah hongkong-nya Indonesia ini. Satu botol tidaklah cukup karena anda pasti akan tertarik untuk mencoba ketiganya dan membelinya lagi dan lagi.

Daerah Singkawang yang terkenal dengan keindahan alamnya ternyata memiliki berbagai makanan khas yang rasanya tentu saja lezat. Dengan mencicipi kuliner khas kota ini, maka lengkap sudah kegiatan melancong anda di kota 1000 Klenteng satu ini. Semoga dengan adanya artikel ini, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari. Semoga bermanfaat!



Leave a Reply