10 Makanan Khas Purbalingga Kelezatannya Menggoyang Lidah


Fida  January 16, 2022  0 Comment

Purbalingga dikenal sebagai salah satu kawasan yang menawarkan banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Saat berkunjung ke Purbalingga, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu berbagai kuliner khas yang ditawarkan. Berikut daftar 10 rekomendasi makanan khas Purbalingga yang cukup populer dan sayang untuk tidak kamu coba.

1. Buntil

buntil
papeling.org

Buntil merupakan salah satu makanan khas Purbalingga yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat lokal. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daun pepaya atau daun singkong. Daun tersebut diolah dengan diberi isian berupa kelapa yang dicampur dengan ikan teri. Isian makanan ini juga dikenal saat karena ditambahkan dengan berbagai bumbu seperti lengkuas, bawang, cabai, garam, dan berbagai bumbu lainnya.

Buntil dihidangkan dengan cara disiram dengan kuah pedas. Kuah buntil dikenal sangat khas dan dibuat dari santan serta tambahan cabai merah. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, makanan ini juga berhasil membuat beberapa wisatawan penasaran. Saat berkunjung ke Purbalingga, kamu dapat membeli lezatnya buntil di berbagai pasar tradisional. Makanan yang satu ini hanya biasa dijual dengan harga sekitar Rp 5000,- saja per porsi.

Gotravelly

Kriuknya Mendoan Bagong Asli Khas Purbalingga Yang Bikin Nagih!

Nyobain Makan Di Blumbang Resto Tawangmangu. Tempatnya Bikin Betah!

2. Sate Blater

sate blater
sobatinspirasi.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan sate blater? Sate blater merupakan salah satu makanan khas Purbalingga yang sudah cukup populer. Makanan ini memiliki sebutan sate blater karena pertama kali dibuat di Desa Blater. Tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, hati ini juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging ayam.

Yang membedakan satu ini dengan sel lainnya adalah jika sate pada umumnya menggunakan daging mentah untuk dibakar, namun tidak dengan sate ini. Sebelum dibakar, daging ayam yang digunakan untuk sate blater sudah terlebih dahulu direbus tinggal berbagai tambahan bumbu. Saat melalui proses pembakaran, hidangan ini juga diberi bumbu tambahan sehingga tidak heran jika cita rasa yang ditawarkan sangatlah lezat. Saat berkunjung ke Purbalingga, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu sate blater.

3. Gulai Melung

gulai melung
idntimes.com

Rekomendasi makanan khas Purbalingga berikutnya yang tidak kalah menggugah selera adalah gulai melung. Gulai melung merupakan olahan gulai yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Tidak hanya daging, seluruh bagian tubuh kambing seperti sumsum, babat, kepala kambing, hingga kaki kambing juga diolah untuk membuat gulai melung.

Gulai ini biasa disajikan dengan ketupat sebagai pelengkap. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa yang khas karena gulai ini menggunakan berbagai rempah-rempah dalam proses pembuatannya. Proses memasak yang masih menggunakan kayu bakar serta peralatan tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri. Tertarik untuk mencobanya?

4. Es Durian

es durian
idntimes.com

Tidak hanya makanan berat, kamu juga dapat mencoba lezat dan segarnya es durian saat ingin menikmati salah satu makanan khas Purbalingga. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini memang menggunakan durian sebagai bahan utamanya.

Daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya kemudian ditambah dengan beberapa bahan lainnya yakni santan kelapa segar, gula merah cair, dan serutan es batu. Kamu juga dapat menikmati es durian dengan tambahan coklat kental hingga selai strawberry. Meskipun sangat unik dan menggugah selera, kamu tidak perlu khawatir soal harga karena es durian hanya dibanderol sekitar Rp 15.000,- per porsi.

5. Sroto Kriyik

sroto kriyik
jateng.tribunnews.com

Sroto kriyik dikenal sebagai salah satu makanan khas Purbalingga yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Yang dikenal khas dari makanan ini tidak hanya karena suwiran ayamnya tetapi juga isian lain yakni tulang lunak dari dada ayam yang kemudian digoreng dan dipotong-potong.

Satu mangkuk sroto kriyik dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.000,-. Saat mencoba hidangan yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan sensasi segar dan gurih. Sroto kriyik menjadi rekomendasi kuliner yang sayang untuk kamu lewatkan saat ke Purbalingga.

6. Mendoan

mendoan
lifestyle.sindonews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan mendoan bukan? Mendoan juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Purbalingga yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tempe kedelai yang ditambahkan tepung di bagian luarnya sebelum digoreng.

Makanan yang satu ini memiliki bentuk tipis dan sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat. Selain lezat untuk dinikmati langsung, tidak sedikit yang memilih mendoan sebagai lauk untuk dikonsumsi bersama satu porsi nasi. Sensasi gurih dan sedikit renyah akan kamu rasakan saat mencoba lezatnya mendoan.

7. Sroto Klamud

sroto klamud
cantik.tempo.co

Sroto klamud menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Purbalingga yang mungkin masih asing terdengar. Hidangan yang satu ini dikenal unik dan memiliki tampilan yang berbeda dengan soto pada umumnya.

Sroto klamud disajikan dengan daging kelapa yang masih muda. Tidak hanya itu, soto ini juga disajikan dengan wadah buah kelapa muda. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan sroto ini banyak diburu dan diminati masyarakat. Berkunjung ke Purbalingga, kesempatan untuk mencoba lezatnya sroto klamud.

8. Soto Bancar

sroto bancar
banyumas.tribunnews.com

Ada cukup banyak pilihan rekomendasi makanan khas purbalingga yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah soto bancar. Biasanya soto dihidangkan bersama tambahan nasi, namun soto ini menggunakan ketupat sebagai tambahannya. Kamu juga dapat bebas memilih daging soto yang digunakan seperti daging ayam, daging sapi, hingga jeroan. Bumbu kacang serta kaldu yang digunakan juga berbeda dengan soto pada umumnya.

Soto ini tidak hanya memiliki tampilan yang unik dan menarik tetapi juga aroma yang menggugah selera. Tidak jarang wisatawan yang datang ke Purbalingga penasaran dan ingin mencoba lezatnya soto bancar.

9. Gecot

gecot
dapur.rukma.net

Makanan khas Purbalingga berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah gecot. Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebutan makanan yang satu ini. Gecot merupakan hidangan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tahu yang diberi tambahan bumbu khusus. Tidak hanya tahu, bahan lain yang digunakan untuk proses pembuatan gecot adalah berupa sayuran seperti kecambah dan juga kol mentah. Hidangan yang satu ini terbilang sangat unik dan banyak untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke Purbalingga.

10. Nopia

nopia
semarang.ayoindonesia.com

Makanan khas Purbalingga berikutnya yang sudah tidak asing di kalangan wisatawan adalah Nopia. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung terigu serta isian gula merah di dalamnya. Saat menikmati jajanan ini, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih dan manis.

Selain itu, kamu juga dapat memilih berbagai varian rasa yang ditawarkan seperti coklat, susu, dan juga keju. Proses pembuatan makanan ini juga terbilang unik yakni dengan cara menempelkan adonan ke dinding tungku kayu. Menarik sekali bukan?



Leave a Reply