12 Minuman Khas Ramadhan di Berbagai Negara


prita  April 4, 2022  0 Comment

Minuman khas Ramadhan di berbagai negara memang cukup beragam. Waktu berbuka puasa menjadi momen yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan. Selain tersaji berbagai makanan, aneka minuman sebagai penyegar tentu tak boleh dilewatkan. Banyak sekali minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat minuman untuk berbuka puasa nanti. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Kolak, Indonesia

Kolak
tokopedia.com

Minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang pertama adalah Kolak. Hidangan yang satu ini berasal dari negara kita, Indonesia. Minuman ini jadi salah satu menu berbuka puasa yang paling digemari karena bisa dinikmati saat panas maupun dingin.

Kolak ini memiki cita rasa yang manis dengan isian yang beragam. Biasanya kolak diberi isian pisang juga ubi-ubian, kadang ada juga kolak yang diberi isian kolang kaling maupun nata de coco.

GoTravelly

Angkringan Piyu, Angkringan Kekinian Di Tepi Jurang

Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

2. Tamer Hindi, Yordania & Lebanon

Tamer Hindi
lookandcook.com

Jika diperhatikan sekilas, minuman ini memiliki tampilan yang mirip dengan teh karena warnanya cokelat karamel dengan tekstur cair dan tidak kental. Tamer Hindi ini menjadi salah satu minuman khas Ramadhan yang banyak ditemukan di Jordan dan Lebanon.

Minuman khas Ramadhan ini terbuat dari tamarin atau asam Jawa yang diambil sarinya. Sari asam jawa tersebut kemudian dicampurkan dengan air dan gula lalu disajikan dingin sehingga rasa asam dan dinginnya membuat tetap segar setelah berpuasa seharian.

3. Qamar El Din, Mesir

Qamar El Din
republika.co.id

Qamar El Din juga menjadi salah satu minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang berasal dari Mesir. Dalam bahasa Arab, Qamar memiliki arti bulan dan al din artinya agama. Diberi nama tersebut karena pada zaman khalifah, Ramadhan ditandai dengan munculnya bulan sabit di langit sehingga minuman ini dibuat untuk merayakan datangnya bulan suci.

Minuman ini memiliki warna orange yang segar dan tampilannya mirip dengan jus mangga, padahal bahan utama untuk membuat minuman ini adalah sari aprikot. Tak hanya bisa disajikan sebagai minuman, Qamar El Din ini juga bisa diolah sebagai puding. Cita rasanya khas buah aprikot dengan sedikit rasa asam yang segar.

4. Sobia, Arab Saudi

Sobia
islamicfinder.org

Minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang satu ini juga cukup populer, yaitu Sobia. Sobia adalah minuman yang berasal dari Arab Sausi dan populer disajikan sebagai menu berbuka puasa.

Minuman ini adalah campuran dari barley, roti, kayu manis, gula dan kapulaga. Biasanya minuman ini banyak dijual di pinggir jalan saat Ramadhan. Sobia sendiri memiliki warna putih, namun beberapa orang suka menambahkan zat pewarna agar terlihat lebih menarik. Untuk itu, kamu juga bisa menemukan sobia berwarna merah yang dijual di pinggir jalan.

5. Jollab, Suriah

Jollab
en.wikipedia.org

Jollab juga menjadi salah satu minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang patut untuk kamu coba. Jollab merupakan minuman bergizi yang berasal dari Suriah dan sangat populer selama bulan suci Ramadhan.

Jollab ini terbuat dari kurma, molase anggur dan sedikit air mawar kamudian disajikan dengan es batu dan diberi taburan kacang pinus di atasnya.

6. Noomi Basra, Irak

Noomi Basra
pinterest.com

Minuman khas Ramadhan di berbagai negara berikutnya adalah Noomi Basra. Sesuai dengan namanya, minuman ini berasal dari Basra, Irak dan menjadi salah satu menu berbuka paling populer.

Minuman ini terbuat dari jeruk nipis kering yang diberi beberapa tetes air mawah dan sedikit kapulaga. Noomi Basra ini memiliki cita rasa asam yang berasal dari lemon dan bisa disajikan hangat maupun dingin.

7. Kharoub, Palestina & Lebanon

Kharoub
kaleela.com

Kharoub atau Jus Carob merupakan salah satu minuman khas Ramadhan di berbagai dunia yang cukup populer di Palestina dan Lebanon. Minuman ini terbuat dari tumbuhan Ceratonia Siliqua yang bentuknya seperti kacang polong cokelat.

Kharoub ini memang sangat menyegarkan sehingga sangat cocok untuk berbuka puasa. Bahkan, pada abad ke-19, buah ini banyak dikonsumsi oleh para penyanyi untuk menjaga kualitas suaranya agar tetap baik. Kharoub dikenal mengandung banyak serat, antioksidan, rendah lemak dan gula serta tidak mengandung kafein di dalamnya sehingg membuatnya memiliki rasa manis yang sehat.

Dibandingkan dengan cokelat, kharoub ini mengandung dua kali jumlah kalsium serta saat mengonsumsinya tidak akan memicu migrain.

8. Sahlab, Yordania & Lebanon

Sahlab
mymilk.com

Minuman khas Ramadhan selanjutnya adalah Sahlab. Sahlab ini sebenarnya terdapat beragam versi, yaitu versi minuman dan puding serta panas atau dingin.

Sahlab ini biasanya dikonsumsi hangat saat musim dingin dan saat Ramadhan, sahlab biasanya disajikan dingin. Sahlab ini terbuat dari susu yang diberi kayu manis juga kacang-kacangan.

9. Erk Sous, Sudan

Erk Sous
english.alarabiya.net

Erk Sous juga masuk dalam daftar minuman khas Ramadhan di berbagai dunia. Erk Sous ini merupakan sejenis minuman yang terbuat dari akar manis yang disajikan dingin.

Erk sous ini memiliki cita rasa yang tidak semua orang akan suka karena sedikit manis bercampur pahit. Meskipun begitu, erk sous ini dikonsumsi karena kesegaran dan manfaatnya untuk tubuh.

10. Khoshaf, Mesir

Khoshaf
amediterraneangourmet.com

Minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah khoshaf. Minuman ini adalah sejenis salad yang disajikan dingin saat berbuka puasa.

Khoshaf ini terbuat dari buah kering seperti plum, kurma, aprikot, buah ara dan kismis. Buah-buahan kering tersebut dicampur dengan air dan gula lalu dimasak bersama dan diberi tetesan air mawar. Khohaf sangat cocok disajikan sebagai menu takjil sebelum menikmati menu utama.

11. Karkadeh, Mesir & Sudan

Karkadeh
youtube.com

Karkadeh merupakan salah satu minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang banyak ditemukan di Mesir dan Sudan. Karkadeh ini juga dikenal sebagai teh hibiscus karena terbuat dari bunga hibiscus dan bisa dinikmati panas maupun dingin.

Selama bulan Ramadhan, minuman ini sering dijadikan sebagai menu berbuka puasa karena rasanya yang segar. Tak hanya saat Ramadhan, karkadeh juga sering disajikan saat acara pernikahan di negara-negara tersebut.

12. Rooh Afza, India & Pakistan

Rooh Afza
shopee.co.id

Minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang terakhir adalah Rooh Afza. Minuman yang banyak ditemukan di India dan Pakistan ini merupakan salah satu jenis minuman semacam sirup yang cukup populer.

Sirup ini sangat spesial karena terdapat kandungan wangi bunga dengan rasa buah-buahan, ada juga yang diberi tambahan kelopak mawar, sari jeruk, mint, nanas dan sari sayuran seperti bayam dan cilantro. Rooh Afza ini cukup praktis karena tersedia dalam kemasan botol kaca bening dan bisa diolah dengan menambahkan air atau susu.

Demikianlah daftar minuman khas Ramadhan di berbagai negara yang patut untuk kamu coba. Tak perlu berkunjung ke negaranya, kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Selamat mencoba.



Leave a Reply