11 Makanan Khas Denmark, Creamy dan lezat


sisil angelin  June 27, 2019  0 Comment

Denmark merupakan salah satu negara yang terletak di Eropa Utara dengan ibukota Copenhagen. Ada banyak tempat wisata yang terletak di negara Nordik paling kecil ini seperti kota Skagen, Bornholm, Odense dan masih banyak destinasi menarik lain. Kalau Anda memiliki kesempatan berkunjung ke negara yang berbatasan dengan Swedia dan Norwegia ini, jangan lupa menikmati wisata kuliner yang tak kalah enak.

Ada banyak makanan khas Denmark yang wajib Anda cicipi antara lain

Smorrebrod

Smorrebrod
carolinescooking.com

Dikenal sebagai negara dengan penghasil daging babi terbanyak, Denmark memberikan menu kuliner yang bisa dinikmati siapa saja. Anda yang suka menu daging atau vegetarian pun, bisa menikmati makanan khas Denmark bernama Smorrebrod ini.

Smorrebrod merupakan sandwich yang diisi dengan irisan roti gandum coklat gelap dengan tambahan saus tipis, sepotong ikan, telur rebus, udang atau irisan daging sesuai selera. Menu khas Denmark ini bisa Anda dapatkan di setiap restoran yang ada di Copenhagen atau kota yang lain. Anda juga bisa membeli bahan siap pakai yang tersedia di supermarket dan membuat menu Smorrebrod sendiri lho!

Gotravelly

Lezatnya Soto Ayam Khas Madura Ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

Hutan Pinus Pengger, Destinasi Hits Jogjakarta Bikin Seger

Flaeskesteg

Flaeskesteg
nordicfoodliving.com

Seperti yang disebutkan bahwa Denmark mampu memproduksi puluhan juta daging babi setiap tahun sehingga kuliner Flaeskesteg merupakan ikon negara ini. Flaeskesteg merupakan makanan khas Denmark yang terbuat dari daging babi panggang. Keunikan hidangan nasional Denmark ada pada kulit renyah yang asin serta daun teluk kering. Pada saat Natal, Flaeskesteg banyak disajikan dalam sandwich  yang diisi sayuran atau remoulade.

Baca juga :  10 Wisata Kuliner Makassar, Rasa yang Bikin Lidah Bergetar!
Gotravelly

Morbradboffer

Mau mencari kuliner paling khas dan wajib Anda coba saat liburan ke Denmark? Jangan lupa menikmati kuliner bernama Morbradboffer yaitu pork tenderloin yang dimasak dengan cara digoreng bersama mentega dan rendaman krim kental. Anda bisa menikmati sajian Morbradboffer dengan citarasa tambahan daging, keju mozzarella atau tambahan cabe rawit bagi pecinta pedas. Orang Denmark menganggap Morbradboffer sebagai makanan nenek atau warisan nenek moyang yang kerap dijadikan menu sarapan dengan tambahan bawang goreng, jamur atau salad yang nikmat.

Braendende Kaerlighed

Braendende Kaerlighed
nordicfoodliving.com

Orang Denmark memiliki sajian yang terbuat dari daging bacon atau babi yang menggugah selera. Daging babi dianggap sebagai bahan penting dalam setiap masakan Denmark. Salah satu makanan khas Denmark yang tidak lepas dari daging bacon adalah Braendende Kaerlighed.

 Bahan utama yang digunakan sebenarnya adalah kentang tumbuk yang dimasak dengan butter dan susu.Tumis bacon dan bawang diletakkan sebagai pelengkap di bagian atas makanan. Namun, Anda yang tidak mengkonsumsi daging babi 5. bisa meminta ganti daging yang halal sebagai pelengkap ya!

Aebleflaesk

Aebleflaesk
nordicfoodliving.com

Bagi wisatawan mancanegara, Aebleflaesk merupakan makanan khas Denmark yang sederhana. Semua makanan dihidangkan tidak dicampur atau daging pork panggang kering disajikan di atas piring. Selain itu, menu pelengkap berupa roti gandum dan saus kacang kental disusun berdampingan. Anda juga bisa menikmati daging apel cincang yang telah dimasak dengan sedikit bumbu tersaji dalam mangkuk kecil di samping sajian utama.

Bofsandwich

Anda bosan dengan citarasa burger yang biasa saja? Coba nikmati makanan khas Denmark yang bernama Bofsandwich. Ya, burger khas Denmark ini paling digemari setiap orang baik tua atau muda. Keunikan Bofsandwich terletak pada saus coklat yang melumuri daging sapi dalam roti. Kalau Anda berkesempatan liburan ke Denmark, jangan lewatkan Bofsandwich dengan saus coklat istimewa ya!

Baca juga :  15 Tempat Wisata Favorit di Cekoslowakia Bikin Jiwa Bahagia

Stegt Flaesk

Makanan khas Denmark lain yang wajib Anda coba adalah Stegt Flaesk. Stegt flaesk med persillesovs og kartofler  atau memiliki makna daging babi goreng yang disajikan dengan saus peterseli dan kentang. Saus krim yang menjadi pelengkap menu kuliner ini semakin membuat rasa makanan istimewa. Anda bisa menikmati kuliner dengan pilihan kentang rebus atau kentang goreng. Toh, setiap makanan Denmark selalu tak lepas dari kentang baik direbus, dipanggang atau digoreng. Kalau tak suka dengan daging babi, Anda bisa meminta sajian daging sapi.  

Danish Pastry

Danish Pastry
geniusglutenfree.com

Setelah Anda memiliki aneka sajian menu makan yang berat dan mengenyangkan, sebaiknya ketahui makanan penutup yang istimewa di Denmark. Ya, Danish Pastry merupakan kudapan populer yang digemari banyak orang di kawasan Nordik ini. Kue berlapis khas yang memiliki citarasa manis, renyah dan aneka topping di bagian permukaan. Bagi Anda yang suka ngemil, wajib menjadikan Danish Pastry sebagai camilan saat minum kopi. Tak heran kalau kue orang Denmark ini telah terkenal ke seantero dunia ya!

Rugbrod

Ingin mencari camilan yang paling cocok untuk coffee break selama berada di Copenhagen? Anda sebaiknya tahu mengenai makanan khas Denmark yang tak kalah lezat dari roti lain yaitu Rugbrod. Rugbrod merupakan roti yang terbuat dari tepung rye atau biji rye yang telah dipotong-potong sempurna. Memiliki tekstur rasa seperti roti gandum namun lebih coklat. Rugbrod sangat cocok dijadikan sarapan sebab biasa ditambahkan topping berupa ikan tuna, daging ayam atau daging bacon alias babi.

Risalamande

Anda mencari hidangan penutup yang unik dan anti mainstream? Coba saja makanan khas Denmark yang terbuat dari bahan utama berupa nasi ini. Ya, Risalamande merupakan hidangan penutup yang paling populer di Denmark ini terbuat dari beras, vanili, gula, krim almond cincang dan saus baik buah cherry atau karamel. Puding nasi dingin yang disiram saus buah cherry dan whipped cream akan membuat liburan Anda di Denmark terasa lebih berkesan. Kalau Anda datang jelang liburan hari raya Natal, Risalamande merupakan makanan penutup yang cocok untuk mengimbangi aneka makanan khas Denmark yang bercitarasa gurih. Tertarik mencoba menu istimewa ini?

Baca juga :  11 Tempat Makan di Bekasi Harga Bersahabat

Lakrids

Lakrids
annetravelfoodie.com

Mencari oleh-oleh khas Denmark yang cocok diberikan pada seluruh anggota keluarga, teman atau rekan Anda di rumah? Yuk, nikmati makanan khas Denmark bernama Lakrids! Coklat yang berbagai macam bentuk menyerupai permen ini memiliki citarasa manis dan asam yang unik. Tampilan Lakrids begitu unik dengan warna hitam, coklat atau warna-warni. Banyak orang mengatakan sulit menjelaskan rasa Lakrids yang mirip dengan aroma dan rasa adas.

Jika orang Denmark banyak menambahkan Lakrids ke dalam makanan atau minuman alkohol, Anda wajib memberikan Lakrids pada teman-teman di rumah. Lihat ekspresi pertama mereka menikmati Lakrids yang unik ya! Toh, Lakrids banyak dijual dalam bentuk kemasan sehingga lebih mudah dan praktis di bawa ke mana-mana.

Tentu masih ada banyak sajian makanan khas Denmark yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke negara bagian Eropa Utara ini. Frikadelle atau parkedel khas Denmark, Medisterpolse atau sosis daging babi panggang, Rullepolse atau daging babi kukus yang memiliki citarasa tradisional, Roasted Duck atau daging bebek panggang yang direndam dengan bumbu khas Denmark, dan masih banyak aneka hidangan lain. Yuk, menikmati santap kuliner di negara yang masuk Uni Eropa ini sembari memuaskan hasrat liburan Anda!



Leave a Reply