11 Makanan Khas Bengkulu Lezat yang Harus Anda Coba


Reni  March 5, 2018  0 Comment

Makanan Khas Bengkulu – Mendengar nama Provinsi Bengkulu, pastinya anda langsung teringat dengan bunga legendaris di Indonesia – Rafflesia Arnoldi. Kalau anda belum tahu akan hal ini, ternyata Bengkulu juga memiliki banyak sajian kuliner khas yang akan membuat lidah anda bergoyang saat disantap. Langsung sajaberikut daftar makanan khas bengkulu

Gulai Kemba’ang – gulai lezat dari bumi Rafflesia

Gulai Kemba’ang

blog.kulina.id

Masakan gulai memang menjadi salah satu masakan lezat yang ada di Indonesia, tak terkecuali dengan Gulai Kemba’ang. Di sini, sajian kuliner khas yang satu ini dibuat dari bahan utama yang menggunakan iga sapi atau daging sapi dan pastinya disajikan dengan kuah khas gulai yang kental.

Karena makanan khas ini memiliki citarasa yang lezat, masyarakat Bengkulu seringkali menjadikan masakan Gulai Kemba’ang ini sebagai makanan utama saat ada acara tertentu – apalagi di saat Bulan Ramadhan. Di samping itu, adanya daun pakis yang ditambahkan oleh masyarakat Bengkulu membuat kuliner khas dari Bengkulu ini memberikan rasa yang berbeda.

MakQu Kitchen, Sajikan Beef Belly Rice Bowl Enak 

Rumah Blepots ! Serius Blepots Nya, Serius Kenyangnya, Serius Puasnya

Kue khas dari Bengkulu yang disebut Kue Tat

Kue khas dari Bengkulu yang disebut Kue Tat

bukalapak

Jika anda pernah merasakan kue bolu, kami merekomendasikan anda untuk mencoba kue ini. Kenapa? Karena Kue Tat adalah kue khas dari Bengkulu yang memiliki citarasa yang berbeda dari bolu pada umumnya. Rasa gurih dan manis menjadi satu di kue khas tradisional ini. Pada umumnya, masyarakat Bengkulu menyajikan Kue Tat saat hari lebaran atau Idul Fitri.

Di sini, makanan khas ini disajikan untuk tamu yang berkunjung ke rumah seseorang. Dulunya, hanya raja yang menyantap Kue Tat. Namun, karena perkembangan zaman, masyarakat juga membuat kue khas ini untuk dimakan bersama keluarga. Jika anda berkunjung ke Bengkulu, anda bisa membawa Kue Tat sebagai oleh-oleh. *beli yang banyak supaya anda puas.

Baca juga :  10 Oleh oleh Khas Lasem Cocok Untuk Keluarga Dan Teman Tercinta

Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin

carimasakankhas.blogspot.co.id

Buah Durian seringkali dijadikan bahan tambahan untuk membuat kue atau minuman lezat. Tapi, pernahkah anda mencoba makanan yang diolah dari bahan durian? Jika anda belum pernah mencoba dan ingin merasakan, anda harus mencicipi sajian kuliner yang bernama Tempoyak Ikan Patin.

Di sini, salah satu makanan khas di Bengkulu ini terkenal karena rasanya yang sangat lezat. Oleh orang Bengkulu, Tempoyak dijadikan bumbu untuk mengolah Ikan Patin. Proses pembuatan dari Tempoyak sendiri adalah dari hasil fermentasi, lalu dicampur dengan Ikan Patin segar agar menciptakan sebuah sajian kuliner yang menyuguhkan citarasa yang sempurna.

Bagar Hiu

Bagar Hiu

loveindonesia.com

Jika anda diberitahu tentang masakan yang berbahan Ikan Hiu, apa yang terngiang di kepala anda adalah sop sirip ikan hiu. Di Bengkulu, masyarakat tidak mengolah siripnya, tapi menggunakan daging Ikan Hiu untuk dijadikan makanan berkuah kental. Memang, daging hiu belum begitu populer di Indonesia.

Tapi jika anda ingin merasakan bagaimana sajian kuliner khas ini, anda kami sarankan untuk mencobanya sendiri. Yang membuat daging Bagar Hiu berbeda yaitu, dagingnya tidak begitu amis bila dibandingkan Ikan Hiu lainnya. Kenapa? Karena masyarakat hanya menggunakan daging dari Ikan Hiu jenis punai. Nah, untuk anda yang penasaran dengan makanan yang pernah disantap oleh Presiden Soekarno ini, anda harus ke Bengkulu.

Lema

Lema makanan khas bengkulu

Pernahkah anda mendengar sebuah suku yang bernama Suku Rejang? Nah, Suku Rejang adalah pencipta dari makanan khas yang satu ini. Lema bisa dibilang mirip dengan Tempoyak karena proses pembuatannya yang menggunakan metode fermentasi. Tapi, bahan pembuatnya berbeda – kalau Tempoyak menggunakan durian.

Bahan dari Lema adalah rebung yang dikombinasikan dengan Ikan Mujaer. Proses pembuatannya, semua bahan yang sudah dicampur, dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu ditutup rapat hingga beberapa hari. Ada satu hal yang mungkin membuat anda kurang suka, yaitu aromanya yang kurang sedap. Namun, jangan salah dengan rasanya yang akan membuat lidah anda bergoyang.

Baca juga :  10 Makanan Khas Cekoslowakia Terasa Menggoyang Lidah

Pendap

Pendap khas bengkulu

bukalapak

Kami menyarankan anda untuk merasakan sajian kuliner khas yang satu ini. Yup, Pendap adalah makanan khas dari Bengkulu yang sudah ada sejak zaman dahulu. Di sini, Pendap dibuat dari beberapa ikan. Bahan utama pembuat bumbunya, menggunakan kencur, bawang putih, cabai, dan juga kelapa muda.

Proses pembuatan dari makanan khas ini terbilang mudah, semua bumbu dicampur dengan ikan, lalu dibungkus dengan daun talas. Nah, fungsi dari daun talas sendiri adalah untuk menambah aroma pada Pendap. Perlu anda ketahui, untuk membuat Pendap membutuhkan waktu yang cukup lama. Benar sekali, jika ingin membuat Pendap yang lezat, harus direbus hingga waktu kurang lebih 8 jam.

Kue Lepek Biniti

Kue Lepek Biniti khas bengkulu

beritagar.id

Untuk anda yang suka membawa oleh-oleh saat bepergian ke luar kota, Kue Lepek Biniti adalah kue khas yang harus anda bawa pulang. Di sini, kue khas yang satu ini memiliki citarasa yang manis dan pastinya sangat lezat. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kue khas dari Bengkulu ini adalah santan, tepung ketan, lengkuas, dan daun salam.

Mungkin anda akan mengira Kue Lepek Biniti sebagai kue nagasari karena bungkusannya adalah daun pisang. Namun, rasanya pasti berbeda karena bahan utamanya yang memiliki rasa-rasa yang khas. Untuk mendapatkan kue ini cukup mudah, pedagang keliling biasanya menjual kue khas ini.

Bay Tat

Bay Tat

kuenyamamakembar.blogspot.co.id

Satu lagi kue yang berasal dari Bengkulu yang akan membuat anda ketagihan saat menyantapnya, namanya adalah Bay Tat. Mungkin dari namanya anda anggap aneh, tapi faktanya memang demikian untuk mereka yang belum tau kue khas yang lezat ini. Nah, nama Bay artinya induk, dan Tat adalah kue tart.

Baca juga :  9 Makanan Khas Kudus Harga Murah tapi Enak Banget

Gampangnya, Bay Tat adalah kue tartnya masyarakat Bengkulu. Bahan utama pembuat kue lezat ini adalah telur ayam, tepung gandum, gula pasir, dan mentega. Jika anda ingin mencoba Bay Tat, anda bisa mendapatkannya di toko pusat oleh-oleh.

Manisan Terong

Manisan Terong

ksmtour.com

Jenis manisan yang ada umumnya berasal dari buah-buahan seperti mangga, apel, nangka, dsb. Namun, masyarakat Bengkulu membuat manisan yang berasal dari terong. Jika anda penasaran, anda harus mencoba bagaimana rasanya.

Di sini, Manisan Terong memberikan citarasa yang manis dan pastinya legit di mulut. Untuk mendapatkan manisan khas dari Bengkulu ini, anda harus mengeluarkan uang sekitar 15 ribu rupiah. Tambahan, Manisan Terong bisa dibilang mirip kurma, tapi ada rasa khas yang harus anda rasakan sendiri. *hehe

Kembang Goyang

Kembang Goyang

ratnasusilo.blogspot.co.id

Cemilan ini termasuk dalam makanan khas Bengkulu yang harus anda coba. Kenapa? Kembang Goyang adalah primadona cemilan masyarakat Bengkulu. Bentuknya yang unik karena mirip dengan bunga, akan membuat anda ingin menyantapnya dengan lahap.

Ada satu hal yang unik dari proses pembuatannya. Saat digoreng, adonan kue khas ini harus digoyang. Itulah kenapa dinamakan Kembang Goyang. Rasa dari cemilan khas dari Bengkulu ini beragam, ada yang manis dan ada pula yang tawar. Nah, jika anda mengunjungi Bengkulu, jangan lupa untuk membawanya sebagai oleh-oleh.

Lemang Tapai

Lemang Tapai

Bukan lema, tapi makanan ini bernama Lemang. Yup, bahan utama yang dijadikan peneman sajian kuliner ini adalah tapai. Makanan khas yang satu ini dibuat dari beras kentan lalu dimasak dengan menggunakan santan. Pembungkusnya adalah daun pisang. Proses pembuatannya dimasukkan ke bambu muda lalu dibakar – unik bukan? Nah, Sebenarnya tapai hanya peneman. Tapi karena pas, maka dijadikan satu hingga menjadi Lemang Tapai.



Leave a Reply