7 Air Terjun Menarik di Bengkulu Paling Memikat Hati


Fida  September 25, 2021  0 Comment

Bengkulu menjadi salah satu daerah di Indonesia yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata. Tidak heran jika daerah yang satu ini kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Salah satu tempat wisata alam yang cukup populer dan banyak dijumpai di Bengkulu adalah wisata air terjun. Berikut daftar 7 air terjun menarik di Bengkulu yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun di Bengkulu
mongabay.co.id

Air Terjun Batu Betiang menjadi salah satu tempat wisata air terjun di Bengkulu yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Air Terjun Batu Batiang berlokasi di daerah Babakan Baru, Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Air Terjun yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa. Bagaimana tidak, pengunjung akan dimanjakan dengan jernih dan bersihnya aliran air terjun. Tidak hanya itu, pemandangan tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana semakin mengesankan. Air Terjun Batu Betiang cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin merasakan suasana tenang saat berlibur.

paket wisata murah

Explore Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Air Terjun Mangku Kodeq Yang Memikat Hati

2. Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup
nativeindonesia.com

Ada cukup banyak tempat wisata air terjun di Bengkulu yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Air Terjun Kepala Curup. Air terjun yang satu ini beralamat di Desa Kepala Curup, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Air Terjun Kepala Curup dikenal akan jernih dan bersihnya air yang mengalir dari ketinggian mencapai 100 meter. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang sangat memukau dan indah. Tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menambah keindahan tempat wisata alam yang satu ini. Salah satu hal yang menjadi saya tarik adalah dikawasan air terjun ini terdapat goa yang sangat unik. Hal itu tentu menjadi ciri khas yang sayang untuk dilewakan. Pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di dekitar Air Terjun Kepala Curup.

3. Air Terjun Mandi Angin

Air Terjun Mandi Angin
ksmtour.com

Air Terjun Mandi Angin dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di daerah Air Berau, Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Anda dapat mengunjungi Air Terjun Mandi Angin di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT).

Air terjun yang satu ini memiliki nama yang cukup unik dan terdapat makna dibalik penamaannya. Konon katanya saat pengunjung berada di jarak 50 meter dari titik air terjun, maka pakaian pengunjung akan basah karena air yang terbawa angin. Itulah yang menyebabkan wisata alam ini diberi nama Air Terjun Mandi Angin. Saat datang ke air terjun ini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat mengesankan. Bagaimana tidak, air terjun ini memiliki aliran yang jernih dan bersih. Tidak hanya itu, indahnya tebing dan pepohonan di sekelilingnya juga menjadikan pengunjung betah berlama-lama di kawasan air terjun ini. Bagi Anda pecinta foto, jangan lupa sempatkan untuk berfoto di beberapa spot menarik yang ada.

4. Curug Cay

Curug Cay
travel.okezone.com

Diantara banyaknya tempat wisata alam air terjun di Bengkulu, Curug cay menjadi salah satu yang sayang untuk Anda lewatkan.  Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu. Dari Bengkulu, membutuhkan waktu sekitar 50 menit dengan jarak tempuh sepanjang 25 kilometer untuk sampai di Curug Cay.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya aliran air terjun yang mengalir dari ketinggian mencapai 12 meter. Di bawah aliran air terjun terdapat kolam dengan luas 15 hingga 20 meter. Aliran air yang jernih dan bersih juga memanjakan pengunjung selama berada disana. Pengunjung dapat mencoba untuk bermain air hingga berendam di kolam dengan kedalaman yang berkisar 3 meter. Karena airnya yang jernih dan bersih, tidak heran jika pemandangan di kawasan air terjun ini tampak sangat mengesankan dan sayang untuk Anda lewatkan.

5. Air Terjun Sengkuang Kepahiang

Air Terjun Sengkuang Kepahiang
bengkulu.antaranews.com

Air Terjun Sengkuang Kepahiang menjadi salah satu tempat wisata air terjun di Bengkulu yang cukup populer dan sangat direkomendasikan untuk Anda datangi. Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kebawetan, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.  

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami saat berkunjung ke air terjun ini. Terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung diantaranya bermain air, berendam, hingga berfoto dengan spot indah disana. Pepohonan dan tumbuhan di sekitar air terjun juga menjadikan suasana semakin tampak asri.

6. Curug Sembilan

Curug Sembilan
merdeka.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata air terjun di Bengkulu, Curug Sembilan menjadi rekomendasi tepat dan sayang untuk Anda lewatkan. Air terjun yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa yang berlokasi didaerah Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu. Penamaan air terjun yang satu ini berasal dari jumlah undakan atau tingkat pada air terjun yakni berjumlah 9.

Untuk sampai di Curug Sembilan, pengunjung memang harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan. Dibutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 4 jam dari Desa Tanah Hitam untuk sampai di lokasi air terjun. Tetapi meskipun begitu, rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi dan melihat indahnya pemandangan sekeliling air terjun. Tidak hanya alirannya yang deras, bersih, serta jernih, Curug Sembilan juga menawarkan suasana yang masih sangat alami dan asri. Curug Sembilan menjadi rekomendasi tepat bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata alam air terjun di Bengkulu.

7. Air Terjun Tri Muara Karang

Air Terjun di Bengkulu
genpi.co

Diantara banyaknya pilihan wisata air terjun, salah satu yang cukup populer dan bisa Anda datangi adalah Air Terjun Tri Muara Karang. Air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Blitar Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Air Terjun Tri Muara Karang dikenal menawarkan keindahan alam luar biasa dengan tiga aliran air terjun. Tidak hanya indah dipandang, 3 aliran tersebut juga memiliki ciri khas yakni memiliki suhu yang berbeda-beda. Air terjun tingkat pertama dikenal dengan airnya yang panas, tingkat kedua dengan air hangat, dan tingkat paling bawah dengan suhu dingin. Cukup unik bukan? Indahnya pemandangan di sekeliling air terjun berupa tebing dan pepohonan juga menambah suasana semakin asri dan tenang. Air Terjun Tri Muara Karang dapat menjadi tujuan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata alam air terjun di Bengkulu.



Leave a Reply