7 Makanan Khas Pulau Bawean dan Rekomendasi Oleh-oleh


sisil angelin  October 22, 2018  0 Comment

Makanan Khas Bawean terkenal gurih dan lezat. Pulau Bawean sangat indah, dilengkapi dengan berbagai makanan khas Bawean pasti membuat Anda makin betah berada di Pulau Bawean. Bagi Anda yang tidak mengetahui tentang Pulau Bawean maka, Anda harus mengetahuinya. Pulau Bawean adalah pulau kecil yang hanya terdiri dari 2 kecamatan yaitu kecamatan Tambak dan Sangkapura. Disana terdapat makanan khas Bawean yang memiliki rasa begitu enak.
Secara geografis Pulau Bawean letaknya dikelilingi oleh lautan. Tidak heran kalau makanan khas Bawean rasany enak, karena bahan yang digunakan kebanyakan ikan segar. Masyarakat disana setiap hari mengkonsumsi ikan. Berbagai jenis ikan diolah menjadi berbagai masakan yang khas. Meski banyak sekali makanan berbahan ikan namun, Anda juga bisa menemukan makanan khas Bawean dengan bahan lainnya.

Kuliner makanan Pulau Bawean belum terlalu banyak dieksplore, sehingga membuat Anda sulit untuk menemukan informasi makanan khas Bawean yang harus dicoba ketika disana. Ini kesempatan bagus untuk Anda melakukan eksplore makanan khas Pulau Bawean, Anda bisa share seluruh makanan yang berada disana. Memudahkan Anda untuk menemukan makanan lezat di Pulau Bawean maka, Simak berikut ini tentang Makanan khas Bawean

1. Koncok-koncok

Koncok-koncok

Bukalapak.com

Makanan khas pertama ada koncok-koncok. Namanya unik sekali, membuat orang penasaran dengan makanan tersebut. Arti dari koncok-koncok yaitu bagian ujung, hal ini dikarenakan makanan ini dibuat dari bahan ikan yang diambil hanya dibagian ujungnya saja. Bagian tengahnya dibiarkan untuk dijadikan kerupuk. Sebenarnya bagian tengahnya juga dapat dimanfaatkan juga namun, jarang sekali yang menggunakannya.
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan koncok-koncok yaitu ada ikan laut, penyedap makanan, air, garam, daun pisang, tepung terigu, dan gula. Cara membuat koncok-koncok yaitu meghaluskan ikan laut terlebih dahulu, lalu dicampur dengan tepung terigu, air, garam, gula dan penyedap. Semua bahan diaduk hingga rata lalu dibentuk menjadi lonjong dan dibungkus menggunakan daun pisang.
Selesai dibungkus lalu adonan dikukus hingga matang, setelah matang kocok-kocok diiris tipis dan dogoreng. Makanan sudah matang lalu siap dihidangkan dengan sambal khas Bawean atau saos sambal yang berada di toko.

Baca juga :  Tawarkan Cita Rasa Khas, Ini Nih 10 Wisata Kuliner di Bitung

Paket wisata murah

Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader, Salah Satu Kuliner Khas Gresik

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

2. Lumpang

Lumpang

detikFood.com

Makanan khas Bawean lumpang harus dicoba. Pasalnya makanan ini hanya bisa Anda temukan ketika berada di Pulau Bawean. Bentuknya panjang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kedua ujungnya diikat dengan menggunakan tali khusus, sehingga bentuknya seperti guling. Makanan ini disajikan dengan cara diiris tipis lalu ditaburi parutan kelapa dan gula aren.
Manis dan nikmat merupakan rasa yang Anda rasakan ketika memakan lumpang. Anda bisa menikmatinya sambil santai dan ditambah dengan minum es kelapa muda. Lumpang terbuat dari tepung beras, air kapur, garam, dan air daun pandan. Semua bahan dicampur lalu diaduk hingga merata. Bila adonan sudah merata langsung dibungkus dengan daun pisan dan dikukus.

3. Kerupuk ikan Bawean

Kerupuk ikan Bawean

demo.enotaris.com

Kerupuk ikan bawean biasa digunakan sebagai makanan oleh-oleh. Kerupuk ikan ini berbeda-bedak, maksudnya bahan ikan yang digunakan jenisnya tidak hanya satu. Berbagai jenis ikan diolah dan dijadikan makanan khas Bawean kerupuk. Paling populer kerupuk Bawean yaitu rasa ikan tuna dan tenggiri. Para wisatawan biasa membeli kerupuk yang rasa itu, karena rasanya lebih lezat daripada lainnya.
Makanan kerupuk ikan Bawean disediakan dalam dua variasi. Ada yang sudah matan dan mentah. Bila Anda ingin membeli kerupuk matang maka, langsung dibeli dalam bentuk kemasan. Kerupuk mentah biasanya dijual kiloan, sehingga Anda langsung ditimbangkan ketika membeli kerupuk tersebut.

4. Kella Celok

Kella Celok

twgram.me

Kella celok atau disebut dengan ikan kuah kuning ini memiliki rasa juara. Kelezatan ikan kuah kuning yang berada di pulau Bawean sangat berbeda dengan ikan kuah kuning lainnya. Makanan kella celok sangat cocok dinikmati pada waktu siang hari, karena rasanya sangat segar dan enak.
Resep makanan kella celok sebenarnya sangat mudah. Hanya menggunakan bahan bawang merah, bawang putih, ketumbar, Lombok, terasi, laos, asam, kunyit, dan merica. Semua bumbu dihaluskan kecuali bahan laos. Masukkan ikan bersama bumbu rempah tersebut, kasih air secukupnya dan biarkan mendidih. Tidak ada yang bisa melupakan rasa dari lezatnya kella celok ini, sehingga Anda wajib mencicipi rasanya.

Baca juga :  Oleh Oleh Khas Manado Halal, Kelezatan Khas Sulawesi Utara

5. Empek-empek Bawean

Empek-empek Bawean

Pintaram.com

Bila kota Palembang memiliki makanan khas mpek-mpek maka, Pulau Bawean juga memiliki makanan khas paling lezat empek-empek. Nama dari kedua makanan tersebut hampir sama namun, rasanya sangat berbeda. Makanan ini termasuk kedalam camilan, karena tidak bisa dijadikan lauk. Biasanya dimakan langsung dengan menggunakan saos sambal yang pedas.
Makanan khas Bawean empek-empek sering ditemukan dikawasan wisata pinggir pantai. Disana banyak penjual yang sejak lama berdagang makanan tersebut. Bahan yang digunakan sangat sederhana. Diantaranya yaitu tepung kanji, telur, air, bawang putih, garam, dan penyedap rasa. Tidak lupa ditambahkan ikan halus yang telah diblender, agar cita rasa makannya lebih enak.

6. Petis Bawean

Petis Bawean

evelineseva.wordpress.com

Petis Bawean sangat terkenal karena memiliki rasa yang berbeda. Cita rasa yang berbeda itu dari bahan yang digunakan untuk membuat petis. Bahan utama yang digunakan adalah ikan laut. Pantas saja petis rasanya sangat lezat sekali. Informasi bagi Anda petis bentuknya seperti saos tetapi agak padat. Biasanya dinikmati dengan kerupuk, gorengan atau makanan lainnya.
Petis bawean ini dimasak dengan proses yang sangat mudah. Bahan ikan laut diambil dagungnya, lalu dihaluskan langsung masukkan ke dalam wajan. Tambahkan air, gula aren, gram dan penyedap rasa. Aduk hingga mendidih dan airnya habis. Proses memasak petis agak lama, agar petis ini awet dan bisa tahan lama.
Banyak Para pedagang yang menjual petis Bawean, jadi Anda bisa membelinya sebagai oleh-oleh karena petis dibungkus rapi dengan menggunakan wadah seperti toples plastik.

7. Posot-posot Bawean

Posot-posot Bawean

bawean.net

Anda pasti mengenal makanan khas Bawean posot-posot. Makanan ini adalah kerupuk yang bentuknya lonjong-lonjong. Terbuat dari ikan tongkol dan ikan tenggiri. Bahan ikan dihaluskan lalu diberi campuran tepung tapioka kemudian ditambahkan telur. Adonan kocok-kocok lalu dibentuk lonjong dan dikeringkan. Selesai dikeringkan kemudian digoreng hingga matang.
Posot-posot biasanya dijadikan sebagai makanan oleh-oleh. Banyak sekali wisatawan yang memborong Posot-posot untuk dibawa pulang. Alasannya makanan ini sangat enak dibuat camilan dan harganya juga terjangkau. Setiap satu bungkus besar Posot-posot dibanderol dengan harga Rp. 15.000. Makanan ini ternyata diproduksi untuk dikirim ke luar pulau juga, biasanya dikirim ke kota Gresik dan Surabaya.
Sangat asyik sekali melihat berbagai macam makanan khas Bawean. Sekarang dari informasi di atas, Anda dapat memulai melakukan perjalanan kuliner disana. Sambil makan makanan khas Bawean, sekaligus Anda bisa membeli makanan oleh-oleh yang telah direkomendasikan tadi. Nikmati kuliner sepuasnya dan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh makanan yang banyak untuk keluarga di rumah.



Leave a Reply