Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Lupakan Diet! Ini Nih 10 Rekomendasi Kuliner Malam di Semarang


Reni  November 5, 2019  0 Comment


Mencari kuliner malam enak di Semarang menjadi salah satu aktivitas wajib kala berkunjung ke ibukota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Setelah penat seharian mengeksplorasi tempat-tempat wisata alam maupun modern di Semarang, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk berburu kuliner. Apa saja kuliner malam paling menjanjikan di kota ini?


10 Rekomendasi Kuliner Malam Legendaris Semarang


Semarang termasuk sebagai kota yang beraktivitas selama 24 jam penuh. Jadi, tidak sulit bila ingin menemukan kuliner lezat pada malam hari di sini. Apa saja ragam kuliner yang wajib dicoba untuk mengisi malam Anda di Semarang?


1. Nasi Liwet Bu Sami

kuliner malam semarang
Instagram/novicakusuma


Sudah berjualan sejak tahun 1975, kuliner malam yang satu ini tidak boleh sampai Anda lewatkan. Lokasinya sangat strategis, berada di Pojok Matahari, Simpang Lima Semarang. Warung sederhana yang kini dikelola oleh generasi ketiganya ini berjualan mulai pukul 23.00 – 06.00 WIB. Cocok sekali menjadi pelipur lapar di malam hari, bukan?
Nasi liwet di sini dimasak hingga benar-benar pulen, kemudian disajikan bersama opor ayam suwir, krecek, dan tahu bacem. Ada pula aneka pilihan lauk tambahan seperti sate usus dan ayam goreng. Harganya mulai Rp10.000,- saja tiap porsinya. Di sini, Anda dapat duduk lesehan menikmati jalanan Semarang malam hari.


2. Nasi Bebek Waroeng Kaligarong

kuliner malam enak di semarang
sintiaastarina.com


Masih dari kawasan Simpang Lima, kuliner malam enak di Semarang lainnya adalah nasi bebek di Waroeng Kaligarong. Tidak perlu khawatir akan mendapati daging yang alot atau amis. Sebab, bebek yang disajikan di sini telah dimasak dengan bumbu rempah hingga meresap dan dagingnya sangat empuk. Ditambah penyajian bersama sambal mangga muda.
Seporsi nasi bebek dari Waroeng Kaligarong dipatok sebesar Rp20.000,- saja. Harga yang terjangkau untuk sebuah cita rasa yang tidak ada duanya. Kalau Anda tidak menyukai daging bebek, tersedia banyak opsi menu lain yang tidak kalah lezat. Ada nasi cumi tinta hitam, ayam goreng sambal matah, dan aneka kuliner khas nusantara.


3. Nasi Kucing Pak Gik

rekomendasi kuliner malam semarang


Ingin makan murah, enak, tapi kenyang? Datang saja ke Jalan Inspeksi, Sekayu. Tempat kuliner malam terkenal dari Semarang ini berupa angkringan di mana tersedia nasi kucing berikut lauk pauk pendampingnya yang dijamin tidak menguras kantong. Sebungkus nasi kucing hanya dipatok Rp3.000,-. Murah sekali, bukan?
Soal pilihan lauk, sangat khas angkringan. Mulai dari sate ampela, sate usus, sate telur puyuh, jeroan goreng, hingga aneka gorengan. Tidak kalah murah, harga untuk satu biji lauk pendamping mulai Rp1.000,- saja. Tidak mengherankan bila kemudian Angkringan Nasi Kucing Pak Gik ini tidak pernah sepi oleh pembeli.


4. Mangut Welut Bu Nasima

kuliner malam semarang
Instagram/giv_goof_note


Tidak dapat dimungkiri bahwa kuliner malam enak di Semarang memang menyediakan banyak pilihan. Warung Bu Nasima dengan menu mangut welut sangat direkomendasikan. Lokasinya di Jalan Menoreh Raya No. 10, Gajahmungkur. Seporsi mangut welut bisa diperoleh dengan harga Rp10.000,-. Rasa pedas manisnya dijamin membuat ketagihan.


5. Nasi Goreng Babat Pak Hengki

nasi babat enak di semarang
Instagram/ny.rempong


Kuliner di daerah Jawa Tengah, khususnya Semarang, memang identik dengan olahan jeroannya. Kali ini, kuliner malam selanjutnya adalah Nasi Goreng Babak Pak Hengki. Warungnya berada di Jalan Pujasera, Semarang. Jika nasi goreng lain menggunakan irisan daging ayam sebagai pelengkap, berbeda dengan warung ini. Jeroan seperti babat menjadi pilihan.
Nasi goreng babat ini memiliki rasa yang lebih gurih serta aroma yang kuat hingga membuat air liur menetes. Harganya hanya Rp20.000,- per porsi yang sangat terjangkau dan sebanding dengan kelezatan rasanya. Nasi goreng babat itu bisa Anda tambahkan lauk babat gongso atau paru goreng supaya semakin nikmat.


6. Soto Bangkong

rekomendasi kuliner semarang
Instagram/nina_epicure


Di Ruko Bangkong Plazadi, ada kuliner malam yang sangat tepat disantap untuk menghangatkan badan di malam hari. Namanya soto bangkong yang sudah buka puluhan tahun. Kuah soto yang bening memberikan rasa hangat tapi segar pada tubuh. Ditambah lagi soto disajikan bersama soun, daging ayam suwir, irisan tomat, dan taburan tauge.
Harganya? Sebagian wisatawan biasanya dibikin kaget saat mengetahui harga seporsi soto bangkong hanya Rp6.000,-. Porsinya cukup mengenyangkan meskipun tanpa nasi, karena sudah diganti oleh soun. Tapi jika Anda ingin menikmati soto bersama dengan nasi putih juga bisa. Lauk tambahan lainnya adalah sate telur puyuh dan sate kerang.


7. Lumpia Semarang

kuliner malam semarang
Instagram/jogyabikinngiler


Sebagai ‘Kota Lumpia’, sudah pasti wajib mencicipi penganan yang satu ini ketika ke Semarang. Tidak perlu khawatir, karena Lumpia Semarang juga masuk daftar kuliner malam enak di Semarang. Banyak tempat-tempat yang menjual lumpia basah maupun kering hingga larut malam, seperti di Jalan Lombok dan Jalan Pemuda.


8. Nasi Gudeg Mbak Tum

kuliner malam enak di semarang
Instagram/wnlukman


Meskipun gudeg merupakan masakan khas Yogyakarta, tapi di Semarang, ada warung makan gudeg malam hari yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di Jalan MT. Haryono, Semarang. Buka mulai selepas maghrib, nasi gudeg Mbak Tum ini tidak pernah sepi peminat. Soal rasa gudegnya cenderung lebih gurih dibanding manis sebagaimana di daerah asalnya.
Seporsi gudeg di sini kurang lengkap tanpa tambahan sayur koyor. Harganya tidak akan membuat Anda menangis, cukup Rp15.000,- per porsi. Ada pula pilihan menu lain seperti lontong opor dan ayam goreng pete. Tapi kalau kemari, Anda harus bersabar karena rentetan antrean yang panjang bahkan meski hari semakin larut.


9. Wedang Kacang Kapuran Semarang

kuliner malam semarang
Instagram/bubueataway


Tidak ingin makan? Di Semarang, ada wedang kacang, minuman yang cocok menghangatkan badan ketika malam tiba. Lokasi warungnya ada di Jalan Ki Mangunsarkora No. 45 Gabahan, Semarang. Warung ini sudah berjualan sejak 1977 dan wedang dari kacang tanah yang dilabeli harga Rp10.000,- merupakan menu andalan.
Kuliner malam enak di Semarang ini bisa didapatkan mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB. Selain wedang kacang, ada pula wedang lainnya seperti ronde. Banyak pula pilihan penganan ringan sebagai pendamping wedang, yaitu risoles, aneka bakaran, bacem, kroket, siomay dan lain-lain. Penganan pendamping ini bisa ditebus dengan harga mulai Rp1.000,-.


10. Bakmi Jawa Pak Gareng

Instagram/nofirwan_firwan


Ingin mencicipi kuliner adaptasi Tiongkok dengan cita rasa lokal Semarang? Datang saja ke Bakmi Jawa Pak Gareng di Jalan Wot Gandul Dalam No. 173, Semarang. Dengan membayar Rp20.000,- per porsi, Anda sudah bisa menikmati bakmi jawa yang lezat. Di sini, Anda bisa memilih bakmi kuah atau bakmi goreng.


Tips Wisata Kuliner Malam Semarang

Kalau bertandang ke Semarang dan ingin berwisata kuliner pada malam hari, sebaiknya Anda tidak melupakan hal-hal berikut :
Wajib antre karena semua warung legendaris di atas selalu ramai pengunjung.
Pastikan dulu harga kuliner yang hendak dibeli pada penjual kalau tidak tersedia daftar menu.
Banyak sekali pilihan kuliner malam enak di Semarang yang bisa dicicipi. Harganya murah, tetapi rasa dijamin tidak murahan. Meski begitu, Anda memang harus bersabar bila membeli di deretan warung malam legendaris Semarang di atas.



Leave a Reply