11 Street Food Afrika Selatan Yang Menggugah Selera


prita  August 24, 2022  0 Comment

Street Food Afrika Selatan menjadi salah satu kuliner yang patut untuk dicoba saat berlibur ke Benua Hitam tersebut. Afrika Selatan ternyata menyimpan banyak sekali camilan nikmat yang mudah sekali ditemukan. Tak hanya menjadi kudapan saat berkumpul bersama keluarga maupun kerabat, street food khas Afrika Selatan juga sering disajikan sebagai salah satu menu pembuka di restoran. Nah, untuk kamu yang penasaran dengan jajanan khas Afrika Selatan yang terkenal memiliki cita rasa manis dan gurih, berikut ini adalah daftarnya.

1. Johnny’s Roti

Johnny's Roti
pinterest.com

Street food Afrika Selatan yang pertama wajib kamu coba adalah Johnny’s Roti. Johnny’s Roti ini sangat populer sebagai street food di Durban yang disukai oleh hampir seluruh kalangan.

Sesuai dengan namanya, Johnny’s Roti ini merupakan roti yang diisi dengan daging kari kambing dan keju. Sajian ini memang memiliki tampilan yang menggiurkan bagi warga lokal. Johnny’s Roti ini sangat mudah kamu temukan di banyak tempat di Afrika Selatan, khususnya di Durban dan Mowbray.

Gotravelly

Cobain Korean Street Food Di Goryeo Street LaFest, Rasanya Juara!

Segarnya Get Tea Loop Cocok Untuk Diminum Saat Udara Panas Di Kota Surabaya!

2. Pampoenkoekies

Pampoenkoekies
showmanebistro.com

Pampoenkoekies menjadi salah satu street food Afrika Selatan yang cukup populer. Jajanan yang sering disajikan sebagai hidangan penutup ini dibuat dari labu goreng sebagai bahan utamanya.

Labu goreng tersebut kemudian dicampur dengan tepung, baking powder, susu, gula, telur dan garam. Adonan tersebut kemudian digoreng hingga golden brown dan disajikan dengan siraman sirup karamel yang legit. Jajanan ini memiliki cita rasa yang merupakan perpaduan dari rasa gurih dan manis. Tak heran jika pampoenkoekies ini sering disajikan sebagai menu sarapan, camilan ataupun hidangan penutup.

3. Koeksister

Koeksister
introducingsa.co.za

Street food Afrika Selatan yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah koeksister. Koeksister ini merupakan camilan yang memiliki cita rasa manis dan menjadi favorit banyak orang.

Koeksister ini memiliki tekstur yang agak lengket karena dibuat dengan menggoreng potongan adonan yang dikepang dalam minyak, kemudian mencelupkannya dalam sirup gula dingin. Biasanya, camilan ini dijual di setiap jalan utama di Afrika Selatan dan supermarket besar. Agar lebih nikmat, hidangan ini biasa diberi tambahan kayu manis atau jus lemon sebelum dimakan.

4. Droëwors

Droewors
en.wikipedia.org

Droëwors merupakan street food Afrika Selatan yang dibuat dari sosis dendeng kering. Sajian ini terbuat dari daging sapi atau kambing dengan lemak ekor domba, ketumbar, cuka dan berbagai rempah. Adonan tersebut juga diberi tambahan potongan bawang putih dan cabai.

Sosis tipis ini dikeringkan dengan cepat untuk menyesuaikan kondisi cuaca panas Afrika Selatan. Droëwors seolah menjadi pilihan yang tepat jika kamu mencapai camilan yang praktid, cepat dan bergizi.

5. Biltong

Biltong
epicurious.com

Street food Afrika Selatan yang wajib untuk kamu cicipi selanjutnya adalah biltong. Biltong adalah camilan khas Afrika Selatan yang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan cara yang cukup unik..

Cara pembuatan sajian ini yaitu dengan mengeringkan daging sapi dengan cuka yang mana cuka tersebut bisa memberikan lapisan tekstur dan rasa. Setelah itu, daging dibumbui dengan garam, merica dan ketumbar. Daging ini jauh lebih tebal dibandingkan dengan dendeng dan memiliki cita rasa yang lebih gurih di lidah.

6. Vetkoek

Street Food Afrika Selatan
darylskitchen.com

Pernahkah kamu mendengar tentang vetkoek? Vetkoek merupakan street food yang cukup populer di Afrika Selatan. Vetkoek ini terdiri dari roti ragi goreng yang diberi isian keju, kari atau selai buah. Biasanya, vetkoek ini dihidangkan sebagai camilan, menu sarapan ataupun menu makan siang. Biasanya, vetkoek ini juga disajikan sebagai teman minum teh.

7. Sosaties

Sosaties
pinterest.com

Street food Afrika Selatan yang wajib untuk dicicipi selanjutnya adalah sosaties. Bisa dibilang, camilan yang satu ini adalah kebab versi Afrika Selatan yang konon diperkenalkan oleh orang Melayu.

Sosatie ini biasanya dibuat dengan isian daging, seperti daging sapi, kambing maupun daging ayam dengan penyajiannya yang mirip dengan sate, yaitu dengan ditusuk bersama dengan buah aprikot lalu dipanggang. Sebelum dipanggang, daging yang digunakan direndam terlebih dahulu selama semalaman dengan bumbu bawang, cabai, daun kari dan asam jawa. Sajian ini memiliki cita rasa yang gurih dengan aroma asap sehingga menambah kenikmatan pada sajian yang satu ini.

8. Bunny Chow

Bunny Chow
louskitchencorner.freybors.com

Bunny Chow juga menjadi salah satu street food Afrika Selatan yang wajib untuk kamu cicipi. Sajian ini memang sangat populer di Afrika Selatan dan tak hanya dikenal sebagai camilan, yapi juga masuk dalam makanan tradisional Afrika Selatan yang paling dicintai oleh masyarakat setempat.

Bunny Chow merupakan sajian yang merupakan kombinasi roti dan kari yang berasal dari komunitas India Durban dan telah menjadi bagian dari Afrika Selatan. Sajian yang juga dikenal sebagai kelinci ini sangat mudah ditemukan di beberapa restoran India di Cape Town ataupun kota-kota lainnya di Afrika Selatan.

9. Smiley

Smiley
edition.cnn.com

Street food Afrika Selatan yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah smiley. Smiley merupakan sajian berupa kepala domba dan mungkin akan terlihat aneh, namun saat kamu mencicipinya kamu pasti akan langsung menyukainya.

Sajian ini dibuat dengan merebus kepala domba dan menghilangkan bulunya menggunakan batang logam. Dagingnya sangat empuk dan biasanya masyarakat Afrika Selatan melahapnya tanpa menu pendamping. Banyak sekali kios di Afrika Selatan yang menyajikan jajanan yang satu ini.

10. Boerewors

Boerewors
thesouthafrican-com.nproxy.org

Boerewors juga menjadi salah satu street food Afrika Selatan yang cukup populer dan banyak dicari oleh wisatawan. Boerewors ini merupakan sosis yang tak hanya ditemukan di Afrika Selatan, tapi juga bisa kamu temukan dengan mudah di Zimbabwe.

Untuk memenuhi syarat sebagai boerewors, sajian tersebut harus mengandung setidaknya 90 persen daging. Hal ini diketahui dari tebalnya tidaknya sosis. Boerewors ini dibuat dari daging sapi cincang yang diberi beragam bumbu, seperti ketumbar, cengkeh serta pala.

11. Boerie Rolls

Boerie Rolls
unileverfoodsolutions.co.za

Street food Afrika Selatan yang terakhir adalah boerie rolls. Boerie rolls merupakan jajanan nikmat yang juga bisa mengenyangkan perut.

Boerie Rolls merupakan jajanan sejenis hot dog, namun hanya tampilannya saja. Gulungan ini merupakan roti putih dengan sosis, saus tomat dan bawang goreng di bagian atasnya. Kuliner khas Afrika Selatan yang satu ini sangat cocok dinikmati saat malam hari sambil bersantau bersama keluarga ataupun teman-teman.

Itulah tadi daftar street food Afrika Selatan yang wajib untuk kamu cicipi saat bertandang kesana. Jajanan khas Afrika Selatan memang dikenal sangat memanjakan lidah, ditambah lagi sajiannya dibuat dari bahan-bahan yang sederhana namun kompleks sehingga menjadikan menu jajanan ini cocok menjadi pengganjal perut. Dari daftar jajanan di atas, mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply