10 Kuliner Enak di Sragen Terkenal dengan Bumbunya yang Spesial


Reni  November 2, 2019  0 Comment


Sragen lokasinya berada di perbatasan Jawa Tengah bagian Timur. Daerah ini mempunyai ragam kuliner nikmat. Kuliner di Sragen sudah banyak dikenal karena memiliki cita rasa yang khas. Dari banyaknya jenis kuliner, ada kuliner wajib coba di Sragen dan tidak boleh sampai terlewatkan. Kenapa? Kuliner di Sragen terkenal dengan bumbunya yang spesial dan berciri khas.
Dikarenakan Sragen berada di perbatasan maka sangat cocok sekali sebagai tempat istirahat. Apa saja kuliner di Sragen yang bisa membuat lidah bergoyang? Daftar kuliner yang nikmat bisa Anda temukan di bawah ini.

Kuliner Enak di Sragen

1. Soto Girin Sragen

Soto Girin Sragen
Instagram/cahyooye


Jalan-jalan ke Sragen kurang lengkap rasanya kalau belum mencoba Soto Girin Sragen. Soto yang satu ini bukan sembarang soto karena termasuk jenis kuliner yang legendaris. Resep dari bumbu soto yang senantiasa dijaga sehingga terus berkembang dan eksis sampai saat ini. Soto Girin Sragen sangat cocok dinikmati bersama teman, keluarga maupun kolega Anda.


Soto Girin mudah dicari karena sudah sangat populer di Sragen. Rasanya yang mampu memanjakan lidah selalu menarik pengunjung baru untuk mencicipi Soto Girin Sragen. Lokasi dari Soto Girin Sragen berada di Jl. Brigjen Katamso tepatnya berada di daerah Sragen Kulon.

Gotravelly

Seafood Artomoro: Seafood Murah, Enak & Fresh

Jajan Fujiyama Sushi Hingga Ice Cream Pickup Di Pasar Malam Kodam

2. Sate Kelinci Pak Peng

Sate Kelinci Pak Peng
Instagram/chokysigala


Apakah Anda termasuk orang yang pecinta sate? Jika iya maka wajib coba Sate Kelinci Pak Peng. Jika selama ini Anda hanya memakan sate ayam atau kambing maka cobalah sensasi yang berbeda. Soal rasa dari sate jangan ditanyakan lagi. Rasanya begitu nikmat dan lezat. Sangat menggugah selera sekali apalagi dengan resep bumbu spesial.

Baca juga :  10 Rekomendasi Tempat Makan Lesehan di Surabaya


Sudah banyak yang merasakan kelezatan dari Sate Kelinci Pak Peng ini. Lokasinya juga sangat strategis yaitu terletak di Jl. Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen. Jadi Anda dengan mudah mencari sate yang sangat lezat di Sragen. Sensasi yang Anda rasakan tentu sangat berbeda dengan jenis sate lainnya.

3. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur


Bakso hampir di setiap kota dan pelosok negeri ada. Bahkan dalam satu kota banyak tersebar pedagang bakso yang memiliki cita rasa masing-masing. Tapi kalau bakso rusuk apa sudah ada di tempat Anda? Nah untuk kuliner wajib coba di Sragen ada Bakso Rusuk Palur. Bakso yang satu ini memang sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta bakso.
Beberapa pilihan menu Bakso Rusuk Palur bisa Anda pilih yang ramah di kantong. Menu-menu tersebut misalnya saja bakso tetelan, bakso rusuk iga sapi dan bakso biasa. Harganya dibandrol senilai RP10.000,- sampai Rp20.000,-. Muah bukan? Yuk datang langsung ke Jl. Sukowati, Sine Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen.

4. Tongseng Pak Noto

Tongseng Pak Noto
kulineronline.com


Tongseng Pak Noto merupakan kuliner wajib coba di Sragen yang bisa dibilang legendaris. Tongseng Pak Noto sudah beroperasi dari tahun 1995 dan masih eksis sampai sekarang ini. Hal ini tentu disebabkan cita rasa yang ditawarkan memang nikmat. Dengan cita rasa yang nikmat tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang ramah di kantong.


Ciri khas yang ada pada Tongseng Pak Noto terletak pada kuahnya. Warna dari kuah tongseng berwarna cokelat muda. Diatasnya kuah tongseng tersebut dilengkapi dengan sayuran seperti tomat dan kol. Ada beragam menu juga yang bisa Anda nikmati seperti garang asem, sate, gulai aneka minuman segar dan masih banyak lainnya.

Baca juga :  10 Wisata Kuliner Boyolali Kelezatannya Bikin Lupa Diri

5. Bothok Mercon Pembawa Berkah

Bothok Mercon Pembawa Berkah
tanahnusantara.com


Jika mendengar namanya sangat unik ya. Tapi Bothok Mercon ini termasuk kuliner wajib coba di Sragen. Jangan sampai melewatkan ketika sedang di Sragen. Bothok Mercon Pembawa Berkah terletak di jalan Sukowati 225, Sragen. Bothok Mercon sangat cocok bagi Anda yang menyukai rasa pedas.
Cita rasa yang nikmat bisa membakar lidah namun dijamin puas. Banyak alasan kenapa tempat ini sering menjadi tempat kulineran andalan. Ada yang hanya penasaran seperti apa pedasnya namun kebanyakan dari mereka adalah pelanggan tetap yang sudah membuktikan betapa nendangnya Bothok Mercon ini.

6. Sate Kambing Widi

Sate Kambing Widi
putratravel.net


Sragen memang banyak menyuguhkan kuliner enak dan pastinya selalu jadi andalan keluarga. Salah satunya adalah Sate Kambing Widi. Daging Sate Kambing Widi sangat empuk sekali dan soal rasa sudah pasti lezat.
Jika Anda ingin mencoba Sate Kambing Widi maka bisa langsung datang ke Dukuh Kajen Desa Celep yang masuk kecamatan Kedawaung dan masih dari Kabupaten Sragen. Pecinta kuliner sate kambing, silakan untuk mampir ke tempat ini. Anda tidak akan menyesal pokoknya malahan nanti bisa membuat Anda ketagihan.

7. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang
hipwee.com


Kuliner wajib coba di Sragen berikutnya ada Pecel Tumpang. Pecel Tumpang menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki ciri khas dan paling banyak dicari pecinta kuliner. Hal yang membuat Pecel Tumpang ini menjadi kegemaran banyak orang karena bumbunya pecelnya yang super lezat.
Rasa dari bumbu begitu komplit ada pedas, asin, manis dan sangat pas di lidah orang Indonesia khususnya. Di mana Anda bisa dapatkan Pecel Tumpang yang nikmat ini? Cukup dengan pergi ke Kuwungsari, Kabupaten Sragen maka Pecel Tumpang bisa Anda dapatkan.

Baca juga :  Pecinta Drakor, Berikut 9 Dessert Paling Populer Di Korea

8. Gathot Sragen

Gathot Sragen
perpus.jatengprov.go.id


Sragen juga menawarkan Anda untuk mencicipi makanan tradisional yang khas. Nama kuliner tersebut yaitu Gathot Sragen. Bahan pembuatan Gathot Sragen bersumber dari gaplek yang telah disimpan dalam waktu yang cukup lama. Sebelum pada akhirnya menjadi makanan yang lezat, gaplek harus dicuci sampai bersih.
Setelah selesai dicuci nanti baru bisa dikukus. Jika sudah selesai proses pengukusan lalu dipotong kecil-kecil sesuai dengan selera. Cita rasa nikmat yang didatangkan dari Gathot Sragen memang unik. Resepnya ada tambahan kelapa, garam dan gula. Jika tidak ada tambahan bumbu tersebut maka rasanya tidak enak.

9. Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro

Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro
gastroina.blogspot.com


Ada lagi yang tidak kalah lezat dan menjadi kuliner wajib coba di Sragen yaitu Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro. Kuliner Tengkleng dan Sate Kambing Mas Mitro ini memiliki reputasi yang baik. Setiap yang datang ke Sragen pasti direkomendasikan untuk mencoba tengkleng dan sate kambing dari mas Mitro ini. Lokasinya juga sangat strategis karena berada di Jalan Raya Sukowati 117.

10. Trancam Mbah Pin

trancam mbah pin
sragen.onwae.com


Ada lagi yang baru dan wajib Anda coba ketika berkunjung ke Sragen yaitu Trancam Mbah Pin. Mendengar namanya sudah membuat Anda penasaran apalagi dengan rasanya. Tenang soal rasa Trancam Mbah Pin sudah pasti tidak akan mengecewakan. Cara penyajian Trancam Mbah Pin juga sangat unik karena lauknya berasal dari makanan yang serba dibakar.
Menarik sekali Trancam Mbah Pin ini apalagi Anda bisa menikmati makanan serba bakar ini sampai jam 21.00 WIB. Cocok sekali kan dalam kondisi yang dingin disuguhkan dengan aneka makanan yang hangat dan panas.
Itulah 10 kuliner wajib coba di Sragen dengan cita rasa yang nikmat. Selain itu memang kuliner di Sragen ini memiliki keunikan baik dari resep dan cara penyajiannya.



Leave a Reply