10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Keraton Jogja


Reni  November 7, 2019  0 Comment


Bukan lagi rahasia bahwa Yogyakarta merupakan surga penganan lezat. Apalagi ada beberapa lokasi kuliner enak dekat Keraton Jogja. Berlokasi di jantung kota, wisatawan yang berkunjung pasti akan dimanjakan dengan aneka pilihan kuliner khas yang memiliki cita rasa otentik serta menggugah selera. Apa rasa ragam kuliner di seputaran keraton yang wajib Anda coba?

Keraton Yogyakarta selain merupakan destinasi wisata wajib, juga dekat dengan banyak tempat wisata lain. Sebab itulah tidak mengherankan bila sentra utama kuliner khas Jogja juga berada di daerah tersebut. Bila Anda mampir ke kota budaya itu, jangan sampai lupa untuk mampir dan mencicipi kelezatan kuliner-kuliner berikut :


1. Gudeg Yu Djum Wijilan

Gudeg Yu Djum Wijilan
Instagram/ yulindanunggalaa


Belum ke Jogja kalau tidak mencicipi salah satu kuliner populernya, yaitu gudeg. Bagi Anda yang belum tahu mengetahui soal penganan yang satu ini, gudeg adalah olahan nangka muda dengan gula merah dan santan. Rasanya didominasi manis dan gurih. Penyajiannya bersama lauk pendamping seperti ayam goreng, telur, dan tempe.
Bicara soal gudeg asli Jogja, tidak mungkin melupakan Gudeng Yu Djum yang telah berjualan sejak 1950-an. Saat ini, gudeg legendaris Yu Djum sudah memiliki tujuh cabang di Yogyakarta, pusatnya sendiri berada di Jalan Wijilan 167, Desa Panembahan, Kecamatan Keraton. Orisinalitas rasanya selalu terjaga agar pelanggan tidak kecewa.

Gotravelly

Makan Seafood Segar Dan Enak Di Kawasan Pantai Depok. Rasanya Bikin Nagih!

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Malam di Bogor Enak Dinikmati Hangat

Angkringan Ngudi Raos : Nongkrong Surabaya Rasa Yogyakarta


2. Bale Raos

 Bale Raos
Isntagram/Baleraosresto


Ingin mencicipi kuliner ala orang nomor satu di Kesultanan Yogyakarta? Tidak jauh dari Keraton, ada rumah makan bernama Bale Raos yang menyajikan olahan makanan favorit keluarga kesultanan. Restoran ini sendiri memang digagas oleh pihak Keraton Yogyakarta. Selain itu, tempat ini juga selalu masuk daftar kuliner enak dekat Keraton Jogja.
Ada dua kuliner andalan dari Bale Raos yang dapat Anda nikmati bila mampir kemari, yaitu kambing panggang dan mangut lele. Kambing panggang disajikan secara modern menyerupai steak sehingga lebih mudah dinikmati. Sementara untuk mangut lele, di-fillet agar pengunjung dapat menikmati tanpa harus disulitkan oleh durinya.


3. Warung Brongkos Handayani

Warung Brongkos Handayani
Instagram/sbykulinerinfo


Rekomendasi tempat makan enak dekat Keraton selanjutnya adalah Warung Brongkos Handayani. Sudah berdiri sejak 1960-an, warung ini menyajikan brongkos sebagai menu utama. Brongkos sendiri adalah olahan sayur kacang tolo, tetelan daging, tahu, dan telur yang dimasak bersama santan kental dan kluwak. Lokasinya berada di Jalan Gading No. 02, Desa Patehan.


4. Gadri Resto

Gadri Resto
Instagram/Gadriresto


Lezat, otentik, dan unik. Ketiga kata tersebut menginterpretasikan Gadri Resto dengan baik. Kuliner andalannya adalah nasi blawong, yaitu nasi berwarna kecokelatan dengan cita rasa rempah yang kuat. Rasanya lezat, apalagi jika disajikan dengan lombok kethok, yaitu irisan kotak cabai yang dibumbui sehingga menghasilkan rasa pedas sekaligus manis.
Gadri Resto didirikan pada tahun 1984 oleh salah seorang kerabat Keraton, sehingga menu yang disajikan memiliki konsep royal dinner ala kesultanan. Uniknya, restoran yang berlokasi di Jalan Rotowijayan No. 05 ini tidak sekadar tempat kuliner enak dekat Keraton Jogja, melainkan berfungsi pula sebagai museum. Koleksinya didominasi oleh barang-barang bersejarah Keraton.

Baca juga :  Lembutnya 10 Variasi Cheese Cake Enak dari Berbagai Negara


5. Restoran Pendopo Ndalem

Restoran Pendopo Ndalem
travelingyuk.com


Kapan lagi menyantap kuliner khas Jogja dengan konsep all you can eat? Anda bisa berkunjung ke Restoran Pendopo Ndalem di Jalan Sompilan Ngasem No. 12 untuk makan siang. Di sini, tersedia berbagai pilihan masakan tradisional, buah-buahan, serta aneka minuman. Soal rasa? Sudah pasti dijamin enak dan otentik.


6. Angkringan JAC

Angkringan JAC
gudeg.net


Bukan sekadar dekat, tetapi angkringan yang satu ini masih berada di dalam area Keraton. Angkringan JAC ini berada di pendopo dalem, menempati salah satu bangunan lawas yang dahulu berfungsi sebagai tempat tinggal bangsawan. Hidangan yang ditawarkan sangat khas dengan angkringan seperti nasi kucing, lauk bakaran, penganan ringan, dan kopi.


7. Mande Jogya

Mande Jogya
makankeliling.com


Kuliner lezat di dekat Keraton selanjutnya yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah Mande Jogya yang bertempat di Jalan Namburan Kidul No. 10, Panembahan. Di sini, tersedia berbagai macam kuliner, mulai dari olahan tradisional, internasional, hingga fushion. Menu andalan Mande Jogya adalah sop bening ayam kampung.
Sop di sini menggunakan daging ayam kampung asli yang direbus dalam waktu lama sehingga menjadi sangat empuk. Belum lagi diolah menggunakan rempah-rempah asli Indonesia yang membuat cita rasanya tidak diragukan lagi sebagai favorit dalam daftar kuliner enak dekat Keraton Jogja. Soal harga juga sangat terjangkau.


8. Sate Klatak Kambing Muda Pak Tong

Sate Klatak Kambing Muda Pak Tong
dimanaja.com


Bagi penggemar olahan daging kambing, harus mampir ke warung Sate Klatak Kambing Muda Pak Tong ini. Lokasinya di Jalan Wijilan No. 14 yang sejatinya merupakan sentra kuliner gudeg. Namun posisi warung ini justru membuatnya lebih mudah populer. Banyak sekali menu dengan bahan utama daging kambing yang ditawarkan di sini.
Sate klatak jelas menjadi menu utama sekaligus terfavorit. Dagingnya benar-benar empuk dengan bumbu meresap sempurna. Disajikan pula dengan saus kacang yang nikmat. Selain sate klatak, Anda bisa mencoba olahan lain seperti tongseng dan tengkleng kambing. Dijamin tidak ada satupun olahan yang masih menyisakan aroma ataupun rasa amis.

Baca juga :  13 Tempat Makan Keluarga di Jakarta Pusat Enak dan Murah


9. Es Buah Gerjen Keraton Yogyakarta

Es Buah Gerjen Keraton Yogyakarta


Tidak cuma makanan, tapi di dekat Keraton Yogyakarta juga ada olahan es yang legendaris. Warung Es Buah Gerjen yang berada di Jalan Nyai Ahmad Dahlan No. 14 58 – 62 ini menawarkan es buah dengan bahan terjamin kesegarannya. Khusus untuk kuahnya, pembeli bisa memilih menggunakan sirup gula pasir atau gula jawa.


10. Kuliner Gudeg Pecel Pasar Beringharjo

 Kuliner Gudeg Pecel Pasar Beringharjo
food.detik.com


Pasar Beringharjo yang tidak terlalu jauh dari Keraton Yogyakarta juga memiliki tempat makan yang wajib untuk dikunjungi. Bagian dari kuliner enak dekat Keraton Jogja ini berada di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan. Menu yang ditawarkan adalah gudeg pecel alias gabungan dari kedua menu tradisional, yaitu gudeg dan pecel.
Gabungan antara kedua menu khas Jawa ini menghasilkan olahan dengan cita rasa gurih, manis, dan sedikit asam. Sebuah perpaduan yang pas dinikmati di pagi hari. Terlebih, sayuran yang digunakan untuk lalapan pecelnya menggunakan sayuran segar. Tapi jika Anda ingin membeli kedua menu tersebut secara terpisah juga bisa.


Tips Berburu Kuliner Enak Dekat Keraton Jogja


Banyak sekali bukan daftar warung kuliner yang wajib dimasukkan dalam bucket list ketika berkunjung ke Yogyakarta? Tapi, bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di kawasan dekat Keraton, ada beberapa tips yang sebaiknya diterapkan :
Usahakan untuk menggunakan bahasa Jawa agar tidak mendapat harga yang lebih mahal. Praktik semacam ini sudah biasa diberlakukan di daerah wisata.
Siapkan uang tunai dalam berbagai pecahan sebanyak mungkin, jadi tidak perlu menunggu lama untuk uang kembalian. Sebab, tempat makan di daerah dekat Keraton biasanya sangat ramai.
Gampang sekali bukan menerapkan kedua tips di atas saat berburu kuliner enak dekat Keraton Jogja? Dengan menerapkannya, Anda bisa merasakan kepuasan dalam berwisata kuliner yang murah dan lezat di daerah istimewa ini.



Leave a Reply